21+ Jenis Jenis Tanah di Indonesia Lengkap Dengan Ciri-ciri & Persebaran

Jenis jenis tanah – tanah atau soil adalah lapisan paling atas dari planet bumi, dalam kehidupan manusia tanah juga sangat penting karena berada dibawah manusia.

Awal mula tanah yakni dari bebatuan kemudian mengalami pelapukan. Waktu proses pelapukan bebatuan yang kemudian jadi tanah ini membutuhkan puluhan bahkan sampai ratusan tahun.

Karena pelapukan tanah dibantu dengan mikroorganisme, air dan perubahan suhu. Jadi setiap daerah dengan daerah lainnya akan berbeda jenis tanahnya yakni tergantung komponen yang terkandung di daerah itu.

Komponen dalam tanah yang baik untuk di tanamani tanaman adalah 50 % mineral, 25 % air, dan % bahan organik.
Jenis tanah sesuai persebarannya.

Karena jenis tanah sangat dan sesuai persebaranya banyak maka tim kami telah menyiapkan untuk anda semuanya, simak saksama artikel di bawah ini antara lain :

Tanah Aluvial

Jenis-jenis tanah

upload.wikimedia.org

Tanah yang satu ini adalah yang menjadi tanah karena endapan lumpur yang pada umumnya terbawa oleh aliran air sungai. Kita bisa menemukan jenis tanah ini di bagian hilir karena terbawa dari hulu. Warna dari tanah ini umumnya coklat sampai abu-abu.

Karakteristik : Jenis tanah aluvial seperti ini sangat cocok bagi pertanian padi atau palawija, tembakau, dan jagung. Selain itu keunggulan tanah ini adalah memiliki tekstur yang lembut sehingga memudahkan untuk mencangkul tanpa susah payah.

Persebaran : Di negara indonesia jenis tanah ini sangat banyak tersebar seperti kalimantan, sumatra, papua, jawa, dan sulawesi.

Tanah Andosol

Jenis-jenis tanah

http://rayhaluchinc.com

Andosol merupakan jenis tanah vulkanik yang mana pembetukannya memalui proses vulkansime gunung berapi. Jenis tanah yang ini sangat subur dan bagi baik tanaman.

Karakteristik :Coklat agak ke abu-abu ini merupakan warna dari tanah andosol. Tanah andosol juga kaya unsur hara, mineral, dan air yang baik untuk pertumbuhan tanaman serta menyuburkan.

Berbagai jenis tanaman yang ada didunia tetap cocok dengan tanah ini. Kita bisa menemukan tanah ini di daerah gunung berapi dan disitu pula persebarannya.

Persebaran : karena negara indonesia adalah cincin api maka kita dengan mudah menemukan jenis tanah andosol beberapa tempat yang paling banyak persebaranya adalah Bali, Papua, sulawesi, nusa tenggara dan jawa.

Tanah Humus

jenis-jenis tanah

emeraldlawnsaustin.com

Jenis tanah yang melalui proses pelapukan dari tumbuh-tumbuhan ini adalah tanah humus. Humus juga menandung unsur hara dan mineral yang sangat subur.

Karakteristik : Karena kandungan yang subur dan baik bagi tanaman jadi sangat cocok jika untuk bercocok tanam. Meskipun warna tanah ini agak hitam namun unsur hara yang terkandung dan mineral pada tanah ini sangat banyak.

Persebaran : Tempat persebaran tanah ini banyak di daerah hutan, wilayah persaran tanah ini seperti Jawa, sulawesi, papua, kalimantan, dan sumatra.

Tanah Laterit

Jenis-jenis tanah

3.bp.blogspot.com

Jenis tanah yang memiliki warna merah bata ini di sebabkan oleh banyaknya zat besi dan alumunium. Di berbagai daerah indonesia tanah ini lumayan terkenal, paling utama di daerah perkampungan atau desa.

Karakteristik : Karena tanah ini sudah cukup tua jadi tidak cocok jika di tanami tanaman apapun itu dikarenakan juga kandungan yang terdapat didalamnya.

Persebaran : Kebanyakan jenis tanah ini tersebar di daerah jawa timur, jawa barat, lampung dan kalimantan.

Tanah vulkanik

Jenis-jenis tanah

http://4.bp.blogspot.com

Jenis tanah vulkanik merupakan yang terbentuk dari pelapukan material padat atau cair yang disemburkan oleh gunung berapi.

Kita dapat menjumpai jenis tanah tanah ini di kaki lereng gunung berapi.  Selain itu, banyak unsur hara yang terkandung dalam dan sangat cocok untuk agraris.

Tanah Regosol

Jenis-jenis Tanah

http://1.bp.blogspot.com

Jenis Tanah yang terbentuk dari endpan abu vulkanis baru yang mempunyai butiran-butiran kasar, jenis ini dinamakan tanah regosol.

Seperti Bali, Pulau Jawa, Sumatra bagian timur, Nusa Tenggara merupakan daerah yang bisa kita jumpai, karena di situlah persebaran tanah ini. Selain itu, Tanah ini sangat cocok buat di tanami padi, kelapa, palawija dan tebu.

Tanah Latosol

Jenis-jenis Tanah

2.bp.blogspot.com

Jenis tanah ini terbentuk melalui proses pelapukan batuan metamorf dan sedimen. Salah satu jenis tanah ini juga ada di indonesia low.

Karakteristik : Tanah latosol memiliki ciri-ciri warna merah sampai kuning. Tekstur tanah latosol adalah solum horizon dan tanah liat.

Persebaran tanah ini di daerah yang curah hujan tinggi dan kelembapan tanah tinggi juga di sertai di ketinggian sekitar 300- 1000 meter diatas permukaan laut. Karena mengandung banyak zat besi dan almunium jadi tanah ini tidak terlalu subur.

Persebaran : Seperti sulawesi, kalimantan timur dan barat, papua, bali dan lampung adalah daerah persebaran tanah litosol.

Tanah Kapur

Jenis-jenis Tanah

2.bp.blogspot.com

Kenapa bisa disebut tanah kapur? Jenis tanah tidak tak lain dan tak bukan merupakan berasal dari pelapukan batuan kapur.

Karakteristik : Sering kali kita menemukan jenis tanah ini namun kebanyakan tanah seperti ini di tanami pohon kayu, karena tanah ini tidak subur dan mengandung air  yang sangat sedikit.

Persebaran : kita akan menemui daerah yang mengandung tanah ini di pegunungan kapur Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta gunung kidul.

Tanah Mergel

Jenis-jenis tanah

http://www.soil-net.com

Mirip dengan jenis tanah kapur, namun ternyata berbeda walaupun sama berasal dari kapur, perbedaannya jenis tanah ini tercampur dari beberapa elemen lainnya.

Jika kita lihat secara detail tanah ini lebih mirip dengan pasir. Pada dasarnya tanah ini terbentuk dari batuan kapur, tanah liat, dan pasir dan bantuan dari hujan tetapi tak merata.

Karakteristik : Tanah Mergel ini subur dan dapat di tanami berbagai tanaman perkebunan dan sawah, serta banyak mengandung mineral dan air dalam tanahnya.

Persebaran : Tanah ini mudah ditemui dan banyak tersebar di daerah dataran rendah seperti Solo, Kediri, dan Madiun.

Tanah Podsolik

Jenis-jenis Tanah

imaggeo.egu.eu

Salah satu jenis tanah yang terbentuk dari wilayah yang mempunyai curah hujan yang tinggi namun dengan suhu udara yang rendah. Di negara kita ini kita bisa menemukan jenis tanah ini di daerah pegunungan. Biasanya tanah ini terdapat daerah yang beriklim basah dan curah hujan >2500 mm setiap tahunnya.

Karakteristik : Memiliki daya simpan unsur hara yang rendah. Daya air yang tersimpan sangat rendah jadi mudah mengalami kekeringan. Bahan-bahan organik hanya terdapat di permukaan tanah.

Persebaran : Persebaran tanah ini di seluruh daerah pegunungan indonesia.

Tanah mediteran

Jenis-jenis Tanah

http://saktidesain.com

Mediteran adalah jenis tanah yang merupakan hasil pelapukan batuan kapur yang sangat begitu keras. Warna tanah ini yakni merah hingga kecoklatan. tanah mediteran juga tanah dari ordo alfisol.

Karakteristik : Tanah ini berkembang pada iklim yang lembab. untuk pembentukan tanah ini biasanya dengan curah hujan sekitar dari 500 hingga 1300 mm setiap tahunnya.

Persebaran : tanah mediteran banyak terdapat dan tersebar di jawa timur, jawa tengah, maluku, sumatra dan nusa tenggara.

Tanah Entisol

Jenis-jenis tanah

i1.wp.com

Jenis tanah yang bersaudara ini dengan andosol biasanya awal mula tanah ini dari pelapukan material yang di keluarkan gunung berapi misal, lahar, lapili, pasir, dan debu.

Karakteristik : Tipe tanah yang muda juga sangat subur. Biasanya tanah ini bisa kita temukan dari area gunung berapi atau bisa permukaan tanah yang tipis dan belum memiliki lapisan di atasnya serta semisal gundukan pada pasir pantai yang ada parangtritis.

Persebaran : Biasanya persebaran tanah entisol bisa kita dapatkan di sekitar gunung, pantai, atau gunung-gunung berapi yang ada di pulau jawa.

Tanah Grumusol

Jenis-jenis tanah

majalahbatu.com

Jenis tanah yang terbentuk dari pelapukan batuan kapur dan tuffa vulkanik. Organik yang terkandung dalam tanah ini sangat rendah, yakni salah satunya karena dari komponen batu kapur. Batuan kapur juga bisa kita simpulkan bahwa tidak subur juga tidak cocok untuk di tanami.

Karakteristik : Warna tanah ini hitam dan tekstur tanah yang kering serta mudah pecah ketika musim kemarau tiba. Ph dari tanah ini netral sampai aklalis.

Biasanya tanah grumusol berada di permukaan kurang dari 300 meter dari permukaan laut dan topografi atanah yang bergelombang. Akan lebih terasa nyata ketika perubahan musim panas dan dingin.

Persebaran : Daerah yang di negara indonesia kita bisa ketahui persebaran tanah ini adalah jawa tengah (meliputi Pati, Rembang, Demak, Jepara) kalau Jawa timur (meliputi Madiun, Ngawi). Karena keras tekstur tanah ini lebih bagus kalau di tanami kayu-kayuan seperti pohon jati, mahoni.

Baca Juga : Jenis-jenis hutan yang tersebar di seluruh indonesia

Tanah Litosol

Jenis-jenis Tanah

lh4.ggpht.com

Jenis tanah litosol yang terbentuk karena adanya perubahan iklim, vulkanisme, topografi ini adalah tanah litosol namanya. Selain itu, tanah ini yang baru mengalami perkembangan juga tanah yang masih muda.

Karakteristik : Supaya tanah ini mengalami perkembangan kita harus melakukan dengan cara menanam agar bisa mendapatkan unsur hara dan mineral yang cukup. Lembut, bebatuan, dan pasir merupakan ragam jenis dari tanah litosol ini.

Persebaran : Biasanya persebaran tanah ini yang tingkat kecuraman tinggi seperti bukit-bukit. misalnya seperti jawa tengah, jawa barat, nusa tenggara barat dan sulawesi.

Tanah Organosol

Jenis-jenis tanah

majalahbatu.com

Jenis tanah organosol merupakan terbentuk karena adanya pelapukan benda organik misal tumbuhan, gambut, dan rawa. Kebanyakan tanah ini terdapat di daerah yang beriklim basah dan curah hujan yang tinggi pula.

Karakteristik : Tebal tanah yang dimiliki oleh tanah organosol sangat sedikit sekali yakni 0,5 milimeter dan mempunyai diferensiasi horizon yang begitu jelas.

Tanah organosol memiliki kandungan organik dalam tanah lebih dari 30 % tekstur tanah liat sedangkan 20% itu untuk tanah dan pasir, kandungan unsur hara yang sangat rendah dan PH tanah 0,4.

Persebaran : Tanah ini tersebar banyak di indonesia tapi biasanya terdapat di daerah pantai-pantai, persebaran ini hampir di seluruh indonesia ada.

Tanah Oxisol

Jenis-jenis tanah

http://4.bp.blogspot.com

Jenis tanah oxisol ini adalah tanah yang memiliki banyak zat besi dan almunium oksida. Kita mudah menemukan jenis tanah ini di daerah yang tropis dari desa sampai perkotaan negara indonesia.

Karakteristik : Tanah ini memiliki ciri-ciri adalah solum yang dangkal dan ketebalan sekitar 1 meter saja. Serta warna yang merah agak kekuningan juga tekstur tanah yang halus mirip dengan tanah liat.

Persebaran : Kita bisa menemui persebaran tanah ini yang tropis basah & cocok buat perkebunan semisal pisang, nanas dan tebu.

Tanah padas

Jenis-jenis tanah

tekoneko.net

Kalau dibilang tanah iya terdapat tanahnya namun tanah ini banyak dan hampir di semuanya mengandung bebatuan serta sangat keras.

Karakteristik : Didalam tanahnya sangat rendah unsur hara yang tersedia dan kandungan organik yang mendekati tak ada. Hal ini disebabkan kandungan air yang tidak ada sama sekali.

Persebaran : Kita bisa menemui persebaran tanah ini semua wilayah ini di indonesia dengan merata.

Tanah Pasir

Jenis-jenis tanah

pixabay.com

Sesuai namanya tanah pasir ialah jenis tanah yang melalui proses pelapukan dari batuan pasir. Kita bisa menukan jenis tanah ini di sekitar pantai atau pulau, karena banyak di daerah tersebut.

Karakteristik : Tekstur tanah ini sangat lemah jadi tidak memiliki kandungan air dan mineral. Di indonesia sangat mudah sekali untuk menemukan daerah yang berpasir.

Selain negara kepulauan indonesia juga negara yang jumlah tanah pasirnya terluas di dunia. Jenis tanah seperti cocoknya untuk di tanami umbi-umbian.

Persebaran : Tanah pasir ini tersebar hampir setiap wilayah di indonesia memilikinya.

Tanah Podsol

Jenis-jenis Tanah

upload.wikimedia.org/

Berbagai campuran yang terkandung seperti pasir dan batuan kecil di dalam tanah ini, yaitu di sebut dengan tanah podsol.

Karakteristik : memiliki ciri-ciri khusus dengan warna kuning ke abu-abuan dan tekstur pasir dan lempung. Mengandung organik yang begitu rendah sebab terbentuk dari curah hujan tinggi tetapi suhu yang rendah.

Persebaran : Seperti kalimantan, papua, sulawesi utara serta kawasan-kawasan yang tidak pernah mengalami kering atau basah terus. Merupakan persebaran tanah ini.

Tanah Podsol Merah Kuning

Jenis-jenis tanah

http://2.bp.blogspot.com

Sangat mudah jika kita ingin menemukan persebaran tanah ini yakni seluruh daerah indonesia sebab hampir merata.

Karakteristik : Memiliki warna tanah merah agak kuning dan mengandung mineral dan organik. Untuk itu supaya tanah subur tanaman yang bisa memberikan zat organik. Serta di tambah dengan pupuk hayati atau hewani.

Persebaran : Jenis tanah ini bisa dimanfaatkan buat persawahan dan perkebunan. Dapat di jumpai seluruh wilayah indonesia.

Tanah Liat

Jenis-jenis tanah

http://103.242.124.238

Jenis tanah yang terdiri dari silikat yang mempunyai diameter kurang dari 4 mikrometer dan alumunium ini disebut dengan tanah liat. Terbentuknya tanah ini tidak lepas dari proses pelapukan batuan silikat dan bantuan asam karbonat dan beberapa lainnya dari aktivitas panas bumi.

Karakteristik : Memiliki warna abu-abu yang pekat dan mendekat ke warna hitam. Biasanya tanah ini  dimanfaatkan untuk memuat kerajinan atau keperluan yang lainnya.

Persebaran : Persebaran tanah ini merata di indonesia yang menjadi perbedaannya hanya kedalaman itu.

Tanah Inseptisol

Jenis-jenis Tanah

http://agrikencanaperkasa.com

Jenis tanah yang terbentuk dari batuan meramorf dan sedimen dan mempunyai warna coklat tua yang agak hitam ini disebut dengan tanah inseptisol.

Karakteristik : Terdapat horizon kambik yang haorizon tersebut kurang dari 25% sehingga menjadikan tanah ini unik. Tanah ini sangat cocok buat perkebunan semisal kelapa sawit atau perkebunan karet.

Persebaran : Persebaran tanah inseptisol seperti Papua, Kalimantan, dan sumatera.

Cara Merawat Tanah yang Benar

Jenis-jenis Tanah

pixabay.com

Supaya agar tanah tidak rusak kita harus melakukan perawatan. Selain itu apalagi kita sebagai orang muslim bahwasanya sudah diterangkan dalam surat Ar-rum ayat 41-42. Jadi marilah kita rawat bumi yang semakin tua ini. Berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa kita lakukan antara lain :

  • Pemupukan

Dengan melakukan pemupukan tanah akan semakin subur akan tetapi kita harus menggunakan pupuk alami yakni, seperti kotoran hewan atau pupuk kompos. Jangan segan-segan untuk menanam pohon atau reboisasi supaya alam tetap terjaga dari berbagai kejahatan tangan manusia.

  • Rotasi Tanaman

Agar unsur hara dan mineral dalam tanah tak habis dengan cepat, kita bisa melakukan rotasi tanaman agar keseimbangan tanah tetap seimbang. Karena dengan rotasi tanaman tanah malah semakin subur.

  • Mengelola sampah

Banyak sekali sekarang ini tanah yang sangat sulit di urai oleh tanah, maka kalau kita memiliki sampah seperti plastik lebih baik di bakar. bayangkan saja jika sampah plastik setiap hari bertambah 10 ton dan hanya bisa terurai 100 tahun kemudian.

Jadi jagalah bumi dengan sebaik mungkin agar tidak terjadi bencana alam yang menimpa kepada saudara-saudara kita.

Cukup sampai disini dulu ya, tentang pembahasan jenis-jenis tanah. mudha-mudahan artikel diatas dapat memotivasi anda agar lebih baik dari sebelumnya dan menjalani kehidupan. Sekian Terima Kasih.

One Response

  1. portal-ilmu.com April 4, 2018

Leave a Reply