5
36

√ Cara Mudah Cek Sensor Samsung

Cek sensor samsung mungkin hanya dilakukan kepada 10 dari 5 orang yang menerapkan pengecekan dengan detail dan teliti terkhusus membeli smartphone bekas.

Seperti halnya diri kami ketika akan membeli suatu hp akan dilakukan pengecekan contohnya body, touchscreen, kamera dan speaker. Rata-rata para pembeli sudah kegirangan karena mendapatkan hp yang diinginkan lalu lupa mengeceknya. Nah ini yang berbahaya menurut kami.

Sebab masyarakat umum pun jarang membaca detail spesifikasi hp bekas yang ada minus/cacatnya. Namun kami sangat menyarankan kepada sobat semua untuk berhati-hati dan cek detailnya agar tidak kecewa karena hp tersebut bermasalah.

Setelah kemarin mengulas cek kode rahasia hp samsung, pada kesempatan kali kita akan mempelajari bagaimana cara mengecek fungsi sensor khusus hp samsung. Pasti sobat belum sama tahu kan? Ya sudah kalau begitu, yuk kita sama-sama belajar dengan penjelasan dibawah berikut ini.

Apa Itu Sensor?

Apa Itu Sensor?

Sensor sendiri merupakan perangkat/alat yang memiliki fungsi untuk mendeteksi perubahan besaran fisika seperti dengan gaya, cahaya, suhu, arus listrik, tekanan dan lain sebagainya.

Di era zaman teknologi ini sangat banyak perangkat elektronik yang memanfaatkan sensor sebagai media yang memberikan perubahan secara otomatis dengan adanya sensor tersebut. Sehingga akan mendeteksi adanya perubahan dan menagalisanya sesudah dikonversi pada output alhasil bisa dimengerti oleh manusia.

Umumnya output tersebut ditampilkan kepada perangkat sensor yang kemudian ditransmisikan melalui elektronik dengan jaringan. Maka dari itu output kemudian dioleh menjadi sebuah informasi yang bermanfaat kepada penggunanya.

Secara dasar sensor dikelompokkan sebagai transduser input sebab bisa merubah dari energi fisik misalnya gaya, tekanan dan cahaya lainnya menjadi sebuah sinyal listrik. Jadi itulah yang namanya sensor sobat semua, sangat bermanfaat sekali bukan terhadap dunia modern seperti ini.

Cara Cepat Cek Sensor Samsung

Cara Cek Sensor Samsung

leskompoi.com

Perkembangan teknologi semakin ketat dan kompetible maka dari itu kita bahas saja sensor smartphone merk samsung sudah sangat kompeten didalamnya. Maka dari apabila ada yang mengalami error ataupun rusak sobat bisa menganalisanya.

Adanya cara mengecek sensor hp samsung akan memberikan manfaat yang sangat banyak bagi sobat. Sebab apabila ditemukan kerusakan sensor sudah dipastikan akan berdampak masalah tertentu kepada smartphone kalian. Tentunya kami akan berusaha memberikan tips agar bisa dihindari.

Kejadian yang paling sering ialah membeli HP bekas mungkin dari penggunaan, perawatan dan usia sebagai faktornya. Namun tidak ada jaminan pula ketika sobat membeli smartphone baru. Sobat bisa meminimalisir hal ini dengan cara mengeceknya.

Buat kalian yang suka beli HP bekas maupun digunakan sendiri dan dijual kembali kami sarankan supaya tetap jujur dan sesuai kondisi terbarunya. Tenang jangan khawatir karena dengan metode ini bisa dilakukan cukup mengaplikasikan kode rahasia samsung. Langsung saja kita ke tutorialnya sebagai berikut ini :

  • Langkah pertama buka aplikasi Telepon/Dial di smartphone samsung yang akan dicek kondisi terbarunya
  • Lalu ketikkan kode rahasianya *#0#*
  • Tahap ketiga maka sobat akan ditampilkan pada halaman cek hp tersebut
  • Pilihlah menu sensor

Disitulah sobat akan mengetahui pengecekan sensor dari hp samsung lebih spesifik lagi. Tentunya hal tersebut sebagai jawaban juga apakah normal atau mengalami kerusakan. Bagaimana simple dan cepat kan teknik versi kami diatas?

Aplikasi Cek Sensor Smartphone Samsung

Aplikasi Cek Sensor Samsung

Mungkin ada beberapa kode rahasia yang tidak berfungsi ketika sobat mencobanya, dengan bantuan ini insyaallah bisa mengatasi masalah yang sobat rasakan. Selain itu dengan aplikasi dibawah berikut dapat diaplikasikan hp samsung J2 Prime, A11, A20S, M11 dan sebagainya.

Bahkan keuntungan lainnya yaitu bisa didapatkan secara gratis yakni download langsung di Google Play Store. Walau berbasis gratis nampun beberapa aplikasi dibawah ini dapat menampilkan semua sensor yang hendak dicek. Mari kita cek sama-sama satu demi satu ya.

CPU-Z

Pertama ini merupakan aplikasi pengecekan sensor hp yang bisa kita gunakan salah satunya merk dari samsung. Nama dari aplikasi cek sensor terbaik ini CPU-Z. Perlu diketahui bahwa tampilan informasi sangat perinci.

Keistimewaan lainnya yang dapat dirasakan yakni untuk melihat detail spesifikasi smartphone yang dicek tersebut. Contohnya melihat dari kondisi baterai saat ini apakah masih normal apa tidak.

Sensor Box

Kedua yaitu dinamakan sensor box aplikasi ini ternyata dibuat khusus loh untuk mengecek sensor dari smartphone berbasis android. Seperti yang kami jelaskan diatas untuk mengetahui sobat harus me-downloadnya dari Google Play Store.

Salah satu fitur yang dibanggakan dari aplikasi ini yaitu user interfacenya sangat simple. Sehingga kalian dapat melihat data-data sensornya dengan mudah. Sensor yang ditandai merah merupakan yang tidak mendukung.

AIDA64

Nah pada deretan aplikasi cek sensor hp samsung berikutnya yakni Aida 64. Fungsi dari aplikasi satu ini bisa menampilkan berbagai seluruh sensor yang ada pada sebuah smartphone. Tampilan informasinya pun cukup detail, jadi lebih maksimal untuk proses pengecekannya hp samsung.

Bahkan ketika sobat sudah me-downloadnya juga menggunakannya untuk mengecek spesifikasinya dan beragam informasinya baik dari software serta hardware-nya. Bagaimana menurut sobat dengan aplikasi satu ini, sangat komplit apa masih kurang sobat?

CPU Z PRO

Kami sangat menyukai salah satu aplikasi pengecek sensor hp yang dinamakan CPU Z Pro kenapa bisa suka? Alasan pertama adalah dapat memberikan tampilan informasi sensor dengan simple. Selain itu jika hp yang kalian miliki sudah mendukung sebuah sensor, maka tertulis kata supported.

Apabila sensornya smartphone sobat tidak tersedia maka akan ditampilkan kata Non-Supported. Beberapa fitur lainnya tetap bisa sobat rasakan dan cukup lengkap jadi tetap bermanfaat untuk mengecek spesifikasi software, operasi sistem serta baterai.

DEVICE INFO HW

Terakhir aplikasi ini sepertinya wajib sobat unduh deh. Sebab pada Device Info WH akan memberikan tampilan terkait spesifikasi dan kelengkapan sensor hp sobat. Data yang diberikan juga real bukan hoax.

Maka dari itu adanya aplikasi ini sangat membantu para user samsung untuk mengecek sensornya dengan secara pasti dan detail. Alhasil sobat dapat mengetahui bagian sensor yang bermasalah atau rusak.

Daftar Fungsi Sensor HP Samsung

Fungsi Kode Sensor HP Samsung

 

Setelah sobat masuk ke menu sensor smartphone samsungnya pasti kebingungan kan karena banyak pilihan. Mungkin sebagian dari sobat baru mengetahui 1-3 jenis sensornya maka dari sebaiknya memahami terlebih dahulu.

Apabila betul belum tahu sama sekali kami rekomendasikan untuk menyimak informasi yang hendak kami bahas berikut ini terkait jenis dan fungsi setiap sensornya. Tanpa pikir panjang inilah daftarnya untuk sobat semua :

NomorDaftar Nama SensorFungsi Sensor HP Samsung
1.AccelerometerFungsi utamanya yaitu mendeteksi dari percepatan gravitasi bumi. Secara mudahnya peran dari sensor ini adalah salah satu bagian dasar kompas dan GPS.
2.Ambient LightFungsi dari sensor selanjutnya yakni menyesuaikan sorotan cahaya pada layar smartphone dengan otomatis sesuai keadaan sekitar.Sebagai contohnya dikala gelap gulita maka layar secara otomatis mengatur kecerahan layarnya agar tetap mudah terlihat oleh penggunanya.
3.FingerprintFungsinya adalah sensor terhadap sidik jari yang biasanya terletak pada bagian belakang. Karena semakin canggih sekarang fingerprint ada yang dilayar bahkan mulai menerapkan dengan sensor mata/kepala pemiliknya.
4.GyroscopeKegunaan dari sensor ke empat yaitu mendeteksi posisi HP. Misalnya untuk membedakan antara arah atas dan bawah. Biasanya akan aktif dikala membuka game tertentu
5.Magnet SensorSesuai dari namanya, fungsi dari magnet sensor ini sebagai pendeteksi magnet. Jadi digunakan untuk komponen fungsi utama dari kompas.
6.ProximitySensor ini berfungsi sebagai penghemat daya baterai ketika sedang telpon. Sehingga dengan otomatis beberapa saat telepon akan membuat HP mati layarnya.
7.Temperature SensorSebetulnya ada dua jenis temperatur sensor. Akan tetapi yang dimaksud kali ini yaitu mendeteksi suhu dari komponen smartphone samsung tersebut. Misalnya kehangantan hp saat ini berapa derajat suhunya. Alhasil sobat bisa mengetahuinya.
8.SoundSensor terakhir ini yaitu sensor surara. Untuk kegunaannya yaitu menyesuaikan volume suara HP.
Misalkan mengatur voleume suara tatkala teleponan dilokasi yang ramai atau kondisi sebaliknya.

Cara Memperbaiki Sensor Smartphone Samsung Bermasalah?

 

Cara memperbaiki sensor hp samsung

Jika sobat mengalami permasalahan terhadap sensor hp samsung, jawabannya masih bisa diperbaiki. Sedangkan untuk metodenya yaitu membersihkan atau mengganti komponen dari sensor yang rusak tersebut dengan yang baru.

Sebagai detailnya kami pun belum mengetahui secara pasti apakah bisa diperbaiki sendiri atau harus dibawa tempat service. Berdasarkan informasi yang kami peroleh bahwa untuk membetulkannya ada beberapa tips seperti :

  • Membersihkan Panel Sensor
  • Factory Reset
  • Reboot
  • Flashing
  • Kalibrasi Sensor Proximity

Dari daftar diatas sobat dapat mencari referensi yang sudah membuat tutorialnya dengan detail, itu pun yang masih ringan lah ya. Sedangkan kerusakan sensor yang terkait komponen hp samsung utama kami rekomendasikan bawa ke tukang service hp saja deh.

Untuk etsimasi biaya biasanya berbeda-beda tergantung wilayah dan sparepart-nya mudah diperoleh apa tidak. Selain hal tersebut lingkungan pusat kota juga menjadi penentu mahal dan murahnya perbaikan HP.

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan seputar cek sensor smartphone samsung. Semoga dengan adanya pengetahuan diatas bisa membantu sobat semua dan tentunya bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari kami dan terimakasih.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply