4
21

√ 10+ Tools Gratis & Mudah Untuk Mengecek Kecepatan Website

Cek Kecepatan Website adalah mengalisis kinerja sebuah website apakah sudah layak untuk bersaing dengan kompetitor lainnya di halaman mesin pencarian. Banyak sekali fitur yang menyediakan dengan gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Apalagi sobat sebagai blogger harus mengetahui hal ini.

Sebagai pengelola atau pemilik blog sudah dipastikan ini mempunyai kecepatan yang bagus dan ini sangat penting, karena 90% pembaca tidak menyukai situs dengan loading lama. Dengan adanya tools ini juga dapat untuk optimasi SEO website dengan gratis.

Dari sekian situs yang menyediakan pagespeed ini sudah mengaplikasikan sistem penilaian, jadi prsesentase bisa diukur berapa persen untuk nilai dari situs penyedia tersebut. Terkadang kita akan dibuat bingung karena dari beberapa pengecekan memberikan nilai yang beda.

Maka dari itu gunakanlah yang memang paling akurat dan bisa mempertimbangkan agar tidak bingung memilihnya. Contohnya mencari rekomendasi dari orang yang lebih berpengalaman menggunakan alat gratis dibawah ini.

Apa Itu Kecepatan Website?

page speed adalah

Kecepatan website ialah sesuatu yang sangat penting dalam dunia blogging dan SEO yang sangat mesti diperhatikan. Karena dengan kecepatan yang rendah akan memiliki pengaruh besar memasuki halaman utama mesin pencarian google. Untuk sobat yang masih awam dengan ini sebaiknya lebih dalam mempelajarinya.

Setidaknya bisa dibedakan untuk menjadi 3 klasifikasinya yakni khusus dekstop, tablet dan android atau smartphone. Maka dari itu juga perlu dukungan template responsive agar hasilnya lebih maksimal. Negara Indonesia hampir semua elemen masyarakat sudah menggunakan internet yang salah satunya bersumber besar dari smartphone.

Jadi perkara ini bukanlah yang sepele dan mudah untuk menanganinya, sobat perlu faktor-faktor yang lebih detail. Seperti file gambar, slot iklan, script, warna, font, pihak ketiga, hosting dan templatenya. Sebaiknya usahakan hal yang tidak perlu jangan dipasang yang bisa berimbas ke kecepatan web sobat.

Pentingnya Website Cepat

pentingnya website yang cepat

Standar website yang bagus yakni mempunyai kecepatan akses maksimal 2 detik, misalkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi sobat mampu mengoptimalkan dan mengurangi lamanya akses yang dijangkau. Semakin sedikitnya akses ke web maka akan menghasilkan performa yang tambah baik baik dari pengunjung dan nilai robot google.

Ketika google menilai blog milik sobat mempunyai konten berkualitas dan kecepatan diatas rata-rata kemungkinan besar akan tetap bertahan di page one google. Hal ini dipengaruhi banyaknya pengunjung dan kualitas konten yang benar-benar layak dipertahankan.

Bila sobat mengukur dengan tools yang disediakan oleh google akan memberikan gambaran skor dari angka 0-100 dan ditandai warna merah, kuning dan hijau. Semakin mendekati skor yang hijau akan lebih bagus, begitupun sebaliknya jika mengidentifikasikan ke arah merah itu berdampak buruk dan harus segera di optimasi lagi.

Pemicu Kecepatan Website Lambat

cara mengatasi server down

domainesia.com

Benarkan sobat sedang mengeluhkan website yang lambat? Tenang kalian tak sendirian, karena masih ada beberapa teman kita yang bingung dengan kendala yang sama untuk berusaha mencari penyebab lemotnya website.

Tunggu dulu jangan langsung pergi meninggalkan situs ini. Karena dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi artikel yang menjelaskan apa saja penyebab lambatnya webitse antara lain sebagai berikut :

  • Kecepatan koneksi internet
  • Ukuran file video, gambar dan script terlalu banyak/besar
  • Pemasangan template berlebihan
  • Konfigurasi bermasalah
  • CMS wordpres versi yang lama
  • Database terlalu besar
  • Share hosting full
  • CDN tidak mendukung
  • Banyaknya render blocking javascript
  • Pengelolaan chace kurang maksimal
  • Lokasi server hosting tak mendukung
  • Terlalu banyak menginstal plugin
  • Tema tidak mendukung/responsive
  • Pemasangan slot iklan berlebihan
  • Kinerja Server tidak optimal

10+ Mesin/Tools Cek Kecepatan Website Gratis

cara cepat mengecek kecepatan web

idcloudhost.com

Cara cek kecepatan website/blog sobat bisa memilah dari beberapa tools dibawah yang sangat berarti dalam bahan analisa kinerja website sobat. Berikut daftar alat pengukur kecepatan website gratis versi udfauzi.com :

Google PageSpeed Insight

pagespeed insight

Tahun 2010 secara resmi pihak google menyebutkan bahwa indikator dalam kemajuan teknologi informasi website mewajibkan memiliki kecepatan yang bagus. Setidaknya ada 2 klasifikasi yakni moble dan perangkat desktop. Di tahun yang bersamaan itu juga meluncurkan google pagespeed insight yang membantu para pemilik website mengecek dengan gratis.

Sistem operasi dari fitur ini menyediakan 3 tingkatan nilai yakni dengan skala persen. Pertama 0-49% bahwa menunjukkan kecepatan website yang lambat. Sedangkan dari angka 50-89% menyatakan sudah masuk kecepatan sudah bagus. Untuk nilai 90-100% menandakan website sobat sudah sangat layak.

Selain itu google pagespeed ini memberikan data apa saja yang mempengaruhi lambatnya website sobat. Sehingga adanya informasi akan lebih mudah untuk optimasi yang harus dilakukan.

Pingdom

cara mengecek pagespeed webpingdom

Pingdong ialah salah satu alat untuk mengecek loading website yang terkenal sampai saat ini. Para penggunanya berasal dari pemilik perusahaan besar seperti pinterest, twitter dan facebook. Pada fitur yang gratis menawarkan sobat untuk cek kecepatan website dengan mudah.

Pihak pingdom memberikan gambaran dengan skala nilai dari 0-100. Ketika nilai tinggi maka menampakkan kualitas kecepatan blog yang bagus. Akan tetapi sobat jangan begitu mudah santai dalam zona nyaman, alangkah baiknya tetap mempelajari saran apa saja yang lebih bagus kedepan untuk meningkatkan loading website sobat.

GTmetrix

alat gratis mengecek web

GTmetrix.com

Alat gratis yang tidak ketinggalan ini bernama GTmetrix yang akan memberikan data terbaru mengenai tingkat kecepatan website sobat. Bahkan ada fitur unggulan yang membantu sobat untuk mengamati dan mengevaluasi kinerja website.

Untuk mengetes kecepatan website bisa dilakukan dari berbagai lokasi negara dan akan menampilkan ringkasan apa saja yang menjadi penyebab performa website. Uniknya sobat tidak dikenakan biaya sama sekali hanya diharuskan untuk mendaftar saja.

Google Test My Site

google test my site

londonwebfactory.com

Pengguanaan seperti smartphone di nusantara semakin bertambah secara pesat. Perhitungan ini menjadi titik balik untuk pemilik website kecepatan versi mobile untuk segera dioptimasi. Jadi tak hanya mengandalkan dari segi dekstop saja.

Penawaran berbeda akan sobat rasakan karena pada tools ini juga memberikan data benchmark kompetitor. Bahkan juga menampilkan laporan serta cara memperbaikinya performa situs sobat.

KeyCDN Website Speed Test

keycdn speed test website

KeyCDN yaitu salah satu dari sekian banyaknya tools untuk mengecek kecepatan situ yang terkenal dengan mudah dan praktis digunakan. Salah kelebihan yang bisa aplikasikan yaitu uji coba kecepatan website dari wilayah yang berbeda-beda.

Dari sisi lain kelengakapan yang sangat menarik yakni full page speed tes dan sistem pengecekan berdasarkan geolokasi. KeyCDN sudah mengaktifkan attack teste SSL FREAK untuk menjamin kemanaan TLS/SSL website. Bagaimana sobat apakah sudah mencoba tools ini?

YSlow

YSlow open source page speed

yslow.org

Alat satu ini merupakan dibuat oleh engiiner di yahoo yang tujuannya mengukur performa website dan memberikan data rekomendasi agar mengoptimalkan dari segi kecepatannya. Pada dasrnya pengecekan dari tools ini berupa open source akan tetap gratis.

Perlu diketahui bahwa yslow ialah software bawaan dari firefox. Maka oleh hal itu web browser membolehkan para usernya untuk mengakses informasi terkait komponen halaman yang melalui firebug net panel.

WebPagetest

webpagetest

Patrick Meenan ialah orang yang mengembangkan webpagetest ini, beliau juga sebagai teknini google chrome. Software ini berupa open source yang memungkinkan sobat guna melakukan mengetes kecepatan website dari berbagai lokasi seluruh dunia menggunakan browser dengan gratis.

Beberapa fitur tambahan yang menawarkan sobat yakni capture video, perbandingan frist view vs repeat view, memblokir konten, mengubah kecepatan website dan masih banyak lainnya. Webpage ini pun sudah mengusung Http/2 alhasil sobat dapat menguji kinerja dari hosting yang menyertakan SSL pula.

Geek Flare

geek flare adalah

Tidak jauh berbeda dengan beberapa contoh tools yang sudah kami berikan diatas. Geek Flare juga memudahkan pemantauan kinerja situs sobat, untuk pengecekan bisa dari perangkat desktop dan mobile serta beragam lokasi berbeda sekaligus.

Perhitungannya meliputi dari ukuran halaman, screenshot, time to frist byte dan request counts by type. Bila sobat kebingungan menggunakan dari daftar diatas juga bisa mengaplikasikan geek flare ini.

Crome DevTools

chrome devtools

Aplikasi ini merupakan bagian juga dari browser google chrome. Sehingga tidak begitu asing bagi kalangan developer yang sangat mudah akses beserta efektivitas untuk digunakan debugging hingga ujicoba.

Agar dengan mudah menjalankan Chrome DevTools ini maka cukup dengan menekan command+option+i(mac) ataupun control+sift+I(windows). Setelah itu sobat dapat menguji kecepatan website dan mendapatkan hasil laporannya.

Load Impact

load impact tools

Load impact ini adalah tools yang basisnya berupa cloud yang akan bekerja mengecek kendala pada kinerja website, aplikasi & API. Testing tool open source menggunakan k6 yang dikendali oleh perintah baris, maka akan mendeteksi berbagai persamalahan dalam siklus pengembangan software.

Meskipun tersedia yang versi gratis sobat akan diwajibkan untuk menggunakan paket langganan berbayar yang tujuannya hasil yang diperoleh busa maksimal. Untuk menggunakannya yakni langsung memasukkan url/domain sobat yang ingin dicek lalu tekan run free test.

GiftOfSpeed

giftofspeed adalah

Tools yang terakhir akan kami bagikan ini merupakan cara yang mudah guna mengecek dari 8 lokasi yang berbeda sekaligus. Fitur yang akan sobat dapatkan ialah dengan gratis sehingga memudahkan para pemilik website pemula untuk meningkatkan kinerja web, baik CCS, javascript & broken riques test.

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan seputar cek kecepatan website. Semoga dengan adanya pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply