Awal Mula Ppsm Sakti Magelang

awal mula ppsm sakti Magelang. PPSM (perserikatan paguyuban sepak bola Magelang) merupakan klub kebanggaan masyarakat Magelang dan sekitarnya.

Di dirikan pada 15 maret 1919 yang cikal bakal dari Indonesische Voetbol Bond Magelang(IVBM). Ivbm merupakan salah satu klub yang mendirikan pssi.

Home base ppsm dulu yaitu di Staidon H. Abu Bakrin,kemudian pada tahun 2012 ppsm berpindah home base ke stadion samapta.

Ppsm sendiri memiliki julukan macan Tidar. Yang mana julukan tersebut di ambil dari sejarah daerah Magelang.

Prestasi terbaik yaitu pada era sebelum kemerdekaan adalah menjadi juara 3 pada tahun 1935.

Tetapi semakin tahun prestasi ppsm menurun dan dari tahun 2008/2009 sampai sekarang masih berada di kasta tertinggi kedua di indonesia.

Dan pada tahun ini ppsm terancam degradasi ke liga 3. Semua masyarakat Magelang khususnya berharap semoga ppsm tidak turun kasta.

Simolodro

sumber dari http://4.bp.blogspot.com

Simolodro merupakan salah satu suporter ppsm yang sangat setia dan fanatik. Pada tahun 2008 simoldro suporter yang memiliki anggota terbanyak ketika di stadion H. Abu  Bakrin.

Tetapi pada tahun 2013 muncul dualisme, yaitu ppsm lpis dan ppsm li yang mana dalam ppsm ada dua klub yang bermain satu kasta.

Dari situlah hilangnya suporter ppsm Magelang. Akhirnya pada bulan mei 2013 dari salah satu klub resmi mengundurkan diri.

Dan tahun depannya barulah ppsm hanya satu. Simolodro menjadi berkurang karena masyarakat bingung mau mendukung yang mana.

Di tahun 2014 kembali muncul para suporter yang lama menghilang,jumlah mereka tidak seperti dulu lagi karena di kabupaten Magelang juga ada klub yaitu Persikama yang bermain di bawah kasta ppsm.

Ketua simolodro yaitu kelompok Mr. Chiu sebuah kelompok suporter dari kota Magelang.

Menurut orang-orang kata simolodro sendiri di ambil dari nama seorang preman. Preman tersebut terkenal dengan sangat di takuti oleh masyarakat Magelang.

Kebenarannya saya tidak terlalu tahu. Itu hanya se tahu saya.

Maka dari itu tim yang berjuluk macan tidar memiliki suporter yang bernama simolodro.

Ultras 1919 atau sekarang menjadi squadra macan tidar

sumber dari https://pbs.twimg.com/profile_image

Sejak berkurangnya simolodro muncul suporter yang bernama ultras 1919. Banyak yang berpindah alih karena ppsm terpecah menjadi dua klub.

Dari 2011 ultras ppsm selalu setia mendukung ppsm. Waktu itu suporter yang bernama ultras tersebut masih sedikit anggotanya.

Tetapi semakin tahun menjadi banyak,hampir sama banyak simolodro.

Kemudian ultras pun berganti nama menjadi squadra macan tidar(smt). Anggotanya semakin banyak bahkan melebihi anggota simolodro pada tahun ini.

Tempat setia squadra macan tidar yaitu di tribun selatan. Pada setelah lebaran pernah ada larangan untuk memakai tribun timur karena ada kejadian suporter jatuh dari atas tribun dan akhirnya meninggal dunia.

Kejadian tersebut yaitu pada bulan ramadhan pertandingan persahabatan antara ppsm vs psim yogyakarta.

Setelah kejadian tersebut pemkot Magelang melarang untuk di pakai tribun selatan.

Selang beberapa pertandingan akhirnya mendapat izin dari pemkot,tetapi di belakang sendiri ada garis polisi dan polisi juga untuk mengamankan kejadian yang tidak di ingin kan.

Pada bulan januari kemarin keluarga besar squadra macan tidar merayakan ulang tahun yang ke lima di balai desa daerah sanden.

Magelang boys atau G 1

sunber dari http://pakuningjawa.id/

Merupakan suporter yang ketiga ppsm Magelang. Sejak itu suporter ppsm pecah menjadi tiga kelompok.

G 1 sendiri bernyanyi tanpa tambahan alat musik,mereka semua menggunakan suara lantang sendiri-sendiri. Masyarakat pun banyak yang berpindah ke kelompok g 1 karena lebih kompak dan lantang. Menurut saya mereka mau ikut kelompok lain tidak masalah kan mereka masih satu tujuan dengan kami,yaitu mendukung ppsm sakti Magelang.

Beberapa akhir ini kelompok g1 dengan squadra macan tidar ada salah faham dalam perbedaan chant. Akhirnya squadra macan tidar dengan g1 di bedakan tribun karena di takut ada bentrok dari kedua belah pihak.

Sanksi fifa

sumber dari https://cdns.klimg.com/

Pada tahun 2016 kompetisi semua di indonesia mendapat sangsi jadi dalam satu tahun tidak ada liga.

Akhirnya semua klub di indonesia mengikuti turnamen-turnamen.

Waktu ada turnamen indonesia soccer championship dimana ppsm ikut partisipasi.

Pada turnamen tersebut ppsm yang satu grup dengan psis semarang,persijap Jepara,psim Yogyakarta, dan lainnya.

Pada laga perdana yaitu melawan persijap Jepara. Pada laga tersebut ppsm bermain di kandang persijap Jepara yaitu stadion gelora bumi Kartini.

Saya pun ikut partisipasi dan segenap suporter Magelang. Dari Magelang kami berangkat jam 08 .00 pagi dan sampai di stadion jam 15.00 kami pun langsung masuk ke stadion.

Ppsm harus takluk oleh tuan rumah dengan skor 2-0 pada laga selanjutnya ppsm harus puas dengan skor 0-0 karena di tahan imbang oleh tim tamu.

Dan sampai penghujung fase grup ppsm di bisa lolos karena poin ppsm kurang baik.

Liga 2 2017

sumber dari http://ragamlampung.com

Pada tahun ini indonesia telah di cabut sangsi dari fifa,hingga bergulirnya kembali liga indonesia.

Ppsm sendiri masuk dalam grup 4 dimana di situ ada 8  klub

Persis solo

Psis semarang

Persiba bantul

Ppsm sakti Magelang

Persipur purowadi

Sragen United

Persipon Pontianak

Manahan solo

sumber dari http://4.bp.blogspot.com

Merupakan stadion home base persis solo. Itu merupakan laga perdana ppsm sakti Magelang. Pada laga tersebut kick of pada jam 19.00.

Saya dan keluarga besar suporter ppsm berangkat dari Magelang dengan menggunakan truk yang melewati Boyolali. Kami sengaja tidak melewati Sleman di karena ada kericuhan antara kedua suporter.

Menurut saya kepergian kami sangat kurang beruntung karena ppsm sendiri kalah cukup telak dengan skor 3-1.

Selain kalah kami harus basah kuyup untuk sampai Magelang. Karena hujan yang cukup deras dari dalam stadion hingga perjalanan pulang. Saya hingga tertidur di dalam truk karena kelaparan dan kedinginan.

Lanjut cerita pada laga selanjutnya ppsm sakti Magelang melawan tim tamu persiba Bantul dan dengan skor 2-1 di menangkan tuan rumah.

Setelah laga itu ppsm kalah terus hingga para suporter kecewa dengan permainan ppsm. Dan keluarlah yel-yel “ benahi atau degradasi”.

Sebelum menjelang bulan puasa ppsm melakukan pertandingan persahabatan dengan persik kendal. Namun ppsm Magelang sendiri harus mengakui kekalahan atas tim tamu dengan skor 0-3.

Dan sebelum putaran ke dua di mulai panpel ppsm memecat 3 pemain dan membeli tiga pemain.

Pada bulan puasa ppsm mengelar persahabatan dengan psim Yogyakarta dan alhamdulillah ppsm berhasil mengalahkan tim tamu dengan skor 2-1. Sejak itu para suporter merasa senang karena ada perubahan dalam ppsm.

Putaran kedua pun di mulai ppsm kembali bertemu dengan persis solo. Tetapi ppsm sakti harus puas dengan skor imbang 1-1 .

Pertandingan selanjutnya yaitu melawan persipur dan alhamdulillah menang tipis 3-2. Hingga ppsm berada di peringkat 4 sementara, sebelum bermain home ppsm akan bermain di markas persipon pontianak.

Namun ppsm harus mengakui keunggulan tim tuan rumah dengan skor tipis 0-1.

Setelah itu ppsm akan melawan psis semarang yang bermain di home ppsm sendiri,namun kenyataan  harus tunduk oleh tim tamu sangat telak.

Dengan skor 0-5 dan itu merupakan pertandingan home yang sangat memalukan.

Penutup

Cukup sekian dulu cerita yang dapat sampaikan kurang lebihnya mohon maaf sebesar-besarnya.

Leave a Reply