86

√ Fungsi Laptop: Sejarah, Pengertian, Komponen & Fitur-Fitur

Fungsi Laptop- Laptop merupakan salah satu alat teknologi yang mempunyai banyak manfaat untuk membantu pekerjaan seseorang baik untuk kerja maupun tugas sekolah. Seiring dengan berkembangnya teknologi sehingga mengalami perkembangan pesat para penggunanya.

Sejak kapan laptop ini muncul di dunia dan apa asal usul sehingga ada laptop? Siapa yang mencetuskan teknologi hingga kini tersedia banyak merk & fitur-fiturnya.

Karena sangat bermanfaat, laptop sangat digunakan berbagai kalangan seperti anak-anak, remaja, orang dewasa bahkan orang tua pula. Agar tidak tambah penasaran, yuk simak ulasan dibawah ini secara seksama :

Sejarah Laptop

asal usul laptop

Asal usulnya laptop adalah pada tahun 1970 di tahun tersebut sudah menjadi perbincangan wacana sama desainer PC dan produsennya. Sejak itulah bermunculan berbagai komputer mikro dengan fungsi berbeda-beda.

Tepatnya 1975 munculah IMB Portable PC 5100 yang dibuat secara khusus untuk matematika & engineering. Setelah adanya IMB lanjut dengan produk baru dengan fitur lebih lengkap contohnya IMB Portable PC 5110, Rockwell AIM 5 dan Heathkit H9.

Obsorne Computer Corporation akhirnya berhasil membuat perangkat yang diberi nama Obsorne 1 di tahun 1981. Walaupun kekurangannya amat banyak, tapi disinilah awal mula komputer portable disebut.

Sedangkan perangkat komputer yang pertama kali dipasarkan yaitu “LAPTOP” ialah Gavilans yang mana dibuat tahun 1983. Berat dari perangkat ini mencapai 4 kilogram dengan kelengkapan baterai Nickel Cadmium dengan kapasitas daya bertahan sembilan jam.

Sementara era 1980-an compaq juga turut terjun untuk menjadi persaingan pembuatan laptop. Alhasil merilis Compaq SLT 286 yang resolusinya VGA & prosesornya 28.

Dunia laptop mengalami perkembangan secara besar-besaran tahun 1990 dengan munculnya Minisport oleh Znith data system dan pula 20 mb Hard Drive. Di lanjut kemunculan Macitosh portable sebagai pembawa inovasi besar pada dunia laptop.

Meskipun masih dengan bobot berat yaitu 8 kg, namun sudah mempunyai layar 9,8 inci dilengkapi resolusi 640×400 pixel.

Bahkan panasonic juga turut andil pada tahun 1996 dengan produk Toughbooks desain-nya pun mirip dengan laptop masa kini. Bahkan diklaim bisa bertahan meski jatuh dari ketinggian 70 cm.

Akhir buah manisnya di tahun 2000-an laptop mempunyai desain yang ramping bahkan beragam inovasi & kreasi sangat bagus serta fiturnya mumpuni untuk kebutuhan pekerjaan yang amat berat.

Komponen Laptop

komponen menyusun laptop

Laptop ternyata juga memiliki komponen yang tak jauh berbeda dengan komputer/PC. Hanya saja komponen ini diringkas dengan ukuran lebih kecil. Apa saja itu komponen untuk menyusun hingga menjadi laptop? Berikut daftar-daftarnya :

  • Mainboard/Motherboard

Komponen utama pada laptop salah satunya ialah mainboard, fungsi dari motherboard ini untuk menghubungkan dengan konektor lainnya. Akan tetapi motherboard komputer dengan laptop berbeda sebab terdapat bagian yang terhubung sama port lainnya.

  • Fungsi Laptop Chasing

Hal kedua ini juga harus tersedia karena fungsinya memasang dengan perangkat lainnya seperti : LCD, motherboard dan lain-lain. Dengan adanya ini akan melindungi laptop dari perangkat keras serta menjadi pendukung utama dalam hal kinerja.

  • Baterai

Layaknya perangkat elektronik lain, adanya baterai ialah berfungsi pada laptop menyimpan daya supaya bisa digunakan di tempat umum, sekolah & perusahaan.

  • LCD

Apa sih tugas LCD/Layar pada laptop? Fungsinya adalah menampilkan teks, gambar maupun audio video pada penggunanya. Apabila mengalami kerusakan atau pecah maka harus diganti karena sobat tidak bisa untuk memulihkan seperti sedia kala pada layar yang pecah.

  • Keyboard

Sebagai perangkat input keyboard fungsinya ialah memasukkan data yang berupa angka, simbol & huruf. Agar lebih ringkas keyboard dikemas dengan minimal sehingga terlihat rapi dan enak dilihat.

  • Prosesor/Processor

Otak dari laptop yakni berupa prosesor, keterkaitan prosesor ini terhubung langsung dengan board sistem melalui perantara soket CPU. Central Processing Unit kini sudah mengalami kemajuan dan fiturnya pun lebih hemat daya bahkan tingkat panas yang dihasilkan lebih sedikit.

  • RAM Laptop

Random Acces Memory (RAM) yaitu sebuah perangkat yang mempunyai fungsi menyimpan data secara sementara sebelum di simpan permanen di media penyimpanan lainnya. Akan tetapi besar kecilnya RAM akan mempengaruhi kecepatan laptop tersebut.

  • Harddisk

Jika diatas sudah mengetahui RAM, maka dari itu adanya harddisk ini komponen yang berfungsi sebagai penyimpanan data permanen. Data-data yang tersimpan jika tidak kita hapus akan tetap tersimpan. Bentuk kapasitas penyimpanan harddisk biasanya berupa ukuran giga, contohnya yakni 250 GB, 320 GB & 500 GB.

  • DVD Room Drive/CD

Lain halnya notebook pada laptop ternyata tersedia DVD yang berguna untuk membaca data dari CD tersebut. Selain hal itu DVD juga bisa digunakan burning CD yakni menyimpan data pada kepingan CD.

  • Touchpad

Apakah touchpad itu? Komponen satu ialah perangkat untuk input laptop dan fungsinya menggerakkan pointer pada layar LCD.

  • Wireless Card

Kartu jaringan nirkabel internal laptop ini disebut dengan wireless card yang juga lebih di kenal dengan kartu WLAN/Wi-Fi yang didesain dengan beragam ukuran.

  • Video Graphic Adapter (VGA) Card

Tidak hanya pada komputer laptop pun terdapat komponen berupa VGA yang mana bertanggung jawab guna menciptakan gambar pada layar laptop. Perlu diketahui bahwa VGA tak bisa di upgrade, jika rusak maka ya harus di ganti secara menyeluruh berupa motherboardnya.

  • Fungsi Laptop Web Camera

Seperti halnya elektronik masa kini laptop juga sudah dilengkapi dengan komponen camera yang mana tata letak tidak di layar melainkan diletakkan pada bagian lain.

  • Sound Card

Sebagai komponen laptop fungsi sound ini mengintregrasi suara pada laptop. Karena sudah terpasang pada motherboard sehingga tak bisa diganti-ganti.

  • Screen Inverter Board

Kinerja dari screen inverter board yaitu suatu daya untuk lampu blacklight yang terpasang di dalam layar lcd.

  • LCD Screen Cable

Berbeda dengan diatas screen kabel memiliki fungsi untuk mentransfer sinyal data dari motherboard dan kartu video ke layar LCD. Selain itu pada kabel satu ini juga sebagai kabel video dengan power supply tegangan DC tinggi dari layar inverter.

  • Display Hinges

Bahasa mudah dari display hinges ini adalah engsel antara layar dan komponen mesin laptop. Jadi dengan kelengkapan engsel ini laptop bisa dibuka dan di tutup sehingga mudah dikemas kembali tanpa ribet.

  • Cara Membersihkan Komponen Dalam Laptop

Selain mengetahui koponen luar dan dalam laptop, supaya fungsi laptop berjalan dengan optimal. Pembersihan kotoran dan debu sangatlah penting. Alat-alat yang dipersiapkan yaitu obeng, kain, kuas, cairan pembersih khusus laptop.

Kinerja laptop bisa lambat/lemot disebabkan kotoran yang menempel pada komponen dalam seperti pada kipas sehingga cepat panas alhasil kecepatan menjadi berkurang drastis. Bahkan bisa menyebabkan kerusakan yang fatal.

Langkah pertama yakni mematikan laptop, kemudian mencopot baterai dari charger adaptor, baru mulai membuka chasing, keyboard dan lain sebagainya. Dengan demikian laptop sobat akan lebih awet dan terjaga kecepatannya untuk kebutuhan sehari-hari. Paling tidak dilakukan 3 bulan sekali untuk meminimalisirnya.

Itulah beberapa fungsi laptop berdasarkan dari komponen-komponennya untuk menyusun menjadi laptop yang utuh.

Fitur Laptop

Fitur Laptop Bagus

Sebelum membeli sebaiknya sobat memperhatikan dari segi spesifikasi dan fitur laptop supaya mengetahui untuk apa sobat membeli laptop tersebut. Karena perkembangan teknologi yang sangat cepat hingga kini sudah banyak spesifikasi yang sesuai kegunaan masing-masing, misal tugas sekolah, game & editing video.

Lalu bagaimana sobat mengetahui fitur-fitur yang tidak jelek dan bagus banget, berikut ciri-ciri utamanya :

  • Desain keren minimalis dan ringan
  • Grafis kelas menengah atas
  • Prosesor handal
  • Layar yang berkualitas
  • Audio kualitas yang terbaik
  • Ruang penyimpanan minimal 500 GB
  • Daya baterai kuat dan tahan lama

Kegunaan & Fungsi Laptop

Kegunaan & Fungsi Laptop

Karena penjelasan diatas sudah cukup lengkap mari kita lanjut ke pembahasan selanjutnya yakni fungsi dari laptop pada masyarakat. Berikut beberapa tujuan dan fungsi memiliki laptop secara umum yaitu :

  • Alat Hiburan

Tidak ada salahnya laptop digunakan untuk mencari hiburan baik sekedar mendengarkan lagu, menonton film dan bermain game. Dengan kegiatan hiburan ini akan membuat hilangnya rasa lelah dan jenuh dari aktivitas lainnya.

Selain itu dengan bermain game secara live juga sebagai alat untuk menghasilkan rupiah bahkan berjualan online. Jadi tidak salah sobat mencari penghibur diri di rumah.

  • Mengetik & Presentasi

Jika zaman dahulu untuk mengetik saja memerlukan mesin ketik bahkan sangat ribet penggunaannya. Kini sudah hadir laptop maka bisa dijadikan alat mengetik baik artikel, surat, proposal dan lain-lainnya.

Kelebihan yang dihadirkan juga sangat unik sebab tersedia berbagai font dan pengaturan besar kecilnya teks yang hendak dibuat. Fitur yang tersedia seperti Ms. Word, notepad dan wordpad.

  • Edit Foto, Desain & Video

Sebagai mana kemajuan teknologi juga dibarengi pula sama elektronik untuk memudahkan para penggunanya. Salah satunya untuk keperluan edit foto, video bahkan membuat desain.

Sobat bisa membuat desain dengan tambahan aplikasi berupa photoshop & corel draw. Sedangkan untuk edit bisa menggunakan after effect dan sebagainya.

  • Media Penyimpanan Data

Dokumen. foto, video yang sobat miliki ternyata juga disimpan pada laptop, sehingga tanpa mengurangi kapasitas penyimpanan smartphone sobat semua. Apalagi sobat juga penggemar menonton film jadi sangat bagus untuk sebagai media penyimpanan data.

  • Memudahkan Aktivitas Pekerjaan

Di era milenial ini kita harus pandai-pandai dalam mengembangkan potensi diri, salah satunya menggunakan komputer portabel ini. Karena laptop juga dimanfaatkan untuk mengerjakan tugas sekolah, blogging, edit dan hiburan.

Desainer muda antar negara yang tergabung dengan perusahaan biasanya mereka menggunakan laptop untuk memudahkan pekerjaannya di luar maupun dalam kantor.

  • Alat Komunikasi

Selanjutnya yang terakhir ini ialah sebagai sarana prasarana media komunikasi, seperti kondisi yang mana seluruh penjuru terdampak covid-19 maka sekolah, maupun pekerjaan bisa dilakukan dari rumah. Sehingga untuk menyalurkan koneksi antara pimpinan perusahaan menggunakan video call agar dapat tersambung langsung dengan karyawan-nya.

Demikianlah rangkaian berbagai informasi seputar fungsi laptop yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan adanya pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terimkasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply