√ 20+ Berbagai Macam Ayam Hias Tercantik dan Termahal di Indonesia

√ Kumpulan gambar ayam hias paling terindah, termahal di indonesia sangat rekomendasi untuk di jadikan sebagai peluang bisnis Anda.

Ayam adalah salah satu hewan unggas yang kaya akan manfaat baik dari daging, bulu dan harga yang fantastis pula. Hewan ini sering dimanfaatkan oleh manusia sebagai olahan makanan dan peliharaan.

Nah untuk membedakan antara hewan peliharaan dan konsumsi dapat kita jumpai di pasar hewan. Perbedaan yang paling mudah di ciri khas yakni jenisnya.

Kalau ayam konsumsi seperti ayam kampung, boiler, petelur dan joper alias jowo super. Sedangkan jenis ayam hias ada ayam cemani, ayam hutan, ayam poland dan masih banyak lainnya.

Manfaat dari memelihara ayam hias yakni bisa menambah pendapatan bulanan Anda sebagaimana harga ayam hias sendiri sangat cukup menguras dompet. Bagi Anda yang hobi ayam bisa nih di jadikan peluang bisnis online atau offline.

Oleh hal demikian kami akan membagikan artikel ayam hias yang sangat berpeluang buat usaha Anda, mari simak ulasan berikut ini :

Ayam Hutan Hijau

ayam hias

Ayam hutan hijau atau dengan nama latin bisa di sebut Gallus Various, panjang tubuh ayam hutan hijau kurang lebih 70 cm dengan rata-rata berat badan 0,7-1,5 Kg.

Keunikan dari ayam ini memiliki warna bulu dada hitam dan bagian leher sampai punggung hijau mengkilap serta ujung yang kuning mengkilap. Serta ekor yang panjang yang membentuk melengkung dengan warna hijau.

Nah untuk sang betina dengan ciri khas bulu kuning pucat, panjang sekitar 40 cm dan berat 0,4-0,8. Ayam hutan hijau betina dapat produksi telur dalam satu musim cuma 3 sampai 5 butir saja.

Ayam Kapas

ayam kapas

Di Indonesia ayam silkie lebih di kenal dengan sebutan ayam kapas. Penamaan ini tidak lepas dari keindahan bulu ayam kapas layaknya kapas yang lembut dan unik. Ayam kapas adalah ayam yang berasal dari negara China.

Ayam ini termasuk kategori ayam hias karena kecantikan dan bulu yang lembut. Di sertai jangger yang imut ini menjadi daya tarik orang-orang buat memeliharanya.

Berat ayam kapas jantan sekitar 0,8 kg dan betina 0,6 kg. Fungsi dari bulu yang lebat dan lembut ialah untuk menghangatkan badan serta memudahkan menyesuaikan suhu di sekitarnya.

Ayam Hutan Merah

ayam hias

Ayam hias hutan merah mempunyai nama latin Gallus-gallus. Jenis ayam hutan merah penyebarannya cukup luas seperti India, China, dan Indonesia.

Sedangkan spesiesnya tergolong banyak yakni ada 5 : gallus-gallus Sulawesi dan Sumatra, gallus-gallus di Madura dan Pulau Jawa.

Adapun yang ketiga lainnya dapat di temukan di negara India dan Bangladesh yakni spesies gallus-gallus murgha, di Vietnam dan Myanmar gallus-gallus spadiceus. Dan yang terakhir di Hanian dan China selatan ada spesies galllus-gallus jaboullei.

Persebaran ayam hutan merah di pulau jawa dan madura dengan berat kurang lebih 0,7 kg untuk jantan dan betina 0,4 kg.

Ayam Hias Cemani

ayam hias
udfauzi.com

Ayam cemani merupakan ayam ras asli dari Indonesia. Cara yang paling utama dari ayam ini adalah warna seluruh badan serba hitam.

Harga pasaran ayam cemani begitu sangat fantastis, hal ini menjadikan banyak masyarakat yang ternak lalu menjual ayam cemani sebagai kebutuhan sehari-hari.

Per ekor ayam cemani dewasa mulai dari harga Rp. 2.000.000 sampai 150.000.000. Namun yang jenis lidah abu-abu antara 1.000.0000 per ekor.

Tapi sangat di sayangkan sudah banyak orang yang salah karena tidak ada jenis ayam cemani darah hitam. Untuk menanggapi hal seperti ini sebaiknya tanya-tanya peternak yang paham dengan sejarah ayam cemani.

Adapula yang memanfaatkan ayam cemani dengan hal yang ghaib padahal itu sangat di larang dalam agam islam, sebagai muslim sepantasnya kita menjauhi hal ini karena bisa menjerumuskan syirik.

Ayam Ketawa

ayam hias

Selanjutnya kita akan membahas ayam yang mempunyai nama cukup unik. Tak hanya manusia yang bisa tertawa. Sehingga tak heran kalau jenis ayam satu ini bernama ayam ketawa.

Pemberian nama ini tak lepas karena anugerah dari Allah SWT, dengan kokok mirip dengan orang yang sedang tertawa.

Awal mulanya ayam ini hanya di pelihara dan di budidayakan para bangsawan di kerajaan bugis Sulawesi Selatan. Ayam ini dapat menyimbolkan status sosial sang pemilik yang gagah berani, pantang menyerah dan sukses.

Secara fisik ayam ketawa hampir sama dengan ayam pelung dan ayam kampung hanya saja postur badan yang sedang. Yakni paling mencolok dengan jengger wilahnya yang menjadikan hampir sama dengan ayam pelung.

Setelah usia 3 bulan ayam ketawa jantan sudah mulai bisa berkokok. Namun bagi orang yang pertama kali mendengar kokoknya akan lebih mirip burung perkutut. Adapun 3 jenis ayam ketawa yakni :

  • Dodo yakni dengan kokok yang menyayat hati bagi sang pendengarnya
  • Gretek, jenis ayam ketawa dengan suara kokok layaknya orang yang sedang tertawa.
  • Gaga dengan kokok yang lambat dan seperti terputus-putus tapi masih tetap berlanjut.

Ayam Hias Pelung

ayam hias

Kalau di Temanggung terdapat ayam cemani kini Cianjur punya ayam asli daerahnya yang bernama ayam pelung. Ciri-ciri yang paling menonjol yakni postur tubuh yang besar, kaki panjang dan kuat serta sang jantan mempunyai wilah yang besar.

Walaupun tampak sama dengan ayam kampung ayam pelung memiliki postur yang lebih besar dan tegak. Selain itu juga bisa di bedakan berkokok yang jauh lebih panjang dari ayam kampung.

Biasanya ayam cemani di ikut sertakan lomba adu suara, bukan adu jotos ya guys. Tak hanya itu perawatan ayam pelung juga terbilang mudah sebab pakannya hampir sama dengan ayam biasa. Hanya saja terdapat jamu untuk merawat suara merdunya.

Ayam Serama

Ayam Serama

Sesuai namanya ayam serama berasal dari negeri jiran yakni Malaysia. Dengan bentuk yang lebih mungil dari ayam kate ini juga banyak penggemarnya loh.

Kebanyakan orang memelihara sebagai ayam hias dan di lombakan adu ketangkasan gaya layaknya model gitu guys.

Sejak dari kecil ayam sudah di latih oleh sang pemilik agar tubuhnya tegak yakni di mandikan sampai basah kuyup dan di bawahnya terdapat alas karpet berwarna hijau atau merah.

Bagi Anda yang minat memelihara juga tidak membutuhkan lahan yang besar buat kandangnya. Jadi lebih hemat lahan dan mudah perawatannya.

Ayam Hias Merak Biru India

ayam hias

Merak biru India dengan nama ilmiahnya Pavo Cristatus jenis ini ternyata kategori burung. Hewan ini memiliki warna bulu biru gelap yang sangat mengkilap.

Ketika sudah dewasa merak jantan panjangnya bisa mencapai 230 cm, di sertai penutup ekor yang begitu panjang berwarna hijau metalik. Selain itu juga ada jambul di bagian kepalanya yang membentuk kipas. Sedangkan merak betina memiliki postur lebih kecil di bandingkan jantan.

Namun kini populasi merak semakin sedikit karena penangkapan yang ilegal. Populasi terbanyak merak hijau yakni di hutan terbuka dengan padang rumput seperti Pakistan, Sri Lanka, Bhutan, Nepal dan India.

Ayam Onagadori

Ayam Onagadori

Ayam hias satu ini merupakan asli dari negara sakura yaitu Jepang. Onagodori terdapat dua jenis bulu yang sama-sama indahnya yaitu berwarna Putih bersih dan berwarna hitam.

Keunikan dan keindahan ayam ini yakni dengan ekor yang sangat panjang berumbai-umbai, alhasil menambah tampak sangat anggun.

Untuk Anda yang berminat memelihara ayam onagodari cukup merepotkan sang pemilik, karena ayam ini bisa di bilang manja. Terkhusus dalam pakan.

Di negara jepang ayam ini mendapat gelar terhormat sebab sang kaisar tertarik juga buat memelihara dalam kediamannya. Onagodari ini manja, karena apabila Anda tidak memberikan makanan yang biasa di berikan maka ayam ini akan mogok makan, manja banget bukan.

Ayam Hias Poland

ayam hias

Juga bisa di sebut sebagai Black Poland, meskipun mempunyai nama dengan embel-embel polland sejatinya ayam hias ini tidak berasal dari polandia. Ternyata asal mula ayam polland berasal dari negara russia.

Ayam ini terdapat keunikan dengan bentuk yang menjadi sorotan karena warna hitam mulus. Sedangkan sang jantan mempunyai jengger seperti halnya tanduk dengan bentuk V dan berwarna merah cerah.

Di belakang jengger pun juga terdapat ada jambul atau mahkota panjang, selain itu juga lebat dan kaku warnanya putih. Bedanya sang betina tak nampak jenggernya karena tertutup sama jambul atau mahkotanya.

Ayam Bekisar

ayam hias

Ayam bekisar merupakan salah satu jenis ayam hias yang berasal dai Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep, bekisar juga menjadi kebanggaan orang yang berasal dari Jawa Timur. Asal mula dari adanya ayam bekisar yakni perkawinan silang antara ayam hutan hijau dengan ayam kampung.

Ciri khas yang memudahkan Anda membedakan ayam bekisar yaitu bentuk bulu pada bagian leher ujungnya berbentuk lonjong/bulat. Ketika dibandingkan dengan ayam kampung biasa maka akan nampak perbedaan yang begitu jelas.

Berdasarkan jenis warna ayam bekisar terbagi menjadi tiga golongan antara lain :

  • Ayam bekisar Hitam
  • Ayam bekisar Putih
  • Dan ayam bekisar multi warna

Ayam Hias Cochin

ayam hias

Ayam cochin adalah berasal dari china, namun berkembang di negara Inggris. Tidak hanya di Inggris banyak juga yang membudidayakan ayam ini di Prancis oleh pengembang berasal dari Vietnam. Keistimewaan ayam ini terdapat pada bulu cantiknya.

Kalau Anda amati bulu ayam ini terlihat memakai sepatu di cekernya, alhasil menjadikan sepatu berbulu. Sedangkan pemeliharaan ayam cochin terbilang mudah karena hanya memberikan makanan jagung saja.

Ayam Batik

ayam hias batik

Di Indonesia ayam sebright lebih di kenal olah masyarakat dengan sebutan ayam batik. Menanggapi hal ini tak lepas karena kecantikan warna bulu yang tampak persis dengan batik. Habitat asli ayam batik yakni benua eropa yang sering di sebut Sebright Bantam di Inggris, akan tetapi banyak orang yang mengira kalau habitat aslinya Italia.

Ayam batik ini terdapat dua jenis di sertai nama yang berbeda pula antara lain : Dengan warna dasar cokelat kekuningan atau merah di sebut batik kanada, sedangkan yang warna dasar putih perak di sebut batik Italia.

Karena keindahan bulu-bulunya menjadikan daya pikat orang-orang memeliharanya, hal ini menjadikan persebaran ayam batik sangat banyak dan meluas ke penjuru dunia.

Ayam Hias Sumatera

Ayam Hias Sumatera

Nah ayam hias ini merupakan ayam yang habitat aslinya dari Indonesia yakni dari provinsi Sumatera Barat, dengan demikian menyimpulkan asal mula ayam sumatra.

Ciri khas perawakan ayam hias sumatera yakni gagah, tegap, ekor panjang dan ukuran lebih kecil dari ayam kampung. Ayam sumatera jantan yakni memiliki ukuran kepala kecil namun tenggorokannya lebar. paruhnya pun pendek dan jengger berwarna merah segar.

Ayam Mutiara

Ayam Hias Sumatera

Ada lagi nih ayam hias yang cukup viral beberapa akhir-akhir ini yaitu ayam hias mutiara. Ayam mutiara merupakan asli dari benua afrika. Kini banyak yang memelihara ayam mutiara ini.

Salah satu yang menjadikan ayam favorit karena dengan suara bising, cerewet dan anggun warna bulunya. Selain itu juga menghasilkan telur, pasti paket komplit dah kalau memelihara ayam satu ini.

Ayam Hias Yamato Gunkei

Ayam Hias Yamato Gunkei

Yamato Gunkei merupakan ayam hias dari Chu Shamo dengan ukuran paling terbesar diantara ayam jenis Shamo lainnya. Ayam ini di perkembangbiakan di kawasan Hiroshima Jepang pada tahun 1920. Kemudian Yamato tiba di benua eropa pada tahun 1980 melalui peternak dari belgia.

Di negara Inggris ayam ini di pamerkan sebagai salah satu unggas dengan ukuran jumbo dan di pelihara sebagai ayam hias yang unik.

Ayam Pheasent

Ayam Pheasent

Untuk para pecinta ayam hias Indonesia kali ini ada jenis golden pheasant adalah yang paling populer dan cukup banyak peminatnya. Selain itu juga bersama dengan lady amherst pheasant yang pertama kali masuk dalam pasar ayam hias di indonesia.

Kalau kita amati secara detail jenis ayam pheasant seperti burung karena bentuk yang mungil dan varian bulu yang cantik. Tak lepas dari julukan ayam ini karena bulu leher seperti emas yang mengkilap layaknya emas asli.

Namun untuk membeli ayam ini cukup mengeluarkan yang banyak juga antara lain sebagai berikut ini :

  • Bakalan ayam Pheasant 5,5-65, juta rupiah
  • Dewasa dan Indukan : 7,5-8,5 juta rupiah

Ayam Hias Brahma

Ayam Hias Brahma

Ayam hias brahma merupakan salah satu jenis ayam hias yang multiguna sebab di manfaatkan baik daging dan telurnya. Sesuai namanya ayam ini pertama kali di perkembangbiakan di India. Tepatnya di daerah Brahmaputra.

Pada awalnya ayam brahma cuma di manfaatkan di untuk diambil dagingnya, namun karena produksi telur yang banyak ayam brahma lalu dijadikan sebagai ayam petelur. Tapi ayam brahma juga kaki yang di tumbuhi banyak bulu yang indah, alhasil dijadikan sebagai ayam hias.

Ayam brahma jantan beratnya bisa mencapai 6-7 kg sedangkan sang betina dengan rata-rata 4 kg. Jadi ayam brahma hampir 3 kali lipat ayam biasa, selain itu ayam brahma sangat jinak dan mampu bertahan dalam kondisi yang ekstrim juga loh.

Ayam Kaki Gajah

Ayam Kaki Gajah

Ayam kaki gajah atau ayam dong tao merupakan yang sangat populer di negara Vietnam. Karena keunikan salah satu ayam ini menjadikan orang indonesia menjuluki sebagai ayam kaki gajah.

Ketika ayam kaki gajah dewasa beratnya bisa mencapai 6 kg, atau sama dengan pergelangan tangan manusia. Selain itu sang betina juga lebih cenderung sedikit bertelur daripada ayam biasanya.

Hal ini dikarenakan kaki yang besar menyulitkan proses penetasan telur ayam kaki gajah. Sehingga banyak yang menggunakan mesin penetas agar lebih banyak populasi ayam kaki gajah dan bisa mencukupi kebutuhan pasar.

Ayam Hias Rosecomb

Ayam Hias Rosecomb

Ayam hias rosecomb ini sudah masuk di nusantara semenjak tahun 2016, namun tahun demi tahun ayam rosecomb mulai banyak peminatnya sebagai ayam hias.

Bentuk tubuh yang kecil seperti ayam kate yang mempunyai jengger dengan berbentuk mawar sehingga di sebut rosecomb. Bentuk tubuh yang unik dan jengger yang berwarna putih menambah keindahan ayam ini.

Asal mula ayam ini di kenal sejak King Richard III memperkenalkan dan mempopulerkan pada abad 14 di Inggris.

Keren-keren bukan kumpulan ayam hias diatas, cukup sampai disini dulu ya pembahasan tentang ayam hias terpopuler di nusantara. Semoga dengan artikel ini sangat bermanfaat bagi Anda semua. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment