5
12

√ Cara Tepat Menurunkan Bounce Rate Pada Blog & Website

Bounce Rate bukanlah hal asing sebagai blogger yang akunnya terhubung dengan google analytic. Dengan adanya alat ini membuat pengkuran bagaimana kinerja website dari rata-rata pengunjung yang membaca konten. Salah satu faktor utama dalam statistik yang mempengaruhi SEO guna mendapatkan trafic organik.

Sebagai pengelola/pemilik website sudah waktunya tidak main-main dalam dunia SEO untuk bersaing di halaman pertama google. Supaya website pribadi sobat bisa lebih optimal dari mesin pencarian google alangkah baiknya memperhatikan artikel ini dengan detail dan teliti.

Tidak hanya satu atau dua faktor yang bakal menurunkan rasio pantulan menjadi lebih baik di mata mesin pencarian google. Jadi sangat jlimet kalau bahasa jawa, para pembaca akan menjadi data untuk optimasi sobat semua. Maka dari itu harus lebih intents agar hasilnya sangat maksimal.

Apa Itu Bounce Rate?

bounce rate adalah

mangools.com

Bounce rate yaitu presentase angka pengunjung ke salah satu halaman yang tak diikuti dengan tindakan yang berlanjut/langsung menekan keluar. Jadi bisa digambarkan dengan angka 0-100. Apabila angka para pengunjung yang masuk ke dalam halaman kemudian keluar yakni mendekati nilai 100, maka hal ini sangat buruk.

Sebaliknya andai nilai angka semakin kecil dan lebih mendekati ke nol hal ini menunjukkan tren yang bagus. Jadi para pengungjung meraskan manfaat dan sesuai yang mereka cari.

Dalam bahasa pemograman tingginya nilai rasio pantulan pada website/blog akan berdampak dari search engine karena google menilai bahwa konten-konten sobat tidak bermutu dan harus diturunkan. Secara mudahnya seberapa lama pengunjung membaca/melihat konten sobat misalnya 0-60 detik. Bila semakin lama akan berdampak yang positif.

Bounce Rate Yang Bagus Website & Blog

bounce rate yang bagus

idcloudhost.com

Sebelum mengetahui nilai presentasenya, hal yang mesti diperhatikan juga ada beberapa faktor untuk sobat semua yakni memberikan informasi yang bener-bener dicari oleh pembaca. Bahkan salah satu hal penting yang boleh luput di tahun 2020 ini adalah kecepatan website.

Ketika goal website sobat sudah ditentukan sejak awal maka jangan lupa untuk optimasi berkala. Karena adanya slot iklan, gambar dan java script lainnya dapat berpengaruh. Untuk optimasi sobat bayangkan saja menjadi pembaca agar bisa menilai bagaimana website yang bagus dan bisa bersaing di papan atas mesin pencarian.

Jadi bounce rate ini juga akan mengikuti bagaimana target yang di inginkan. Contoh mudahnya sobat menyediakan jasa laundry dan pembaca hanya membutuhkan nomor telepon/whatsapp, jika sudah otomatis akan langsung keluar dan nilai bounce rate bisa diangka 80-90% tapi ini bagus bagi website sobat.

Sedangkan pada kasus lainnya sobat mengelola website yang isi kontennya edukasi pastinya pengunjung membutuhkan wkatu yang lama agar mendapatkan informas yang real/akurat. Bila angka rasio pentalan rendah maka akan lebih bagus.

Kesimpulannya angka 20% 30% 40% bisa dikatakan yang bagus bagi suatu website/blog akan tetapi tidak berlaku pada semuanya. Hal ini adalah tolak ukur dan indikator suatu website yang akan mempengaruhi target yang sobat tentukan.

Cara Menurunkan Bounce Rate Paling Efektif

tips menurunkan bounce rate

urmilamile.com

Pada bagian ini inti dari informasi yang akan kami sampaikan untuk sobat semua agar mendekatkan bounce rate ke presentase nol%. Sebelum kami bagikan cara efektifnya, terus simak penjelasan dibawah ini dengan teliti agar tidak salah faham menafsirkannya.

Meningkatkan Kualitas Konten

Walaupun para viewer sudah membuka konten sobat, tidak semuanya dari mereka akan membaca hingga selesai. Apabila penempatan kurang terstruktur rapi kemungkinan besar pengunjung kebingungan dan kesulitan membacanya. Secara otomatis akan keluar dan mencari situs lainnya.

Selain sobat masih ada blogger se Indonesia yang juga membasah konten seperti sobat. Jadi saran dari kami buatlah topik yang relevan dan lebih baik bila mengevaluasi konten-konten yang sudah dipublikasikan.

Isi Konten Bernilai/Menarik

Konten yang menarik akan lebih membuat para pengunjung tambah menikmati dan berpeluang melihat konten lainnya dari website sobat. Apabila dari sebaliknya maka mereka akan kecewa terhadap informasi yang sobat berikan.

Penyusunan yang tertata rapi dan tidak bertele-tele akan menjadikan alur artikel semakin berkualitas tinggi pada mesin pencarian. Alhasil sangat mungkin untuk ditampilkan di halaman pertama. Cara efektif ini bisa diaplikasikan dengan penggunaan misalnya kamu, kalian, kita, sahabat, kawan, bro, guys dan lainnya. Sesuaikan saja dengan target audien sobat agar alur artikel memiliki interaktif yang bagus.

Mengurangi Popup Berlebihan

Banyak juga yang memperdebatkan mengenai penggunaan popup. Dari sisi lain dengan adanya popup ini bisa mendapatkan leads melalui pengunjung yang berlangganan ke web sobat. Sedangkan sudut pandang lainnya bahwa popup kurang diminati banyak pengguna.

Jadi untuk alternatifnya menggunakan dengan jumlah yang wajar saja. Boleh saja menggunakan popup namun jangan sering yang sekian menit atau setelah scrol di sodori dengan popup.

Dengan penerapan yang terlalu sering akan membuat pengunjung menjadi jengkel dan menilai bahwa website sobat menjadi sepi pengunjung dengan terus menerus. Hal bisa berdampak mencapai 70% dari pembaca artikel sobat.

Niche Website Relevan

Salah satu fungsi riset keyword blog/website ya ini. Karena pembahasan yang satu topik lebih disukai oleh pengunjung. Jadi informasi yang sedang dicari secara sistematis melihat postingan lainnya yang dirasa bermanfaat dan menarik.

Ketika sedang melakukan riset keyword, perihal yang harus dipertimbangkan ialah search volume, relevansi, kompetitor dan tingkat kekuatan website sobat untuk bersaing. Dengan serelevan mungkin ini sangat menjadi daya tarik pengunjung untuk melihat konten lainnya.

Template Responsive

Sudah pasti setiap website juga menggunakan template untuk sampul web yang dikelola, baik secara penataan dan penempatan. Dukungan tema yang responsive ini akan menyesuaikan alat yang digunakan si pembaca.

Walaupun untuk memiliki template website yang bagus ialah tidak gratis. Tapi masih ada jalan keluarnya, yakni dengan patungan dengan blogger lainnya yang menjadi lebih murah dan mudah.

Judul Sesuai Konten

Membuat judul yang sesuai dengan konten saat ini bukanlah perkara mudah, karena ada pelaku yang menggunakan trik ini agar memancing untuk klik halamannya. Maka dari hal ini menjadikan nilai bounce rate mereka sangat tinggi, karena kontennya tidak berkualitas/hoax.

Buat sobat yang mau optimasi website mungkin hal ini bisa diterapkan untuk kedepannya agar pengunjung merasakan informasi yang diberikan sangat berbobot bagi mereka.

Mempercepat Loading Website

Hal paling membosankan dan sangat dibenci oleh pengunjung ialah kecepatan website yang sangat lambat. Karena loading sangat lama membuat jengkel dan kecewa yang pada akhirnya mencari situs lainnya untuk mendapatkan informasi lebih cepat.

Viewer tidak akan memberikan toleransi bagi pemilik website yang memiliki kecepatan sangat lambat. Meskipun sebagus apapun kontennya, bila lambat ya sama saja. Berdasarkan informasi kami ketahui bahwa kecepatan yang bagus ialah kurang dari 3 detik.

Desain Website Simple & User Friendly

Zaman sekarang rata-rata pengguna banyak dari smartphone jadi perangkat mobile ialah terbanyak digunakan oleh masyarakat Indonesia guna mengakses internet. Google mesurvei bahwa 94% pengguna internet di Nusantara berasak dari perangkat smartphone.

Maka oleh hal itu para pengelola/pemilik website dituntut untuk menyediakan desain mobile friendly. Sayang 1000 sayang karena tak semua menyediakan versi mobile friendly. Untuk bisa menggunakan tema user friendly ini bisa memasang plugin dari fitur wordpress.

Menunjukkan Kredibilas

Ketika ingin memperoleh informasi bacaan yang bisa dipertanggung jawabkan maka jangan mengambil dari situs abal-abal yang belum jelas topik dan kualitas kontennya.

Kredibilitas ini dapat dilihat dari segi theme yang digunakan. Tentukan terlebih dahulu yang sangat profesional. Karena tak semua dari theme wordpress dikenakan biaya. Sobat bisa memilih berbagai theme dari fitur wordpress profesional secara cuma-cuma. Selain itu untuk menunjukkan kredibilitas hal yang bisa dilakukan ialah menampilkan profil penulis blog.

Faktor Bounce Rate Tinggi

faktor utama bounce rate

Nilai angka besar ataupun kecilnya bounce rate ialah dikarenakan dengan beberapa hal. Entah dari segi internal maupun faktor eksternal. Sedangkan dari sisi dalam bisa saja desain, isi konten, relevansi konten. Bila dari sisi eksternalnya bisa disebabkan oleh kecepatan website, iklan terlalu menutupi konten, popup berlebihan dan lain-lainnya.

Kesimpulan yang bisa dipetik dari artikel ini ialah bounce rate merupakan salah satu tolak ukur yang harus diperhatikan dengan baik. Karena tingginya bounce rate menunjukkan agar mengevaluasi baik secara internal maupun eksternalnya.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar bounce rate, semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi jalan keluar guna menurunkan bounce rate sobat. Sekian dari kami dan terimaksih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply