8
17

√ Inilah Perbedaan Laptop dan Notebook Jarang Diketahui

Perbedaan laptop dan notebook – Hal umum seperti ini terkadang tidak banyak yang mengetahuinya. Coba saja langsung sobat tanyakan kepada teman sebaya, dipastikan 90% mereka tidak mengetahui perbedaannya.

Maka dari itu artikel ini akan berisi seputar ketidak samaan antara dua perangkat komputer berdasarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Karena sebenarnya setiap barang difungsikan berdasarkan kebutuhan dan kemampuan finansial setiap individu.

Kalau sobat menanyakan bagus mana antara laptop dan notebook tergantung dari segi tipe serta apa tujuan barang elektronik itu akan digunakan. Supaya lebih memahami secara detail, simak ulasan dibawah ini :

Laptop Adalah

Laptop Adalah

Komputer jinjing atau lebih dikenal dengan sebutan laptop merupakan komputer portable dengan ukuran kecil dan tidak terlalu berat dengan kisaran 3-5 kg saja. Selain itu komponen pada laptop juga sama dengan desktop computers hanya saja dibuat dengan kemasan lebih kecil.

Dengan adanya laptop ini mempermudah untuk digunakan pada tempat umum, kantor dan lain-lainnya. Sehingga para pekerja dengan basic komputer bisa menyesuaikan tempat tanpa meninggalkan tugasnya.

Jenis-jenis laptop sudah banyak seperti halnya netbook, notebook, tablet pc dan mainstream. Sehingga adanya laptop ini sangat bermanfaat untuk mengikuti perkembangan zaman yakni dunia teknologi.

Notebook Adalah

Notebook Adalah

Notebook sendiri ialah komputer portable yang merupakan hasil dari perkembangan laptop. Maka dari itu tidak banyak orang yang kurang memahami perbedaannya. Spesifikasi dari notebook yakni bentuk lebih kecil dan ramping.

Ukuran layar umumnya notebook hanya 13-18 inci saja. Dengan total berat 1-3 kilogram. Sehingga lebih praktis untuk dibawa kemana saja, misalnya ke kantor maupun kampus.

5 Perbedaan Spesifik Laptop dan Notebook

Perbedaan Spesifik Laptop dan Notebook

Perihal pertama yang sobat bayangkan apa dari perangkat komputer ini? Jadi secara spesifikasi bahwa notebook ialah sebuah alat perangkat komputer portable yang memiliki ukuran layar antara 13,1-18 inchi. Sedangkan laptop setidaknya berukuran layar 18 inchi lebih.

Selain informasi diatas bahwa notebook alat komputer mini hasil dari perkembangan laptop. Agar tidak keliru bahwa notbook dan notebook itu berbeda, baik dari segi ukuran layar dan fungsinya pun tentu berbeda.

Ukuran layar hanya 6-13 inchi saja dan tidak dilengkapi adanya DVD-ROM serta spesifikasinya rendah. Sehingga tidak bisa untuk kebutuhan yang cukup berat. Berikut akan kami tampilkan dengan versi table.

NomorPerbedaanLaptopNotebook
1.Rata-rata Berat1-2 kg3-5 kg
2.Kapasitas RAMRAM laptop lebih besar daripada notebook
3.Vendor AndalanAsus, Apple, Dell, Toshiba, Lenovo, HP & AcerSamsung, Sony, Toshiba, Dell & Apple
4.Layar18 inci lebih13-18 inci
5.Daya BateraiTahan Lama Notebook

Dari tabel diatas ada beberapa poin-poin yang harus diketahui misalnya RAM & baterai. Kenapa dari tingkat pemakaian lama notebook lebih rentan tahan daya. Hal ini karena sudah didesain dari RAM dan prosesornya lebih kecil sehingga tidak memakan daya baterai secara banyak.

Kelebihan & Kekurangan Laptop Sama Notebook

Kelebihan & Kekurangan Laptop Sama Notebook

Laptop perangkat komputer yang sebagai regenerasi dari desktop/PC. Jadi tidak heran semakin berkembangnya zaman munculah pengembangan dari alat elektronik ini salah satunya menjadi portabel yang mudah dibawa dan digunakan tempat yang fleksibel.

Adapun kelebihan dari laptop dan notebook ini, kira-kira bagaimana pandangan sobat untuk perangkat komputer mini portable lebih suka mana? Simak daftar penjelasan dibawah ini :

Kelebihan & Kekurangan Laptop

  • Tersedia untuk memutar CD/VCD
  • Campatible untuk berbagai hardware
  • Cocok untuk program berat-berat
  • Tak perlu Uninterutible power supply

Baca Juga : Fitur & Spesifikasi Smart TV 

  • Ukuran cukup besar membuat lebih berat untuk dibawa kemana saja
  • Susah untuk upragde komponen
  • Kerusakan menyeluruh
  • Suku cadang (sperpart) mahal

Kelebihan & Kekurangan Notebook

  • Performa lebih cepat
  • Berat lebih ringan
  • Keyboard lebih nyaman untuk digunakan
  • Cocok untuk mengerjakan tugas kuliah maupun sekolah

 

  • Tidak tersedia CD room
  • Penyimpanan terbatas untuk kapasitas besar secara permanen
  • Daya baterai mampu digunakan antara 1-3 jam saja
  • Tidak bisa untuk menginstal aplikasi, program yang besar

Nah itulah beberapa perbedaan dari laptop dan notebook yang bisa kami sampaikan kepada sobat semua. Jadi mana nih yang lebih cocok untuk kuliah atau sekolah. Ya tergantung kebutuhan dan daya belinya saja.

Perbedaan Harga Laptop dan Notebook

Harga Laptop & Notebook

Jika dibandingkan pasti ya tetap saja ada perbedaan. Hanya saja kita adil dalam membedakannya. Contohnya ya dari seri/tipe masing-masing, apa sudah sepadan apa belum.

Karena banyak yang membandingkan asal-asalan saja sehingga menimbulkan parameter yang tidak sepantasnya. Oleh hal itu mari kita ketahui bersama mengenai harga kedua komputer protable ini.

Dari informasi yang kami ketahui dengan dasar mempertanyakan pada ahlinya, jika dengan spesifikasi sama-sama bagusnya perbedaan harga kisaran 300.000 yang mana lebih mahal laptop dibandingkan notebook.

Jadi demikian rangkaian pengetahuan seputar laptop & notebook, semoga dengan adanya artikel ini menjadi ilmu tambahan untuk membedakan keduanya. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply