√ Inilah 20+ Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak, Nikmat Dan Lezat [JOSS]

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai makanan khas jawa tengah yang sangat banyak jenis-jenisnya dan rasa yang begitu memanjakan lidah.

Nah apabila kita sedang ada kunjungan, wisata, menjenguk saudara, atau sekedar melewati wajib di coba nih makanan khas jawa tengah. Sehingga menjadikan kita akan masakan, kuliner jawa tengah yang sangat unik dan enak ini.

Jawa Tengah sendiri merupakan salah satu provinsi yang terletak diantara dua provinsi yakni jawa timur dan jawa barat, sedangkan pada bagian selatan jawa tengah terdapat provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk kalian yang belum tahu akan jawa tengah, perlu nih buat mengagendakan ke jawa tengah. Sebab selain banyak makanan khas yang enak dan lezat banyak juga low baik wisata alam dan buatannya.

Contohnya Candi Borobudur, Karimun Jawa, Keraton Solo, Masjid Agung Jawa Tengah dan masih banyak lainnya. Oke langsung saja kita pembahasan yang inti yaitu makanan jawa tengah sebagai berikut ini :

Tahu Petis

Makansn Khas Jawa Tengah

Makanan ini biasanya dibuat untuk sebagai camilan, atau sebagai pengisi perut biar enggak kosong, akan tetapi tahu petis juga bisa dijadikan sebagai lauk pauk low.

Pada dasarnya bahan baku dari tahu petis sama saja dengan tahu umumnya, tepatnya tahu goreng. Hanya saja ada perbedaan antara tahu biasa dengan tahu petis yakni segi ukuran, kalau tahu petis lebih kecil daripada tahu biasa.

Yang menjadi pembeda yakni juga terdapat saus tiram yang mana terbuat dari hasil kuah rebusan udang, rebon yang dimasak hingga akhirnya menjadi kental.

Nasi Liwet

Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan khas jawa tengah ini berasal dari kota solo dari namanya saja sudah unik, pasti rasanya akan bikin kita penasaran dan enak dong. Nah penyajian nasi liwet sendiri terdiri dari nasi putih, potongan ayam, tahu terkadang juga memakai labu siam juga.

Uniknya lagi proses memasak nasi liwet hampir mirip dengan nasi uduk pada umumnya. Yaitu memasak nasi menggunakan santan kelapa yang sudah tua agar rasanya lebih gurih. Nah kalau kalian sendang liburan, sekedar melewati tidak salah untuk mencobanya. Cocok banget dengan perut yang kosong karena perjalanan jauh.

Gethuk

Makanan Khas Jawa Tengah
Sumber : http://ibudanmama.com

Makanan satu ini merupakan makanan yang bahan dasarnya dari singkong. Sebenarnya tidak hanya di jawa tengah saja. Akan tetapi jajanan ini adalah makanan dari Magelang.

Sebab Magelang salah satu kota dengan penghasil singkong terbaik dan terbanyak, jadi jangan heran ya kalau main Magelang banyak makanan yang terbuat dari singkong.

Tapi kini lebih banyak varian rasa dan warna juga, pasti kalian tidak akan bosan deh kalau menikmati makanan ini.

Wajik

makanan khas jawa Tengah
Sumber : https://cookpad.com

Jangan lupa dengan makanan ini ya guys kalau jalan-jalan ke jawa tengah. Wajik benar sekali, bahan untuk membuat wajik cukup mudah karena cuma menggunakan beras ketan dan dicampur dengan gula sehingga menghasilkan rasa yang manis serta warna yang coklat kemerahan.

Namun kini juga tersedia berbagai warna wajik antara lain merah, hijau, pink dan masih banyak lainnya. Tenang saja sebab aman kok pewarna wajik ini. Biasanya warna untuk hijau dan pink antara lain daun pandan, buah naga.

Kupat Tahu

Makanan Khas Magelang

Kupat Tahu ialah kuliner khas jawa tengah yang mana dapat kalian temukan di dua kota yaitu Magelang dan surakarta, perbedaan diantara keduanya terletak pada bumbunya saja.

Pelengkap dalam kupat tahu Surakarta dan Magelang terdapat bakwan, kol, kubis, tauge sedangkan kalau kupat tahu singapura perbedaan dalam tauge yang telah direbuh dahulu.

Gethuk Goreng

Makanan Khas Jawa Tengah
Sumber : banyumasku.com

Pada umumnya getuk tidak di goreng, nah kalau makanan khas Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah ini di goreng,

Cita rasa getuk yang manis dan renyah ini sangat lezat. Bahan-bahan untuk membuat makanan ini ialah singkong kalau rasa manisnya terdapat dari gula jawa yang sudah di campurkan ke dalam adonan getuk.

Menurut cerita penemuan getuk ini tidaklah sengaja yakni pada tahun 1918 sama Sanpirgad. Beliau merupakan penjual nasi keliling di Sokaraja, selain nasi beliau juga menjajakan getuk, namun getuk yang di jual tidak laku.

Sehingga memutar otak agar bagaimana getuknya laku, lalu beliau mengorengnya. Tapi anehnya malah banyak masyarakat yang menyukai dengan getuk goreng tersebut. Disitulah awal mula muncul makanan getuk goreng khas Banyumas.

Jenang Kudus

Makanan Khas Jawa Tengah
Sumber : masfikr.com

Dodol Garut pasti kalian sudah sudah tahu kan? Begitu juga dengan jenang kudus, rasanya juga hampir sama. Akan tetapi makanan ini khas dari Kudus, Jawa Tengah.

Biasanya jenang kudus dijadikan makanan oleh-oleh atau buah tangan bagi yang liburan, berkunjung ke Kudus.

Rasa yang di hasilkan jenang kudus ini manis, dan kenyal serta tekstur yang legit. Bahkan kelezatan jenang kudus ini sampai ke negara tetangga seperti Singapura, Arab Saudi, Malaysia dan Brunei Darussalam. Perbedaan dari jenang kudus dengan dodol garut ialah terdapat biji wijennya untuk jenang kudus.

Mangut Beong

Makanan Khas Jawa Tengah

Nah kalau kalian ke Magelang jangan lupa untuk mencoba makanan salah satu ini, sebab hanya dapat kalian temukan di Magelang low. Letak kota satu ini juga tidak jauh kok dari jogja, nanti menyesal low kalau belum mencoba.

Selain mangut beong kalian juga bisa menikmati makanan lainnya juga kok, seperti kupat tahu dan nasi godok. Apa tahu ikan beong? Ikan beong adalah ikan yang hampir sama dengan ikan lele akan tetapi bukanlah lele.

Ikan ini merupakan ikan sungai yang hanya di sungai magelang. Rasanya yang lembut dan lezat menjadi makanan khas yang tidak ada duannya, selain di Magelang.

Telur Asin

makanan khas jawa tengah
Sumber : warstek.com

Kalau di Magelang ada mangut beong, kali ini Brebes juga memiliki makanan khasnya juga loh yaitu telur asin. Makanan ini terbuat dari telur bebek yang melalui proses sekitar 1-2 Minggu.

Untuk menyantap makanan ini menggunakan nasi tetapi kalian juga langsung memakannya tapi akan lebih lezat dan kenyang kalau di tambah nasi.

Garang Asem

Makanan Khas Jawa Tengah

Garang asem adalah kuliner khas kawasan Jawa Tengah seperti Kudus, Demak, Pati, Semarang dan Pekalongan.

Bahan baku dari makanan satu ini ialah ayam yang di masak bersama rempah-rempah lainnya dan santan, sedangkan daun pisang sebagai pembukusnya. Cita rasa yang pedas dan gurih ini bakalan menggugah mulut kalian ketika menyantapnya.

Secara umumnya garang asem dimakan dengan nasi dan dilengkapi lauk pendamping lainnya. Nah untuk lauk pendamping kalian bisa memilih sendiri seperti tempe goreng, kerupuk, bakwan dan perkedel.

Lumpia Semarang

Makanan Khas Jawa Tengah

Pasti kalau makanan satu ini sudah sangat membumi bagi masyarakat nusantara. Andaikan ada yang tanya tentang makanan khas Semarang pasti 90% jawaban akan menjawab Lumpia.

Lumpia sangat enak kalau di makan dengan kondisi hangat loh. Terlebih lagi di tambah dengan saus dan cabe rawit akan bikin pedas panas mulut kalian.

Sekarang lumpia menyediakan dengan berbagai ragam isian juga loh, jadi kalau lagi ada agenda ke Semarang cocok banget nih membeli sambil menikmati indahnya Kota Semarang.

Nasi Gandul

Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan khas Jawa Tengah selanjutnya adalah nasi gandul yang khas dari Pati kota Mina Tani. Berbeda dengan nasi pada umumnya, sebab nasi gandul ini merupakan nasi uduk tapi dengan penyajian yang memakai daun pisang.

Berbeda kan? Akan tetapi tidak hanya dalam penyajiannya saja loh, rasa nasi yang begitu lezat dan daun pandan yang dimasukkan ketika nasi di masak menjadikan tambah wangi.

Terlebih lagi kuahnya yang terbuat dari campuran daging sapi akan kaya pelengkap rasa dari nasi gandul ini.

Dawet Ireng

Makanan Khas Jawa Tengah
Sumber : sahabatnesia.com

Makanan khas Jawa Tengah yang satu ini dapat kalian coba tatkala berkunjung ke Purworejo. Dawet ireng berbeda dengan dawet pada biasanya yang kalau kalian beli berwarna hijau.

Nama ireng sendiri yang diambil dari bahasa jawa kalau di terjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah hitam. Warna hitam sendiri karena adonan yang dicampuri abu jerami, jadi tetap aman untuk di konsumsi loh.

Soal rasa sudah sudah tidak di ragukan lagi, apalagi diminum pada siang hari yang panas ditambahkan es pasti segar deh plus gula jawa asli yang sudah dicairkan. Akan menambah kelezatan dawet ireng.

Sego Godhog

Makanan Khas Magelang

Pembahasan makanan khas jawa tengah ala udfauzi.com selanjutnya adalah sego godhog yang sangat lezat akan kuah kaldunya dan tambahan lauk pelengkapnya.

Sebenarnya sego godhog merupakan kuliner yang mirip dengan bakmi rebus akan tetapi yang menjadi pembeda terdapat nasi yang lumayan banyak loh.

Selain itu juga terdapat campuran dalam sego godhog seperti ayam, bihun, sayuran dan kuah kaldu serta telur. Bagi teman-teman yang penasaran dengan sego godhog ini bisa di temukan di Bantul dan Magelang.

Nasi Grombyang

makanan khas jawa tengah
Sumber : oknusantara.com

Loncat ke Pemalang ya bro, nasi grombyang ini merupakan salah satu kuliner khas dari Pemalang loh. Penamaan dari kuliner ini cukup terbilang unik sebab terjadi karena penyajian dengan kuah yang lebih banyak daripada isinya jadi terlihat bergoyang-goyang atau grombyang.

Nasi Grombyang ini terbuat dari daging kambing, nasi, dan kuah. panyajiannya pun juga unik dengan menggunakan mangkuk kecil dilengkapi sate kerbau juga.

Kalau kalian ingin membeli kuliner ini biasanya penjual nasi grombyang dengan menggunakan kuali besar dan tempat nasi yang di tutupi memakai kain merah. Selain itu juga bisa di temukan dengan ciri-ciri penerangan yang menggunakan lampu teplok.

Mie Ongklok

Makanan Khas Jawa tengah

Kalau Pemalang punya Nasi Gombyan kali Wonosobo juga memiliki kuliner khas daerahnya yang bernama mie ongklok. Kuliner satu ini adalah mie rebus yang diracik bersamaan potongan daun kuaci, kol, dan kuah mie yang menggunakan kanji. Sehingga lebih kental dibandingkan mie pada umumnya.

Ketika hendak menikmati mie ongklok kalian dapat memilih tempe kemul, sate sapi atau keripik tahu untuk di jadikan lauk pendampingnya.

Asal mula mie ongklok sendiri tercipta dari ongklok yang semacam keranjang kecil terbuat dari bambu dalam proses perebusan mie ke dalam kuahnya. Kalau kalian penasaran jangan lupa deh kalau lagi main di Wonosobo pas banget dengan suhu udara yang dingin.

Brekecek

makanan khas jawa tengah
Sumber : masfikr.com

Apakah kalian pernah dengan makanan yang bernama brekecek? Nah kalau kalian belum tahu mari kita usut tuntas kuliner satu ini. Makanan ini merupakan khas jawa tengah yang bertepatan Cilacap.

Meskipun dari namanya sangat aneh, tetapi kalau sudah mencoba akan bikin kalian ketagihan loh. Paling tidaknya ya bakalan bikin kalian kenyang dan puas.

Penamaan dari brekecek terdiri dari dua kata yang saling berarti yakni BREK sendiri berarti di jatuhkan sedangkan kecek ialah cecek yang dicampur dengan bumbu.

Serabi Solo

makanan khas jawa tengah
Sumber : lifestyle.okezone.com

Serabi Solo merupakan makanan khas Jawa Tengah yang paling populer. Makanan satu ini adalah makanan tradisional yang biasanya di jajakan pada pasar-pasar. Serabi sendiri terdapat dua jenis yaitu serabi manis yang menggunakan kinca dan serabi asin yang campurannya adalah oncom.

Kebanyakan makanan ini di jajakan pada pagi hari. Pemasakan serabi yang masih alami sehingga menghasilkan cita rasa yang begitu khas.

Akan tetapi dengan berkembangnya zaman kini terdapat inovasi yang di kembangkan baik dari toping dan varian rasa juga. Hal ini supaya serabi tetap banyak yang suka dan tidak di asumsi sebagai makanan kampungan.

Tempe Mendoan

makanan khas jawa tengah

Pembahasan makanan khas jawa tengah selanjutnya ini ialah salah satu makanan yang sangat populer atau familiar bagi masyarakat jawa tengah dan nusantara.

Hal ini dikarenakan sudah banyak masyarakat yang mengetahui akan kuliner satu ini. Sebetulnya makanan ini merupakan makanan khas dari Banyumas.

Dari namanya saja kita jadi tahu bahan-bahan untuk pembuatan tempe mendoan. Tempe mendoan merupakan tempe goreng yang ukuranya lebih lebar akan tetapi masih dalam setengah matang menjadi tempe goreng. Cita rasanya pun juga sangat enak sebab ada kenyal-kenyal dalam selimut tempe.

Enting-enting Gepuk

makanan khas jawa tengah

Wajib di coba nih makanan khas jawa tengah ini yang bernama enting-enting gepuk. Makanan ini merupakan makanan khas Salatiga.

Enting-enting gepuk adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar kacang tanah yang kemudian di gepuk atau di tumbuk kamudian baru di padatkan.

Akan tetapi sebelumnya juga dicampuri gula jawa sehingga bahan-bahan dapat menyatu dan mudah untuk di bentuk. Selain itu juga menciptakan cita rasa yang manis dan lezat.

Soto Kudus

makanan khas jawa tengah
Sumber : goodindonesianfood.com

Kalau sudah di Kudus belum lengkap rasanya kalau tidak mencicipi dengan kuliner khas Kudus ini. Perbedaan yang mencolok daripada dengan soto yang lain adalah cara penyajian yang memakai mangkuk kecil. selain itu dua varian soto kudus yakni menggunakan daging sapi atau daging kerbau.

Bagi kalian yang penasaran dengan cita rasa daging kerbau itu seperti apa. Datang aja ke Kudus ya jangan lupa juga untuk membeli buah tangan seperti jenang kudus.

Nah itulah pembahasan yang dapat kami sampaikan, semoga dengan demikian di atas dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda buat membeli buah tangan atau mencicipinya.

Sekian dulu yang kami sampaikan kurang lebihnya mohon maaf dan terimakasih.

Leave a Comment