72

Apa Itu SEO? Inilah Pengertian, Jenis-Jenis & Tujuannya

Apa itu SEO mungkin bagi sobat yang baru terjun di dalam dunia blogger kata ini sangat awam, bahkan belum pernah mendengarnya sama sekali? Kami sangat maklum hal itu ya namanya baru saja menggeluti pasti belajar dari dasarnya dong.

Bukanlah hal yang mudah untuk menekuni bidang ini, apalagi sistem dari google selalu di update jadi sangat membutuhkan ilmu yang mendalam dan luas. Salah satunya dengan cara belajar dengan yang lebih berpengalaman. Yang mesti sobat ketahui ialah jangan mudah tergiur screenshot orang lain.

Sebab kita tidak tahu berapa waktu dan uang yang sudah dikeluarkan untuk mencapai screenshot tersebut. Alangkah baiknya kita tetap fokus pada target jangka panjang dan menerapkan kaidah kaidah yang diperbolehkan oleh pihak google. Insyaallah target sobat akan tercapai.

Pengertian SEO

Pengertian SEO

Photo by Diggity Marketing on Unsplash

Supaya lebih mudah memahami pengertian SEO yakni, praktik atau tindakan seseorang untuk mengoptimalkan sebuah website agar bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas kepada pengunjungnya.

Pada praktik lapanganya biasanya disebut optimasi website yang memungkinkan mesin pencari di platform google bisa merangking website sobat apakah layak untuk ditampilkan 3 posisi dari atas atau tidak.

Harus sobat ketahui juga bahwa SEO ini bukan merupakan pekerjaan sekali langsung selesai semuanya. Proses ini akan terus berkembang di iringi algoritma google. Sehingga beberapa bulan atau tahun kedepan bisa saja google akan memberi tampilan kepada website yang benar benar artikelnya sesuai dengan kaidah SEO-nya.

Kurang lebih begitulah pengertian mudahnya tentang Search Engine Optimization agar mudah mencerna pengetahuan tersebut.

SEO Menurut Para Ahli

Yang perlu diluruskan pada pola pikir kita ini ialah bagaimana tetap terus mengikuti teknologi tanpa mencari celah untuk mendapatkan yang instan dalam masa yang panjang.

Berikut pendapat beberapa ahli mengenai pengertian SEO antara lain sebagai berikut :

Neil Patel

“SEO merupakan seni untuk memahami search engine dan menggunakan pengetahuan tersebut guna membuat website mempunyai rangking tinggi dalam pencarian google”

Rand Fishkin

“Strategi dan taktik merupakan kombinasi dari SEO yang mencakup tanpa dibatasi oleh optimilasi informasi, kemudahan penggunaan penargetan audiens dan fokus pada konten. Selain itu penilitian keyword, tata letak link building dan penempatan keyword serta media sosial marketing baik offline atau online. Pada intinya agar mendukung dan menerima lebih banyak traffic segara search engine”

Dax Herrera

“Google memiliki misi supaya mengorganisir informasi dari segala penjuru dunia dan menjadikan mudah dan berguna. Sedangkan misi SEO ini mengorganisir informasi dari client-nya untuk mudah di akses oleh robot dan bisa menghasilkan uang”

Jenis-Jenis SEO

Jenis-Jenis SEO

Mungkin ada yang kurang mengetahui bila search engine optimization itu terdapat dua jenis. kedua hal tersebut juga memiliki peranan penting dalam website

Sehingga sobat sangat menerapkan kedua hal tersebut, berikut penjelasannya :

On Page SEO

Langkah pertama yang mesti sobat lakukan ialah optimasi yang di praktikkan dalam website. Tahap yang bisa dijadikan materi seperti judul konten, keyword, permalink, kecepatan akses web, penggunaan heading, internal link dan tema responsif.

Dengan begitu secara kaidahnya sudah sesuai prosedur yang benar, akan tetapi kualitas konten juga mempengaruhi, maka oleh hal itu mari kita sama sama usahakan agar konten memang berkualitas bukan copy paste ya sob.

Off Page SEO

Sedangkan off page seo ini adalah optimasi yang dilakukan dari eksternal situs. Tak hanya melakukan optimasi konten saja yang dapat perhitungan alogaritma google. Karena ada banyak hal yang menjadi pengaruh kepada website dari sisi luarnya.

Beberapa faktor utama yang lumayan mempengaruhi seo ini ialah backlink. Kenapa kok bisa? Sebab sangat mungkin yang memberikan backlink ini merupakan situs authority, sehingga menjadi rujukan orang yang ingin membaca konten sobat.

Selain itu melakukan share ke media sosial dan link building sangat berpeluang meningkatkan ranking website sobat di daftar terbaik se nusantara. Selamat mencoba, semoga berhasil sob.

Perbedaan SEO & SEM Adalah?

Perbedaan SEO & SEM Adalah

Photo by Adeolu Eletu on Unsplash

Apabila tadi di atas sudah kita bahas seo, sekarang waktunya mengulas SEM sebelum memperjelas perbedaan kedua hal ini. SEM adalah singkatan dari kata Search Engine Marketing yang artinya berupa media pemasaran melalui jaringan internet dengan kegiatan promosi menggunakan media website atau digital.

Secara tidak langsung dengan adanya kegiatan promosi ini akan memberikan keuntungan lebih cepat, tetapi harus mengeluarkan untuk untuk pembayaran iklannya. Informasi baiknya lagi, perlahan lahan juga meningkatkan posisi konten ke 3 daftar terbaik di mata google.

Artikel Menarik : √ CMS WordPress Adalah : Sejarah, Tujuan & Fungsinya

Apa itu perbedaan SEO & SEM? Jadi SEO meningkatkan jumlah visitor website melalui pencarian manual di google berdasarkan rangkingnya. Sedangkan SEM sendiri memiliki jangkauan lebih luas, hal ini karena google akan menayangkan berdasarkan keyword beserta relevannya.

Memang secara teknis SEM menggunakan SEO agar target pemasaran di mesin pencarian lebih maksimal dan mendapatkan keuntungan dalam waktu yang lebih cepat.

Teknik SEO

Teknik SEO

Foto oleh Tobias Dziuba dari Pexels

Teknik agar meningkatkan traffic dan peringkat website secara SEO itu sangatlah banyak. Nah tergantung sobat sendiri menggunakan blogspot atau wordpress yang akan di optimasi.

Apabila memakai wordpress bisa menambahkan seperti plugin yoast, menautkan analytic, mendaftarkan ke google search console, meriset keyword dan masih banyak lainnya.

Sobat akan mengetahui sendiri bagaimana kinerja web dan hasilnya ketika sudah mengaplikasikan hal hal diatas pada website yang di kelola. Meskipun memakan waktu, insyaallah akan berdampak bagus untuk situs yang di kembangkan.

Manfaat SEO Website

Manfaat SEO Website

Foto oleh Tobias Dziuba dari Pexels

Semua orang yang membuat bisnis pastinya memiliki tujuan agar bisa mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dengan beragam cara untuk memperolehnya.

Di era digital ini sangat potensial bagi pelaku bisnis offline ataupun yang hendak merintis dengan membuat website dan salah satunya menerapkan teknis SEO di dalamnya.

Artikel Menarik : √ 10+ Rekomendasi Website Hosting Indonesia Murah & Terbaik

Sesungguhnya banyak sekali manfaat yang akan di peroleh ketika mempraktikkan SEO untuk website-nya supaya menambah penjualan dan keuntungan. Berikut daftar manfaatnya :

  • Memperoleh data pembeli secara gratis
  • Memperbanyak potensi traffik berlipat ganda untuk kedepannya
  • Brand awareness menjadi meningkat
  • Lalulintas situs semakin berkelas
  • Menghemat pengeluaran budget iklan
  • Diri kita akan tergerak ke lebih maju

Demikianlah rangkaian informasi Apa Itu SEO yang bisa kami sampaikan, semoga dengan adanya informasi ini sangat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply