8
71

√ Cara Merawat Laptop Acer, Asus, Lenovo & Gamming Agar Awet

Cara merawat laptop yang baik dan benar supaya tetap awet dan stabil kinerjanya terkadang diacuhkan sebagian besar pemiliki perangkat komputer ini. Pasalnya sekarang barang teknologi satu ini bukanlah yang bernilai sangat mahal. Sudah hampir merata yang mempunyainya baik untuk bisnis, penunjang kebutuhan siswa atau mahasiswa bahkan ada sekedar gaya hidup.

Sebab keberagaman yang memiliki pastinya tidak semuanya mengetahui perawatan yang layak. Hal ini sangat memprihatikan kita bersama, kenapa demikian? Karena daya tahannya jauh berbeda dengan PC yang lebih kuat dan tahan lama.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami memberi kabar gembira kepada sobat semua yakni tips supaya laptop tetap awet dan performanya bisa diandalkan. Daripada semakin penasaran, mari kita simak penjelasan dibawah berikut :

Bagaimana Cara Merawat Laptop?

Tips perawatan laptop sederhana

Seperti yang kita ketahui bersama ternyata dalam perawatan laptop yang direkomendasikan yakni membutuhkan alat-alat agar memudahkan prosesnya. Bila sobat memiliki laptop baru beli maka bisa mengaplikasikan metode yang akan kami sampaikan.

Sesungguhnya tips ini bisa dilakukan sendiri tanpa membawa ke tempat service yang akan mengeluarkan biaya. Mungkin bila sobat takut kenapa-kenapa ya lebih bagusnya begitu. Apa saja bahan yang perlu dipersipkan untuk merawat laptop yang benar?

  • Cairan Pembersih Laptop

cairan membersihkan laptop

Langkah pertama yang bisa sobat lakukan adalah membeli paket cairan pembersih laptop salah satunya yaitu bernama cleaning kit 9 in 1. Dalam satu paketnya akan memperoleh berupa cairan, blower, lens cleaing paper, kuas dan lain-lainnya.

Kenapa kami merekomendasikan kepada sobat semua? Sebab dengan bantuan alat ini tentunya memudahkan tatkala membersihkan baik keyboard dan sela-sela laptop sangat sempit.

Bila menyemprotkan ke bagian layar sebaiknya jangan banyak-banyak. Selain itu pastikan menyeka layar memakai kain yang bersih. Sebab bila tak menyeluruh cairan akan meninggalkan bercak pada layar laptop.

  • Pelindung Keyboard Laptop

pelindung keyboard laptop

Dalam tahapan kedua ini sobat juga memerlukan alat bantu untuk perlindungan keyboard laptop yang biasanya berupa protector, silikon atau karet keyboard yang akan melindungi dari debu, kotoran dan lain-lainnya.

Hasil yang akan dirasakan yaitu keyboard akan tetap bersih dan nampak seperti baru yang belum pernah digunakan. Pasalnya bila kita menggunakan laptop di ruangan yang berdebu akan membuat sela-sela menjadi kotor dan meninggalkan bercak yang tidak enak dipandang.

Apalagi kita suka camilan ketika menggunakan laptop, hal ini akan lebih cepat kusam dan bau bila tidak dilapisi oleh pelindung keyboard laptop. Harganya pun cukup terjangakau, kurang lebih antara 10.000-100.000. Jadi termasuk murah meriah dan sangat bermanfaat untuk perawatan laptop.

  • Blower Laptop

kipas angin laptop

Mungkin ada yang bingung mengenai blower ini? Jadi secara bahasa kita lebih dikenal dengan kipas angin laptop, yang mana berfungsi untuk mendinginkan mesin/suhu laptop bila digunakan dengan rentang waktu yang lama. Maka oleh hal itu adanya alat ini sangat berguna menjaga performa laptop dengan baik.

Adapun rekomendadi merk blower laptop yang bisa sobat beli yaitu cooler master netopal CMC3, Cooling Pad Havit HV-F2063A & Cooler Master Notepal X-Slim. Dari ketiganya ini kurang lebih dengan harga mulai dari 100.000-1.000.000.

Sehingga dengan adanya contoh diatas bisa menjadi solusi ramah di kantong tapi bermanfaat semaksimal mungkin. Semoga saja sobat cepat membelinya supaya merawat laptop lebih terkesan praktis dan mudah.

  • Kanebo/Kain Microfiber

alat utama memberishkan laptop

Kanebo umumnya digunakan untuk membersihkan motor dan mobil. Ternyata bisa juga dipakai untuk merawat laptop sebagai media menyeka, lap. Selain bahannya halus dan daya serap airnya tidak diragukan lagi.

Bahkan bila tidak memiliki bisa memakai kain microfiber sebagai penggantinya. Sebab bahannya pada kain ini juga halus dan sangat rekomended sebagai alat bantu perawatan laptop sobat dirumah.

Dari sekian daftar diatas dan dibawah ini memiliki cara kerja sendiri-sendiri, akan tetapi semuanya bisa dikombinasikan untuk alternatif merawat laptop dengan baik dan benar sesuai kaidahnya.

  • Penyedot Debu Laptop/Vacuum Cleaner

vacuum cleaner laptop

Bila sobat hendak membersihkan bagian keyboard dengan menyeluruh dan praktis praktiknya. Dengan cara membeli alat satu ini akan sangat mudah dan lebih cepat proses pembersihan.

Nama dari alat ini yaitu vacum cleaner atau penyedot debu. Karena dengan moncongnya sangat memungkinkan mengambil debu nampak mudah. Cara memakainya pun cukup dengan menancapkan kabel ke USB port laptop. Dengan demikian akan langsung menyala sebab tidak tersedia tombol on/off-nya.

Cara Merawat Laptop Yang Benar

Tips perawatan laptop sederhana

Sebagaimana yang dari awal kami sampaikan kepada sobat, bahwasannya dalam artikel ini berisi informasi perawatan laptop yang tepat supaya tetap awet dan performanya bisa diandalkan.

Sesungguhnya tutorial yang akan kami sampaikan tidak ribet, alhasil dengan tips sederhana akan lebih memudahkan sobat udfauzi. Agar sobat semuanya lebih tau inti topik kali ini, langsung saja kita sama-sama simak penjelasan dibawah ini dengan seksama :

Membersihkan Laptop Berkala

Tips ini yang seringkali dilakukan oleh pemilik laptop, sebab dengan membiarkan laptop kotor akan mempercepat kerusakan dan membuat kita tambah biaya. Maka oleh hal itu usahakan agar senantiasa membuat jadwal untuk membersihkan baik dari layar, body dan keyboard sekaligus.

Menggunakan Tas Yang Sesuai

Teruntuk sobat siswa sekolah ataupun mahasiswa yang mungkin saja sering membawa laptop ke sekolahan dan kampusnya. Kami menyarankan agar menggunakan yang sesuai.

Lebih bagus lagi bila membuatkan khusus agar lebih terlindungi bila mana hal yang tak diinginkan terjadi pada laptop kita, entah jatuh kehujanan dan kejatuhan benda lainnya. Mungkin cara ini terlihat sepele namun sangat berarti guna merawat laptop yang tepat,

Menjauhkan Makanan & Minuman Dekat Laptop

Teruntuk sobat yang haobinya ngemil nih diperhatikan ya, hindari laptop sobat dengan makanan dan minuman disekitar laptop. Sebab jika tanpa sengaja tumpah dan masuk baik keyboard dan komponen lainnya harus membongkarnya.

Selain itu juga dapat mengakibatkan karat pada mesin laptop yang sangat mungkin menjadi kerusakan yang fatal. Oleh hal ini tentunya sangat merugikan diri kita sendiri, apalagi untuk membeli yang baru juga tidak murah.

Jangan Menggunakan Laptop Diatas Kasur & Lantai

Cara selanjutnya untuk merawat laptop bekas atau baru yaitu tidak diperkenankan menggunakan diatas kasur dan lantai. Karena bila dipakai ditempat yang datar akan menimbulkan udara sulit keluar. Alhasil akan menjadi panas dan performa laptop menjadi lemot.

Tampaknya memang sepele dan mudah ya, namun untuk mengaplikasikannya butuh ketekunan karena sudah menjadi kebiasaan yang umumnya terjadi para pengguna laptop. Dampak negatif lainnya yang bisa terjadi pada perangkat keras ini yaitu hardware dalam menjadi panas dan debu banyak yang masuk. Serta dapat menimbulkan kegosongan terhadap komponennya.

Dilarang Menaruh Barang Berat Diatasnya

Merubah kebiasaan memang tidak mudah, salah satu kebiasaan yang terjadi adalah menaruh barang diatas laptop baik buku, tablet, dompet, smartphone dan lain-lainnya.

Perlu sobat ketahui bahwasanya menaruh barang berat diatas laptop bisa mengakibatkan hal yang terduga. Hal yang sangat mungkin terjadi yaitu layar akan rusak dan body sebab sering ditaruh barang berat diatasnya. Bahkan bisa saja secara otomatis dekstop sobat akan ganti tema sendiri.

Mengatur Tingkat Kecerahan Layar Laptop

Tutorial perawatan terhadap laptop berikutnya yaitu menerapkan kecerahan layar yang cukup. Sehigga tidak akan mengganggu bila sedang digunakan yakni tidak silau atapun terlalu gelap.

Sebab jika dipergunakan dengan kecerahan terlalu over, dengan hal ini akan lebih cepat memakan daya baterari turun dan habis. Oleh hal itu atur sendiri sesuai tingkat kenyamanan sobat.

Matikan Laptop Bila Tidak Digunakan

Bila sudah tidak digunakan lagi, langkah yang benar yaitu mematikan laptop. Sebab bila tidak bisa mengakibatkan panas atau baterai habis hingga 0%. Tentunya tidak baik untuk laptopnya sendiri.

Selain hal tersebut dengan mematikan akan lebih bagus, sebab laptop bisa istirahat dan pemakaiannya pun dirasa sangat wajar. Andaikan tidak dimatikan sangat mungkin memperpendek usia laptop dan cepat lemot.

Tidak Menyarankan Ketika Hujan Lebat Memakai Koneksi Internet

Secara umum bahwa koneksi internet memiliki pengaruh terhadap cuaca. Sebagai gambaran saja bila hujan dulu langsung mematikan televisi sebab bisa meletus dan terbakar. Hal ini pun juga berlaku kepada laptop yang bisa saja akan mengalami kesamaan layaknya televisi.

Pemakaian Laptop Sewajarnya

Bila kondisi mendesak dengan waktu yang mepet, umumnya akan langsung dilakukan hingga semuanya kelar. Kebiasaan ini terjadi kepada pengguna laptop baik siswa dan mahasiswa. Bahkan terkadang karyawan pula. Nah tatkala kondisi seperti ini banyak yang memforsirkannya.

Ini tidak bagus karena laptop digunakan tanpa adanya waktu istirahat. Maka dari itu gunakanlah waktu dengan bijak dan sesuai prosedurnya. Entah waktunya sedikit sobat bisa meminjam saudara kandang, teman ataupun tetanngganya. Usahakan menggunakan laptop lain bila memang sangat dibutuhkan, jangan memaksakan kinerja 1 laptop saja.

Memperhatikan Suhu Laptop

Semua barang yang memiliki ikatan dasar dengan listrik dapat dipastikan akan menaikkan suhu. Begitu pula dengan perangkat komputer ini. Bila digunakan dengan waktu berjam-jam maka akan membuat hardware menjadi panas. Dampaknya lainnya pun bisa diketahui adanya suara yang kasar baik kipas atau komponen lainnya.

Umumnya suhu laptop akan bergantung dengan situasi dan kondisi lingkungan sekitarnya. Lalu bagaimana sarannya, agar laptop suhunya tidak terlalu panas dan tetap dalam performa terbaiknya. Sobat bisa menambahkan aksesoris lainnya berupa kipas/blower yang dapat meredakan suhu dalam laptop.

Jangan Memakai Hingga Baterai 0%

Selain tidak diperkenankan mematikan dengan tombol power, sebagian besar orang memakai laptop dengan mematikannya sebelum baterai habis yakni 0%. Kami ingatkan kembali supaya hal kecil ini jangan sampai menjadi kebiasaan yang tidak baik sebagai pemilik laptop,

Pasalnya bila terus dilakukan akan mengurangi daya tahan betarai pada umumnya. Mungkin dulu bisa tahan 3-4 jam. Karena kurangnya perhatian kita sendiri malah sekrang hanya bertahan 1 jam saja. Pastinya ini akan mengganggu aktivitas kita sendiri.

Membersihkan Luar Dalam Laptop

Kebiasaan bersih-bersih komponen dalam laptop ternyata cukup penting dan sebaiknya dilakukan secara berkala. Misalnya 1 bulan 2 kali atau sebagaimana waktu yang bisa sobat atur sendiri. Intinya jangan hanya membersihkan bagian luarnya saja.

Caranya cukup mudah bila sobat takut merusah komponen kecilnya yakni membuka body dan menggunakan tisu basah atau vacuum cleaner sebagai penyedot debu-debunya. Kan akan terlihat mana yang mulai kotor dan masih bersih.

Cara Merawat Software Laptop

cara merawat hardware laptop

Tips yang tidak boleh ketinggalan berikutnya yaitu perawatan terhadap software laptop. Mungkin saja sering kali kita tidak perhatikan terhadap penggunaan laptop. Langkah-langkah yang mudah diaplikasikan yaitu :

  • Sistem Operasi baik windows dan sebagainya
  • Memasang antvirus
  • Menghapus data-data yang sudah tidak digunakan
  • Install sofware secukupnya yang dibutuhkan
  • Mengecek aplikasi penunjang kerja seperti corel draw, microsoft, edit video dan lain-lainnya.
  • Membersihkan file-file yang tidak diperlukan
  • Mengecek antivirus full scan dengan rutin
  • Menyalan dan mematikan sesuai prosedur

Tips Merawat Baterai Laptop

Cara Merawat Baterai laptop

Dizaman teknologi laptop sudah menjadi kebutuhan utama. Sebab seluruh kegiatan dapat dilakukan dengan perangkat komputer ini. Baik tugas sekolah maupun pekerjaan bahkan sebagai media hiburan seperti nonton film dan mendengarkan musik.

Agar baterai laptop lebih awet tahan lama meskipun sudah lama digunakan, dalam kesempatan yang mulia kami akan menuturkan beberapa tips yang sederhana. Antara lain sebagai berikut :

  • Pemakaian Aplikasi Diminimalkan
  • Mengatur intensitas kecerahan cahaya laptop
  • Jangan digunakan bilsa sedang dicas
  • Menhindari pemakaian terlalu lama yakni overheat
  • Jangan sampai menggunakan baterai habis yaitu 0%
  • Pemakaian dikontrol dengan waktu
  • Sering membersihkan dan mengecek berkala

Cara Merawat Laptop Gaming

Tips merawat laptop gaming

Bagi sobat yang aktivitas sebagai gammer maka ada hal yang mesti diketahui agar laptopnya tetap awet dan kinerjanya tidak lemot. Apalagi bila game sobat ini adalah salah satu penghasil pundi-pundi rupiah. Kita ketahui bersama bahwa laptop game bukanlah barang yang murah, bukankah begitu?

Oleh hal tersebut sebaiknya sobat game bisa merawat laptop dengan maksimal. Untuk tatacaranya bisa membaca penjelasan dibawah berikut ini :

  • Menambahkan Kipas Pendingin Suhu
  • Mengatur waktu bermain game di laptop baik live dan tidak
  • Sering membersihkan menyeluruh secara rutin
  • Menhindari penggunaan sambil mengecas
  • Menjauhkan benda-benda berat area laptop
  • Memperbaruai sistem operasi
  • Memasang anti virus
  • Uninstall aplikasi yang tidak digunakan
  • Menghapus file sampah
  • Mengecek perangkat dalam laptop dengan berkala

Nah itulah berbagai informasi seputar cara merawat laptop yang dapat kami sampaikan, semoga dengan adanya pengetahuan diatas bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply