44

√ Daftar Website Belajar Coding Untuk Pemula Secara Otodidak

Website belajar coding atau programming merupakan hal yang penting dalam kemajuan teknologi, apalagi sekarang berbagai media membutuhkan seseorang yang ahli dalam bidang ini untuk menunjang kemajuan zaman.

Bukan-nya semakin berkurang kebutuhan orang programing justru semakin banyak dibutuhkan. Jika kemampuan sobat bagus pasti banyak yang membutuhkan jasa-nya seperti pengembangan aplikasi, blog, toko online dan masih banyak lainnya.

Jadi kali ini kami ingin berbagi mengenai beberapa situs yang menyediakan untuk belajar koding, karena belajar koding itu tidak harus mengeluarkan uang yang banyak asal sobat keinginan belajar tinggi dan tidak mudah menyerah.

Codecademy

Situs Belajar Coding Online

Kami kira website ini sangat cocok bagi sobat yang baru mengenal dunia coding secara online sampai tingkatan high level, sebab disini sobat bisa menyimpan pekerjaan yang setengah jadi.

Selain itu juga ada kuis yang siap menghibur sobat ketika jenuh dan kurang bersemangat. Bahkan juga bisa belajar membuat website sederhana dengan bahasa pemograman JavaScript, HTML, Python dan CSS.

Kini sudah ada 45 juta lebih pengguna dari layanan ini, secara tidak langsung bisa dikatakan sangat bagus untuk memulai coding via online.

Coursera

Belajar Coding Online Coursera

Platform dari Coursera ini menawarkan kelas yang mana setara dari mata kuliah secara gratis dan memberikan sertifikat bagi yang menyatakan jika sobat benar benar menguasai bahasa pemrograman.

Hal pertama cukup membuat akun dan mengambil beberapa kelas berdasarkan tanggalnya. Bila sobat mencari kelas yang sesuai jadwalnya sendiri, situs ini sangat tepat sebab hampir seluruh kelas diselenggarakan dengan teratur.

Namun tidak semua kelasnya secara gratis, tapi harus membayar guna masuk ke beberapa materi tertentu. Tenang, sebab website ini sangat banyak kok yang gratis untuk sobat belajar coding.

HackerRank

Website belajar coding gratis

Apakah sobat sudah menguasai pemograman? sobat bisa menguji kemampuan dengan website ini cukup menyelesaikan beberapa masalah yang diberikan. Salah satu keunggulan dari situs ini ialah mengasah kemampuan diri kita sendiri.

Jika sudah menyelesaikan beberapa masalah yang diuji sobat akan mendapatkan poin dan meningkatkan pada papan peringkat.

Baca Juga : √ 9 Jasa Alternatif Penyedia Iklan Selain Adsense Sudah Terbukti Membayar

Setidaknya keahlian yang sudah dipelajari tidak terbuang sia-sia karena kemalasan, kami sangat menyarankan kepada sobat biar makin mahir dalam berbagai bahasa coding.

GitHub

Situs belajar coding GitHub

GitHub ialah salah satu manajemen proyek sistem versioning code dan platform yang dibuat khusus bagi developer. Dengan platform ini sobat bisa bekerja sama dengan rekan dari penjuru dunia seperti merencanakan proyek dan tracking/melacak sesuatu.

Tak hanya pemain mahir saja, sobat yang baru mengenal pun bisa bergabung dan bekerja bersama sama dengan pengguna lainnya. Jika tim sobat sedang mengerjakan proyek dengan adanya situs ini sangat membantu sebab bisa berdiskusi dan mengupdate pekerjaan sobat.

Udemy

Situs belajar coding otodidak

Tidak ingin kalah dengan lainnya, Udemy juga menawarkan dan berbagi ilmu pengetahuan ke seluruh dunia dengan layanan yang sangat bagus.

Situs ini tidak jauh berbeda dengan Coursera yang mana menawarkan layanan yang bagus. Cukup sobat bisa menyesuaikan dan kenyamanan dalam belajar Coding dan beragam bahasa pemograman yang sesuai sobat inginkan.

Sayangnya, tidak semua fitur di website ini bisa sobat nikmati secara cuma-cuma, karena ada beberapa fitur yang mesti sobat nikmati dengan berbayar.

Namun masih banyak kok fitur yang tersedia yang bisa sobat nikmati untuk belajar developer tanpa menguras uang, cukup mengetik dikolom pencarian dengan kata FREE maka akan muncul semua fitur online gratis.

Free Code Camp

website belajar coding

Free Code Camp merupakan organisasi nirbala yang terdiri dari berbagai fitur seperti publikasi online, platform web forum komunitas online dan pengembangan web deloper yang bisa diakses siapa saja.

Tersedianya forum ini setidaknya bermanfaat untuk setiap pengguna karena memudahkan dalam menyelesaikan masalah coding bukan perasaan ya.

Quincy Larson ialah pendiri dari situs ini pada tahun 2014 yang bertujuan sebagai media pendidikan yang sampai kini sudah ada relawan 3.966. Semoga dengan info ini membuat sobat berfikir untuk segera memulai belajar coding secara otodidak ataupun berguru.

Apa Sih Keuntungan Belajar Coding?

Masih bingung apa yang bisa sobat rasakan ketika belajar coding? Sudah tahukah dengan aplikasi Go-jek, Facebook, Whatsapp? Nah aplikasi tersebut tidak akan ada jika tanpa programmer.

Sesungguhnya juga tidak sulit banget menjadi programmer. Dengan tekad dan niat yang sungguh sungguh insyaallah tanpa biaya sobat bisa mahir.

Jadi tidak harus mengeluarkan banyak budget untuk menjadi seorang developer, buktikan jika banyak manfaat dan keuntungan yang dapat sobat rasakan. Semoga dengan beberapa referensi website belajar coding ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply