Cara Merawat Kelinci Anggora

Cara merawat kelinci anggora cukup lumayan serius,pada kesempatan hari ini saya akan memberikan trik atau cara merawat kelinci anggora dengan baik supaya tetap sehat dan bersih ketika di lihat keindahan bulunya.

Anda pasti tidak ingin melihat atau berkeinginan kelinci menjadi sakit apalagi mati. Anda tidak usah khawatir lakukan saja cara-cara merawatnya. Di baca dengan seksama ya.

Kandang kelinci

cara merawat kelinci anggora

sumber dari https://i.pinimg.com

Yang anda perlu ketahui dan praktik yaitu kandang :

Dengan cara membeli atau membuat sendiri kalau menurut saya lebih baik membuat karena lebih hemat.

  • Ukuran

Kandang kelinci dipisahkan satu sama lainnya karena jantan biasanya sering berkelahi  dan bisa mengakibatkan luka pada kelinci. Ukuran kandang sebaiknya 50 kali 50 cm dengan ukuran ini kelinci akan lebih leluasa bergerak namun jika anda memiliki tempat yang luas maka sebaiknya di buat sistem umbar.

  • Kesehatan

Kandang kelinci harus tidak lembab,bersihkan setiap pagi dan sore jangan lupa menjemur kandang agar penyakit tidak menyerang kelinci anda. karena kandang yang kering sangat bagus untuk kelinci berikan juga alas di bawah kandang agar kotoran tidak terinjak-injak orang dan tampak bersih.

Jenis-jenis kelinci anggora

Di indonesia sendiri jenis kelinci anggora yang populer di masyarakat yaitu,anggora inggris,anggora perancis,anggora giant,dan anggora satin.

Kelinci anggora inggris

cara merawat kelinci anggora

sumber dari http://2.bp.blogspot.com

Merupakan jenis kelinci yang paling kecil di bandingkan dengan lainnya. Berat badan ketika dewasa sekitar 2,3 sampai 3,0 kilogram. Jenis ini menjadi yang paling favorit karena untuk pertunjukan. Selain itu bulunya yang sangat tebal dan tumbuh sampai telinga,muka.

Sehingga memerlukan perawatan yang intensif juga untuk pemula jangan memelihara kelinci ini karena harus di bersihkan setiap hari dan bulunya mudah rontok.

Kelinci anggora satin

cara merawat kelinci anggora

sumber dari https://pixabay.com

Berat badannya sekitar 3 sampai 4,3 kilogram,kebanyakan di pelihara untuk diambil bulunya. Selain itu juga memiliki berbagai macam-macam warna. Kalangan industri suka dengan bulunya karena mudah di pintal.

Kelinci anggora giant

cara merawat kelinci anggora

sumber dari http://3.bp.blogspot.com

Merupakan hasil dari persilangan dengan flemish giant. Sesuai dengan namanya anggora giant memiliki tubuh yang besar ketika dewasa bisa mencapai berat 5 kilogram. Bulunya berwarna putih,karena badannya besar hasil panen bulunya juga lebih baik dibanding jenis lain. bulunya tidak mudah rontok dengan demikian akan lebih mudah cara memanennya.

Kelinci anggora perancis

cara merawat kelinci anggora

sumber dari https://perfara.files.wordpress.com

Berat badan kelinci ini lebih kecil sedikit dari jenis anggora giant yaitu sekitar 3,4 sampai 4,8 kilogram. Bulunya panjang dan cepat tumbuhnya,juga warna bulunya beragam. Perawatan kelinci ini tidak intensif seperti anggora inggris. Jadi sangat di anjurkan dan cocok untuk di pelihara sebagai hewan kesayangan untuk pemula.

Di atas tersebut merupakan beberapa jenis kelinci anggora yang populer di kalangan masyarakat indonesia.

Harga kelinci anggora terbaru

cara merawat kelinci anggora

sumber dari http://www.infopeternakan.com

Sangat variasi harga kelinci,semua itu tergantung dari jenis-jenisnya sendiri dan umur.

Untuk kelinci anggora inggris umur produktif sepasang sekitar Rp 500.000 sampai Rp 3.200.00.

Umur 2 bulan per ekornya Rp 100.000 sampai Rp 150.000 dan yang 3 bulan yaitu dari Rp 150.000 sampai 300.000 untuk satu ekornya.

Kelinci anggora biasa atau campuran lokal umur produktif sepasang sekitar dari Rp 500.000 ­–Rp 600.000.

Umur 2 bulan satu ekornya dengan sekitar dari Rp 50.000-Rp 70.000 . yang umur 3 bulan yaitu sekitar dari Rp 70.000-Rp 100.00 dan kelipatan berikutnya lagi untuk yang lebih tua sampai usia produktif.

Itu hanya dari beberapa saja harga kelinci anggora.

Cara merawat anak kelinci anggora

cara merawat kelinci anggora

sumber dari https://1.bp.blogspot.com

Merawat anak kelinci bisa di bilang susah-susah mudah,karena yang sulit itu memelihara anakan kelinci. Kelinci di usia anakan harus mendapat perawatan yang intensif. Begitu pula anak kelinci yang baru lahir sangat sensitif dan lemah dengan begitu jika tidak ada iduknya anda harus ekstra menjaga.

Saya akan memberikan cara merawat anak kelinci yang baru lahir sebagai berikut ini.

Merawat anak kelinci yang baru lahir

Anda harus memperhatikan setiap perubahan yang terjadi pada induk kelinci setelah melahirkan anaknya. Induk akan keluar dari sarang dan mencarikan makanan untuk anaknya setiap 5 menit perhari induk akan memberikan susu pada bayi kelinci.

Dari ini dapat anda ketahui bahwa bayi kelinci sangat rentan dengan predator.

Mengatasi induk kelinci stres setelah melahirkan

Anda harus sangat memperhatikan,ketika kelinci stres itu bahaya untuk anak kelinci,kebanyakan induk kelinci rentan mengalami stres setelah melahirkan. Cara untuk mengatasi hal tersebut cukup dengan memberikan makanan favorit induk agar mudah di kondisikan.

Untuk anda yang masih pemula pernah atau belum melihat induk kelinci yang bulunya rontok,jangan khawatir, cara begitu adalah hanya untuk menghangatkan anak kelinci yang baru lahir karena tidak mempunyai bulu sama sekali.

Selama 3 minggu anak kelinci hanya masih mengonsumsi air susu induknya. Ketika setelah 21 hari lebih anak kelinci akan belajar menggigit dan mencari makan dengan induknya.

Jika 40 hari anak kelinci bisa di beri makanan tambahan seperti konsentrat atau pelet yang banyak nutrisi dan baik untuk pertumbuhan.

sapih anak dari induk kelinci

Induk kelinci akan melatih anak-anaknya untuk dari menggigit dan mencari makan ketika 4 minggu anak kelinci mulai rakus makan dan berlari-larian,di umur itu pula induk kelinci membatasi susu pada anaknya.

Anda dapat menyapih ketika anak kelinci sudah lahap makan dan sehat jangan lupa juga untuk di sekat satu sama lain.

Cara merawat kelinci dewasa

cara merawat kelinci anggora

sumber dari http://okdogi.com

Saya akan memberikan beberapa cara merawat kelinci dewasa agar tidak terkena penyakit sebagai berikut ini.

Yang pertama ialah kandang harus selalu bersih dari kotoran,sinar matahari tidak kurang,dan tidak lembab. Dipastikan kotoran kelinci dapat turun kebawah kandang dan jangan lupa di kasih alas.

Lubang-lubang kandang bisa terbuat dari bambu atau kawat.

Ukuran kandang minimal 50 kali 50 cm dan satu sama lain di sekat. Tempat makan jangan terlalu rendah agar tidak terinjak-injak oleh kelinci.

Siapkan kandang yang lebihi luas untuk kelinci siap beranak. Jangan lupa siapkan tempat atau sarang dan beri rumput,bulu-bulu agar hangat anak-anak kelinci tersebut.

Jauhkan kelinci muda dari tempat yang becek dan lembab karena dapat menyebabkan penyakit gatal atau dalam bahasa jawa dengan sebutan(gudigen).

Makanan bisa dengan sayur-sayuran atau rumput. Di pastikan makanan yang di berikan layu,kecuali kalau di umbar.

Pemberian makan bisa 3 kali pagi hari kemudian siang hanya tambahan saja lalu sore hari.

Itu beberapa tips atau cara merawat kelinci dewasa yang baik dan benar.

Cara memandikan kelinci anggora

cara merawat kelinci anggora

sumber dari https://1.bp.blogspot.com

Kelinci anggora memiliki bulu yang panjang dan tebal dibandingkan dengan kelinci lainnya. Dengan demikian bulu kelinci anggora mudah sering kotor. Apalagi jika bulu kelinci yang berwarna putih ada noda sedikit saja kelihatan.

Tujuan dari sering dimandikan ialah supaya kesehatan kelinci dan bulu kelinci tetap terjaga. Karena kelinci anggora mudah terkena penyakit gatal-gatal. Jika kelinci sudah terkena penyakit kulit rasa ingin memegang malas banget.

Agar terhindar dari berbagai penyakit sebaiknya dengan memandikan seminggu sekali.

Anda bisa memandikan kelinci anggora ketika usia lebih dari 2 bulan. Di usia tersebut anak kelinci sudah mulai bisa mandiri atau tidak menggantungkan induknya. Jika anak kelinci masih di bawah usia dua bulan ketika kotor cukup di semprot,kemudian diusap dengan kain bersih atau tisu.

Jangan di mandikan dulu karena kekebalan tubuhnya masih belum kuat.

Langsung saja siapkan alat dibawah ini.

  1. Ember
  2. Air hangat
  3. Sisir yang jaraknya tidak rapat
  4. Sampo bayi atau membeli yang khusus
  5. Dan jangan lupa handuk

Cara memandikannya yaitu :

  1. Siapkan dua ember yang diisi air hangat. Kira-kira buat kelinci tidak panas. Yang satunya di simpan untuk nanti membilas.
  2. Pastikan telinga kelinci di tutup pakai kapas atau lainnya,supaya ketika mandi tidak kemasukan air.
  3. Kemudian masukkan kelinci kedalam ember yang pertama lalu basahi seluruh tubuhnya
  4. Oleskan sampo bayi atau sampo khusus ke tubuh kelinci jangan lupa di ratakan. Tapi mata kelinci jangan sampai kena mungkin perih juga.
  5. Setelah itu bilas kelinci dengan air yang di simpan tadi
  6. Lalu angkat kelinci dari ember dan di beri handuk
  7. Usapkan handuk ke seluruh tubuh,keringkan dengan hair dryer atau bisa di jemur tapi badan kelinci tidak basah banget
  8. Sisir kelinci agar bulu kelinci anggora tertata rapi
  9. Setelah kering,penjemuran dan penyisiran kelinci bis di masukkan kandang
  10. Sediakan makanan favoritnya di dalam kandang

Itu cara memandikan kelinci anggora dengan baik,jika itu dilakukan akan meminimalkan terkena penyakit dan mati.

Makanan yang baik untuk kelinci anggora

cara merawat kelinci anggora

sumber dari https://alwib.net

Banyak yang mengira kalau makanan kelinci anggora berbeda dengan jenis kelinci lainnya. Sebenarnya yang di konsumsi sama dengan kepada kelinci biasa. Karena makanan juga menjadi alah satu faktor penting yang perlu diperhatikan. Jika anda ingin memberikan makanan yang diberikan bernutrisi banyak supaya kelinci anggora kesayangan anda terhindar dari penyakit. Baca dahulu di bawah ini.

Pakan yang baik dan bernutrisi banyak untuk kelinci anggora

Secara umum pakan yang di berikan hampir sama dengan kelici biasa. Karena sekarang sudah ada yang menjual sebagai alternatif anda bisa memberikan pakan kelinci anggora dengan rumput kering atau sering di sebut hay.

Dalam pemberian rumput kering juga harus sesuai umur dan takaran. Selain rumput kering anda bisa memberikan tambahan lainnya.

Pelet sebagai makanan cadangan dan tambahan. Namun jangan memberikan pelet secara jumlah banyak dan sebagai makanan utama. Karena dalam jangka 6 minggu lebih akan mengalami penurunan kualitas.

Selain pelet bisa juga dengan ampas tahu,konsentrat,dan lainnya.

Buah-buahan dan sayuran jangan anda lupakan tetapi jangan memberikan dengan posisi masih segar bia-bisa kelinci anda akan terkena penyakit kulit.

Cara memberikan makanan pun harus diperhatikan karena kelinci anggora memiliki bulu yang panjang dan lebat.

Hindari atau selalu membersihkan rumput yang ada di kandang dan terinjak-injak oleh kelinci. Sebaiknya tempat makanan kelinci di sisi luar kandang.

Minuman kelinci anggora

cara merawat kelinci anggora

sumber dari https://kelinci.files.wordpress.com

Dalam memelihara kelinci selain makanan,minuman juga penting apalagi kalau lagi menyusui pastinya lebih membutuhkan minuman yang banyak.

Untuk kelinci yang sehat itu sangat memerlukan asupan gizi yang baik yang di peroleh dari makanan,namun tidak cukup hanya dari sayuran dan pakan yang di konsumsi.

Anda bisa memberikan minuman dengan mangkok atau dot yang di gantung di samping atau depan kandang.

Berikut ini adalah kebutuhan air atau minuman setiap kelinci.

Induk kelinci yang sedang hamil muda setidaknya 0,27 liter/hari sedangkan yang hamil tua sedikitnya 0,57 liter/hari.

Induk yang menyusui dengan usia anak 6 minggu minimalnya 2,3 liter/hari sedangkan induk yang menyusui dengan usia anak 8 minggu paling tidak 4,5 liter/hari.

Cara merawat bulu kelinci anggora

cara merawat kelinci anggora

sumber dari https://rabbitpedia.com

  1. Berikan makanan yang banyak mengandung vitamin E pada kelinci anda karena vitamin E sangat bagus untuk menjaga kerontokan bulu kelinci anggora anda.Anda bisa memberikan pelet agar mendapat vitamin E yang cukup.
  2. Dengan memotong bulu kelinci yang belum pernah di potong dengan menyisakan sekitar 1-2 cm. Unuk ke depannya anda cukup rutin merapikannya.
  3. Kebersihan kandang harus anda selalu pastikan. Paling tidak memastikan kandang tidak lembab serta bersih dari kotoran dan minuman yang becek di kandang.
  4. Kelinci anggora harus rajin anda sisir agar bulunya tidak kusut dan gembel dengan minimal 2 kali sehari.
  5. Kelinci yang memasuki 3 bulan usianya harus anda rawat bulunya dengan memandikan. Walaupun bersih dan tidak berbau karena makanan yang pas,anda tetap memperlakukannya seperti kelinci yang menginjak dewasa.

Jadi sebenarnya kelinci anggora membutuhkan perawatan yang intensif agar tidak terkena berbagai penyakit dan termasuk hewan yang manja.

Penutup

Cukup sekian dulu yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf sebesar-besarnya dan semoga bermanfaat bagi anda semua.

One Response

  1. rita January 11, 2019

Leave a Reply