51

√ Cara Mengatasi HP Samsung Lemot

Cara mengatasi hp samsung lemot, mungkin sobat semua pernah mengalami hal seperti bahkan ngelag serta panas sekaligus. Jadi tidak usah khawatir karena sekarang kami akan memberikan tipsnya untuk memecahkan masalah tersebut.

Akan tetapi sobat jangan sampai berekspetasi performanya lebih dari spesifikasi hp samsungnya. Karena setiap seri yang digunakan saat ini ada batasan kemampuannya.

Teruntuk pengguna smartphone flagship pastinya tidak ada kendala semacam ini baik macet ngelag. Alhasil lebih bisa menikmati dari kemampuan hpnya. Sedangkan bagi pengguna hp samsung yang ala kadarnya, maka kami sarankan lebih bersabar karena performanya tidak bisa begitu maksimal. Agar semakin faham yuk baca-baca lagi penjelasan dibawah berikut.

Penyebab HP Samsung Sangat Lemot

penyebab hp lemot

www.merdeka.com

Agar cara mengatasi berjalan dengan lancar, maka kami akan memberikan beberapa informasi dari penyebabnya terlebih dahulu. Kenapa demikian? Tujuannya yaitu supaya sobat semuanya lebih memahami secara terperinci yang mengakibatkan smartphone lemot.

Berdasarkan informasi yang kami ketahui saat ini ternyata terdapat beberapa perihal yang menjadikan performa hp menjadi panas maupun ngelag bahkan layar tidak merespon sama sekali. Inilah beberapa penyebab utamanya :

  • Aplikasi yang install terlalu banyak. Sehingga daya penyimpanan memori internal habis.
  • Konsumsi RAM melebihi batas kapasitas smartphone. Biasanya dikarenakan membuka aplikasi berat dengan bersamaan alhasil performanya dipaksa berkerja lebih.
  • Menjalankan aplikasi dengan jumlah banyak. Memang terkadang hal ini sering terjadi dan lupa tanpa menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi.
  • Bermain hp ditempat yang iklim panas. Nah ini bisa jadi sebagai indikasi lantaran lingkungan yang panas dan menggunakan tanpa memikirkan kondisi sekitarnya.

Kalau yang keempat merupakan pengalaman pribadi dan dapat diperhitungkan bila mana hp samsung sobat memiliki RAM & ROM berukuran sedang. Misalnya RAM 2 GB penyimpanan internal 32 GB, lalu bermain game online berat seperti mobile legends dan free fire.

Cara Mengatasi HP Samsung Lemot

Cara Mengatasi HP Lemot

www.recode.id

Sesudah sobat mengetahui hal yang menyebabkan lambat performa smartphone-nya kini waktunya mengatasi masalah-masalahnya. Dengan beberapa contoh dibawah ini setidaknya bisa sobat lakukan untuk mengurangi ngelag hp sobat entah baru maupun bekas.

Memperhatikan Jumlah Memori

Setiap hp pastinya sudah dibekali dengan spesifikasi memori yang berbeda-beda tergantung dari seri dan produksi produk tersebut. Perlu diketahui bahwa tidak hanya RAM saja yang mempengaruhi performa gadget sobat selain itu pun ada yang disebut memori internal.

Bila kapasitas memori tersisa sedikit, hal ini akan membuat performanya menjadi lemot dan terkadang ngelag sendiri. Guna masalah ini terpecahkan maka sobat harus menghindari menyimpan data yang cukup besar dimemori internalnya.

Selalu Update Software

Tips yang kedua yaitu sobat melakukan rutinan update software ketika ada pemberitahuan baru. Tujuan utamanya yaitu guna memperbaiki masalah yang ada pada sistem operasi sebelumnya.

Karena dengan adanya update ini juga memberikan penglaman baru dairpada yang sebelumnya. Bahkan bisa jadi beberapa pengalaman pengguna ponsel malah membuat sistem semakin buruk.

Untuk mengetahui sobat bisa langsung mengeceknya dengan cara : Masuk ke Settings > About > System Update > Pilih Saja (Chek For Update). Sesudah melalui pengecekan ini akan menayangkan kalau software sudah update apa belum. Bagaimana, cukup mudah bukan.

Uninstall Aplikasi Tak Terpakai

Uninstall aplikasi tak terpakai

kliknklik.com

Cara mengatasi hp samsung lemot selanjutnya yaitu menghapus atau menghentikan aplikasi bawaan yang tidak digunakan. Memang setiap keluaran produk ponsel dibekali dengan beberapa aplikasi bawaan. Oleh dari itu jika ada yang memang tak digunakan kami menyarankan agar menghapusnya.

Tujuannya yaitu agar menjaga kinerja tetap diterbaiknya dan tidak membebani memori internalnya. Namun ada aplikasi yang benar-benar tak bisa dihapus untuk itu sobat bisa mengatasinya dengan membuatnya Disable.

Untuk mematikan aplikasi tersebut cukup dengan masuk ke menu Settings > Tab Running > Plilih Apliasi & Disable. Kurang lebihnya seperti demikian untuk menghentikannya.

Rutin Membersihkan Cache Data

Cara yang keempat yang dapat dicoba selanjutnya yakni mengapus chace data. Sebab pada dasarnya chace merupakan tempat penyimpanan data yang berupa sementara dari aplikasi yang sobat pernah atau sedang digunakan.

Adanya chace ini sobat dengan mudah dan cepat untuk membuka aplikasi yang mana sebelumnya pernah dipakai. Akan tetapi dibalik manfaat itu bila dibiarkan lama kelamaan akan menyebabkan hp samsung sobat menjadi lemot.

Sebagaimana yang akan kita sampaikan yaitu cara membersihkan chace tersebut agar performa hp android sobat kembali bagus. Ikuti saja langkah-langkah berikut ini : Masuk ke settings > Apps > All. Sesudah itu pilih aplikasi yang hendak dibersikan kemudian pilih clear chace.

Mematikan Auto-Sync

Cara mengatasi hp samsung lemot berikutnya yaitu mematikan fitur dari Auto-Sync, karena bila aktifkan akan mengubungkan akun yang terpasang dengan media sosial sobat. Seperti Instagram, facebook, Line, Telegram dan lain-lain.

Walaupun baiknya diaktifkan, jika kapasitas memori sobat tidak banyak kami menyarankan mematikannya saja. Karena dampak besar yang bisa diterima pada gadget yakni mempengaruhi performanya.

Namun dampak lain dari mematikannya adalah pada aplikasi email/kalender. Tetapi tips yang bisa dilakukan yaitu mengaktifkannya saat penting saja.

Menggunakan 1 Aplikasi Antivirus

Apabila sobat merupakan pengguna yang percaya dengan manfaat antivirus di smartphone samsungnya. Alangkah baiknya memperhatikan informasi ini. Karena kinerjanya seperti dengan aplikasi bawaan yang akan terus belajan dibalik layar.

Dampaknya bila menginstall lebih dari 1 aplikasi antivirus yaitu pemborosan RAM serta performanya berkurang. Supaya mengatasi hp lemot kami rekomendasikan agar menggunakan 1 aplikasi saja dan yang menurut sobat paling bagus diantara lainnya.

Mengurangi Penggunaan Widget

Adanya widget memang memperindah pada tampilan homescreen smartphone dan gunanya sebagai jalan pintas untuk membuka aplikasi tersebut. Tapi, faktanya malah menguras RAM yang cukup banyak.

Tips untuk menghindari hal demikian sebaiknya sobat kurangi saja penggunaan widget dihomescreen-nya. Walau tampilannya indah bila kinerjanya menjadi lemot malah mengganggu aktivitas sobat bila diwaktu yang urgent.

Memakai Fitur Auto Kill

Apakah sobat sering multi tasking digadgetnya, tentunya sudah terbiasa dong menemukan aplikasi android yang aktif di Recent Apps. Nah karena banyaknya aplikasi yang berlajan bersamaan di Recent Apps, hal tersebut menjadikan RAM sesak dan lebih lambat performanya.

Agar dapat mengatasi hp android yang lemot ini sobat dapat menggunakan fitur daru Auto Kill. Cara kerja dari fitur satu ini ialah membuat aplikasi tidak berjalan dibackground. Bila demikian hp sobat pun tidak lemot lagi. Tips ini bisa merupakan salah satu cara mengatasi hp lemot setelah di upgrade.

Itulah beberapa informasi cara mengatasi hp android lemot versi udfauzi.com, selamat mencoba dan membuahkan hasil yang maskimal ya sobat semua.

Cara Merawat HP Android Agar Tidak Lemot

Cara Merawat HP Android Agar Awet

Sejatinya ada banyak sekali cara untuk merawat agar hp android yang sobat gunakan tetap optimal keinerjanya serta awet. Mungkin sebagian sudah menerapkan cara-cara dibawah namun belum menemukan titik optimalnya. Jadi untuk mengaja performa sobat mesti melakukannya dengan berkala.

Iya karena namanya perawatan tidak hanya dilakukan sekali dua kali saja agar tetap bagus performanya. Sebagai opsi yang bisa aplikasikan dengan beberapa metode ini :

  • Memperhatikan kapasitas memori hp android
  • Install aplikasi seperlunya saja
  • Menjaga layar smartphone android
  • Selalu update software
  • Mengurangi penggunaan widget
  • Membersihkan chace data
  • Mematikan fitur Auto-Sync
  • Melakukan factory reset
  • Menggunakan custom ROM
  • Membersihkan chace partition berkala
  • Hentikan atau hapus aplikasi yang tak terpakai.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar cara mengatasi hp samsung lemot. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply