76

√ Penyebab Laptop Lemot : Cara Mengatasi Tanpa Service & Instal Ulang

Penyebab Laptop Lemot adalah hal yang sangat menyebalkan ketika sedang menggunakannya baik tugas kuliah dan bekerja. Dengan adanya permasalahan ini tentunya mengganggu sekali. Oleh hal itu sebaiknya sobat mempelajari informasi yang kami bagikan.

Tidak hanya smartphone dan PC yang tidak terlepas beragam permasalahan. Salah satu faktor utama yang menjadikan lelet ini ialah software dan kapasitas file-nya terlalu banyak.

Namun belum tentu juga sih penyebab utamanya. Terkadang yang baru membeli laptop juga mengalami hal yang serupa. Agar menghindari hal-hal yang tak kita inginkan alangkah baiknya sobat membaca & mempraktikkan runtutan informasi berikut :

Apa Penyebab Utama Laptop Lemot?

Apa Penyebab Laptop Lemot?

Langkah pertama sebelum mengatasi laptop yang lemot maka rekomendasi dari kami yakni mencari inti pokoknya terlebih dahulu. Kenapa demikian? Supaya kita tidak menanganinya secara asal-asalan yang bisa saja malah menjadi rusak.

Bila sobat memang belum memiliki kemampuan bisa mempelajarinya disitus ini. Sejatinya banyak masalah yang ringan namun sering kali kita mengabaikannya, akhirnya membuat laptop rusak parah. Mungkin sobat bisa mempertimbangkan inti pokok permasalahan sering terjadi adalah berikut ini :

  • Aplikasi Terlalu Banyak

Memang menghambat laju kecepatan pada laptop sobat gunakan. Software ini akan dengan otomatis berjalan dibalik laptop yang sedang menyala. Semakin banyaknya software terpasang akan menjadikan sistem booting tambah lambat.

  • Kapasitas RAM

Overload sudah tidak mencukupi kebutuhan yang sobat gunakan saat ini. Rata-rata saat ini sudah memiliki ram 4 GB untuk ingin kinerja laptop bisa maksimal.

  • Tipe Harddisk Berumur Tua

Benar bila tipe suatu HDD bertambah tua maka berdampak pula dengan performa yang menyeluruh ke laptop.

  • Terlalu Banyak Menggunakan Software Bersamaan

Pada waktu yang sama ini memiliki dampak negatif berupa beban kinerja RAM menjadi lebih ekstra. Dapat dipastikan hanya loading saja bila sobat open. Contohnya photoshop dan aplikasi editing video.

  • Harddisk Penuh Data Penggunanya

Berdasarkan pakar teknologi mengatakan bila harddisk 95% penuh dengan demikian membuat kinerja laptop 50% menurun.

  • Tab browser Terlalu Banyak

Ternyata hal yang tidak kita sadari menjadi faktor juga dalam performa laptop yang digunakan. Hal ini karena membuat RAM menguras tenaganya, terlebih lagi bila situs tersebut mempunyai fitur auto refresh.

  • Laptop Terserang Virus

Secara umumnya sebagai indikasi kinerja menjadi lemot bahkan tidak sedikit yang berkaibat fatal yaitu rusak. Oleh sebab itu sobat harus wasapada dan berhati hati dengan file yang sekiranya menucirgakan baik online atau offline sekaligus.

  • Add-ons Browser Banyak

Sebagai gambarannya mudahnya Adblocker dan sejenisnya dengan tanpa sadar membuat situs penjelajah di laptop sobat ini menjadi lelet.

  • Jarang Update Sistem Operasi/OS

Ya memang sebagian besar pengguna dari windows atau MacOS kurang mengetahui detailnya. Hal ini menyebabkan performa laptop keseharian menjadi lambat sekali pasalnya OS jarang sekali diupdate.

  • Antivirus Terlalu Aktif

Meskipun pada software satu ini sangat dipercaya ampuh mengatasi virus nayatanya bila berjalan dibalik layar dengan banyak menajadi faktor lambatnya kerja laptop sekaligus harddisknya.

Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Lemot

cara mudah menangani laptop lemot

Apakah sudah sobat membayangkan untuk mengatasi permasalahan seperti ini? Bila belum mari kita sama-sama belajar untuk menanganinya dengan tepat dan cepat. Caranya cukup simak informasi ini terlebih dahulu.

Karena secara umum pengguna laptop mengaplikasikan windows 7,8 & 10 jadi kita kupas dengan tuntas sekalian. Daripada kami kebanyakan ita-itu mari pahami betul-betul daftar dibawah ini :

  • Mengganti Kapasitas RAM

Cara Mengganti RAM

Tips yang pertama ini sangat wort it untuk solusi yang bisa sobat lakukan. Apalagi pada laptop lemot yang sudah terpasang windows 10 sehingga memerlukan upgrade kapasitas RAM yang sobat miliki saat ini.

Biasanya yang terjadi di lapangan yakni laptop sobat yang dahulu beli hanya memiliki daya RAM 2-4 GB. Padahal guna menjalankan sofware windows 10 ini ialah membutuhkan kapasitas RAM minimal 6-8 GB supaya bisa kenceng performanya.

Namun sebelum membeli RAM baru sebaiknya memastikan slotnya yang tersedia. Yakni mengetahui dulu tipe RAM (SODIMM/DIMM) baik kapasitas dan kecepatannya sekaligus.

  • Upgrade Hardsik (HDD) Jadi SSD

Mengganti HDD ke SSD laptop

Langkah selanjutnya yaitu mengeceknya dari HDD/hardisk. Caranya adalah sobat bisa melakukannya dengan defrag sebagai proses penyegaran kembali untuk mengetahui performanya.

Andaikan hal tersebut sama saja seperti sebelum di defrag yang mana sudah menggunakan windows 10 dan masih kurang manjur. Maka dari itu sobat dapat menggantinya ke HDD versi terbaru atau SSD (Solid State Drive).

Perbedaan dari HDD & SSD ini yakni dari performanya, pastinya menjadikan proses booting lebih kencang dan responsif. Rekomendasi dari kami sebaiknya menggunakan SSD cuma memuat sistem operasi saja. Sebab selain ukurannya kecil dan harganya pun lumayan mahal bila dibandingkan HDD.

  • Merawat Hardware Secara Berkala

perawatan hardware laptop berkala

Mungkin anjuran dari kami ini sangat membosankan dan cukup banyak orang yang menyepelakan cara yang satu ini. Tapi asal sobat ketahui bahwa kecepatan laptop bisa ngebut bisa dilakukan dengan cara merawat hardware saja.

Tidak hanya sekedar membersihkan debu dan sampah di laptop. Paling tidak sobat bisa mengatasi laptop yang lemot Windows 8 dan sebaiknya 1 tahun 2 kali saja. Caranya cukup mudah supaya laptop tetap dalam performa terbaiknya yaitu membersihkan motherboard, kipas, RAM dan prosesor yang lainnya.

  • Memasang Software Antivirus Full Scan

memasang aplikasi antivirus laptop

Virus yang ada di laptop umumnya mengganggu kinerja laptop sehingga tambah ekstra dan terasa panas hal ini tentunya menjadikan lemot tatkala digunakan. Solusi yang tepat yaitu memasang antivirus laptop paling terbaik.

Sejatinya banyak jenis software yang bisa digunakan. Bila sudah tepasang maka memastikannya yang bisa full scan supaya lebih maksimal dan dapat diaplikasikan sebanyak 1 minggu sekali praktiknya.

Jangan sampai terlupakan untuk mematikan fitur otomatis scan, cara ini untuk tidak belajan di background laptop sobat dan malah menjadikan kinerja laptop tambah lemot lagi.

  • Uninstall Software Tidak Diperlukan

Pernahkah sobat baru saja membeli laptop second atau baru tapi sudah lemot performanya. Jika sobat merasa sudah install banyak software terbaru jumlahnya tidak terhitung.

Faktanya ini bisa menyebabkan laptop lemot karena banyaknya software terpasang namun jarang digunakan. Maka dari itu solusinya agar tidak nge hang wajib uninstall software yang tidak diperlukan ya sobat.

Jika dari awal beli sudah terpasang Windows 10 cara mengatasi laptop lemot yaitu dengan menu bawaan yang terdapat pada pengaturan/settings lalu uninstall seperti halnya CCleaner dan sebagainya.

  • Menambah Aksesori Pendukung Laptop

aksesori laptop tidak lemot dan panas

Penyebab laptop lemot yang sering terjadi biasanya juga dipengaruhi oleh kinerja laptop yang overhat. Oleh hal itu sobat bisa dengan menambahkan aksesoris lainnya yang bisa mengurangi laptop bekerja lebih ekstra. Contohnya adalah kipas sebagai penurun suhu laptop dan cooling pad.

Bahkan ada juga vacuum cooler yang bisa membantu laptop sobat untuk membuang debu dan suhu pada dalam laptop sehingga tetap pada performa terbaiknya. Walapun agak terlihat remeh namun sangat berguna untuk menunjang aktivitas sobat ketika internetan dengan laptop.

  • Menggunakan Software Versi Lama

menggunakan software laptop versi lama

Terkadang cara seperti tidak terfikirkan sama sekali untuk menunjang kinerja laptop yang kita miliki. Biasanya sih efek gengsi sama teman jadi tidak mau memasangnya. Memang sih update software yang terbaru menyediakan berbagai fitur terbaru, tapi otomatis akan menambah beban pada perangkat laptop.

Sebagai cara mutakhirnya yaitu memperbaiki laptop sobat yang lemot dengan cara mengganti software versi lama namun sesuai kebutuhan. Sehingga akan mengurangi beban file-nya yang akan diterapkan pada laptop.

  • Memakai Sistem Operasi Dekstop Ringan

Perlu diktehaui bahwa salah satu sistem operasi dekstop yakni windows ternyata juga cukup berat loh. Padahal sobat kesehariannya sangat bergantung dengan laptop kan? Daripada jual dan belum kuat membeli spesifikasi lebih bagus, bisa juga nih beralih dengan OS Linux supaya performa tetap mantab.

  • Install Ulang OS Windows

Install Ulang OS Windows

Jalan alternatif yang bisa ditempuh sebagai solusi penyebab laptop lemot adalah dengan mempraktikkan install ulang windows. Karena bisa saja yang menyebabkan dekstop lemot dan error ialah hardware dan softwarenya harus di update lagi.

Tips ini sangat bagus diaplikasikan bila berbagai cara sudah dilakukan namun masih kurang oke pada laptop sobat. Demikian cara mengatasi laptop yang lemot versi udfauzi.com

Aplikasi Mempercepat Kinerja Laptop

aplikasi mempercepat performa laptop

Bila beragam cara sudah ditempuh, tapi hasilnya tidak begitu memuaskan menurut sobat semua. Mungkin dengan adanya bantuan softwarenya dapat memaksimalkan kinerja laptop untuk menghindari lemot dan ngehang. Berikut beberapa contohnya versi kami :

  • Advenced System Optimizer
  • CCleaner
  • IObit Advenced SystemCare
  • AVG PC TuneUp Utilities
  • System Cleaner
  • Glary Utilities
  • The PC Decrapifier
  • Symantec Norton Utilities
  • Razer Cortex
  • iolo System Mechanic

Cara Membuat Laptop Tidak Lemot

cara supaya laptop tidak lemot

Sebagai opsi yang terbaik guna menghindari laptop lemot, sobat bisa menerapkan beberapa tips yang kami bagikan. Mungkin tidak begitu diperhatikan sebagai pengguna laptop.

Buat sobat yang kesehariannya sangat produktif dengan laptop dan PC sebaiknya melakukan kebiasaan dibawah ini supaya performa laptop atau komputer yang setiap hari digunakan terhindari dari lemot.

  • Mematikan laptop setelah selesai digunakan
  • Uninstall aplikasi tidak dipakai
  • Mengentikan starup program yang tak dipergunakan setiap hari
  • Rajin membersihkan malware/virus
  • Merawat laptop dengan sepenuh hati
  • Membersihkan komponen laptop/PC
  • Menghapus Fragmented File
  • Upgrade RAM & Hard Drive
  • Menghapus temporary file
  • Membuka & menutup laptop dengan hati-hati

Demikianlah rangkaian informasi seputar penyebab laptop lemot yang bisa kami bagikan kepada sobat semua, semoga dengan adanya pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply