Panduan Lengkap Untuk Budidaya Ikan Gurami

Budidaya ikan gurami atau ternak ikan gurami merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan di mana kuantitas permintaan sama persediaan lebih banyak permintaan sehingga sangat ideal bagi pengangguran untuk memulai membudidayakan ikan gurami.

Anda bisa memulai budidaya ikan gurami ini secara individu atau pun kelompok. Tidak jarang budidaya ikan ini dengan kelompok.

Saya akan memberikan cara atau tips budidaya ikan gurami untuk pemula yang masih minim pengetahuan dan pengalaman.

Yang pertama yaitu menyiapkan tempat atau kolam,anda bisa menggunakan kolam tembok,dan terpal.

Cara budidaya ikan gurami kolam terpal

budidaya ikan gurami
sumber dari https://upload.wikimedia.org

Sebelum itu maka anda harus membuat kolam terpal dengan mengali tanah dahulu,tetapi tidak asal untuk membuat kolam terpal.

Selain itu anda harus mengetahui suhu dan sinar matahari karena sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan gurami.

Lanjut pembuatan kolam terpal,dalam budidaya ikan gurami jumlah ikan harus di sesuaikan dengan ukuran kolam. Kolam ukuran 5 meter persegi dan kedalaman 90 cm dapat anda lepas ikan gurami 50 ekor dengan berat 2,5 ons.

Tidak hanya mengali tanah anda bisa membuat kolam terpal di atas permukaan tanah dengan kerangka kayu atau lainnya.

Cara membuat kolam di atas permukaan tanah lebih efektif karena tidak mengeluarkan tenaga banyak dan cara mengganti air dan kotoran ikan supaya kebersihan dan kesehatan tetap terjaga.

Ketika kolam terpal sudah jadi sebaiknya jangan di tebar benih dahulu,pastikan terlebih dahulu kolam terhindar dari zat zat berbahaya.

Sebaiknya terpal di cuci dahulu karena terpal banyak mengandung zat kimia,kemudian mengisi kolam dan mencampuri garam secukupnya agar ikan gurami tidak terkena penyakit.

Untuk menghindari stres maka benih ikan gurami di masukkan dalam kolam bersama plastik yang masih terbungkus,cara tersebut supaya adaptasi dengan kolam dan menyesuaikan suhu kolam.

Setelah plastik ada embun maka suhu air sudah sama maka keluarkan semua benih ikan gurami secara pelan-pelan.

Kolam tembok

budidaya ikan gurami
sumber dari http://www.seputarikan.com

Selain menggunakan terpal bisa juga dengan model kolam tembok atau semen,namun juga tidak langsung menebar benih ketika kolam jadi.

Ketika kolam sudah jadi maka kolam di isi air dulu lalu diamkan selama dua minggu atau lebih jangan lupa di taburi kapur agar terhindar dari macam-macam serangan penyakit.

Tujuan di lakukan ini yaitu menghilangkan bau semen pada kolam,mengurangi kematian benih yang di budidaya.

Cara merawat ikan gurami kolam tembok juga tidak jauh beda dengan cara merawat semua jenis ikan lainnya. Yang terpenting selalu mengontrol volume air,suhu air.

Ketika malam hari sebaiknya jangan di beri penerangan terlalu terang karena bisa membuat ikan stres.

Penyakit yang sering menyerang ikan gurami yaitu terdapat luka atau bintik-bintik pada permukaan kulit terkadang mata yang di sebabkan oleh parasit dan pemangsa.

Parasit sering menempel di sisik atau sirip ikan dan dapat menimbulkan infeksi. Cara mengobati ikan yang terkena penyakit cukup dengan daun pepaya atau daun kangkung.

 

Jenis jenis gurami

  • Gurami soang di kenal sebagai gurami jawa barat karena pada awalnya banyak di temukan di daerah jawa barat,terutama di Ciamis dan sekitarnya. Ciri-ciri gurami ini memiliki dahi yang menonjol untuk jantan sedangkan di bandingkan dengan betina.
  • Gurami jepun atau sering di kenal nama gurami jawa tengah atau gurami Purwokerto. Untuk ukuran tubuhnya lebih kecil,panjang maksimal 45 cm dengan berat 3,5 sampai 4 kilogram. Tubuhnya berwarna hitam dan sisik kecil-kecil.
  • Gurami kapas ikan ini berwarna putih seperti kapas sehingga memiliki nama gurami kapas. Sisik ikan ini kasar dan besar untuk beratnya hanya 1,5 kilogram saja. Dan dalam proses bertelur bisa menghasilkan kurang lebih 3000 telur dalam sekali reproduksi.
  • Gurami batu merupakan ikan yang memiliki warna hitam merata dan sisik yang kasar. Pertumbuhan ikan gurami ini sangat lambat karena dalam 13 bulan hanya berat mencapai 0,5 kilogram. Dengan demikian gurami ini tidak cocok untuk di budidaya.
  • Gurami paris merupakan sebutan dari ikan gurami yang memiliki warna dasar merah muda dan kepalanya berwarna putih dan memiliki bintik hitam di seluruh tubuhnya. Berat maksimal yaitu 1,5 kilogram. Gurami paris dapat menghasilkan 5000 telur dalam satu kali reproduksi. Jenis gurami ini tidak produktif dalam budidaya.

Benih ikan gurami

budidaya ikan gurami
sumber dari https://dejeefish2.files.wordpress.com

Memilih bibit atau benih gurami itu sangat penting karena jika salah anda bisa rugi besar,carilah bibit yang berkualitas bagus. Dengan cara membeli langsung kepada membudidayakan.

Adapun ciri-ciri benih yang baik untuk budidaya adalah benih yang sehat dengan berat sekitar 100 gram.

Jika anda lebih cepat memanen ikan gurami untuk siap di jual dengan kisaran berat 500 gram.

Benih akan mempengaruhi cepat atau lambatnya pertumbuhan dan besar ikan gurami.

Anda bisa menjadi penjual benih saja karena minimnya benih ikan gurami untuk di budidaya,walaupun keuntungan yang di peroleh sedikit tetapi anda bisa membuat peluang usaha orang lain untuk budidaya ikan gurami.

Pemberian pakan

budidaya ikan gurami
sumber dari https://pixabay.com

Sebenarnya ikan gurami merupakan termasuk pemakan tumbuhan. Namun pada ukuran benih,ikan ini pemakan daging.

Pakan yang di berikan pada benih ikan gurami yaitu cacing sutra dan sejenisnya. Namun ketika besar ikan gurami akan menjadi pemakan tumbuhan kembali.

Pelet merupakan makanan pokok bagi ikan gurami namun karena desa sulit mendapatkan pasokan pelet maka daun ialah makanan alternatif untuk ikan gurami.

Pakan daun atau sayuran bisa menjadi tambahan untuk ikan gurami dan sangat baik untuk kesehatan pertumbuhan ikan gurami.

Berikut ini beberapa daun yang baik untuk ikan gurami daun talas,daun kangkung,daun singkong dan kecambah tauge,kacang merah,kacang hijau.

Selain pakan daun ada juga seperti dedak,ampas tahu,jagung rebus dan lain-lain.

Cara memberikan pakan pun harus sesuai umur gurami karena jika pemberian berlebihan akan menjadikan sifat racun untuk ikan gurami.

Kualitas air harus di jaga walaupun ikan gurami tahan air kurang baik,namun lebih baik jika seminggu sekali di ganti air yang baru.

vidio

Cara merawat ikan gurami

budidaya ikan gurami
sumber dari https://budidayakita.com

Cara merawat ikan gurami yaitu susah-susah mudah karena biasanya ikan gurami akan mudah terkena penyakit jika musim kemarau.

Sebaiknya ikan gurami jangan di campur dengan ikan lainnya karena sangat berpengaruh.

Pemberian pakan harus sesuai kebutuhan ikan ikan jangan terlalu sedikit dan lebih karena tidak baik bagi ikan gurami.

Kolam harus di ganti airnya satu minggu sekali karena sangat berpengaruh terhadap kebersihan dan kesehatan ikan.

Untuk memanen ikan gurami lebih baik waktu pagi atau sore hal ini untuk memudahkan penangkapan ikan.

Berat ikan gurame yang ideal di panen minimal 500 gram per ekornya.

Hama dan penyakit

budidaya ikan gurami
sumber dari https://1.bp.blogspot.com

Hama dan penyakit merupakan momok bagi pembudidaya ikan gurami karena takut jika rugi besar. Untuk menghindari tersebut sebaiknya melakukan sistem mengganti air kolam setiap satu minggu sekali dan memastikan ikan yang terkena penyakit.

Jika ada ikan yang terkena penyakit maka di pisahkan karena bisa menular ikan yang lain bila tidak di pisah.

Jangan memakai atau menggunakan obat-obatan kimia untuk mengobati ikan gurami hal itu bisa berdampak bagi yang memakan ikan tersebut.

Dalam panen ikan gurami ukuran ikan di pisahkan agar dapat mengetahui seberapa kesuksesan anda dalam budidaya gurami ini

Tips memasarkan ikan gurami

budidaya ikan gurami
sumber dari http://4.bp.blogspot.com

Pemasaran ikan gurami menjadi faktor terakhir untuk sukses budidaya ikan gurami. Budidaya ikan gurami merupakan yang sangat menguntungkan dimana permintaan lebih relatif stabil dan meningkat karena keterbatasan benih yang minim.

Budidaya ikan gurami masih rendah karena waktu untuk pemeliharaan lebih lama dari pada pemasaran. Walaupun keuntungan lebih cepat di dapat.

Masalah ini sebenarnya bisa di tangani dengan lebih banyak mengawinkan ikan gurami yang berkualitas dan cepat besarnya.

Pemasaran ikan gurami kebanyakan kepada kalangan menengah ke atas. Dengan demikian permintaan gurami konsumsi cukup tinggi.

Selain itu pemasaran ikan ini agak berbeda dengan ikan lainnya karena kebanyakan pembeli mendatangi pembudidaya langsung. Mereka lebih suka membeli langsung karena selain harga yang lebih murah juga bisa menjadi metode anak untuk belajar.

Walaupun keuntungan lebih sedikit tetapi konsumen akan lebih puas dengan demikian.

Dalam hal budidaya ikan gurami pemasaran ialah hal penting lebih baik jika anda membuat pemasaran dengan konsumen langsung seperti menawarkan kepada rumah makan,restoran,dan lainnya.

Secara nyata juga menghindari penipuan jika pembudidaya bertemu langsung dengan konsumen.

Untuk pemasaran hasil budidaya ikan gurami awal dengan begitu namun ketika sudah memiliki pelanggan jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan anda terhadap konsumen.

Dengan demikian hasil panen anda pasti sudah ada yang membelinya tanpa pusing memasarkan lagi.

Manfaat ikan gurami

budidaya ikan gurami
sumber dari https://manfaat.co.id

Masih banyak orang yang meragukan manfaat ikan ini. Namun bagi orang kalangan menengah ke atas sudah tidak asing di telinga mereka.

Bagi masyarakat ke bawah ikan ini termasuk mahal karena dengan alasan yang simple seperti bau amis banyak duri dan lain-lainnya.

Anda pernah mendengar atau tahu tentang masakan ikan gurami di restoran dengan harga mahal. Bagi anda mungkin sangat mahal namun bagi orang yang tahu manfaat ikan ini maka dia akan bilang sesuai dengan manfaatnya.

-khasiat ikan gurami untuk otak beberapa tahun silam melakukan penelitian tentang kecerdasan anak dari hasil tersebut ternyata banyak anak yang cerdas karena memakan ikan dan minyak ikan. Dengan memakan ikan anak mudah mengingat hal yang baru.

-selain itu juga membantu pertumbuhan otot,protein juga sangat di butuhkan oleh anak-anak. Karena banyak yang alergi dengan susu maka anda harus pintar mencari pengganti susu tidak salah jika anda memberikan ikan gurami ini untuk anak anda.

– sudah banyak produk kimia untuk menghaluskan kulit namun anda cukup makan ikan gurami akan mendapatkan kulit yang halus tanpa mengeluarkan uang lebih banyak.

Jadi dapat saya simpul bahwa budidaya ikan gurami sangat menjanjikan dan bisa di andalkan,namun dari semua itu anda bisa menjadi orang lebih manfaat di sekitar anda dengan membuat lapangan kerja dan mengurangi kekerasan.

Pada kesempatan hari ini itu saja yang dapat saya berikan ilmunya kurang lebihnya mohon maaf sebesar-besarnya dan semoga bermanfaat untuk anda semua.

Leave a Comment