190

√ Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca di CMD & Windows

Flashdisk tidak terbaca pasti membuat sobat semuanya jengkel, terlebih sedang dibutuhkan dalam tergesa. Apakah mengalami hal seperti ini? Barang ini sudah sebagai kebutuhan yang populer sampai sekarang. Apalagi teruntuk pelajar, mahasiswa dan karyawan perusahaan.

Tentunnya sobat ingin merawat supaya keawetannya terjaga. Flashdisk juga dikenal dengan sebutan USB Flash Drive merupakan media penyimpanan data portabel dengan menghubungkan ke USB dan kapasitasnya antara 2-512 GB.

Dalam kesempatan kali ini kita akan lebih membasah detail terkait penyebab, cara menangani flashdisk yang bermasalah serta perawatannya agar tetap awet. Berikut akan kami jelaskan sebagai dibawah berikut :

Penyebab Flashdik Tidak Terbaca

Faktor flashdisk tidak terdeteksi

Sebelum kita membasah yang lebih detailnya, ada baiknya jika sobat mengetahui terlebih dahulu dari faktor flashdisk bermasalah misalnya di HP, laptop ataupun desktop. Dengan hal ini akan memudahkan untuk ciri-ciri penyebab tak terbaca-nya sebuah flashdisk.

Karena pasalnya setiap masalah ada penyebabnya yang menjadikan rusak serta untuk cara mengatasinya tersendiri. Bahkan dengan belajar dari satu persatu akan tidak membuat kesalahan yang lebih melebar. Langsung saja kita cek lapangannya saja.

Konektor Flashdisk Kotor

Langkah pertama yang bisa sobat cek yakni memastikan kondisi dari fisiknya port USB entah laptop, PC bahkan konektornya flashdisk. Jika sobat sering menaruh disembarang tempat dapat dipastikan portnya terdapati kotoran yang tepatnya dimasuki debu.

Sebab dengan debu yang menempel terus-menerus akan memungkinkan dari performa flashdisk sobat sehingga tidak terdeteksi di windows 7, 8 & 10. Sebaiknya lebih hati-hati menaruh barang, apalagi seperti flashdisk ini alat yang cukup penting dalam menyimpan file-filenya.

Driver USB Bermasalah

Tahap kedua ini bisa jadi disebabkan oleh driver USB yang mengalami masalah, sebagai contohnya USB sudah terpasang di laptop atau dekstop tapi terdeteksi kosong. Untuk mengetahui hal ini sobat dapat dengan mengecek decive manager kemudian pilih opsi universal serial bus controllers.

Walaupun tidak banyak yang mengalami permasalahn flashdisk yang tidak terdetek namun tiada salahnya sobat untuk mencobanya sebagai pengalaman dan wawasan yang baru.

Perangkat Flashdiks Palsu

Bisa jadi ini penyebab dari flashdisk tidak terbaca kerena sobat memakai perangkat flashdisk yang palsu. Seiring dengan kebutuhan dan maraknya pengguna flashdisk tentu iming-iming harga murah dan duplikasi merk terkenal sering terjadi dipasar. Maka dari sobat mesti hati-hati & lebih jeli ketika memilihnya.

Biasanya merk yang tipu-tipu ini akan rusak walau baru digunakan beberapa kali saja. Eh taunya dari brand original, ternyata sudah ketipu dan pastinya rugi besar dong baik finansial dan data-datanya. Maka dari itu kami rekomendasikan yang bener-bener berkualitas saja deh.

Terserang Virus & Malware

Pernah enggak sih, kalau flashdisk kita tidak terbaca dikarenakan serangan malware dan virus? Jadi tidak hanya dari fisiknya saja yang dapat merusak komponen flashdisk. Hal semacam ini biasanya disebabkan oleh penyambungan ke alat-alat teknologi dengan sembarangan, bahkan tidak memikirkan waktu penggunaannya.

Maka dari itu untuk mengatasinya sobat bisa memasang berupa aplikasi antivirus yang versi gratis untuk menghapusnya. Jadi jangan bersedih ya, karena habis ini kita akan belajar lebih detail cara membenahinya.

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca

cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca

Kebutuhan penyimpanan data portabel memang sangat dibutuhkan sebagian besar orang-orang memahami teknologi. Pasalnya bila disimpan seperti elektronik berupa PC/desktop akan kesulitan jika dibutuhkan diluar rumah. Maka dari itu adanya flashdisk ini sangat memudahkan para generasi milenial.

Namanya alat teknologi yang sifatnya portabel dan amat kecil terkadang lupa untuk menyimpan ditempat yang aman. Sehingga terkadang saat digunakan tidak terbaca. Untuk hal tersebut mari simak penjelasannya dibawah berikut :

Mengecek Kondisi Port Flashdisk

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi flashdisk tidak terbaca dengan mengecek bagian port USB yang hendak digunakan/sambungkan. Terdapat kemungkinan jika port USB laptop sudah rusak atau kotor sehingga tak bisa membaca flashdisk yang ditancapkan.

Agar bisa kembali normal sobat cukup dengan membersihkan terlebih dahulu. Apabila tetap tak bisa maka colokkan ke port USB lainnya seperti desktop/laptop. Andai belum menemukan hasil yang diharapkan kemungkinan besar yang bermasalah pada port USB flashdisk sobat.

Cek Driver USB Laptop, PC & HP

Tatkala flashdisk telah disambungkan ke laptop atau PC, namun tetap belum terbaca. Maka coba saja masuk ke bagian Control Panel, berikutnya memilih device manager dan lanjut ke Universal Serial Bus Controllers. Sesudah itu coba cek USB Mass Storage Device, bila ada sebuah peringatan kuning bisa dinyatakan sebagai tanda driver bermasalah.

Jika permasalahan sampai tahap ini langkah untuk memperbaikinya yakni dengan install ulang kembali driver USB pada perangkat Desktop/laptop. Sebagai cara paling termudah cukup dengan tekan klik kanan di USB Mass Storage Device, pilih lagi Uninstall Device berlanjut Uninstall Pop-up peringatan.

Sesudah hal tersebut sobat cabut saja flashdisk dan kembali sambungkan. Jangan sampai lupa jika telah melakukan langkah-langkah yang kami sampaikan untuk restart komputer atau laptop sobat.

Mengecek Flashdisk Dengan CMD

Sudah mempraktikkan tutorial diatas tapi belum tetap saja flashdisk tidak terbaca? Tenang dulu, kami masih ada cara untuk membenahi flashdisk yang tak deteksi lainnya. Yakni mengecek status dari flashdisk sobat. Cara ini dengan langkah membuka command prompt yakni meneka logo windows selanjutnya tulis “Command Prompt”.

Jika muncul di jendela hitam, tahap selanjutnya yakni ketik kembali CHKDSK G:, perlu dipertahtikan pada huruf G ini sobat ganti dengan sesuai yang ditampilkan flashdisknya pada laptop atau desktop sobat, sebagai contoh H/F dan sebagainya.

Berikutnya tekan enter dan cek lebih detail apa yang ditayangkan oleh perintah command prompt tersebut. Apabila flashdisk sobat ini rusak atau bermasalah maka akan mendapatkan notifikasi bahwa windows menemukan error dan lain-lainnya.

Mengecek Dari Computer Management

Langkah ke 4 untuk memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca yaitu dengan mengaplikasikan pada computer management. Sebagai cara-caranya cukup dengan membuka dibagian kolom pencarian lalu ketik (Computer Management) lanjut lagi tekan enter.

Sesudah itu pilih kembali Disk Management lalu klik kanan disisi nama flashdisk sobat. Pilihlah Change Driver Letter and Paths. berikutnya tekan Change, maka akan muncul menu baru berupa Assign the Following Drive Letter. Lanjut memilih huruf yang tertera dibagian menu dropdwon disisi kanan dan tekan ok.

Berikutnya sobat tekan kanan pada nama flashdisknya dan klik format. Tulis saja nama flashdisk atau jenis file sistemnya. Sesudah hal itu diformat, sebetulnya flashdisk sobat bisa tetap terbaca. Tapi ada resikonya yakni file-nya kosong alias bersih data-data yang tersimpan.

Update Windows

Cara terakhir yang bisa menjadi solusinya bila semua sudah dicek dan normal maka bisa jadi sistem operasi laptop sobat yang mesti diperbarui lagi. Oleh hal tersebut, sobat cukup dengan mengaplikasikan update windows. Agar mengetahui dengan detail, simak saja cara berikut :

  • Masuk ke (Settings) lalu pilih (Update & Security)
  • Berikutnya lanjutkan memilih (Check For Update)
  • Tunggu saja hingga proses update ini selesai. Cobalah untuk colokkan flashdisk sobat. Bila berhasil dengan cara akhirnya flashdisk terbaca.

Nah, demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan terkait cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di laptop maupun desktop dengan cepat dan mudah. Jika berhasil dengan teknik kami, jangan lupa bagikan ke temen-temen lainnya agar semakin bermanfaat.

Cara Merawat Flashdiks

tips merawat flashdisk

Pernah terfikirkan tapi belum terlaksana sampai sekarang, pasti banyak nih sobat yang memiliki sudut pandang seperti ini. Ya sudah langsung saja kita ke pembasahan terkahir yaitu perawatan flashdisk yang mudah agar tetap awet. Kurang lebihnya seperti demikian :

  • Jangan menyimpan file atau data-data hinggas storage menipis. Alangkah baiknya jika dikompresi ke folder berbentuk .zip/.rar saja.
  • Jauhkan dari benda-benda yang mengandung magnet dengan kurun waktu lama seperti halnya speaker dan televisi.
  • Hindari untuk pengeditan file mentah atau langsung dari flashdisknya. Kami rekomendasikan agar copy file di laptop atau lainnya kemudian edit sampai selesai baru di paste ke flashdisk sobat kembali.
  • Jangan terlalu sering mempraktikkan format pada flashdisk, sebab dapat mengakibatkan berkurangnya batasan bahkan merusaknya.
  • Selalu membiasakan eject setiap sebelum mencabut flashdisk.
  • Hindari flashdisk sering tergoncang baik terendam air dan jatuh.
  • Simpanlah flashdisk ke tempat yang aman dan bersih serta dengan rentang suhu tidak panas dan terlalu dingin. Hal ini untuk menjaga komponen agar awet.
  • Bila sering berpindah-pindah perangkat jangan lewatkan untuk langsung scan dengan antivirus.
  • Pastikan bahwa flashdisk dilapisi dengan hal aman dari kotoran dan tertutup rapat, agar port USB tidak kotor dan berkarat.
  • Terakhir sentiasa menggunakan fitur pelepasan yang teruji kemanannya yang sudah terpasang di laptop. Biasanya yakni dengan (Safety Remove Hardware).

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan terkait pemaparan artikel kali ini. Semoga dengan adanya pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan dapat memberikan jawaban serta cara mengatasinya. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply