Sejarah Lengkap Kerajaan Tarumanegara beserta Sistem Pemerintahannya [Update]

Kerajaan Tarumanegara – Ialah kerajaan yang pernah berkuasa di nusantara tepatnya di wilayah barat atau pulau jawa sekitar abad ke 4 sampai abad ke 7. Tarumangara juga merupakan salah satu kerajaan yang tertua di nusantara serta banyak meninggalkan catatan sejarah.

Langsung saja kita simak lebih dalam seperti dibawah ini.

Berdirinya kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara

situsbudaya.id

Kerajaan Tarumanegara berdiri pada tahun 358 masehi yang didirikan oleh Rajadiarajaguru Jayasinggawarman. Menurut sejarah kerajaan ini merupakan generasi dari kerajaan Salakanegara yang diperkirakan berdiri pada tahun 130 masehi hingga 362 M.

Sejarah ini tidak lepas karena perpindahan ibukota negara dari kerajaan Salakanagara ke Tarumanegara. Jadilah Salakanegara sebuah kerajaan dibawah kerajaan Tarumanegara.

Letak Kerajaan Tarumanegara

Lokasi kerajaan Tarumanegara yaitu terletak di wilayah kerajaan Salakanegara yakni bogor dan Banten. Ibukota kerajaan ini di sundapura yaitu purnawarman 397 M. Daerah Jakarta, Banten, Cirebon, dan Bogor merupakan wilayah kekuasaan kerajaan Tarumanegara ini.

Raja Kerajaan tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara

gelut.com

  • Jayasingawarman, Ia adalah pendiri dari kerajaan tarumanegara yang memimpin selama 358-382. Beliau juga maharesi dari salankayana india dan kemudian mengungsi ke nusantara. Sebab kawasannya diserang dan takluk dari maharaja samudragupta yang berasal dari kerajaan Magada. Selain itu ia juga menantu dari Raja Dewawarman VIII & dipusarakan di bekasi.
  • Dharmayawarman, beliau merupakan raja ke 2 yang memerintah dari tahun 382-395. Selain itu ia merupakan anak dari Jayasingawarman. namanya juga tercantum di naskah wangsakerta.
  • Purnawarman memerintah (395-434 M), Purnawarman adalah Raja yang tertulis di beberapa prasasti pada abad ke 5. Pada naskah wangsakerta, purnawarman adalah Raja yang ke 3 dari kerajaan tarumanegara yang memimpin sekitar 395-434. Beliau juga membangun sebuah ibukota yang terletak dekat pantai dan diberi nama “SUNDAPURA”. Sejak itulah nama sudna digunakan oleh raja purnawarman guna menyebut ibukota yang telah didirikannya.
  • Wisnuwarman memerintah (434-455 M)
  • Indrwarman memimpin (455-515)
  • Canrawarman (515 sampai 535)
  • Suryawarman (535 hingga 561), Raja suryawarman merupakan rajayang eke 7 setelah menggantikan ayahnya yang wafat yaitu candrawarman yang meninggal di tahun 535. Raja Suryawarman memerintah selama 26 tahun. Selain meneruskan ayahnya beliau juga melanjutkan kebijakan-kebijakan politik.
  • Kertawarman (561 sampai 628)
  • sudhawarman (628 sampai 639)
  • Hariwangsawarman (sejak 639-640)
  • Nagajayawarman (dari 640-666)
  • Linggarwarman (666-669 Masehi)

Di jelaskan dalam naskah wangsakerta, linggawarman ialah raja yang terakhir tarumanegara dan kemudian digantikan oleh menantunya yang bernama Tarusbawa.

Manasih merupakan anak pertama dari Raja Linggawarman dan menjadi isrti Raja Tarusbasa. Sedangkan yang ke 2 bernama sobakancana yang kemudian menjadi istri Dapunta Hyang Sri Jayanasa sebagai pendiri dari kerajaan Sriwijaya.

Tarusbawa menggantikan mertuanya karena ingin kembali membangkitkan kerajaan yang sangat pamor dan mengembalikan keharuman nama baik kerajaan tarumanegara.

Sistem pemerintahan kerajaan Tarumanegara

Kerajaan tarumanegara

http://kisahasalusul.blogspot.com

Sesuai dengan Prasasti Tugu dan prasasti yang lain bahwasanya. Sudah diketahui kalau Raja Purnawarman merupakan raja yang sangat besar dan bisa dibilang berhasil dalam masa kepemimpinanya.

Seperti membangun sungai buat irigasi dan pencegahan dari bencana banjir itu semua merupakan pernyataan dari prasasti tugu. Dengan demikian membuat nama baik seorang raja kerajaan terumangara semakin dikenal dan adil serta sangat memperhatikan kesejahteraan rakyatnya.

Pada Prasasti pasir muara sudah diceritakan sistem pemerintahan dari kerajaan tarumanegara. Tahun 536 Masehi merupakan terjadi kejadian pengambilan pemerintahan tarumanegara ke kerajaan sunda. Raja yang memimpin waktu itu adalah Suryawarman yang merupakan raja yang ke 7.

Kehidupan Politik Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan tarumanegara

http://kisahasalusul.blogspot.com

Setelah ditelusuri menurut prasasti yang admin ketahui tantang raja yang pernha memerintah tarumanegara adlah Raja Purnawarman. Beliau merupakan Raja yang sangat besar dan sangat disegani, selian itu juga berhasil dalam meningkatkan taraf atau kesejahteraan rakyatnya.

Peristiwa ini dibuktikan dalam prasasti yang disebutkan kalau raja purnawarman memerintah yaitu membuat kali, irigasi dan cara pencegahan kebanjiran.

Kehidupan Sosial 

Sistem pada kerajaan terumanegara sudah sangat bagus dan rapi, hal seperti ini bisa diketahui bahwa raja Purnawarman selalu mengupayakan agar rakyatnya tidak sengsara dan miskin. Sebagai bentuk penghormatan kepada para dewa beliau memperhatikan kedudukan kaum brahmana sebab penting dalam tiap upacara korban.

Kehidupan Budaya

Jika dilihat-lihat dari cara penulisan dan teknik huruf-huruf dari prasasti yang ditemukan sebagai bentuk kebesarannya kerajaan tarumanegara. Diperkirakan pada zaman itu sudah mulai berkembang kebudayaan cara tulis menulis.

Kehidupan Ekonomi

Prasasti tugu mengisyaratkan bahwa sang raja memerintahkan rakyatnya untuk membuat terusan yang panjangnya mencapai 6122 tombak. Dengan adanya terusan ini sangat memiliki arti yang besar bagi rakyatnya.

Selain dapat digunakan mencegah banjir serta sebagai sarana lalu-lintas antar setiap daerah dengan luar daerah. Akhirnya sistem keuangan atau ekonomi rakyat tercukupi dan berjalan bagus.

Baca Juga : Pengertian, Teori, dan Contoh Perdagangan Internasional lengkap

Runtuhnya kerajaan Tarumanegara

Runtuhnya kerajaan tarumanegara yakni pada masa generasi pemimpin yang ke 13, benar sekali ia adalah raja tarusbawa. Salah satu awal keruntuhannya di latarbelakangi sama kekosongan kemimpinan sang raja. Sang Raja lebih memilih memimpin kerajaannya sendiri yang berada di sungai gomati (bekasi).

Gempuran-gempuran dari berbagai kerajaan pun makin menjadi. SaLah satu kerajaan yang paling andil dari keruntuhan Kerajaan Tarumanegara adalah kerajaan Majapahit.

Peninggalan Prasasti Kerajaan Tarumanegara

Kurang lebih terdapat ada 7 prasasti dari peninggalan kerajaan Tarumanegara diantaranya sebagai berikut :

Prasasti Tugu

Kerajaan Tarumanegara

berbagaireviews.com

Salah satu prasasti yang ditemukan di tugu, daerah Cilincing, Jakarta Utara ini terbentuk atas dari 5 baris yang ditulis menggunakan bahasa sansakerta & aksara palawa.

DI prasasti tersebut juga tertulis tentang sang Raja Purnawarman yang pada waktu itu memberikan perintah untuk mengali saluran air Chandragraba & Gomati. Panjangnya mencapai 6122 tombak dan selesai hanya dalam waktu 3 minggu.

Prasasti kebon kopi

Kerajaan tarumanegara

commons.wikimedia.org

kalau kita amati pada prasasti itu tergambar adanya bekas dua tapak kaki gajah yang dihubungan sama gajah airwata. Yaitu gajah yang digunakan dewa wisnu. Prasasti ini didapatkan di desa Muara hilir, tepatnnya di kecamatan cibungbulang yang ditulis dengan huruf pallawa & bahasa sansakerta.

Prasasti Ciaruteun

Kerajaan Tarumanegara

Sportourism.id

Di tepi sungai ciarunteun yang dekat sama sungai cisadane bogor ini terdapat sebuah prasasti. Pada Prasasti tersebut terlukis nama Tarumanegara, Raja Purnawarman, dan ada lukisan atau jejak dua kaki yang diprediksi sama telapak kaki dewa wisnu.

Selain itu telapak kaki tersebut mengisyaratkan bahwa kekuasaan sang raja pada waktu itu dapat di umpamakan seperti dewa wisnu slain pelindung rakyat juga sebagai penguasa.

Bahasa dan huruf yang tertera pada prasasti tersebut adalah sanskerta dan pallawa serta lebih dinekal dengan parasasti ciampea.

Prasasti Muara Cianten

Kerajaan Tarumanegara

http://liliaeulya.blogspot.co.id

Pada tahun 1864 seorang yang bernama N.W Hoepermans menemukan prasasti yang ditemukan di pasir muara persawahan yang terletak di pinggir tepi sungai cisadane.

Zaman dahulu Prasasti Muara Cianten lebih dikenal dengan sebutan Prasasti pasir muara, hal ini tidak lepas dari penemuan lokasi yang berdekatan dengan kampung pasir muara. Prasasti tersebut juga menuliskan pesan bahwa tahun 854 pemerintahan negara sudah dikembalikan lagi ke kerajaan sunda.

Prasasti Cidanghiyang

Kerajaan Tarumanegara

www.bantensite.com

Tahun 1947 dinas purbakala mendapat laporan bahwa toebagus Roesjan adanya prasasti cidanghiyang. Namun pada tahun 1954 lah baru melakukan penelitian.

Beberapa kalimat puisi yang tertulis pada prasasti cidnaghiyang ini menggunkan huruf pallawa dan bahasa sansakerta. Isi dari puisi tersebut tentang pengagungan sang raja tarumanegara yang pada waktu itu adalah raja purnawarman yang memerintah.

Letak atau lokasi prasasti ini adalah di ditepi sungai cidanghiyang, kampung Lebak, dan kecamatan munjul.

Prasasti Jambu

kerajaan tarumanegara

satujam.com

Penemuan prasasti jambu adalah di perkebunan jambu. Selain itu prasasti ini juga disebut pasir kolengkak. Letak dari prasasti ini diwilayah kampung pasir gintung, parakanmuncang, nanggung, kabupaten Bogor.

Yoolion Herdika Sava dan Tryan Martin adalah orang yang pertama menemukan prasasti ini yakni pada tahun 1854. dan kemudian melaporkan ke dinas perbakala di tahun 1947 yang baru kemudian di teliti pada tahun 1954.

Prasasti Pasir Awi

Kerajaan tarumanegara

anangpaser.wordpress.com

Peninggalan prasasti yang terakhir ini adalah prasasti pasir awi. pada tahun 1864 merupakan pertama kalinya prasasti ini ditemukan oleh seorang yang bernama N.W Hoepermans. Letak penemuan prasasti ini di lereng bagian selatan bukit pasir awi. yang tingginya bukit tersebut kurang lebih 559 Mdpl. Yaitu di wilayah cipamingkis.

Baik untuk sementara pertemuan kita membahas tentang Kerajaan tarumanegara cukup sampai disini ya. Semoga dengan artikel yang singkat ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. Sekian dan terima kasih

Leave a Reply