89

√ Cara Mengatasi Wifi Lemot

Cara mengatasi wifi lemot memang membuat keseharian menjadi menyebalkan. Karena itu membuat browsing lambat serta tatkala bermain game online sangat mengganggu sekali. Bahkan gagal download, alhasil rasanya ingin marah-marah terus.

Namun sobat tidak perlu khawatir lagi karena ada tips untuk menyelesaikan permasalahan ini agar koneksinya jaringan internetnya bisa lancar dan kencang. Mau tau kan caranya bagaimana? Langsung saja kita simak penjelasan dibawah berikut ini :

Penyebab Wifi Lemot

Faktor jaringan wifi lemot

https://intisari.grid.id

Memang layanan internet masa kini sudah menjadi kebutuhan umum salah satunya Wi-Fi yang cukup penting disetiap rumah apalagi yang wilayahnya sulit sinya. Karena data internet smartphone lebih boros dan mahal ini menjadi solusi yang tepat.

Walaupun begitu, jika sobat sudah menggunakan layanan Wi-Fi cukup lama tentunya tak asing lagi dengan beberapa masalah seperti gangguan koneksi lemot yang bisa terjadi sewaktu-waktu tanpa kita ketahui.

Oleh karena itu hadirnya kami disini akan memberikan penyampaian terkait problem tersebut meski sobat bukan teknisi internet sekaligus. Sebelum mengajukan permasalahan ke penyedianya. Alangkah mengetahui dari penyebabnya, antara lain sebagai berikut :

  • Mengecek Kondisi Wifi Dahulu

Sebelum memberi asumsi penyebabnya atau memperbaikinya, kami rekomendasikan untuk mengeceknya terlebih dahulu. Mungkin karena hpnya atau pengaturan wifi tersebut.

Makanya dari hal ini sobat bisa tau langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mengklaim masalah dari wifinya. Apakah benar telah mengaktifkan koneksi wifinya atau belum. Bila bingung dan tak tau cara mengaktifkannya ikuti tahapan dibawah.

Pertama masuk ke pengaturan, umumnya menu setting di smartphone atau laptop sudah tertera juga untuk mengatur jaringan wifi. Ikuti saja panduan yang ada dibagian menu tersebut.

  • Kabel LAN Terputus

Kedua yang bisa menjadi penyebab lambatnya koneksi wifi yaitu karena kabel lan ada yang terputus. Meski dicek jaringan sudah terhubung sekaligus ya inilah faktor utamanya. Selain itu juga bisa jadi karena pemasangan ada yang salah pada tempatnya, alhasil router tak bisa menghubungkan sinyalnya.

Teruntuk sobat yang belum mengerti alangkah baiknya lebih hati-hati dan cari sumber referensi ketika memasang kabel LAN karena kaitannya dengan aliran listrik jika salah sangat rentan rusak.

Jadi jangan sungkan untuk mengubungi penyedia layanan wifi agar dengan segera ditangani. Sehingga akan meminimalisir resiko kerusakan para router maupun kabel LAN tersebut.

  • Banyak Pengguna yang Terhubung

Sejatinya wifi tetap bisa digunakan oleh perangkat laptop, dekstop atau smartphone selama masih dalam jangkauan router. Akan tetapi tak menutup kemungkinan pula penyebab lemotnya ini lantaran banyaknya pengguna pada waktu yang bersamaan. Salah satu contohnya ketika menggunakan wifi di tempat umum.

Karena banyak yang memanfaatkan bersama secara umum akan menjadikan kualitas jaringan internetnya tidak lancar. Maka dari itu kami hanya bisa memberi saran aja misalkan dibatasi 3 laptop 5 smartphone, itupun berlaku pada kecepatan lebih 10 Mbps ya sobat.

  • Router Wifi Terlalu Jauh

Perlu diketahui bahwa router wifi bahwasannya memiliki batasan jangkauan tertentu. Oleh dari itu bila sobat meletakkan ditempat jauh dan tetutup kemungkinan besar akan mempengaruhi koneksi internetnya. Makanya kami menyarankan agar meletakkan pada tempat yang strategis.

Beberapa kasus seperti ini bisa disebabkan karena ditempatkan pada ruangan tertutup, berdekatan jendela, dekat dengan barang elektronik lainnya dan meletakkan di lantai.

Agar bisa mengatasi problem ini coba saja sobat menempatkan dilain tempat yang sudah kami sebutkan diatas. Barangkali itulah pokok permasalahan yang selama sobat alami. Selamat mencoba ya, semoga membuahkan hasil yang sesuai.

  • Mengunduh File Kapasitas Besar

Penyebab lemot wifi juga bisa terjadi karena keteledoran diri kita sendiri, sebagai contohnya dikala mendownload dengan ukuran besar. Disaat seperti inilah yang menjadikan fokus koneksi internet ke proses pengunduhan tersebut.

Karena tidak banyak yang mengetahuinya alhasil bila digunakan bersamaan maka browsing atau bermain media sosial mengurangi kecepatan interner wifi yang pada akhirnya lambat.

Nah, setelah mengetahui informasi ini sobat sekarang lebih tahu dan bagaimana cara menggunakannya yang lebih cepat. Yakni menunggu proses pengunduhan hinggas selesai supaya nyaman tatkala internetan.

  • Provider Bermasalah

Penyebab terakhir ini bisa dikarenakan ada permasalahan dari providernya. Agar tahu sobat cukup dengan mengeceknya disitus speed test supaya mengetahui detail berapa kecepatan internet yang digunakan waktu ini.

Walaupun begitu, pahami dulu rata-rata provider yang menyediakan koneksi internet dengan kecepatan “UP TO”. Mungkin saja kecepatan tidak sesuai yang kita perkirakan.

Agar mudah dipahami kami berikan contohnya ketika membeli paket internet yang menawarkan kecepatan up to 10 mbps, umumnya kecepatan yang diperoleh pada antara 6 sampai 10 mbps saja.

Dengen contoh diatas sobat kini tahu perkiraan sesuai paket internet yang diambil. Jika tidak sesuai langsung saja hubungi pihak penyedia layanannya dan bilang keluh kesahnya. Itulah beberapa contoh penyebab yang bisa sobat ketahui terkait masalah dari wifi.

Cara Mengatasi Wifi Lemot

Cara Mengatasi Wifi Lemot

https://www.idntimes.com

Seperti judul yang tertera diatas topik utama kali ini baru akan kita kupas secara detail. Performa jaringan internet wifi yang lemot seringkali membuat pekerjaan maupun bermain gadget menjadi terganggu sekali. Sehingga membuat perasaan mudah marah dan jengkel yang tidak jelas.

Tapi sekarang tak perlu panik atas permasalahan ini. Sebab kami akan memberi solusinya, bagaimana dan apa saja yang bisa dicoba? Simak terus penjelasan dibawah berikut ini :

  • Mengubah Pengaturan Bandwidth

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mengatur ulang bagian setting bandwidthnya. Akan tetapi sebelum itu pastikan kalau modem sobat sudah dihidupkan.

Tahap lanjutannya yaitu menunggu sekitar 20 menit bila tak ada perubahan dan performanya lemot. Sobat harus bergegas ke pengaturan bandwidth ke frekuensi yang lebih besar supaya jaringan tambah lancar.

Cara mengatasi wifi lemot seperti ini : Masuk bagian menu Run pada windows a lalu ketik gpedit.msc a tekan konfigurasi komputer a, template administrasi a jaringan a QoS packed scheduler a double klik limit reservable bandwidth a pilih saja enable a ganti bandwidth limit a kemudian restart komputer.

  • Menggunakan Provider Terbaik

Tips yang bisa menjadi pertimbangan menggunakan layanan wifi yakni memakai yang sekiranya sinyal didaerah sobat mudah dan terbaik dari pada lainnya. Sebab modal terkenal belum tentu menjadi solusi yang tepat.

Caranya konsultasi ke beberapa penyedia provider yang jaringan internet kuat serta harga bulanannya cukup terjangkau. Bisa jadi dengan yang lebih murah namun pelayanan dan kualitasnya sangat bagus didaerah sobat. Maka dari itu jangan malu bertanya kalau ingin mendapatkan jaringan internet yang bagus.

  • Restart Router

Cara mengatasi wifi lemot ketiga yaitu dengan merestart routernya karena kemungkinan besar dengan ini bisa solusi yang dialami sobat. Untuk tata caranya cukup dengan mematikan router selama 1 menit kemudian menyalakan lagi.

Disisi lain tak hanya berlaku pada router saja untuk restart. Hal ini pun juga bisa dilakukan pada perangkat keras seperti dekstop, laptop dan smartphone. Sebab berdasarkan pengalaman wifi juga bisa lambat yang berasal dari elektronik.

  • Mengubah Pengaturan DNS

DNS adalah menu pencarian nama pada alat elektronik pada komputer yang menggunakan IP atau TCP. Guna perubahan ini bertujuan memperbaiki dari koneksi internet sobat.

Ubah saja DNS komputer melalui DNS Google. Jika sudah melakukan perubahan pengaturan performa tetap seperti siput, maka aplikasikan reset jaringan kemudian flushing. Untuk caranya klik kanan lalu pilih menu Run Administratir, ketik flushdns dan tekan enter, setelah itu akses internet dengan beberapa kali dan selesai.

  • Mematikan Aktivitas Bandwidth Besar

Cara mengatasi wifi lemot yang berikutnya adalah mengetahui dari mana aktivitas yang menguras bandwidth terbesar. Dengan demikian akan sobat bisa mengecek pada laptop caranya : Bukalah task manager, lalu pilih saja bagian networknya.

Ditampilan network ini sobat akan mengetahui rincian aktivitas online yang menggunakan bandwidth paling banyak. Setelah itu tekan mouse laptop kanan lalu pilih end task agar mengakhiri aktivitas terbesar tersebut.

  • Memastikan Peletakkan Router Tepat

Sinyal wifi bisa berpengaruh lambat dikarenakan beberapa hal yang mengganggu seperti dengan terlalu jauh jaraknya dengan alat elektronik, terhalangi kontruksi bangungan dan penempatan yang rendah.

Supaya lemot wifi ini bisa diatasi cukup dengan meletakkan ditempat yang ideal misalnya ruang keluarga atau ruangan paling sering kita lakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu arah antena juga menjadi pengganggu kecepatan koneksi, oleh dari itu periksa posisi yang paling tepat.

  • Menggunakan Wifi Switcher

Cara mengatasi wifi lemot terakhir yaitu dengan bantuan aplikasi yang bernama Wifi Switcher cara downloadnya cukup dari Google Play Store. Pastikan yang sobat pilih ini yang merupakan dikelola oleh Cloudie Development. Jika sudah sobat instal aplikasi ini di gadgetnya lalu klik izinkan pada notifikasi yang muncul.

Tujuan diberikan izin ini agar aplikasi wifi swicther berfungsi dengan semestinya. Kemudian buka aplikasi tersebut dan pilih menu yang tersedia agar koneksi wifi bisa stambil.

Demikian informasi dari kami yang bisa disampaikan. Semoga dengan adanya penjelasan cara mengatasi wifi lemot sangat bermanfaat bagi kita semua, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply