103

√ 8 Cara Mudah Meningkatkan CPC Google Adsense Pada Blog

Cara Meningkatkan CPC Adsense website atau blog merupakan hal terpenting, kendati sangat mempengaruhi pendapatan kita sebagai pemilik blog. Namun untuk meningkatkan ini tidak serta merta tanpa mengetahui prosedurnya. Jika dilakukan secara asal bisa berdampak TOS dari google adsense.

Beberapa tahun ini banyak orang yang beralih profesi untuk mendapatkan uang dari online salah satunya Adsense dan jualan. Karena pangsa pasar yang sangat menggiurkan. Tidak sedikit yang sukses mengembangkan pendapatannya.

Nah karena CPC di negara kita ini termasuk yang sangat kecil, sehingga pengelola website harus pandai dalam mendapatkan pengunjung yang banyak, supaya target yang diinginkan bisa tercapai. Dapat dipastikan penempatan iklan yang terlalu banyak membuat para visitor menjadi bosan. Menyiasati hal ini, betapa pentingnya penempatan iklan dan tema untuk memuaskan para pengunjung.

Untuk lebih detailnya akan kami kupas secara dalam, simak ulasan ini sampai ke akar-akarnya. Antara lain sebagai berikut :

CPC Adsense Adalah?

CPC Adsense adalah

Adsense ialah jasa periklanan yang melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google. Dengan program ini, maka pemilik blog atau website yang sudah mendaftar dan disetujui atas keanggotaannya boleh memasang iklan.

Cost Per Click atau CPC ialah jumlah uang yang akan didapatkan oleh pemilik website jika Ad Units tersebut diklik. Setiap negara nilai CPC-nya berbeda-beda dan sudah ditentukan dengan faktor banyak. Salah satunya kualitas situs dan performa-nya sang publisher.

Akan tetapi secara umumnya nilai maksimal yang akan didapat 20% dari nilai tawaran dinamis yang ditawarkan sang pemasang iklan.

8 Cara Meningkatkan CPC Adsense

cara meningkatkan cpc adsense

Faktor-faktor tentang CPC Adsense ini sangat bermacam-macam, jika sobat ingin meningkatkan Cost Per Clik maka ketahui dulu apa penyebabnya. Selain kualitas konten dan performa masih ada beberapa yang menjadi pengaruh.

Jika sudah diketahui selanjutnya sobat evaluasi, misalnya konten, penempatan iklan, kecepatan website dan tema. Untuk lebih detail simak penjelasan dibawah ini :

Niche Konten

Hal pertama yang musti sobat lakukan ialah topik pembahasan atau niche yang diisi pada website sobat semua. Tanpa diketahui dengan riset yang asal-asalan ini mempengaruhi atas banyak dan sedikitnya nilai CPC.

Biasanya blog yang hanya membahas satu niche saja memiliki nilai CPC lebih dibandingkan dengan website yang membahas berbagai macam topik. Misalnya blog yang membahas elektronik atau keuangan dipercaya BPK-nya lebih tinggi daripada blog yang membahas tentang wisata, kuliner dan pendidikan atau lebih dikenal dengan blog gado-gado.

Maka dari itu kami menyarankan pada sobat agar membuat website dengan niche konten yang bernilai tinggi, antara lain sebagai berikut ini :

  • Elektronik- Gadget, Perabotan Rumah (Televisi, Kipas, Kulkas)
  • Domain- Website seperti GoDaddy, Namecheap dan lain-lain yang CPCnya Tinggi
  • Otomotif- Perlengkapan dan seputarnya
  • Rumah- Desain dan renovasi
  • Bisnis- Peluang bisnis & Produknya
  • Kesehatan- Alat-alat kesehatan
  • Perbankan
  • Google- Produk Google

Demikian beberapa referensi yang menurut kami memiliki nilai cpc tinggi, contoh diatas masih bisa dijabarkan secara luas dan sangat cocok bagi sobat yang memiliki pashion dalam bidang tersebut.

Penempatan Iklan

Nah sesudah target konten yang dibuat selanjutnya tentang penempatan iklan pada blog sobat. Jangan pernah sekali-kali untuk mengabaikan hal ini karena mempengaruhi pendapatan dari google adsense.

Yang saya terapkan pada blog yakni iklan dibawah judul dengan ukuran 336×280 dan pada paragraf 3 iklan link serta after konten 336×280 satu. Minimal itu yang saya terapkan pada website.

Format Iklan

Tahap ketiga ialah membuat format iklan teks, sebab dengan adanya iklan ini akan memiliki CTR yang lebih tinggi. Selain itu juga ada alternatif lain yang bisa sobat coba yakni iklan teks dan gambar secara bersamaan karena dipercaya memberikan CPC yang tinggi.

Akan tetapi tergantung niche dan tipe blog sobat, pada iklan gambar tampilannya lebih menarik dan bagus serta RKT-nya lebih tinggi namun cpcnya tidak setinggi iklan teks. Seperti yang kami katakan diatas bahwa penempatan iklan dan niche konten adalah faktor utama.

Keyword Bernilai Tinggi

Kata kunci konten juga sebagai indikator tinggi rendahnya BPK pada website sobat. Bahkan dengan keyword yang asal-asalan bisa merendahkan nilai CPC iklan adsense. Alangkah baiknya sebelum membuat artikel sobat benar-benar riset keyword dengan tepat.

Mungkin salah satu faktornya ialah tools riset keyword yang kurang optimal, tenang kami menyarankan sobat untuk mencari kata kunci dengan tools Ahrefs, Ubbersuggest dan Google Planner. Insyaallah dengan aplikasi ini sangat membantu pekerjaan sobat.

Bikin Iklan Responsive

Salah satu cara agar tampilan iklan pada website sobat bisa menyesuaikan ukuran dan tampilannya ialah cukup dengan membuat iklan responsive. Walaupun umumnya cpc tak banyak pengaruh oleh platform iklan, namun hal ini sangat membantu supaya blog sobat memuaskan para pembaca.

Hal ini dipercaya karena iklan responsive dapat beradaptasi dengan berbagai platform seperti dekstop, seluler dan tablet. Dengan ini setidaknya meminimalkan hal yang tidak sobat inginkan.

Target Negara Pengunjung

Cara yang tepat guna meningkatkan cpc adsense pada blog ialah penargetan negara pengunjung. Kenapa hal ini mesti di targetkan? Karena setiap negara memiliki nilai BPK yang berbeda-beda. Oleh hal itu pembuatan konten yang bagus juga berpengaruh kualitas di mata google sendiri.

Alogaritma google selalu diperbarui jadi sebagai pengelola blog harus ada yang namanya optimasi on page dan off page. Supaya google menempatkan konten sobat di halaman pertama setidaknya 3 peringkat dari atas.

Baca Selengkapnya : √ Penyedia Iklan Alternatif Adsense 

Sedangkan negara yang memiliki cpc besar salah satunya Amerika dan inggris, biasanya setiap klik bisa menembus angka 2-3$ jika di negara kita ini sebesar Rp. 2000-3000 rupiah saja bahkan bisa lebih rendah lagi.

Blokir Iklan Tidak Relevan

Tips jitu yang ke 7 ini adalah memblokir iklan yang tidak relevan alias tidak menyerupai dengan konten sobat. Misalnya website sobat hanya mengulas seputar teknologi nah seperti iklan politik dan agama serta yang tidak berkaitan dengan website sobat.

Sekiranya saja sobat blokir yang memang tidak berhubungan dengan topik blog, insyaallah dengan tips ini sangat membantu meningkatkan pendapatan sobat dari blog yang di kelola.

Berani Bereksperimen

Berani Bereksperimen

Tutorial yang terakhir ini agar cpc adsense pada website sobat meningkat ialah terus bereksperimen dengan beragam cara, akan tetapi cara yang sesuai prosedur dari google adsense agar tidak terkena banned.

Selain itu juga menambah jaringan pengetahuan misalnya mencari teman yang benar-benar menguasai teknologi terutama dalam bidang blog atau website. Misalnya tentang tampilan, judul, kecepatan dan kualitas konten itu sendiri.

Jika sudah melakukan eksperimen jangan lupa sobat evaluasi kinerja blog yang dikelola. Apabila memang sudah tepat jalankan saja jangan diotak atik lagi.

Demikianlah rangkaian 8 tips untuk meningkatkan cpc google adsense pada website, kami harap dengan adanya tips ini sangat bermanfaat dan bisa mengoptimalkan pendapatan sobat. Sekian dari saya dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply