Memelihara Hewan

Memelihara hewan

Memelihara hewan merupakan hobi saya,sejak kecil di beri contoh oleh ayah yang pecinta hewan. Hewan yang pernah ayah pelihara yaitu ayam,kambing,burung,kelinci dan lain-lain.

Kecintaan kepada hewan itu semakin bertambah karena saya bercita-cita menjadi peternak yang sukses. Mungkin pada saat ini belum menjadi peternak yang sukses

Semoga tahun depan bisa memulai mencari modal dahulu dan mencari pengalaman.

Menjadi pengusaha ternak ayam petelur ialah keinginan saya. Karena selain telur nya menjadi kebutuhan masyarakat daging ayamnya juga bisa di manfaatkan.

Ayam petelur

sumber dari https://3.bp.blogspot.com/

Ayam petelur merupakan peluang usaha yang sangat bagus,dimana selain telur,daging,kotoran nya pun bisa dijadikan pupuk untuk tumbuhan.

Sejak memasuki di pesantren saya sudah sering melihat tutorial beternak ayam petelur bagi pemula. Namun semua itu belum cukup tanpa memiliki pengalaman.

Melihat di yutub memang tidak terlalu sulit cara beternak tetapi jika cuma teori kurang yakin menurut saya. Modal awal beternak ayam ini tidak terlalu banyak dan sangat bisa mendapat untung yang banyak.

Yang perlu di siapkan untuk pengusaha ayam petelur yaitu.

  1. Lahan kalau bisa jauh dari pemukiman warga.
  2. Kandang di buat bertingkat dan iklim kandang dengan temperatur sekitar antara 32,2-35 derajat celcius.
  3. Membeli bibit yang sudah bagus kualitasnya.
  4. Mempersiapkan semua peralatan yang di butuhkan.
  5. Pakan ayam dan vitamin yang cukup.

Semua di atas tersebut harus selalu ada untuk pengusaha petelur pemula. Selain itu demi menjaga kesehatan ayam kandang di pastikan selalu bersih.

Burung

sumber dari

Dari dulu sebenarnya sangat ingin memelihara burung yang banyak dan  di jual untuk kebutuhan sehari-hari namun semua itu belum bisa terwujud. Karena setelah lulus dari sekolah dasar saya di pesantren sampai tahun ini.

Burung selain kicau yang bagus juga memiliki bulu-bulu cantik sangat cocok di jadikan pemandangan mata.

Di indonesia sendiri banyak macam-macam burung namun hanya beberapa burung yang ingin saya pelihara dan di ternak.

  1. Murai batu medan merupakan burung yang sangat banyak di ternak karena selain memiliki suara merdu juga sangat mahal nilai jual. Harga anak burung Murai batu medan sekarang berkisar 1.500.000 sampai 2.000.000 lebih. Menurut orang-orang beternak burung ini susah karena harus menunggu usia kawin,dan temperatur udara dan jauh dari keramaian.
  1. Cucak hijau merupakan burung yang memiliki bulu hijau dan hanya bagian mata yang berwarna hitam. Harga burung ini mulai dari 750.000 sampai jutaan.

Sekarang sudah banyak burung yang biasa menjadi luar biasa dan bernilai tinggi jual. Caranya hanya memelihara yang baik insyaallah akan baik juga kualitas burung.

Sapi

sumber dari http://hewanqurban2015.com

Memelihara sapi juga saya inginkan dari kecil,tetapi saya tidak menginginkan beternak sapi hanya menggunakan sistem gemuk saja setelah dijual lagi dengan harga sepantasnya.

Sedangkan beternak membutuhkan waktu lama kalau dengan sistem gemuk setiap satu bulan akan mendapat untung dan berganti sapi tanpa membesarkan dahulu.

Akhir-akhir ini  banyak menggunakan sistem gemuk dari pada beternak karena lebih menguntungkan dan waktunya tidak lama.

Daging sapi setiap hari sangat di butuhkan seperti rumah tangga,restoran,dan cafe. Bahkan kalau di restoran besar tidak hanya membutuhkan daging yang sedikit.

Kambing

sumber dari http://www.infopeternakan.com

Merupakan hewan yang sangat di butuhkan dagingnya oleh kalangan masyarakat menengah kebawah. Permintaan daging kambing setiap harinya sangat banyak karena harganya tidak terlalu mahal juga bisa di jadikan olahan untuk di jual kembali.

Dari itu saya tertarik untuk mengembangbiakan kambing yang banyak karena persedian dan jumlah yang di konsumsi masyarakat banyak yang si konsumsi jadi sangat tidak efektif.

Harga kambing sendiri bermacam-macam jika mendekati bulan kurban harganya bisa melonjak tinggi. Apabila hari-hari biasa harga kambing tidak mahal seperti  bulan kurban.

Dapat kita simpul kan bahwa beternak kambing merupakan peluang usaha yang bagus,karena orang jarang mengetahui ini dan masih sedikit beternak.

Pakan kambing sendiri tidak banyak bahkan kita bisa membuat sendiri.

Ayam bangkok

Sebelumnya saya pernah niat untuk beternak ayam bangkok. Setelah berfikir saya pindah haluan karena kalau beternak ayam bangkok sering di jadikan sabung jika begitu sama saja berdosa.

Ayam ini sebenarnya sangat bisa mendapat untung banyak karena harga anaknya dari 15.000 sampai ratusan. Bayangkan saja jika kita mempunyai banyak anak ayam ini. Kan untungnya banyak.

Jadi sekarang saya memelihara ayam bangkok untuk hiasan saja dan kesayangan. Selebihnya itu saya tidak lakukan seperti sabung ayam.

Di kalangan pecinta ayam ini perantara untuk berjudi. Dari tahun ke tahun ayam bangkok mengalami banyak persilangan dengan berbagai macam.

Bangkok Berma merupakan persilangan ayam Berma dengan bangkok super jadi keturunan besar dan pandai bertarung.

Bebek

sumber dari http://urbanina.com/

Memelihara bebek sangat baik jika tempat dengan sumber air karena hewan ini sangat suka mencari makanannya di air, jika banyak air pakan bebek harus mengandung unsur hewan seperti bekicot dan ikan-ikan kecil karena sangat berpengaruh dengan produksi telur nya.

Tidak hanya sekedar telur nya bebek juga sangat di butuhkan dagingnya. Banyak peternak yang mengunakan metode pembesaran karena setiap 30 hari bebek akan di panen sedangkan perkembangbiakan bebek tidak seimbang dengan kebutuhan masyarakat.

Para peternak menggunakan mesin penetas karena lebih bisa menetaskan telur bebek dengan jumlah banyak. Telur bebek juga banyak di jadikan telur asin.

Bebek memiliki berbagai macam tetapi banyak yang memelihara bebek kalung karena selain bertelur banyak juga badannya lebih besar dengan bebek lainnya.

Jika sobat ingin beternak bebek alangkah baiknya jika sobat mencari pengetahuan dan pengalaman kepada peternak bebek.mulai dari proses pembesaran hingga masalah jika terserang penyakit dan pemasaran juga jangan sampai lupa.

Mentok

sumber dari http://4.bp.blogspot.com/

Selain bebek sobat bisa mencoba memelihara mentok karena setiap menjelang lebaran hewan ini memiliki nilai jual yang tinggi. Berat badan mentok bisa mencapai 6 kilo gram sedangkan yang betina tidak terlalu besar sekitar 2,5 kilo gram.

Mentok suka tempat yang berair karena memiliki kaki yang berselaput mirip dengan bebek. Cara beternak mentok ini cukup lama jika dengan metode penetasan alami karena bisa mencapai 4 sampai 5 minggu. Mentok juga sangat rentan terkena penyakit flu burung karena tidak terlihat jika terkena penyakit tiba-tiba langsung mati.

Biasanya model kandang mentok di buat liar karena menjaga kesehatan dan kebugaran mentok. Pakan sangat berpengaruh dengan proses pertumbuhannya.

Hewan ini sering di jadikan peliharaan rumah tidak di ternak karena termasuk rakus dalam makan. Bisa-bisa bangkrut kalau memelihara dengan jumlah yang banyak.

Ayam pedaging

sumber dari http://agrokomplekskita.com

Ayam pedaging bisa di panen setiap 40 hari. Dan setelah 40 hari berganti ayam lagi. Kebanyakan orang lebih memilih menjadi pengusaha ayam pedaging karena lebih cepat mendapat untung dan bisa langsung bisa di kira-kirakan untungnya.

Permintaan pasar dan kesediaan daging tidak sesuai menjadikan masyarakat banyak melakukan ini. Selain itu bisa meningkatkan taraf masyarakat dan menciptakan lapangan kerja bagi pengangguran.

Penutup

Cukup sekian dulu ya sobat hanya ini yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf jika adam kesalahan penulisan dan penggunaan tanda baca. Semoga bermanfaat dan menjadi motivasi untuk masa depan sobat.

Leave a Reply