Masa Kecil

Masa kecil pengertiannya yaitu tentang peristiwa atau kejadian ketika dulu masih kecil dan tidak akan bisa terulang kembali.

Memang anak kecil sekarang berbeda dengan anak kecil yang lahir 90 an walaupun waktu itu masih permainan tradisional namun sangat asik dan ramai. Keterkaitan antara masa kecil dengan permainan.

Karena hal tersebut menjadi perbincangan banyak saya akan memberikan penjelasan antara masa kecil tradisional dengan yang modern.

Masa kecil tradional

Kata tradisional merupakan mempunyai arti sederhana atau kuno. Anak yang lahir pasti tahu banyak tentang permainan tradisional yang sering di lakukan anak-anak dahulu.

Contoh dari permainan tradisional yaitu kelereng,petak umpet,layang-layang,dan bekelan. Saya akan lebih menjelaskan detail tentang permainan tersebut.

Kelereng

sumber dari https://images.fineartamerica.com/

Kelereng adalah suatu permainan asli dari indonesia yang bisa di mainkan minimal 2 orang dan standar 8 sampai 10 orang. Bentuknya bulat dan terbuat dari kaca,selain itu memiliki beberapa model yang bagus.

Permainan ini sering di lakukan dari anak-anak sampai remaja bahkan orang tua pun juga ikut bermain.

Dengan perantara ini kerukunan antara masyarakat semakin terjaga,karena mereka lebih sering tatap muka dan satu kumpulan beberapa orang.

Jadi sangat baik bagi anak-anak bisa tumbuh untuk berkenalan sesama lainnya dan mencari teman yang baik. Namun seiring waktu permainan ini punah dengan sendirinya.

Petak umpet

sumber dari https://3.bp.blogspot.com

Petak umpet merupakan permainan tradisional yang bisa di lakukan laki-laki atau perempuan. Petak umpet ini dengan minimal 3 orang dan idealnya 10 sampai 15 orang.

Cara bermain yaitu satu orang harus menjadi penjaga dan mencari teman yang sembunyi ketika sudah di ketahui maka mereka akan saling berlari memegang tempat awal sebagai penjaga.

Maka orang yang kalah memegang tempat tersebut akan bergantian menjadi penjaga. Jika ada 1 orang lebih maka mereka akan suit atau pun dengan lainnya yang kalah terakhir biasanya akan menjadi penjaga.

Namun sekarang permainan tersebut sudah tidak dilakukan anak-anak karena orang tua mereka lebih memilih untuk di rumah dan melarang untuk bermain.

Layang-layang

sumber dari https://i.ytimg.com/

Mainan ini sangat populer di masyarakat karena tidak hanya di desa yang memainkan permainan ini. Anak kecil sampai dewasa suka memainkan permainan ini namun semakin tahun berkurang dengan sendiri karena cuaca yang tidak menentu juga.

Bahan-bahan untuk membuat layang-layang yaitu:

  • Bambu
  • Lem kertas
  • Benang
  • Kertas,kain atau plastik tapi jangan terlalu tebal karena sangat berpengaruh untuk terbangnya.

Tahap awal yaitu dengan membuat pola setelah pola jadi maka kertas atau plastik di di tempel hingga membentuk layang-layang jangan lupa untuk di lem.

Ketika sudah jadi layang-layang maka tahap selanjutnya yaitu tali layang-layang kemudian siap untuk di terbangkan.

Bekelan

sumber dari https://4.bp.blogspot.com

Bekelan merupakan permainan dengan menggunakan bola bekel dan biji bekel yang terbuat dari timah atau kuningan.

Permainan ini biasanya di mainkan oleh perempuan dan minimal 2 orang. Ketika sudah bermain mereka lupa kegiatan karena sudah fokus dan tidak ingin melakukan kesalahan.

Hal sangat di benci perempuan ketika permainan ini ketika di ganggu oleh anak laki-laki karena konsentrasi mereka hilang dan melakukan kesalahan.

Cara bermain dengan melempar bola bekel keatas dan biji bekel kemudian semua itu akan jatuh kelantai ketika bola pantul satu kali maka seketika itu pula mengambil biji bekel.

Jika sudah pantul lebih satu kali akan di anggap lawan mati.

Mungkin ini cukup tentang permainan tradisional masa kecil dahulu

Masa kecil modern

Memasuki tahun 2000 permainan anak-anak mulai berganti menjadi modern. Sejak itulah permainan tradisional menjadi sejarah atau kenangan saja.

Permainan modern yaitu yang sudah menggunakan teknologi modern,saya akan jelaskan beberapa mainan yang modern contohnya yaitu: mobil remot,playstasion,clash of clans,racing game (permainan balapan).

Dari sampel banyak yang lebih suka permainan modern karena menurutnya tidak melelahkan dan lebih bagus dari pada permainan tradisional.

Mobil remot

sumber dari http://4.bp.blogspot.com

Permainan ini sangat di gemari oleh anak-anak karena bisa di kendalikan dengan menggunakan remot. Selain di kendalikan dengan remot juga bisa untuk balapan satu sama lainnya.

Pada beberapa tahun silam permainan ini sangat di kenali oleh anak-anak. Hanya sedikit yang mempunyai mobil remot ini karena harganya mahal juga perawatannya cukup banyak mengeluarkan uang.

Zaman semakin modern dan mobil remot ini berkurang di sukai oleh anak-anak.

Playstasion

sumber dari https://psmedia.playstation.com

Pengertian dari playstaison yaitu permainan yang bermacam-macam ada sepak bola,naruto,balap motor dan lain-lain.

Bidang ini di buat markas yang menyewakan playstaion dengan tarif 24 dan bisa langsung bermain di tempat penyewaan.

Sejak muncul playstation anak-anak sampai dewasa pasti mengenali ini,dalam setiap tahunnya paystation mengembangkan dengan permainan di buat 3D seperti nyata dengan ini banyak anak-anak yang terus tertarik.

Tetapi mereka mematok harga berbeda dengan kualitas berbeda pula. Namun mereka kalah perkembangan dengan internet yang selalu update.

Orang yang bermain playstation semakin berkurang dan pindah ke game online yang lebih menantang dan update selalu.

Clash of clans

sumber dari https://lh3.googleusercontent.com

Merupakan permainan yang membangun sebuah kerajaan untuk bertahan sedangkan tentara dan pahlawan untuk menyerang dan merampas harta.

Selain itu pada permainan ini bisa memiliki clans untuk berperang sekaligus bisa menyumbang bala tentara.

Cara memiliki permainan ini dengan mendonload di aplikasi android atau komputer setelah itu di pasang sebelumnya harus memiliki gmail.com agar bisa memainkan ini.

Jangan lupa selalu update yang terbaru karena game ini mengalami pembaharuan dengan cepat setiap tahunnya.

Kebanyakan anak yang sudah bermain game ini lupa waktu sehingga waktu belajar dan lainnya bisa hilang. Sebaiknya orang tua harus membatasi karena banyak dampak negatif.

Racing game (permainan balapan)

sumber dari http://cdn01.androidauthority.net

Permainan ini banyak di gemari anak-anak karena sering melihat tokohnya di televisi. Cara memainkan yaitu bisa dengan android dan laptop.

Game setiap tahun selalu muncul yang baru menjadikan anak-anak tidak mau bermain dengan temannya di lingkup masyarakat,jika main bersama juga dengan android.

Seiring dengan zaman negara kita di jajah melalui teknologi karena mereka tahu jika menjajah dengan ini lebih mudah mempengaruhi penerus bangsa.

Ketika semua orang tidak peduli dengan sama lain mereka akan menjajah dengan cara lain lagi seperti menimbulkan fitnah.

Bermain game modern sangat tidak baik karena banyak sisi negatif tentang teknologi modern seperti akhlak dan moral anak semakin hilang.

Tidak mengenal waktu bermain game dan menjadikan anak manja.

Sebaiknya semua orang tua memperhatikan anak ketika bermain android karena bisa melihat vidio yang tidak pantas di lihat seperti halnya berkelahi.

Mulai sekarang didiklah dengan benar para penerus bangsa sejak dini mungkin seperti di masukkan pesantren dan sebagainya.

Kesimpulan maka dari perbandingan di atas bahwa permainan modern sangat tidak baik bagi anak-anak pada usia dini dan pelajar. Jika itu di jauhkan insyaallah anak akan mandiri memiliki akhlak dan sopan santun.

Cukup sekian dulu yang bisa saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf sebesar-besarnya.

Leave a Reply