Jenis-jenis Hutan yang Tersebar di Indonesia Berdasarkan Iklim, terjadinya, dan Manfaatnya,

Jenis jenis hutan –  wilayah yang didalamnya terdapat satwa,sumber daya alam, ekosistem dan di tumbuhi pepohonan ini dinamakan hutan. Kawasan hutan bisa berada di darat maupun perairan, misalnya hutan bakau, hutan sabana. Keberadaan hutan di negara indonesia ini telah di atur dalam undang-undang kehutanan beserta peraturannya.

Pengertian hutan sesuai undang-undang No. 41 tahun 1999. Bahwa hutan merupakan kesatuan ekosistem yang berbentuk hamparan lahan yang didalamnya berisi sumber daya alam, tumbuhan, hewan namun didominasi oleh tumbuhan.

Hingga kini hutan yang ada di indonesia ini kurang lebih ada 129 juta hektar area yang sudah di tetapkan sebagai hutan. Pada kesempatan ini saya akan memberikan beberapa jenis-jenis hutan seperti berdasarkan fungsi, pohon, iklim, asal, dan manfaatnya.

Jenis Hutan Berdasarkan Fungsi

jenis jenis hutan

cdn.thinglink.me

Berdasarkan fungsi hutan maka, jenis hutan bisa di kelompokan menjadi 4 macam. Hutan wisata,hutan produksi, hutan lindung, dan hutan suaka alam, empat jenis ini merupakan jenis dari hutan sesuai fungsinya.

Hutan Wisata

Jenis hutan ini merupakan hutan yang dirawat yang sesuai fungsinya yakni pariwisata, atau tempat wisata baru. Bentuk dari hutan ini biasanya taman wisata atau taman yang menggambarkan ekosistem di bawah laut.

Keunggulan yang menciptakan panorama alam yang indah dan khas, keindahan nabati, dan unsur hewani ini biasanya di manfaatkan untuk rekreasi pendidikan dan kebudayaan, semua ini adalah beberapa kecil keistimewaan dari taman wisata.

Karena sulit dalam menjangkau atau menyelam dalam laut menjadikan banyak orang yang membuat salah satu ide yang dikembangkan menjadi taman laut. Di dasar laut lepas sendiri sangat banyak makhluk hidup yang ada di antaranya. Terumbu karang, biota laut, tumbuhan yang khas. Dengan demikian ini banyak sekolah-sekolah yang menjadikan tempat rekreasi pendidikan.

Siswa juga akan mudah menyerap ilmu pengetahuan dengan dua pendekatan di atas tersebut. Tidak salah jika adanya hutan wisata.

Kalian juga bisa mengikuti pelajaran kursus mengenai jenis-jenis hutan yang ada di indonesia ini untuk lebih jelasnya lagi.

Hutan Produksi

Kawasan yang dinamakan hutan produksi adalah yang berfungsi untuk di ambil hasilnya. Berfungsi untuk mencukupi semua kebutuhan manusia. Contoh dari hutan produksi adalah, seperti kayu, obat-obatan, dan rempah-rempahnya.

Hutan Lindung

Selanjutnya adalah hutan lindung seperti namanya hutan ini berfungsi untuk menjaga, melindungi, kelestarian kesuburan tanah, air, dan udara yang ada di wilayahnya dan sekitar. Jika hutan lindung selalu sering di tebang pohonnya maka tanah akan erosi. Jadi mengakibatkan penyerapan air berkurang dan sangat kemungkinan terjadinya berbagai bencana. Misal, banjir, tanah longsor, dan masih banyak lainnya.

Juga berdampak membuat mata air mengering di daerah tersebut dan permukaan air semakin dalam karena kurangnya resapan.

Hutan Suaka Alam

Terakhir ini adalah jenis hutan yang sifatnya khas atau di manfaatkan secara khusus saja, seperti melindungi satwa-satwa tertentu dan tumbuhan tertentu pula.

Hutan ini juga di bagi menjadi dua lagi yakni hutan cagar alam, dan hutan suaka marga satwa. Untuk hutan cagar alam hanya di khususkan untuk melindungi tumbuhan yang keberadaannya sedikit atau mendekati punah. Sedangkan suaka marga satwa sendiri hanya lebih di khususkan untuk melindungi hewan yang keberadaan atau kawasannya unik. Dengan adanya hutan ini supaya lebih mudah untuk dibina dan mendapatkan kelayakan hidup yang lebih baik dari sebelumnya.

Jenis Hutan Berdasarkan Asalnya

jenis jenis hutan

sahabatnesia.com

Berdasarkan asalnya hutan bisa dibedakan menjadi dua jenis yakni :

  • Hutan alam, jenis hutan ini sudah ada atau terbentu dengan alamiah tanpa adanya campur tangan manusia
  • Kemudian hutan buatan, hutan ini memang sangat sengaja di buat manusia slah satu caranya reboisasi, rehabilitasi. Bisa dikatakan membuat hutan baru yang diatas tanah non hutan.

Jenis Hutan Berdasarkan Pohonya

jenis jenis hutan

vignette.wikia.nocookie.net

Hutan juga dibedakan berdasarkan jenis pohonya yaitu hutan homogen dan hutan heterogen.

Hutan Homogen

Sesuai dengan arti kata dari homogen yakni sama, sejenis. Jadi hutan homogen merupakan hutan yang biasanya didominasi oleh tumbuhan yang sama, sejenis. Selain itu merupakan hutan buatan yang tujuannya adalah penghijauan, reboisasi, industri dan lainnya. Hutan jati, hutan cemara, hutan pinus, dan hutan kayu putih merupakan contoh kecil dari hutan homogen.

Hutan Heterogen

Heterogen yang berarti macam-macam atau variasi, maka hutan heterogen adalah jenis hutan yang tanamanya bermacam-macam. Hutan rimba, hutan lindung, merupakan contoh dari hutan heterogen.

Pulau jawa, sumatra, kalimantan, Irian jaya merupakan wilayah dari negara indonesia yang sangat banyak ditemukan hutan heterogen. secara umum, hutan heterogen banyak di temukan daerah tropis dan curah hujan yang tinggi, seperti australia, asia tenggara, afrika, dan amerika selatan. Ciri-ciri yang mudah diketahui dari hutan ini adalah pohon-pohon yang tinggi juga daunya lebar.

Jenis Hutan Berdasarkan Iklim

jenis jenis hutan

pixabay.com

jika pelajari lebih dalam jenis hutan yang berdasarkan iklimnya bisa di kelompokan menjadi 10 macam. Antara lain hutan jenis hutan sebagai berikut di bawah ini :

Hutan Lumut

Salah satu jenis hutan yang hanya terdapat daerah yang ketinggiannya 2500 meter diatas permukaan laut. Struktur hutan lumut ini berbeda dengan hutan taiga. Tumbuhan yang ada di hutan lumut adalah pohon-pohon kerdil juga di tumbuhi lumut dan lumut kerak.

Hutan Sabana

pada umumnya hutan sabana adalah daerah peralihan antara hutan dan padang rumput,selain itu, hutan sabana juga padang rumput tropis yang sekelilingnya pohon-pohon besar. Kita bisa menemui sabana di negara australia, dan Brazil, namun di indonesia bisa juga kita jumpai. Yakni di nusa tenggara timur.

Hutan Gurun

Meskipun tidak seperti hutan yang lainnya gurun sendiri hanya terdapat beberapa pohon jenis kaktus.

Hutan Taiga

Tumbuhan yang dapat tumbuh di hutan taiga hanya jenis-jenis tertentu, karena tumbuh di daerah yang iklimnya terdingin. Di negara amerika utara, eropa, dan asia merupakan hutan taiga yang termasuk terbesar.

Hutan Gugur Iklim Sedang

Hanya terdapat di daerah yang iklimnya sedang tetapi agak basah pada musim hujan, musim sangat dingin dan panas. Juga didominasi oleh pohon-pohon yang berdaun lebar dan setiap musim dingin akan menggugurkan daunya. Kawasan yang terdapat hutan ini adalah Asia timur, Chile, amerika tengah, dan eropa

Hutan Hujan Tropis

jenis hutan hujan tropis hanya terdapat di daerah iklim tropis dan memiliki curah hujan yang tinggi serta terbesar sepanjang tahunnya. Salah satu ciri khas dari hutan ini adalah ukuran tumbuhan yang tinggi, daunya lebar, jenisnya banyak, dan selalu hijau. Hewan yang terdapat pada hutan ini ialah invertebrta dan vertebrata.

Negara-negara yang terdapat hutan ini adalah asia tenggara, afrika, amerika bagian tengah dan selatan, serta australia timur laut.

Hutan Hujan Iklim Sedang Selalu Hijau

Daerah yang terdapat hutan ini hanya yang iklimnya sedang. Amerika dan eropa sangat banyak jenis hutan ini tersebar di daerah tersebut.

Hutan Pegunungan Tropik

Walaupun mririp dengan hutan hujan iklim sedang, namun yang membedakan dari stuktur dan karakteristiknya sangat jauh berbeda.

Hutan Hujan Iklim Sedang

di hutan ini kita bisa menemui pohon-pohon tertinggi di dunia,selain itu hutan hujan iklim sedang juga merupakan hutan terbesar atau raksasa. Dari sepanjang pantai pasifik di amerika, australia, dan california sampai washington kita bisa menemui hutan hujan iklim tropis ini.

Hutan Musim Tropik

Jenis hutan yang memiliki musim kemarau yang panjang, hutan ini hanya terdapat yang daerah tropik namun iklimnya basah. Pohon-pohon di hutan ini akan menggugurkan daunya setiap musim kemarau. Di negara india dan asia tenggara sangat banyak kita temui salah satunya di negara indonesia.

Jenis Hutan Berdasarkan Tujuannya

jenis jenis hutan

http://indiacsr.in

Secara tujuannya bisa kita kelompokan menjadi 4 macam, di antaranya sebagai berikut:

  • Hutan konversi, hutan jenis ini hanya bertujuan untuk konversi saja
  • Jenis hutan produksi, tujuan dibuat hujan ini adalah untuk diambil hasil dan diproduksi sebagai kebutuhan manusia
  • Hutan lindung, bertujuan untuk melindungi, menjaga kelestarian ekosistem tertentu saja
  • Taman nasioanal, hutan konservasi, tujuan dari hutan ini adalah sebagai konservasi atau taman nasional yang bisa dimanfaatkan untuk wisata sekaligus pendidikan anak.

Manfaat hutan

  • Sebagai paru-paru dunia
  • Mengatur iklim
  • Mencegah erosi dan banjir
  • Menjaga dan mempertahankan kesuburan tanah
  • Sebagi wilayah untuk melestarikan keanekaragaman hayati
  • Mengatur tata air tanah
  • Menampung air hujan
  • Untuk menyerap air dengan maksimal
  • Menjaga habitat hewan
  • Mengurangi polusi
  • Menjaga kesegaran udara

Cukup sampai disini dulu artikel yang dapat saya sampaikan, semoga dengan artikel sangat singkat ini menambah wawasan dan pengetahuan kita. Kurang lebihnya mohon maaf sekian dan terima kasih.

Leave a Reply