10 Jenis Macam-macam Emosi Yang Harus Diketahui Dan Pengendaliannya

macam-macam emosi -sebelum membahas tentang apa yang maksud dengan macam-macam emosi alangkah baiknya jika mengetahui dari pengertiannya dahulu.

Pengertian emosi

macam macam emosi
sumber dari https://rlv.zcache.ca

Emosi merupakan perasaan atau reaksi yang ditujukan kepada seseorang/sesuatu. Kata emosi berasal dari bahasa prancis emotion dari emouvoir berarti kegembiraan sedangkan dari bahasa latin emovere (luar) dan movere (bergerak).

Dalam istilah emosi adalah digunakan sebagai menggambarkan apa yang sedang di rasakan orang tersebut.

Secara umum kita sering menjumpai rasa emosi seperti di ibaratkan perantara dengan perkataan atau tindakan-tindakan yang tidak wajar.

Jenis jenis emosi

jenis-jenis emosi
sumber dari https://image.slidesharecdn.com

Semua orang pasti akan memiliki rasa emosi yang bermacam-macam. Karena setiap manusia memiliki perbedaan rangsang yang di terima oleh otak sehingga memberikan pengaruh terhadap perasaannya.

Dengan perbedaan tersebut menciptakan rasa emosi yang berbeda. Untuk lebih detail simak berikut ini :

Rasa benci

rasa emosi benci
sumber dari https://randallnf.files.wordpress.com

Suka merupakan kata yang berlawan dari benci. Bahwasanya manusia juga memiliki rasa emosi benci atau ketidak sukaan terhadap sesuatu yang membuat tidak suka atau menyakitinya.

Sifat ini sangat dilarang karena bisa menimbulkan dampak yang berkelanjutan dan dapat merugikan satu sama lainnya. Kebencian juga bisa mempengaruhi tanggapan seseorang yang bisa menjadikan fitnah dan sangat tidak diperbolehkan agama.

Rasa malu

rasa malu
sumber dari https://assets-a2.kompasiana.com

Dalam wikipedia malu adalah salah satu bentuk emosi manusia. Rasa malu juga memiliki arti berbagai macam,yaitu sebuah emosi.

Perasaan malu pasti hal yang sangat mengacaukan dan tidak diinginkan setiap orang,tetapi malu akan dialami setiap orang. Secara umum rasa malu akan terjadi ketika merasakan ada yang salah terhadap dirinya.

Malu mempunyai dampak positif dan negatif. Karena dengan malu sebagai penghalang untuk melakukan kegiatan yang memalukan,menjatuhkan,dan melampaui batas.

Sedangkan dampak negatifnya yaitu melakukan perkara yang membuat dirinya direndahkan dan merugikan dirinya sendiri.

Rasa marah

rasa emosi marah
sumber dari http://www.psikoma.com

Apabila kehendak/keinginan seseorang terhadap suatu namun hal itu tidak terpenuhi atau tidak terlaksana sesuai harapan. Biasanya akan muncul sifat emosi yaitu berupa rasa marah.

Orang yang sedang marah sering kali menampakkan dengan tingkah laku agresif dan berlanjut melakukan kekerasan. Contohnya membanting barang,memukul orang yang menjadi penyebab bahkan bisa sampai membunuhnya.

Padahal orang yang sering marah akan mudah terkena penyakit jantung dan stroke di masa tuanya. Ketika di usia muda sering marah dapat mengakibatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke lebih tinggi.

Maka dari itu banyak sekali anjuran untuk mengendalikan marahnya. Tidak hanya agama islam semua sudah di uji berbagai dokter di eropa.

Karena dengan marah akan mempercepat kematian seseorang.

Rasa takut

jenis rasa emosi takut
sumber dari https://image.slidesharecdn.com

Ketakutan pasti dimiliki setiap orang entah takut dari bahaya/ancaman yang sebagai respon untuk pertahanan hidupnya. Tetapi rasa takut juga bisa mendatangkan manfaat juga bagi setiap orang.

Karena bisa merespon langsung agar terhindar dan mencari perlindungan dari ancaman tersebut. Sifat takut akan muncul dengan tiba-tiba seperti kesedihan,kekhawatiran,dan gelisah terhadap sesuatu.

Rasa sedih

rasa emosi sedih
sumber dari http://sidomi.com

Emosi sedih akan terjadi apabila seseorang mendapatkan keadaan yang mengecewakan,penderitaan entah luka atau sakit yang di alaminya sendiri.

Secara umum orang yang sedang sedih akan merasa tertekan,murung,stres,juga bisa menjadikan sakit jiwa. Karena sedih bisa mengakibatkan yang berdampak buruk dalam agama tidak diperbolehkan sedih yang berlebihan.

Sebaiknya orang yang sedih segera untuk mencari solusi agar berkurang rasa sedih tersebut. Seperti dengan hiburan dan bercerita orang terdekat atau kerabatnya.

Rasa cemburu

rasa emosi cemburu
sumber dari https://assets-a1.kompasiana.com

Dalam kamus bahasa indonesia cemburu adalah keirihatian,kesirikan,curiga,dan kurang rasa percaya. Jadi cemburu adalah ketika sesorang yang merasa cintanya tertandingi terhadap suatu. Dengan begitu akan melahirkan perasan cemburu.

Namun secara umum orang yang  sedang merasa cemburu lebih suka menyimpannya dalam hati dari pada memperlihatkannya. Sehingga dapat menimbulkan emosi pada diri seseorang.

Banyak yang menyimpulkan bahwa cemburu merupakan kelemahan setiap orang. karena dapat mudah dipengaruhi negatif tentang suatu yang membuat cemburu.

Rasa terkejut

rasa emosi terkejut
sumber dari https://pbs.twimg.com

Peristiwa yang dirasakan seseorang dengan tiba-tiba atau respon yang berlebihan dinamakan emosi terkejut. Bisa dibilang bahwa terkejut hal yang tidak di inginkan dan secara spontan.

Terkejut dapat mendatangkan dampak negatif dan positif. Contoh kecil dari rasa emosi terkejut yaitu tanpa ada persiapan untuk ditunjuk atau mendapat kabar yang baik buat dirinya.

Sedangkan dampak negatifnya yaitu menjauhi hal terkejut tersebut. Tetapi sebagai orang baik kita harus dapat menyikapi dari dampak tersebut.

Rasa kecewa

rasa emosi kecewa
sumber dari https://upload.wikimedia.org

Perasaan atau emosi kecewa akan muncul ketika seseorang merasakan keinginan yang  tidak sesuai dengan harapan dia. Rasa marah memiliki keterkaitan dengan marah perbedaannya hanya pada kalau marah perlakuan sedangkan kecewa hanya perasaan saja.

Setiap orang pasti akan merasakan kekecewaan tetapi semua itu tergantung bagaimana kita menyikapi dan menangani emosi kecewa tersebut. contoh dari kecewa yaitu : ketika perkataan yang diucapkan di hianati dengan perilakunya.

Rasa stres

rasa emosi stres
sumber dari http://caramengatasistress.com

Stres merupakan gangguan mental seseorang karena adanya tekanan dalam dirinya. Walaupun rasa emosi stres sering dikaitkan dengan hal yang negatif tetapi hal tersebut juga salah besar.

Dalam konteks positif stres dapat menjadikan orang berpeluang dalam kesuksesan. Seperti yang pernah di alami pengusaha-pengusaha di indonesia banyak yang bangkrut dan stres karena memiliki banyak hutang.

Tetapi mereka dari rasa stres tersebut menjadi faktor kesuksesan dimasa kini. Secara tidak disadari setiap manusia pasti merasakan rasa emosi ini.

Rasa rindu

rasa emosi rindu
sumber dari https://pixabay.com

Emosi juga bisa dikaitkan dengan rasa rindu. Rindu sendiri memiliki arti sangat ingin juga berharap benar terhadap sesuatu. Alasan berkaitannya emosi rindu yaitu karena keinginan yang menggebu-nggebu terhadap sesuatu.

Rasa rindu sendiri banyak contohnya seperti,rindu pulang kampung halaman,rindu bercanda tawa bersama,dan rindu bermain bersama. Rindu dan kangen dua kata yang berarti tidak sama,walaupun banyak yang menganggap bahwa memiliki arti yang sama.

Rasa rindu itu situasional sedangkan kangen itu bisa kapan saja tanpa ada momen-momen yang khusus.

Penyebab emosi

penyebab emosi
sumber dari http://cahayahipnoterapi.com

Sesuai dengan fakta yang terjadi dan berbagai pengalaman bahwa rasa emosi ada penyebabnya. Hal yang menyebabkan emosi sendiri ada banyak semua tergantung respon perasaan setiap orang. Jadi alangkah baiknya kita untuk selalu berhati-hati agar tidak menyebabkan seseorang emosi.

Berikut ini hal hal yang kemungkinan besar menjadikan emosi diantaranya :

  • Tingkat kedewasaan,dari hasil penelitian bahwa orang yang usia kurang 18 tahun cenderung akan mudah emosi dan masih labil.
  • Ego keakuan,sikap ego yang mengedepankan dirinya sendiri dan selalu menyalahkan jika tidak sesuai dengannya.
  • Jarang pernah kecewa,orang yang jarang kecewa akan mudah terjadinya emosi.
  • Belum pernah menjadi orang bawahan,dengan ini orang akan mudah karena dirinya sendiri tidak pernah untuk diatur dan disuruh-suruh.
  • Kurang bersosial,karena orang kurang berteman dan mengikuti akan cenderung lebih mudah emosi
  • Bawaan pribadi,penyebab emosi juga bisa dikaitkan dengan bawaan pribadi seseorang.

Cara mengendalikan emosi

cara mengendalikan emosi
sumber dari http://darunnajah.com

setiap perkara yang menyebabkan pasti juga ada solusi untuk mengatasi hal tersebut.Seperti menahan,mengontrol,dan mengendalikan emosi setiap dirinya dan orang lain.

Karena emosi bisa berdampak berkelanjutan maka hal ini harus dilakukan agar hal yang tidak diinginkan terjadi kepadanya/orang lain.Dengan bagaimana caranya? Yaitu dengan berbagai macam seperti berikut ini :

Intropeksi

yang pertama adalah intropeksi diri. Dan menenangkan dirinya dari berbagai yang menimbulkan emosi.Memikirkan dampak setelah yang akan terjadi bila emosi.

Memahami apa yang telah dilakukan bisa merugikan dirinya dan orang lain. Dengan intropeksi kita akan mengetahui bagaimana kepribadian kita terhadap mengendalikan emosi.

Menenangkan diri

Dengan cara menenangkan diri dapat mengurangi dan mengendalikan emosi kita. Seperti menenangkan di masjid atau tempat-tempat yang bisa membuat bahagia. Karena ketika marah situasi akan tidak karuan atau berantakan sehingga tenangkan diri anda secepat mungkin.

Cara menangkan diri dari emosi bisa dilakukan sebagai berikut :

  • Tarik nafas yang dalam-dalam,ketika marah pasti detak jagung anda tidak stabil. Bayangkan saja dan fokus hal yang bisa membuat anda menurunkan emosi anda
  • Mengalihkan perhatian agar tidak sampai memuncak emosi anda seperti menonton tv atau ke tempat lainnya.
  • Membaca istighfar dan memohon ampunan agar emosi tersebut mereda.

Mengingat dampak negatif yang akan terjadi

Emosi yang memuncak biasanya akan orang yang bersangkutan atau sekitarnya gelap mata. Jika hal itu terjadi akan berkelanjutan karena kesal sehingga memukul,memaki,menganiaya sangat mungkin terjadi. Untuk sebagai contoh,anda bertengkar dengan saudara anda atau teman dekat.

Saat emosi anda memuncak pasti hal yang akan terjadi ialah (saling memukul,memaki,merendahkan,dan membandingkan).

Memaafkan dan melupakan

Sudah tidak asing ya orang yang suka mengungkit-ungkit masalah masa lalu hingga menjadikan emosi yang melupa lagi. Mulai sejak dari sekarang maka maafkan lah mereka yang telah mengungkit-ungkit masalah anda.

Cara paling mudah yaitu memaafkan dan melupakannya,menganggap bahwa dia orang yang baru anda kenal dan orang yang baik. Dengan demikian berdampak positif pada kehidupan anda. yang terpenting lagi yaitu anda terhindar dari hal buruk.

Membaca ta’awudz dan wudhu

Dalam agama islam sudah terangkan bahwa cara untuk mengendalikan emosi dengan cara membaca ta’awudz dan wudhu. Karena dengan emosi manusia akan mudah melakukan yang melarang agama.

Setan akan membinasakan manusia dengan cara marah ketika sudah marah manusia mudah dikendalikan olehnya. Sebagai contohnya yaitu,berbicara kotor,menyalahkan takdir,dan bisa melakukan pemukulan dan pembunuhan.

Karena itu agama sangat melarang tentang emosi.

Membaca alquran

Dengan membaca alquran bisa meredakan rasa emosi orang. Didalam alquran terdapat berbagai macam ayat-ayat yang mengandung arti baik. Salah satu anjuran untuk mengendalikan emosi agama islam yaitu dengan membaca alquran.

dan berdzikir dengan kalimat-kalimat alah seperti istighfar dan lainnya.

Secara tidak disadari orang yang emosi kemudian membaca alquran akan lupa dari kejadian tersebut dan kembali dengan wajah yang cerah.

Bercerita pada orang terdekat

Terkadang orang yang emosi lebih suka diam dan menyimpan dalam hati,namun hal tersebut tidak baik karena bisa menimbulkan kebencian dalam hatinya.

Dengan cara bercerita akan mengurangi rasa emosi anda. Hal ini sudah dibuktikan banyak orang dan bisa meredakan emosi pada dirinya.

Apabila Cuma dengan diam akan menyebabkan penyakit hati yang tidak baik buat dirinya juga orang bersangkutan.

Manfaat mengendalikan emosi

manfaat dari mengendalikan emosi
sumber dari http://assalamsumbar.com

Perasaan emosi merupakan perasaan yang kita ungkapkan karena ada yang membuat dan memungkinkan melakukan sesuatu. Karena dampak-dampak yang tidak baik dan dapat menjerumuskan ke pelanggaran hukum negara.

Selain berbagai macam-macam emosi dan pengendalian emosi saya akan memaparkan manfaat mengendalikan emosi.

Untuk lebih lanjut simak di bawah ini :

Membuat beban fikiran hilang

Sudah banyak yang membuktikan dengan mengendalikan emosi akan menjadikan beban mereka hilang. Karena dengan beban kita akan melakukan aktivitas itu terasa sangat malas dan menunda-nunda.

Janganlah menunda kebaikan diri sendiri dan orang lain. Setiap orang yang dihargai pasti dia juga menghargai dari hal yang tidak begitu penting bagi kita. Fikirkan dampak positif jika kita selalu mengendalikan emosi.

Bahwasanya betapa baiknya yang akan kita terima jika mengendalikan emosi.

Memiliki banyak teman

Manfaat selanjutnya yaitu memiliki banyak teman dan lebih suka dengan anda karena memiliki perilaku yang baik. Karena setiap manusia akan menilai dan memilih teman yang memiliki perilaku baik dan mudah bergaul.

Orang yang banyak teman biasanya lebih bayak memperlihatkan bahagianya dan bahkan tidak pernah memperlihatkan emosinya. Dalam agama islam sudah diterangkan carilah teman yang baik untukmu dan baik juga agamanya,akhlaknya.

Banyak di sukai orang

tidak hanya teman dan orang yang  ada di sekeliling kita akan merasa lebih suka dekat dengan kita. Entah mungkin dari kepribadian,cara menyenangkan orang.

Orang lain akan suka karena bisa mengendalikan emosi dalam bertindak pun selalu hati-hati. Sehingga dengan hal itu akan menjadikan salah satu cara menuju perubahan yang lebih baik lagi.

Setiap tindakan yang kita lakukan pasti akan dinilai oleh setiap orang,dan apabila tindakan kita baik akan dijadikan pedoman dan contoh.

Hidup terasa tenang

Rasa ketenangan hidup akan terjadi apabila bisa mengendalikan emosi. Keharmonisan dalam rumah tangga dan bertetangga akan lebih tertata baik.

Bayak orang yang sukses karena telah merasakan ketenanagan hidup dan mengendalikan emosinya. Karena hal yang berkaitan dengan emosi yang buruk sangat ditekankan agar mengendalikannya.

Agar hidup anda tidak sekedar hidup. Maksudnya yaitu supaya hidup kita itu bermakna dan bermanfaat tidak hanya sia-sia.

Kesimpulan bahwa semua jenis emosi yang diatas tidak berdampak buruk. Melainkan yaitu hanya seperti rasa emosi marah,benci,dan cemburu.

Tidak semua rasa emosi mendatangkan keburukan tetapi hanya beberapa saja.

penutup

cukup sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf sebesar-besarnya apabila ada kata atau penulisan yang kurang jelas.

semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda semuanya.

Leave a Comment