Sejarah, Asal Mula, Khasiat, Mitos dan keunikan Ayam Cemani

Ayam cemani merupakan salah satu ayam lokal asli dari indonesia yang sangat unik. Hal ini tidak salah lagi karena seluruh tubuhnya memiliki warna hitam mulai dari bulu, darah, daging, dan lidahnya pun juga hitam.

Konon pada zaman dahulu ayam cemani menjadi obat untuk orang sakit. Namun kini banyak orang yang memanfaatkan ayam cemani untuk tumbal atau hal-hal yang merujuk syirik.

jual ayam brahma

Entah kenapa banyak orang yang melakukan hal tersebut. Padahal sudah diterangkan didalam Al-qur’an juga bahwa sebagai berikut :

وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

“Barang siapa yang mempersekutukan [sesuatu] dengan Allah, maka sesungguhnya dia telah tersesat sejauh-jauhnya” (QS. An-Nisa’ ayat 116)

Sejarah Ayam Cemani

Ayam cemani

kejawenwetan.blogspot.co.id

Melihat sejarah awal mula ayam cemani ini sudah ada dari zaman kerajaan majapahit selain itu ada pula yang mengatakan sejak tahun 1920 an. Menurut legenda ayam cemani ini asal-usulnya dari desa kedu, Kecamatan kedu , Kabupaten Temanggung, Jawa tengah.

Sesuai cerita yang beredar bahwa orang yang pertama memiliki ayam cemani ini ialah petapa sakti yang namanya Ki Ageng Mangkuhan ia gemar memelihara ayam yang warnanya hitam. Namun pada saat itu ayam cemani masih berparuh warna putih.

Pada suatu hari Ki Ageng sedang bertapa di kuburanyang keramat, bahwa beliau ini mendapatkan wangsit bahwa ayam tersebut dapat menyembuhkan penyakit sang anak semata wayang. Anaknya bernama Lintang katon.

Melalui perantara ayam cemani tersebut akhirnya sang anak sembuh dari penyakitnya. Lalu ayam yang sudah menyembuhkan kemudian di kawinkan sama ayam betina yang sama-sama hitam legam. Sehingga hasil anaknya tidak berparuh warna putih lagi melainkan hitam legam pula.

Setelah kejadian itu akhirnya ayam tersebut di beri nama ayam cemani yang mana berasal dari bahasa sangsakerta yakni artinya hitam legam.

Karena ada kejadian itu banyak orang menganggap bawah ayam selasih mempunyai kekuatan yang magis, serta ada pula yang menganggap bisa mengusir makhluk halus.

Selain cerita tadi ada juga yang menduga bahwasanya ayam ini berasal dari kedu dengan nama lain sebagai ayam kedu. Nama tersebut setelah naik daun baut pertama kalinya saat tampil pada pagelaran pekan raya Semarang di tahun 1926. Sang pemilik bernama Tjokromihardjo merupakan lurah di desa kalikuto, Kecamatan Grabag, Magelang.

Dari hal ini ada dua sumber sejarah yang kuat pada ayam cemani entah yang benar mana yang penting kita bisa mengambil hikmahnya saja. Dan jangan sampai kita syirik dengan adanya ayam cemani ini.

Ayam Cemani Asli

Ayam cemani

pinterest.com

Kali ini kita akan menjelaskan mengenai ayam cemani yang asli dan palsu sehingga ketika Anda ingin membeli tidak akan tertipu oleh orang lain. Pastinya ayam cemani yang asli sama keturunan itu perbandingan harga juga sangat jauh hal ini karena langkanya ayam cemani tahun demi tahun.

Bagaimana cara untuk membedakan ayam cemani dan palsu? Mari simak dengan saksama sebagai berikut ini :

Paruh atau cucuk

ayam cemani memiliki paruh yang hitam kalau yang asli. Ini sudah terlihat ketika ayam masih kecil. Karena berjalanya waktu dan sering untuk mematuk makanan maka bagian ujung ayam cemani akan aus. Biasanya nampak pada bagian ujung paruhnya.

Bulu

Nah untuk bagian bulu ayam selasih ini juga berwarna hitam. Jika sebelum-sebelumnya ayam cemani pernah di silangkan dengan  ayam lainnya maka warna bulunya bisa kita bedakan. Karena warna bulu ayam cemani tidak asli tak sampai dari 100%. Dengan hal ini menjadi memudahkan kita untuk membedakan.

Kulit ketiak

Di bagian ini warna kulitnya juga hampir 100% baik warna ketiak maupun kulitnya. Sebab warna ayam cemani hampir seluruh anggota badannya berwarna hitam.

Dubur Cemani

Ayam hitam ini memiliki dubur yang berwarna hitam legam. Hal ini menjadi pembeda dengan ayam pada umumnya.

Kaki atau Ceker

Buat Anda yang mungkin sudah sering melihat kaki ayam kampung yang mempunyai kaki yang warnanya kuning atau putih. Namun kali ini berbeda dengan ayam cemani karena kakinya berwarna hitam.

Meskipun hitam kaki ayam cemani tak hitam legam hal ini karena kaki ayam itu berisik jadi kalau kering seperti ada warna putihnya.

Lidah dan Tenggorokan

Tenggorokan pada ayam cemani juga berwarna hitam walau lidahnya itu berwarna abu-abu namun terkadang ada putih juga. Meskipun demikian ayam selasih yang lidahnya hitam pun banyak yang mencarinya.

Jengger

Bagian jengger ayam cemani memiliki warna yang hitam. Tetapi, ketika ayam cemani beranjak dewasa terkadang bagian jengger yang bawah juga berwarna merah.

Ayam Cemani Walik

ayam cemani

bukalapak.com

Sesungguhnya ayam cemani walik ini mirip dengan ayam cemani biasanya. Misalnya dari warna seluruh tubuh, warna paruh, warna bulu, warna jengger, warna lidah dan tenggorokan.

Namun yang menjadi pembeda antara ayam cemani biasa dengan ayam cemani walik itu hanya bagian bulu. Sebab model atau tipe bulu ayam cemani walik itu menghadap ke atas. atau dalam istilah jawa terbalik.

Karena keindahan dan kecantikan ayam ini tak sedikit para penghobi ayam menjadikan ayam cemani walik sebagai ayam hias.

Ayam Cemani Lidah hitam

ayam cemani

mega-conectado.com.br

Jenis ayam cemani yang mempunyai nilai harga tinggi ialah ayam cemani lidah hitam. Ayam ini dapat dihasilkan antara pejantan ayam cemani lidah hitam dengan ayam cemani lidah hitam betina.

Harga yang fantastis ayam cemani lidah hitam ini tak lepas dari keunikan dan langka. Lebih lagi ketika sudah dewasa begitu sangat jarang untuk di temui.

Dikarenakan harga yang begitu tinggi alhasil lebih banyak yang membeli dari anakan. Dibanding harga lebih terjangkau dan mudah untuk di jinakkan.

Sebenarnya membeli anak cemani lidah hitam itu mengandung risiko yang tinggi. Antara lain seperti lidah yang makin besar akan pudar, meskipun terdapat beberapa yang bisa bertahan. Namun banyak juga yang mengalami perubahan warna.

Meski nantinya bisa berubah jangan sampai berkecil hati. Biasanya peranakan ayam yang tadinya lidah juga sangat bisa menurunkan cemani yang lidah hitam pula.

Tetapi admin lebih menyarankan bila hendak membeli ayam cemani yang lidah hitam beli saja yang usianya 3 bulan ke atas. Hal ini karena ketika sudah umur seperti itu maka warna lidah cenderung stabil.  Jika Anda minat bisa hubungi nomor ini 085-607-598-006.

Makanan Ayam Cemani

ayam cemani

hargabinatang.com

Sebelum Anda memulai beternak ayam cemani alangkah baiknya jika memperhatikan makanan yang baik untuk ayam cemani. Agar ayam yang Anda ternak menghasilkan bibit yang berkualitas maka kita juga memberikan asumsi yang baik secara pertumbuhan dan pertahanan tubuh.

Untuk pemberian makanan yang khusus kami cukup memberikan berupa voer atau konsentrat buat anakan ayam cemani atau DOC. Baru setelah lebih umur 3 minggu kami baru memberikan makanan tambahan. Agar badan tetap gemuk kami mencampurkan konsentrat sama makanan tambahan. Contoh makanan tambahan seperti bekatul, jagung giling, nasi sisa yang belum basi.

Kandang Ayam Cemani

Nah buat kandang cemani bila Anda ingin membuatnya maka sesuaikanlah dengan jumlah ayam dan besar ayamnya.

Jika ayam masih DOC maka letakkan di dalam box saja agar suhu hangat pada tubuh ayam bisa pas dengan kebutuhannya. Selain itu juga lebih meminimalisir kematian anak ayam.

Jika sudah beranjak dewasa sebaiknya model kandang di buat umbaran hal ini agar ayam lebih terlatih buat mencari makan. Dengan metode ini akan membuat ayam semakin sehat.

Penjodohan Ayam cemani

Cara mengawinkan ayam cemani juga tidak sulit. Anda bisa menggunakan dengan dua metode yang berbeda yakni secara inseminasi buatan dan alami.

Namun alangkah baiknya dengan alami karena hasil yang akan didapat lebih maksimal dan memuaskan.

Karena perkembangan teknologi semakin canggih banyak alat-alat yang bisa membantu penetasan telur. Tapi biasanya kalau anak hasil penetasan mesin banyak yang cacat misalnya seperti kaki, kekebalan tubuh dan masih banyak lainnya.

Lebih baik dengan penetasan alami yakni pengeraman. Untuk menghasilkan maksimal bisa dengan mencari indukan ayam jawa atau lainnya yang hasilnya banyak yang menetas.

Bila di terapkan pasti juga tak akan rugi karena telur ayam kampungnya juga bisa dijual lagi ke warung sekitar.

Telur Ayam Cemani

Ayam cemani

hobiternak.com

Mengenal lebih dekat dengan telur si ayam hias hitam ini yang sangat begitu populer di masyarakat. Siapa sih yang tak kenal ayam yang unik, buat kalangan orang awam pasti sudah tau apalagi para penghobi ayam hias. Karena memiliki sejarah yang cukup panjang jadi banyak orang menjadi lebih penasaran sama ayam ini.

Seiring dengan populernya ayam cemani tak heran jika permintaan pasar semakin banyak. Dengan hal ini menjadi membuat peluang usaha buat para pecinta ayam cemani untuk beternak sehingga permintaan pasar tercukupi dan peternak mendapatkan keuntungan.

Selain itu harga telur ayam cemani ini juga cukup fantastis. Sebab per butir saja bisa mencapai Rp. 40.000,-. Semua ini tak lepas karena masyarakat yang penasaran dan khasiat telur ayam cemani.

Pemeliharaan yang cukup mudah, sehingga ayam cemani bisa dijadikan sebagai indukan ketika dewasa. Dalam budidaya ideal antara pejantan sama betina itu, 1 jantan 3-5 Betina.

Setiap betina semasa bertelur bisa menghasilkan 15 butir telur dan akan di erami selama 3 minggu. Setelah telur-telur tersebut menetas maka bisa diasuh sama induknya atau menggunakan box.

Manfaat Daging & Telur ayam cemani

Ayam cemani sebagai ayam hias juga telurnya memiliki kaya manfaat diantaranya sebagai berikut ini :

  • Yakni menjaga kolesterol, karena pada daging ayam cemani terdapat kandungan niacin sehingga bisa menurunkan kolesterol. Akan tetapi pada penyajiannya lebih baik jangan digoreng ataupun di bakar. Jadi untuk memasaknya cukup kukus atau garam asam alhasil minyak yang terkandung dalam ayam tak bertambah.
  • Meningkatkan stamina, Terlebih lagi buat laki-laki akan menambah stamina ketika berhubungan suami istri.
  • Mencegah terjadinya radang sendi
  • Meningkatkan metabolisme pada tubuh, Pada dading ayam cemani yang mengandung Vitamin B dan B6 dipercaya mampu menambah metabolisme tubuh Anda. Serta pembuluh darah akan lancar dan anggota tubuh yang lainnya juga.

Nah itulah beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari daging, sedangkan telurnya bisa di minum langsung seperti kuning telurnya buat badan lebih sehat dan kuat.

Mitos Ayam Cemani

ayam cemani

qubicle.id

Ayam Selasih memiliki tubuh yang besar sama ayam kampung. Ketika ayam jantan dewasa berdiri dengan normal yakni tingginya mencapai 60 cm dengan lingkar dada sekitar 34 cm. Disertai panjang sayap 25 cm.

Namun berbeda sama ayam cemani betina dewasa yaitu tinggi cuma sampai 50 cm. dengan lingkar dada mencapai 27 cm serta sayap 21 cm.

Menjadi pelengkap upacara adat

Dengan kelebihan yang di miliki ayam cemani ini sehingga banyak orang menggunakannya sebagai pelengkap upacara adat. Contohnya seperti pembuatan candi atau yang berkaitan sama hal-hal ritual.

Kegiatan ini tak lepas sebab diyakini memiliki kekuatan yang magis dan bisa menangkal keburukan atau (perbuatan jahat) yang dilakukan sama makhluk halus.

Baca Juga : 10+ Upacara adat jawa tengah yang unik dan asyik

Membawa keberuntungan

Ayam satu ini juga dikenal sebagai ayam pembawa keberuntungan. Begitu banyaknya bila memelihara, hadirnya ayam hitam di sebuah rumah menjadikan si penghuni di banjiri rezeki. Selain itu juga terhindar dari gangguan setan, sihir dan santet.

Mungkin saja karena dianggap membawakan keberuntungan maka banyak yang memelihara sehingga harga yang di banderol tiap ayam akan bikin geleng-geleng kepala kita.

3 Jenis ayam cemani di percaya memiliki kekuatan magis

Meski ayam selasih bila kita lihat mirip itu ternyata tidak. Karena ternyata ayam cemani terbagi menjadi 3 jenis yang dipercaya mempunyai kekuatan magis.

Yaitu ayam cemani Kaikayi, Widitra, dan Warastratama. Ciri-ciri ayam cemani widitra ialah mempunyai sapuan pada bagian di garis leher, paruh, dada dan selangkangan. Jenis ini diyakini mempunyai kekuatan penangkal bala dan gendam asmara.

Untuk cemani kaikayi di tandai ciri khas yakni dengan bulu hitam kebiruan biru laut. Jenis ini dipercaya dapat mengangkat sebuah santet.

Yang terakhir warastratama ini umumnya di temui untuk pelengkap upacara ritual atau adat.

Memperoleh ilmu kesaktian

Pada zaman dahulu Ayam Hitam ini kerap menjadi syarat sajian para raja dan jawara buat pengguasaan ilmu tertentu supaya mencapai kesaktian tersebut. Namun sekarang ini ayam cemani suka di cari buat ayam hias dan koleksi serta menjadi ayam termahal di dunia.

Penangkal sihir

Seperti yang sudah Admin jelaskan bahwa ayam hitam ini juga bisa sebagai penangkal sihir semisal santet atau sihir. Namun semua itu hanya mitos karena sesungguhnya hanya Allah SWT yang bisa menyembuhkan atau lain-lainnya. Mungkin ayam cemani hanya sebuah lantaran yang Allah turunkan untuk mengangkat sihir atau gangguan lainnya.

Ayam cemani Darah hitam

Sebenarnya ayam hitam ini mempunyai darah hitam itu hanyalah mitos. Karena yang nyata darahnya berwarna merah tua. Informasi sudah Admin telusuri dan ternyata belum pernah ada yang mendapati.

Mungkin darahnya lebih mirip dengan hitam tua sehingga banyak orang yang menyimpulkan dengan demikian. Seperti lidah hitam dan darah hitam itu hanya cerita. Selama peternak dari awal juga tak menemukan yang seperti demikian.

Harga Ayam Cemani

ayam cemani

qubicle.id

Kali ini admin akan memberikan daftar harga ayam cemani di Indonesia paling terbaru dan update di antaranya sebagai berikut :

  • Daftar harga ayam cemani darah hitam

Selain mempunyai daging yang berwarna hitam pekat. Darahnya pun juga hitam melainkan warna hitamnya seperti merah tua. Jenis ayam ini per ekor bisa mencapai Rp. 30.000.000 Juta

  • Daftar harga ayam cemani kedu

Nah untuk ayam jenis tergantung sama umur ayamnya. Bila semakin dewasa maka harganya pun makin tinggi. Akan tetapi ketika perkembangbiakan tak boleh di silangkan karena menyebabkan warna hitam cuma mencapai 95 % saja.

  • Harga ayam cemani walik

Ayam cemani walik satu pasang dewasa harganya Rp. 2.000.000 Juta dan yang masih kecil di banderol Rp. 300.000. Asal mula cemani walik ini karena memiliki bulu yang terbalik. kalau istilah jawa walik itu terbalik.

  • Harga ayam cemani putih

Ayam cemani putih dewasa per ekor kurang lebih ya Rp. 2.000.000 Juta. Jenis ayam kali ini mempunyai warna hitam yang pekat akan tetapi ada perbedaan yakni berwarna abu-abu di bagian dada ayam tersebut.

Ada pula informasi yang sudah kami ringkas dari pelapak online di indonesia sebagai berikut :

Daftar Umur Anak Ayam CemaniDaftar Harga
Anak ayam cemani umur 1 BulanRp.110.000
Anak ayam cemani umur 2 BulanRp.150.000
Anak ayam cemani umur 3 BulanRp.200.000
Anak ayam cemani umur 4 BulanRp.300.000
Anak ayam cemani umur 5 BulanRp.500.000
Ayam cemani betina dewasaRp.2.000.000
Ayam cemani jantan dewasaRp.4.000.000

Khasiat ayam cemani

Begitu banyaknya yang bisa di peroleh bila kita mengkonsumsi daging atau pun telur ayam cemani. Alhamdulillah ayam lokal dengan penuh manfaat untuk orang nusantara terlebih lagi orang jawa.

Berikut ini ada beberapa contoh kecil dari 1000 manfaat dan khasiat ayam cemani seperti di bawah ini :

  • menyembuhkan luka bila kleseo
  • Meningkatkan vitalitas pria
  • menambah stamina tubuh
  • baik untuk pertumbuhan anak
  • Menjaga keseimbangan kolesterol
  • menghilangkan stres
  • meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mencegah radang sendi
  • dan meningkatkan metabolisme tubuh

Itulah kawan-kawan tentang sejarah, awal mula dan mitosnya ayam cemani. Semoga dengan artikel yang sangat singkat ini dapat membantu kalian semua dan bermanfaat yang lainnya pula. Cukup sekian yang dapat admin sampaikan kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.

Leave a Reply