Masa Waktu Sekolah Di Madrasah

Penulis adalah seorang siswa dan juga santri, dia sudah di pondokkan kepesantren sejak masuk Madrasah tsanawiyah sampai Madrasah aliyah .

Masa dia pasti tidak akan terulang kembali ,berikut ini adalah kejadian yang pernah terjadi pada seorang penulis

Tidur di dalam kelas

Tidur di kelas merupakan kejadian yang kan pernah di lupa karena dengan tersebut teman kita pasti sering ngerjain kita klo tidur pada waktu kbm/kegiatan belajar mengajar.

Tak jarang juga ada yang mengeluarkan air liur dan sampai bicara sendiri  bahkan jalan sendiri tetapi diannya tidak sadar. Seketika itu pasti teman”  tertawaain terus bangun dan dia pun bengang bengong kebingunggan karena tak tau apa yang ditertawaain .

Pernah juga penulis dan teman-temannya disuruh berdiri di tengah-tengah lapangan karena terlambat masuk kelas bukannya penulis telamabat karena lebih mementingkan kebersamaan .

bolos rame-rame

Bolos bareng mungkin teman-teman pernah melakukan ini atau sering.

Biasannya bolos sekolah itu terjadi pasti ada penyebabnya , seperti malas sama mapelnya/ mata pelajaran.

Ataupun malas sama gurunya mungkin alasanya gurunya galak entah enggak ngerjain tugas, ada kegiatan diluar yang lebih menyenangkan .

Biasanya kalo bolos seringnya tu pasti ke tempat ini .

Warnet tempat ini juga menjadi langganan anak-anak buat tempat markas bolos sekolah , tempat plastaysion biasanya juga menjadi persembunyian untuk bolos .

Warung makan biasanya dijadikan tempat untuk merokok dan lain sebagainya .

ngerjain teman

Dan kalo ada temenya lagi ulang tahun pasti setelah pulang dari kelas temennya yang ulang tahun diikat dan setelah itu diguyur pake air yang di selokan atau sisa dari kamar mandi.

Biasanya yang suka ngerjain temenya itu anak-anak super bandel dan nakal tapi juga bisa teman dekatnya atau orang yang dibenci juga bisa terjadi karena menyimpan dendam dan sebgainya.

Kalo guru biasanya dikerjain waktu jam di lebihkan jadi waktu belum pulang jadi udah bisa pulang, tidak hanya itu terkadang klo ditanya kemarin ada tugas apa enggak pasti satu kelas kompak jawabnya “enggak pak/ enggak buk” .

kebersamaan sahabatKebersamaan yang sangat kompak, tidak hanya kompak dalam keburukan tetapi juga kebaikan, Seperti menolong satu sama lain dan sesama satu madrasah.

Kebaikan- kebaikan itu yang kami lakukan seprti salat berjamaah di musola dan mengajak adik-adik yang tsanawiah untuk selalu berjama’ah .

Saling berbagi makanan itu kalo diasrma penulis merupakan seperti hal wajib , karena dari berbagi itu kita tau kalau hidup itu saling membutuhkan satu sama lain.

ziarah kubur

Ziarah bersama , setiap liburan atau menjelang puasa , berangkat ke asrama kembali penulis dan teman-temanya tidak hanya setiap liburan bahkan pekannya ada ziarah kubur bersama .

Karena penulis dan teman-temanya tau kalo doa itu sangat mungkin  terkabul dari orang alim-alim dan soleh maka dari itu kita semua melantarkan doa dari orang-orang soleh .

Dari pesantren pun ada ziawis atau ziarah sekaligus wisata setiap sebelum akhirusanah/khataman.

Biasanya tempat yang diziarahi yaitu meliputi makam sunan walinsongo dan berikut ini nama wali yang pernah kami ziarahi

Sunan Maulana malik ibrahim, sunan Ampel,sunan Bonang ,dll.

kelompok makan

Coba bayangkan saja kalo kalian makan dalam satu kelompok terdapat 18 saampai 20 pastinya anda akan berdesak-desakan sama yang lain kan.

Karena dari itu penulis tidak pernah lupa makan aja butuh perjuangan apalagi memperjuangkan negara ini itulah kata-kata yang selalu diingat oleh penulis.

Dan kelompok makan sipenulis dan kawan-kawanya selalu berbagi tugas tanpa di suruhpun sudah tahu sendiri bagian tugas-tugasnya seperti mengambil nasi sampai yang mencuci tempat makannya .

liga santri

Dari setiap pertandingan  pasti ada kenangan sendiri-sendiri mulai dari kaki luka – luka dan sebagainnya dikarenakan lapangan yang tidak memadahi dan banyak kerikil yang berserakan.

Waktu yang ditunggu-para santri yaitu putaran kedua hingga sampai final dan siapa teamnya yang juara,  ketika putaran kedua setiap pertandingan pasti tambah seru karena tiap team berebut kemenangan dan memuncaki klasemen.

Alhamdulillah sekali pada kesempatan tim penulis masuk final dan pada pertandingan itu berjalan sangat sengit karena saling memburu kemenangan , akhirnya tim penulis keluar sebagia juara 1 dengan menundukkan tim lawan dengan cukup telak yaitu 3 0

amanat mengajar

Yang ditargetkan penulis dalam tempo 1 tahun semua adik kelas itu bisa membaca ayat-ayat Alquran sesuai dengan makhorijul huruf dan benar tajwidnya .

 

Tetapi dalam belajar itu tidak semua pasti berhasil sesuai target , hanya sekitar 50 % yang berhasil dalam sesuai dengan ketentuan Alquran.

Saya sangat senang di kasih amanat begitu karena dalam proses belajar mengajar sebenarnya 90 % ilmu akan bertambah kepada yang mengajar sedangkan 10% itu akan bertambah kepada murid .

liburan ke pantai

Berlibur bersama ,mungkin ini rencana yang sudah lama tetapi belum terlaksana pada penulis dan teman-temanya dan alhamdulillah pada bulan januari 2016 kami diberi kesempatan untuk berlibur bersama.

Kesempatan yang tidak kami sia-siakan penulis dan teman-temanya berkunjung kepantai di daerah yogyakarta gunung kidul, pantai siung adalah tempat yang terakhir kami kunjungi dan sekalian tempat untuk menginap dan ngecamp di pesisir pantai .

Yang penulis tidak pernah mengira bahwa walaupun pergi jauh yaitu selalu menjaga dan mementingkan solat berjama’ah , serta sopan santun dalam berbicara .

khataman/ akhir tahun

 

Amanat yang diberikan pada penulis dan temanya seperti membuat dekorasi , memasang penerangan sampai ke tempat acara, dan selalu stand by ketika ada apa-apa mendadak seperti mati lisrik.

 

Persiapan khataman dari nol seperti memotong bambu ,  membawa bambu ke tempat sepanjang jalan dan memasang / mendirikan bambu .

Dan malam pun kami lakukan demi acara khatman terlaksana sukses dan meriah, dan pada malam puncaknya kami tak menyangka kalau kami diistimewakan semua tamu undangan .

Begitulah masa-masa yang sangat di kenang oleh penulis . mungkin itu saja yng dapat disampaikan oleh penulis , sebagai penutup marilah kita ambil hikmah dan positifnya dari artikel di atas ,karya santri negeri, 04,September 17.

 

Leave a Comment