6
38

√ Cara Reset HP Samsung Semua Tipe Lupa Pola

Cara reset hp samsung sangatlah penting bagi para penggunanya. Jika sobat tidak memilikinya namun bisa diambil pengetahuannya agar bisa memberikan solusi kepada teman-temannya yang menggunakan brand samsung.

Karena rata-rata pemilik smartphone android samsung jarang mengetahui hal penting seperti ini sebab dianggap sepele. Sobat bisa mengaplikasikan ke hp samsung j2 prime, galaxy, not bahkan tabletnya.

Mungkin dengan penjelasan kami dibawah menjadi solusi dari masalah aplikasi keluar sendiri, gerak-gerak, panas, suara aneh dan lain-lainnya. Maka dari itu sebaiknya sobat merawat smartphone samsungnya dengan sepenuh hati salah satunya dengan me-resetnya sebagai berikut :

4 Cara Reset HP Samsung

4 cara reset hp samsung

Walaupun dirasa mudah dalam melakukan reset ulang smartphone samsung tetapi masih ada saja sebagian orang atau pemiliknya yang kebingungan dan kesulitan mengaplikasikan teknik ini. Mungkin saja masih awam dengan smartphone tersebut dan belum begitu mengenal fungsi dari HP yang perlu direset ulang.

Bagi pemilik atau pengguna samsung maka jangan sampai lewatkan informasi ini agar tidak salah dalam praktiknya. Apalagi menggampangkan ini karena merasa lebih paham dan ujung-ujung ada problem.

Supaya hal yang tak diinginkan terjadi alangkah baiknya juga bila backup terlebih dahulu data-datanya agar tidak hilang. Lalu bagaimana cara-caranya, kurang lebihnya akan seperti dibawah berikut ini :

Membackup Data Sebelum Reset HP

Cara membackup hp samsung

Sejatinya dalam proses reset hp akan mengambalikan kembali ponsel sobat ke pengaturan pabriknya yang asli dan jelas menghapus seluruh data dalam prosesnya. Oleh hal tersebut pentingnya backup data file dan informasi penting sebelum reset adalah hal mutlak.

Biasanya hanya akan tersisa aplikasi bawaan smartphone tersebut yang tetap di hp samsung sobat. Seperti aplikasi tambahan, foto, musik, video dan musik pun termasuk yang harus dibackup terlebih dahulu.

Jika kebingungan alat bantu untuk membackup-nya maka sobat cukup dengan memindahkan data-datanya ke cloud yang telah disediakan langsung oleh google. Selamat mencoba semoga berhasil dan memuaskan.

Cara Reset Melalui Mode Recovery

Cara riset hp samsung mode recovery

Langkah pertama yang dapat sobat lakukan yaitu dengan reset ulang hp samsungnya dengan metode recovery ini. Bagi sobat yang tak dapat mengakses atau menghidupkannya maka kami rekomendasikan dengan ini saja.

Umumnya cara ini diaplikasikan karena gagal tatkala booting ketika menghidupkannya bahkan yang bootloop sekaligus. Jika mengalami hal tersebut bisa dilakukan dengan cara dibawah berikut :

  • Kondisi baterai minimum di batas 75%  lebih banyak sangat bagus.
  • Matikan hp samsung sobat lalu tekan dan tahan sebentar tombol volume up+Home+Powernya sampai menyala.
  • Bila sudah benar-benar menyala maka sobat akan berada di bagian menu android System Recovery Samsung
  • Guna menjalankan perintah jika tidak dapat memakai layarnya tetapi tombol volume + & –
  • Carilah dibagian menu pencarian berupa Wipe Data/Factory Reset
  • Apabila sudah sobat temukan maka klik saja tombol home maka secara otomatis akan reset HP tersebut.
  • Setelah itu maka akan muncul berupa perintah Reboot System Now.

Bila hp sobat memang sungguh-sungguh tak dapat dihidupkan maka gunakan melalui android system recovery ini. Akan tetapi sebelum mempraktikkan metode ini kami menyarankan agar baterai hp-nya minimal 75%.

Sebab dari proses booting akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahkan ketika di reset pun jangan sampai sambil mengisi daya baterai karena sangat berbahaya dan resiko besar.

Cara Reset HP Dengan Menu Pengaturan

Cara reset hp dengan menu pengaturan

Tahap kedua ini kami akan membagikan prosesi reset smartphone samsung yang sudah versi android oreo dan selebihnya. Bagamaina dan apa saja yang dapat dilakukan bagi para penggunanya, kurang lebih seperti dibawah ini :

  • Buka Menu Pengaturan/Settings. Geserlah ke atas jika ada daftar kategori sampai menemukan menu manajemen umum atau general management.
  • Tekan menu manajemennya
  • Kemudian klik atau ketuk saja Atur Ulang (Reset)
  • Selanjutnya masuk ke layar reset dan tekan kembali berupa Reset Data Pabrik (Factory Data Reset)
  • Sedangkan dimenu Reset Data Pabrik klik saja Atur Ulang Perangkat atau bahasa Inggrisnya (Reset Device)
  • Sesudah prosesnya selesai kurang lebih 1-3 menit sobat akan melihat berupa layar Android recovery. Klik saja tombol volume (-) sampai opsi dari Wipe data di pilih
  • Tekan lagi tombol daya-nya
  • Akhirnya setelah beberapa detik berlalu layar dari android samsung sobat akan menampakkan berupa Recovery dan kembali le opsi reboot system now lalu pilihlah. Tekan saja dari tombol daya guna booting ulang sistem HP sobat.

Sedangkan bagi sobat yang smartphone samsung versi 6.0 atau disebut Marsmallow dan sebelum-sebelumnya bisa mengaplikasikan dengan berikut ini :

  1. Masuk ke menu pengaturan
  2. Tekan tulisan berupa cadangkan dan atur ulang (back up dan reset)
  3. Setelah itu klik yang tertera Atur Ulang Data Pabrik
  4. Berikutnya tekan kembali berupa Reset Device
  5. Ketuk hapus semuanya atau (Delete All).
  6. Sesudah sobat reset/atur ulang maka akan diperlihatkan dibagian layar welcome dan sobat bisa mengaturnya sesuai keinginannya.

Reset HP Samsung Melalui Kode Khusus

Reset HP Samsung Dengan Kode Khusus

Cara selanjutnya yang tidak boleh diketahui dan lewatkan yakni reset hp samsung dengan menggunakan kode tertentu atau rahasia khusus samsung ya sob. Tentunya hal ini sangat wajib bagi setiap pengguna atau pemiliknya beberapa kode tersebut.

Kenapa bisa demikian? Sebab karena bisa dibutuhkan sewaktu-waktu tanpa kebingungan lagi apa saja kode-nya ketika smartphonenya rusak dan pengecekan lainnya.

Semua merk HP memiliki kode tertentu sebagai identitas mereka agar tidak mudah diduplikat dan diselewengkan oleh orang yang jahat. Begitu pula dengan brand samsung, jika bingung kode untuk risetnya? Berikut kami lampirkan dibawah ini :

  • Hidupkan Smartphone Samsung
  • Masuklah ke Menu Dial
  • Tekan (*2767*3855#)
  • Secara otomatis sobat akan pengguna akan masuk ke bagian menu factory reset

Dari sekian contoh diatas bahwa mempraktikkan reset hp samsung yang paling mudah dan efisien menurut kami hanyalah ini bahkan tanpa repot-repot mengetik banyak kode.

Kami mengingatkan sobat bahwa sebelum melakukan reset, alangkah baiknya memperhatikan dan backup data-datanya agar file pentingnya tidak ikut terhapus pada prosesi resetnya. Pastikan bahwa back-up sobat menggunakan pihak kedua agar aman terkendali tatkala reset ternyata malah ikut ke hapus juga.

Cara Reset HP Melalui Tombol Ponsel

Cara reset hp samsung dengan tombol ponsel

Selain dari informasi diatas bahwa menggunakan kode rahasia hp samsung, ternyata ada pula metode lain yang bisa dicoba oleh sobat. Mungkin belum banyak yang mengetahui teknik ini, jadi kami rasa dengan membagikan cara ini sangat bermanfaat untuk sobat semua.

Bila mana sobat sangat awam kami rekomendasikan lakukan sesuai tahapan yang kami bagikan supaya hal yang diinginkan tidak sampai terjadi dan malah membuat rugi diri sobat sendiri. Langsung saja mari kita kepoin cara-caranya :

  • Minimal baterai masih tersisa 75%
  • Pastikan hp dalam kondisi mati
  • Tekan dan tahan tombol volume (+), Home, Power secara bersamaan beberapa detik saja.
  • Sesudah hal tersbeut sobat akan masuk ke Android System Recovery Samsung
  • Agar menjalankan perintah yang sobat inginkan dapat menekan tombol volume lagi antara + & -.
  • Lanjutkanlah untuk mencari Wipe Data/Factory Reset.
  • Bila sudah sobat temukan klik tombol homa maka dengan otomatisnya hp samsung sobat akan direset. Kurang lebih membutuhkan waktu 5-10 menit untuk prosesnya ini.
  • Jika benar-benar selesai pilih saja menu Reboot System Now guna merestartnya HP Samsung tersebut.
  • Alhamdulillah sudah selesai dan smartphone sobat seperti baru lagi ketika dibuka.

Manfaat Reset HP Samung

Manfaat Reset HP Samsung

Pernahkah sobat berfikir bahwa dari reset ulang smartphone memiliki beberapa manfaat yang bagus untuk kebugaran dan performanya? Jika betul dan belum tahu menahu apa saja yang diperoleh, berikut kami rangkumkan untuk sobat semuanya :

  • Menghapus virus dan malware di HP
  • Performa kembali seperti baru yang tidak pernah terfikirkan
  • Menghapus semua aplikasi tambahan ke akar-akarnya
  • Ruang penyimpanan kembali kosong
  • Menghapus file/data-data sisa aplikasi, video, foto & musik yang pernah digunakan.
  • Kembali menginstall aplikasi yang dibutuhkan saja.
  • Mengembalikan hp samsung ke pengaturan pabrik aslinya

Jadi secara tidak langsung reset hampir mirip dengan format. Hanya saja dalam reset ulang ini menyisakan dari bawaan aslinya, sehingga tanpa pusing lagi menginstall dan memilihnya satu persatu.

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dengan adanya wawasan baru ini menambah pengetahuan dan pengalaman baru untuk kita semua. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply