21+ Contoh Poster Pendidikan Lengkap Dengan Penjelasan & Gambar Menarik

Hallo sahabat fauzi pada kesempatan yang penuh berkah ini Admin akan menyajikan artikel yang membahas tentang contoh poster pendidikan, kesehatan, lingkungan dan lain-lain. Apakah teman-teman sudah tahu apa itu poster?

Nah karena belum tahu maka Admin akan menjelaskan tentang apa itu poster dan tujuannya untuk apa. Setidaknya kawan-kawan akan menemukan 200+ contoh poster semoga saja sangat membantu dan bermanfaat.

Menurut pengertianahli poster ialah sebuah pengumuman atau iklan yang berbentuk tulisan atau gambar yang ditempelkan pada dinding. Juga di tempat-tempat umum yang ramai strategis supaya mudah diketahui masyarakat.

Mungkin itu sedikit penjelasan tentang poster. Oke langsung saja simak ulasan berikut ini tanpa menunggu lama-lama, inilah penjelasan dan contohnya :

Apa Itu Poster?

Poster yakni pengumuman/ iklan berupa tulisan atau gambar yang ditempelkan pada tembok, dinding yang letaknya strategis dengan tujuan supaya mudah dibaca serta diketahui oleh banyak orang.

Pengertian yang lain poster merupakan imbauan atau ajakan untuk melakukan sesuatu. Alhasil poster ialah sebuah iklan atau pengumuman yang mengimbau, mengajak plus disertai gambar berwarna menarik untuk muda diingat.

Tujuan utama dari poster adalah buat menarik perhatian orang banyak agar ikut berpartisipasi dalam poster disampaikan. Serta mengingatkan kembali & mengarahkan si pembaca ke arah tindakan sesuatu.

Secara umumnya ukuran poster kurang lebih 50 x 60 cm. Karena ukuran yang terbatas maka seseorang yang membuat poster harus unik, menarik, dan temanya tidak terlalu banyak, paling minimal terdapat 1 tema. Itulah pembahasan dan penjelasan apa itu poster.

Ciri-ciri poster

  1. Dalam poster yakni berisi tulisan & gambar dengan tema tertentu
  2. Tulisan pada poster adalah hemat kata akan tetapi padat makna
  3. layout/tata letak gambar & kalimat dalam poster sesuai atau proposional
  4. gambar dan kalimat pada poster yakni bersifat persuasif

Syarat Pembuatan poster

Poster yang ideal dan baik harus memenuhi syarat-syarat berikut dibawah ini :

  • Terdapat daya tarik dari kata/kalimat yang digunakan tersebut
  • Adanya sebuah kepadatan dalam isi kalimat poster
  • Terdapat kesesuaian antara poster dengan perilaku yang diimbaukan
  • Juga harus ada kesinkronan/kesesuaian antara gambar dengan kalimat poster
  • Terdapat nilai-nilai keindahan dalam tata letak gambar dengan kalimat poster alhasil tetap proposional & menarik perhatian masyarakat.

Cara Membuat Poster Yang Baik dan Benar

Ketika kita mau membuat poster ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar poster yang kita buat itu menarik dan unik. Seperti dari penggunaan gambar, ukuran font, tulisan slogan, konsep protes atau tentang politik.

  • Menentukan Topik dan Tujuan poster

Untuk step yang pertama kali kamu lakukan adalah menentukan pokok pikiran nah ini dilakukan sebelum memutuskan poster apa yang nanti akan dibuat. Selain itu juga pembahasan dalam poster tersebut juga harus ditentukan pula supaya tidak kebingungan ditengah jalan pembuatan.

  • Menggunakan kalimat yang singkat & bersifat persuasif

Karena target pembaca adalah orang banyak maka poster yang dibuat pun sangat menarik tidak bertele-tele dan mudah ingat. Sebab umumnya poster hanya dibaca sekilas oleh orang yang membaca atau sekedar melewati saja. Apalagi para pengguna motor dia tidak akan berlama-lama ketika membaca poster tersebut.

Maka dari hal demikian alangkah sangat baiknya bila kita menggunakan kalimat yang sifatnya itu persuasif atau imbauan. Disamping penggunaan kalimat yang persuasif dilengkapi pula kalimat singkat namun bisa menyampaikan kepada pesan ke pembaca dengan baik dan mudah mengerti serta mudah diingat.

Jangan sampai terdapat kata kata pada kalimat yang kamu bikin tersebut malah menjadikan bingung para pembaca. Buatlah kalimat yang bisa menjadi sugesti orang untuk melakukan tindakan sesuai poster tersebut.

  • Menggunakan Gambar

Gambar menjadi salah satu alat bantu penyampaian pesan yang sangat mudah menarik perhatian orang. Jadi penggunaan gambar menjadi salah satu faktor kenapa poster memakai gambar untuk penyampaian pesannya.

  • Menggunakan Media yang tepat

Tembok, dinding merupakan salah satu contoh dari media untuk menempelkan poster agar mudah ditemukan dan diketahui oleh orang banyak. Media juga menjadi salat bantu yang sangat berpengaruh poster banyak yang melihat atau tidak.

Akan tetapi kita juga harus pandai juga memilah tempat untuk menempelkan poster yang Anda buat, dengan upaya tersebut maka hasil yang Anda targetkan insyaallah akan tercapai.

Itulah cara membuat poster yang baik dan benar. Nah supaya hasil maksimal terapkanlah metode diatas ketika Anda membuat poster.

Kini tiba saatnya kita membahas contoh poster yang mana sebelumnya kita sudah pelajari tentang arti poster, ciri-ciri poster dan lain-lain. ya sudah mari kita kepoin contoh poster berikut dibawah ini :

Contoh Poster Pendidikan

Pertama yang kita bahas ialah tentang poster pendidikan yang mana bahwa pendidikan itu sangat penting buat kita semua untuk melawan kebodohan diri dan bukan untuk membodohi orang lain.

Didalam gambar diatas telah memberikan imbauan kalau belajar itu mahal. Oleh karena itu mengimbau untuk semua orang yang belajar supaya tidak menyepelekan dan menyia-nyiakan waktu belajar.

Apabila kita menyepelekan pasti suatu saat kita juga akan merasakan hal yang sama apa yang telah dikorbankan orang tua untuk membiayai anaknya belajar.

Kita juga tidak hanya belajar tentang dunia saja akan tetapi ilmu agama karena kita hidup bukan sekedar hidup. Semuanya pasti ada tujuannya maka jangan sampai dunia menjadi nomor 1 akhirat menjadi nomor dua. Manfaatkan sisa hidup didunia ini dengan memperbanyak ilmu pengetahuan akhirat dan dunia.

contoh poster

Kedua adalah tentang buku sebagai jendela dunia, kok bisa? Ya bisa kan buku untuk dibaca dan menambah ilmu pengetahuan kita. Namun jika tidak tahu maksudnya sebaiknya tanyakan sama yang lebih tahu soalnya bila terus berlanjut kita akan tersesat dan bisa kemungkinan menyesatkan teman kita.

Dengan buku kita juga menjadi tahu tentang sejarah pada zaman dahulu meskipun kita hidup dimasa sekarang. Marilah kita ciptakan generasi yang cerdas tanpa korupsi, tidak membodohkan guru sendiri.

contoh poster

Jangan membiasakan diri mencontek karena inilah bibit dari korupsi dan pembodohan diri. Sangat disayangkan sekali pada zaman now ini begitu banyaknya generasi instan, tidak mau bekerja keras dan hanya mengandalkan instan seperti indomie saja ya.

Nah sifat seperti inilah cikal bakal para korupsi dan penjahat di negeri ini. Memang semua butuh proses tapi ya setidaknya janganlah hanya mau yang instan saja. Ayolah para kawanku semua mulai saat ini biasakan jujur. Jujur adalah menjadi tolak ukur anda mudah di percaya atau cuma omongan saja.

Contoh Poster Kesehatan

contoh poster kesehatan

Budayakan membuang sampah pada tempatnya sebelum anda akan merasakan dampaknya. Sampah sudah menjadi momok di negara kita tercinta setidaknya setiap daerah tiap harinya bisa menghasilkan ratusan ton sampah. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya sampah plastik. Karena sulit terurai sehingga hari demi hari menjadi gunung sampah plastik.

Untuk itu telah diimbau pada poster diatas supaya kita membuang sampah pada tempatnya. Karena hidup sehat berawal lingkungan yang bersih.

Bila kita semua memperhatikan banyak banjir di daerah khususnya jakarta ialah penyebab utamanya sampah. hal ini karena banyak masyarakat yang membuang sampah sembarang semisal sungai,. Jadi sampah mengendap dibawah & terus menumpuk terjadilah banjir.

Oleh sebab itu Admin mengajak semuanya supaya berpartisipasi menciptakan Indonesia yang bersih dan sehat.

Contoh Poster Kesehatan

Percayakah Anda bawang putih bisa jadi obat penurun darah tinggi?

Contoh Poster Kesehatan

Ingat demam berdarah ingat 3 M plus

Baca Juga : 100+ Contoh Slogan Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan DLL [NEW]

Contoh Poster Kesehatan

Mari kita dukung sepenuhnya tentang pekerja sehat dan keluarga sehat menghasilkan keluarga yang bahagia

Contoh Poster Lingkungan

Contoh Poster Lingkungan

Dari contoh poster diatas bahwasanya mengimbau mengajak seluruh penduduk dunia supaya menjaga alam dan melakukan tindakan penghijauan kembali bumi yang gundul. Tidak dipungkiri tahun demi tahun bumi semakin tandus dan mengering serta tidak sejuk kembali, kejadian ini tidaklah asing bagi kita semua. Salah satu faktor utamanya ialah hilangnya hutan, terbakarnya hutan sehingga paru-paru dunia ini semakin rapuh.

Itulah sebabnya ulah manusia yang tidak mempertimbangkan dampak yang akan terjadi, satu manusia yang rakus maka habislah dunia ini. Mari kita tanamkan sejak dini untuk menanam pohon, setidaknya bumi tidak rusak dengan parah karena ulah manusia.

Contoh Poster Lingkungan

Yang kedua ialah bahwa manusia menginginkan instan saja dan tidak memperdulikan kelanjutannya, itulah sifat manusia. Terlebih lagi kini banyak laut yang sudah tercemari oleh berbagai bahan kimia dan alat lainnya.

Bagaimana anak cucu kita nanti apakah dia masih bisa menikmati dan melihat keindahan alam bahari di laut. Yuk kita selamatkan ekosistem laut supaya tetap terjaga makhluk hidupnya.

Contoh Poster Lingkungan

Ilustrasi contoh poster diatas menggambarkan jika tidak ada keseimbangan maka hancur muka bumi ini. Nah dari gambar tersebut itulah dampak yang akan kita terima apabila tidak menjaga alam dengan seimbang dan baik.

Kebutuhan kita alam secukupnya saja bukan untuk memperkaya dari alam kita ini. Marilah sejenak kita pikirkan pula dampaknya jika kita berlebihan.

Contoh Poster Stop Global Warming

Contoh Poster Stop Global Warming

Karena maraknya global warming banyak sekali orang-orang yang membuat poster bertema “Stop Global Warming” upaya ini jelas untuk merawat bumi, setidaknya tidak makin parah karena efek rumah kaca.

Memang hal ini sangat sulit bisa bergerak bersama-sama untuk menyelamatkan dunia akan tetapi setidaknya sudah mengingatkan dan mengimbau saudara kita untuk Dunia.

Contoh Poster Stop Global Warming

Gambar poster diatas sungguh sangat memprihatinkan karena dunia sudah tidak sehijau dan seindah dulu, penyebab utamanya tidak lain ialah polusi dan hilangnya hutan-hutan dunia. oleh karena itu yuk kita mulai dengan menanam 1 pohon untuk 1000 kehidupan.

Contoh Poster

Poster diatas memperlihatkan dampak yang akan kita semua terima apabila kita tidak mempedulikan bumi dan berdiam saja, sungguh sangat miris jika hal itu terjadi.

Manusia hanya ingin hasilnya namun tidak mau prosesnya inilah yang namanya keserakahan, Maka hancurlah dunia ini karena egois kalian semua.

Contoh Poster Kegiatan

Contoh Poster Kegiatan

Kegiatan setiap orang pasti mempunyai kegiatan sehari-hari. Tapi pada contoh poster diatas mengajak para guru/dosen/mahasiswa buat mengikuti kegiatan sepeda santai dalam rangka menyambut dies UGM yang ke 62.

Yakni tujuannya mendukung hijau langit biru universitas gadjah mada.

Contoh Poster Kegiatan

Nah kalau yang diatas ini poster menyambut bulan ramadan yang mana secara bulan hijriah bulan yang 9 dan hanya ada setiap satu tahun sekali. Karena indonesia merupakan negara yang penduduk islmanya paling banyak sedunia jadi sangat antusias masyarakat menyambutnya.

Juga sudah di jelas pada gambar yakni menyambut bulan ramadan bersihkan hati bersihkan lingkungan.

Contoh Poster Kegiatan

Contoh Poster Bahasa Inggris

Contoh Poster Bahasa Inggris

Gambar diatas merupakan contoh poster yang berbahasa inggris, Karena bahasa inggris adalah bahasa internasional sehingga tidak asing jika banyak negara-negara yang memakai bahasa tersebut.

Terutama daerah yang paling banyak wisata dan wisatawan luar negeri semisal bali, nah poster seperti diatas sangat cocok bila diaplikasikan ke daerah tersebut.

Contoh Poster dan Slogan

contoh poster dan slogan

Poster diatas ini mengimbau/mengajak supaya memperbanyak baca buku, karena sering kita membaca buku maka ilmu pengetahuan kita juga akan bertambah. Nah ini alasan kenapa membaca buku itu penting.

Selain itu dengan membaca buku menjadikan kualitas interaksi kita sama orang lain juga semakin baik juga. Oleh hal itu yuk kita lebih rajin membaca buku.

Admin mengajak teman-teman untuk membaca ialah untuk memerangi kebodohan diri kita ini. Semangat ya sob.

contoh poster dan slogan

Kalau gambar diatas ialah seseorang yang ingin cepat sampai namun melanggar lalu lintas, jangan di contoh ya sob. Sangat disayangkan bila hal ini menjadi sebuah tradisi, karena sangat berbahaya untuk kita sendiri juga orang lain.

Mulai sekarang taati lalu lintas yuk, kalau bukan kita yang memulai terus kapan siapa yang akan melakukan perubahan ini. Ingat sob sudah banyak korban, mari kita selamatkan kebiasaan ini.

Contoh Slogan

Berikut dibawah ini merupakan contoh slogan pendidikan, mari kita simak ulasan ini :

  1. Pendidikan ialah hak hak setiap anak-anak didunia
  2. Belajar hari ini untuk menuju kehidupan yang lebih baik
  3. Pondasi suatu bangsa terletak pada pendidikan para pemudanya
  4. Tidak ada kata terlambat untuk belajar
  5. Belajarlah supaya tidak menjadi orang bodoh
  6. Bersekolahlah demi masa depanmu yang cerah
  7. Pendidikan mampu mengubah dunia
  8. Membaca buku akan membawamu ke dunia yang baru
  9. Tidak ada yang lebih penting daripada pendidikan
  10. Gantungkan cita-citamu setinggi bintang di langit
  11. Pendidikan bermutu, Generasi maju, Negara Maju
  12. Teruslah belajar tanpa mengenal usia
  13. Ayo raih mimpimu dengan pendidikan bermutu
  14. raihlah ilmu supaya menjadi orang yang berilmu
  15. Kemiskinan bisa diobati sama pendidikan
  16. Ilmu tanpa iman bagaikan tubuh tidak bernyawa
  17. Jadikan ilmu sebagai bekalmu, jadikan guru sebagai pemandu
  18. Belajar yang giat hanya buat masa depan hebat
  19. Ayo budayakan membaca untuk generasi penerus bangsa
  20. Pintar karena ilmu dan cerdas karena guru

Pada contoh slogan diatas mengajak untuk kita semua belajar dengan giat, bahwasanya pentingnya ilmu sehingga kita wajib menuntut ilmu tanpa mengenal usia dan putus asa.

Contoh Poster Vector

Contoh Poster Vector

“Green city” Adalah contoh poster dari vektor yang mengimbau kepada seluruh pembaca supaya melakukan penghijauan kota. Kota pasti Anda terbayang dengan gedung-gedung menjulang tinggi dan padat serta jalanan yang macet. Nah tujuan dari poster diatas ini ialah membuat kota sejuk dan hijau.

Baca Juga : 150+ Kumpulan Ucapan Idul Fitri Paling Lengkap [update]

Kita bisa melihat contohnya ibukota negara kita yang banyak polusi panas sehingga adanya poster ini untuk mengajak masyarakat buat menjaga alam dan menanam pohon.

Mari kita hijaukan kembali negara kita tercinta ini.

Contoh Poster Vector

Gambar contoh poster vector ini sebenarnya lebih ke sebuah promosi, niaga ya, yang mana sebuah iklan untuk melakukan laundry supaya pakaian kalian bersih maksimal.

Contoh Poster Hemat Energi

Contoh Poster Hemat Energi

Poster ini tentang hemat energi yaitu baik energi listrik, air, bahan bakar ataupun lainnya. Karena banyaknya yang terbuang sia-sia, sebab hal ini ialah termasuk boros dan mubadhir.

Masih banyak saudara-saudara kita yang masih kekurangan air dan penerangan, namun kita malah tidak memanfaatkan secara maksimal. Sadarlah wahai sobatku itu hanya sia-sia dan membuang harta benda anda.

Lebih baik kita hemat dan sisanya bisa kita sedekahkan kepada saudara-saudara kita yang jauh dari kata kecukupan dalam kebutuhan sehari-hari.

Mari hemat energi bumi ini sekarang juga.

Contoh Poster Hemat Energi

Hemat energi untuk kebutuhan kita, Sebab alam telah menyediakan untuk kita akan tetapi bukan untuk kita habiskan secara keserakahan. Kita mengambil dari alam secukupnya saja sisanya biarkan di alam.

Memang negara kita akan kaya air, hutan, dan rempah-rempah dari alam. Namun jangan sampai sifat keserahakan dan memperkaya diri itu tumbuh pada diri kita. Mari kita ciptakan dan menggunakan secukupnya aja.

Contoh Poster Kebersihan

Contoh Poster Kebersihan lingkungan

Kebersihan merupakan sebagian dari iman, sebagai seorang muslim itu harus menjaga kebersihan baik lingkungan dan hati. Berawal dari kebersihan lingkungan maka akan tercipta masyarakat yang sehat dan tidak terjadi bencana alam.

Jika kita memperhatikan di ibukota yakni jakarta, sering kali terjadi bencana peristiwa ini tidak lepas karena lingkungan yang kotor, sampah menumpuk di sungai. Akhirnya bencana menimpa.

Hukum alam tidak akan pernah mengkhianati maka jagalah bumi ini bukan merusaknya. Manusia ialah khalifah fil ard, maka marilah kita jaga kebersihan lingkungan.

Contoh Poster Kebersihan Lingkungan

Contoh Poster Seni Budaya

Contoh Poster Seni Budaya

Pada contoh poster seni budaya diatas ini menyampaikan dan mengimbau “Ayo rek selamatkan bumi, 1 pohon untuk 1000 kehidupan” kurang lebih seperti itu. Wayang merupakan seni budaya yang mana konon menjadi media dakwah seorang wali yakni sunan kalijaga.

Jadi dengan gambar wayang yang menarik diatas bisa memanggil para orang yang melihatnya. Namun kini seni budaya ini semakin sedikit dan tidak ada penggemarnya khususnya remaja.

Yuk selamatkan seni budaya indonesia ini agar tidak hilang karena perkembangan zaman.

Contoh Poster Seni Budaya

Seni budaya tari merupakan salah satu jenis seni budaya yang sangat banyak juga, sebab hampir seluruh daerah di indonesia mempunyai tarian yang asli kas daerah tersebut. Misalnya saja Jawa Tengah sama Jakarta pasti kedua daerah tersebut memiliki tarian khasnya.

Karena perkembangan zaman yuk selamatkan seni budaya kita ini, jangan sampai di akuisisi oleh negara lain.

Contoh Poster Niaga

Contoh Poster Niaga

Niaga merupakan jual beli, jadi poster diatas ialah bertujuan mempromosikan produknya kepada masyarakat biar tahu dan minat untuk membelinya. Banyak sekali poster niaga contohnya saja poster niaga barang, hp, Makanan, Rokok dan penawaran.

Media ini sangat baik karena orang juga mengenal produknya serta akan tertarik untuk membelinya.

Contoh Poster Bergambar

Contoh Poster bergambar

Ayo bangun indonesia yang damai dan indah, kedamaian akan menentramkan semuanya baik warganya serta para pemimpinnya. Menuju indonesia yang damai dan nyaman.

Negara tercinta ini merupakan yang sangat kaya dengan alamnya dan pulaunya, namun pemanfaatan yang kurang maksimal menjadikan kita masih termasuk negara yang berkembang.

Sebenarnya potensi kita menjadi negara maju sangatlah mudah. Sumber daya alam berlimpah dan SDM juga cukup banyak. Inilah akibatnya banyaknya penduduk namun tidak diseimbangi dengan lapangan kerja, alhasil banyak masyarakat menganggur, kriminalitas dan pembunuhan.

Yuk kita ciptakan Indonesia Bersih, Adil dan Makmur.

Cukup sampai disini dulu yang bisa Admin sampaikan, mohon maaf jika masih banyak kekurangan dan kesalahan baik secara penyampaian dan penulisan. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment