359

√ Cara Format Flashdisk Lewat CMD & Android

Cara format flashdisk merupakan alternatif ketika kapasitasnya penuh dan sobat ingin menghapus beberapa file yang dirasa tidak begitu penting bila disimpan. Dengan format ini lebih efisien bila dibandingkan menghapusnya satu-satu.

Mungkin bila mau menyisakan bisa sobat lakukan pemindahan data-data pentingnya supaya tidak ikut terformat. Mungkin ada beberapa sobat yang belum tahu perihal cara format flashdisk yang baik dan benar.

Karena pada dasarnya flashdisk merupakan media penyimpanan data yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Akan tetapi media ini terbatas daya penyimpanannya, maka sebaiknya harus pandai dalam mengemasnya apa saja sering dibutuhkan diluar rumah sobat baik sekolahan, kampus dan tempat kerja. Mari simak pemarapan dibawah berikut untuk informasi lebih detailnya.

3 Cara Format Flashdisk

cara format flashdisk

Pastinya sobat semua mengingkan metode ini bisa berjalan dengan lancar. Sebelum hal yang kita inginkan bersama terjadi kepada flashdisk-nya alangkah baiknya bila di backup terlebih dahulu semua data-datanya yang hendak diformat.

Backup yakni menyalin sebagian ataun semua data yang tersimpan di dalam flashdisk kemudian dipindahkan ke media lainnya. Seperti halnya smartphone, komputer, laptop, hardisk bahkan flashdisk lainnya.

Supaya materi yang kami akan sampaikan dibawah benar-benar memberikan manfaat kepada sobat semuanya. Kami menyarankan agar memperhatikannya dengan seksama, agar nanti ketika sudah terbiasa akan hafal sendiri tanpa harus membaca ulang lagi. Berikut contoh secara teknisnya :

Cara Format Flashdisk Lewat CMD (Command Prompt)

Cara Format Flashdisk Lewat CMD

Langkah pertama yang bisa dilakukan oleh sobat semuanya yaitu dengan memformat cepat atau sepenuhnya dengan bantuan command prompt, sebagai pengapliasiannya berikut ini.

  • Membuka menu start.
  • Carilah command prompt atau CMD kemudian klik kiri pilih saja Run As Administrator.
  • Ketik contoh berikut guna menjalankan mode formatnya dan klik enter 2 kali (Format DISK: /v:FLASHDRIVE-LAPTOP /fs:FILE-DATA /q)

Dalam CMD tersebut, sobat memastikan untuk mengganti tulisan (DISK) sesuai dengan huruf drive penyimpanannya yang betul. Sedangkan pada FLASHDRIVE-LAPTOP dengan nama apa yang sobat inginkan supaya drive-nya muncul pada file explorer.

Sesudah itu FILE-DATA dengan salah satu dari sistem file yang tersedia, termasuk juga FAT32, NTFS & exFAT. Berikut ini merupakan cara cepat format pada drive E :

(Format E: /v:flashdisk /fs:NTFS /q)

  • Ketik kembali perintah berikut guna melancarkan proses format lengkap flash drive USB lalu klik enter dua kali. (FORMAT DISK: /v:FLASHDRIVE-LAPTOP /fs:FILE-DATA/q

Contohnya perintah format dengan lengkap drive E: (Format E: /v:”flashdisk” /fs:NTFS). Bila semuanya sudah terselesaikan, maka thumb drive akan di format dengan pilihan sobat.

Cara Format Flashdisk Lewat PowerShell

Cara format flashdisk dengan powershell

Langsung saja ke topik utamanya, pada kesempatan ini ialah metode format dengan bantuan powerShell di windows 10. Pasti banyak yang mau tahu banget nih penjelasan dari kami. Berikut cara-caranya :

  • Pertama buka PowerShell lalu As Administrator.
  • Ketik perintah dibawah berikut lalu klik enter pada keyboard laptop/komputer. Berikut contoh perintah guna mempercepat mode format flashdisk (Format-Volume -Driverletter N -FileSystem NTFS) Sebelum mempraktikkanya pastikan dulu sobat menguba N dengan letter drive yang sesuai sedangkan NTFS berupa tipe file sistem yang di inginkan.
  • Proses ini tidak membutuhkan waktu yang lama, sebab pada dasarnya menerapkan quick format. Apabila sobat ingin mengaplikasikan format full, sebaiknya dengan berikut : (Format-Volume -Driveletter N -FileSystem -Full -Force).
  • Karena sobat menginginkan yang mode full format otomatis akan lebih lama pada prosesnya dan memakan waktu yang lumayan lama daripada quick format.

Cara Format Flashdisk Lewar File Explorer

cara format flashdisk lewa file explorer

Sobat bisa mengaplikasikan tentang format flashdisk yang laptopnya sistem operasi dari windows 7, 8 & 10. Mungkin banyak sekali nih sebagai pengguna windows, daripada kebanyakan nanya langsung saja ke tutorialnya ya.

Eist tunggu dulu bagi sobat yang menggunakan operasi lainnya misal MacOS atau Linux maka caranya agak berbeda, akan tetapi secara dasar masih sama kok. Yuk berbegas ke panduan kami dibawah ini :

Jangan bingung sebab pada metode kali ini ialah dibantu oleh software file explorer dan sudah terpasang di setiap laptop berbasis windows. Maka dari itu sobat tidak pusing-pusing menginstall software tersebut.

  • Hubungkan flashdsik ke port laptop/komputer kemudian buka file explorer.
  • Apabila sudah terbaca flashdisk sobat selanjutnya tekan mouse kanan pada flashdisk tersebut dan pilih format
  • Sesudah hal tersebut maka muncul windows kecil yang isinya pengaturan formatnya. Secara mudahnya sobat tak harus mengubahnya, kecuali pada volume label karena nanti sebagai nama yang baru flashdisk sobat setelah di format. Tekan saja tulisan start untuk memulai prosesi format.
  • Untuk trik terakhirnya yakni peringatan terkait seluruh data yang terdapat di flashdisk akan terhapus. Apabila sudah yakin memformatnya maka tekan saja tombol oke.
  • Pastikan proses format hingga selesai berlajan lancar. Sekarang panduan ini telah usai.

Cara Format Flashdisk di Android

cara format flashdisk di android

Memang perkembangan dunia teknologi sangat melesat jauh, salah satunya yakni dengan format flashdisk. Mungkin informasi ini akan bermanfaat untuk sobat semua walau tak ada laptop berikut teknik memformat flashdisk dengan cepat.

Dalam contoh versi kami ini menggunakan smartphone android dari brand xiaomi. Sebelum ke ranah lebih dalam pastikan dulu bahwa hp sobat sudah support USB OTG. Inilah metodenya versi udfauzi.com.

  1. Ambil USB OTG, Flashdisk dan smartphone android
  2. Berikutnya sambungkan flashdisk ke port hp dengan USB OTG. Tunggu sebentar hingga muncul notifikasi bahwa flashdisk terdeteksi di smartphone.
  3. Lalu masuk ke bagian pengaturan/setelan.
  4. Siapkan media penyimpanan dalam sistem setelan.
  5. Carilah (Drive USB/Merk Flashdisk-nya). Selanjutnya pilih saja bersihkan penyimpanan USB agar melanjutkan prosesi format.
  6. Jika sudah maka berikutnya sobat masuk ke bagian format sebagai penyimpanan portbale-nya. Pada tahap ini akan diberikan informasi jika seluruh data yang ada di flashdisk terhapus tanpa sisa. Apabila tidak ingin semua data dihapus sebaiknya dibackup terlebih dahulu. Andai sudah diperiksa dan yakin silahkan klik tombol hapus & format.
  7. Tunggulah hingga prosesnya hingga selesai.

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dengan penjelasan kami diatas bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply