Inilah Tanda-tanda Kiamat Sesuai Ayat Al-Qur’an dan Hadits Nabi

Sahabat udfauzi.com, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu, tentang apa yang dimaksud dengan tanda-tanda kiamat atau juga sering di sebut akhir zaman. 

Selain itu kami juga menerangkan ciri-ciri kiamat, contoh kiamat sugra dan contoh kiamat kubra, dari sini juga kita sebagai umat muslim juga wajib mengimani hari akhir.

Apa Kiamat Itu?

Tanda-tanda Kiamat
http://cdn2.tstatic.net

Hari kiamat, Apa hari kiamat itu?, Tahukah kamu apa hari kiamat itu?, Pada hari itu manusia akan seperti anai-anai yang bertebaran, dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang di hambur-hamburkan  (Arti dari surat Al-qariah ayat 1-5)

Kiamat itu merupakan hari berakhir dan hancurnya alam semesta ini. tidak hanya manusia semua yang ada di planet akan hancur seperti gunung, laut, hutan, binatang semuanya akan berhamburan seperti kapas yang ditiup. sedangkan manusia akan seperti anai-anai.

Pastinya teman-teman semua sudah tau kalau kiamat itu terbagi menjadi dua yakni Kiamat Sugra dan Kiamat Kubra, kalau belum tau berikut ini ulasannya dengan detail.

Kiamat bahwasanya tidak hanya diyakini orang muslim saja, namun seperti kaum nasrani, dan yahudi meyakini kalau hari akhir itu ada/benar-benar akan terjadi. Secara bahasa kiamat berarti kebangkitan, Sedangkan istilah kiamat merupakan hari kebangkitan seluruh umat manusia dari zaman nabi adam hingga yang terakhir.

Jika kalian bertanya kapan kiamat akan terjadi? Maka hanya Allah SWT yang mengetahui ini, Namun nabi muhammad memberikan beberapa ciri-ciri, contoh kiamat sugra dan kubra. Diantaranya berikut ini :

Tanda-tanda Kiamat Sugra

Tanda-tanda kiamat Kecil dan besar
http://penulispro.com

Wajib kita ketahui bahwasanya tanda-tanda kiamat sugra sudah merajalela di sekeliling kita, diantaranya seperti maksiat dimana-mana, zina, mabuk-mabukan, pembunuhan, selain itu banyak fitnah merajalela.

Tidak hanya itu saja, sekarang ini banyak orang yang pandai akan tetapi kepandian itu tidak digunakan untuk kebaikan. Juga banyak pemimpin yang tidak adil, bencana alam sering terjadi, musim yang tidak menentu dan jumlah wanita telah melebihi orang laki-laki serta para laki-laki suka memakai sutra dan perhiasan emas.

Tanda-tanda kiamat sugra lainnya yakni antara orang islam dan yahudi akan berperang, perputaran waktu terasa semakin cepat contoh, dalam satu bulan akan terasa hanya satu hari dan satu tahun seperti hanya satu bulan. Mungkin kita semua pernah merasakan kalau perpuatan waktu semakin cepat.

Selain itu banyak orang yang lalai terhadap solatnya, orang yang bohong lebih di percaya sedangkan yang jujur dianggap berkhianat. Kalau di pikir-pikir dunia ini sudah sangat tua marilah mulai sekarang kita lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta dan iman terhadap hari akhir salah satunya.

Tanda-tanda Kiamat Kubra

tanda-tanda kiamat besar dan kecil
www.islamkafah.com

Kubra dalam hal ini kiamat kubra adalah sebagai tanda berakhirnya seluruh kehidupan makhluk allah SWT yang terdapat didunia. Tak ada satu pun makhluk kapan kiamat kubra terjadi, akan tetapi Baginda kita Nabi Muhammad Saw hanya memberikan ciri-ciri/tanda-tanda kiamat sudah dekat.

Walaupun manusia bisa menciptakan teknologi yang canggih sama saja tak mampu mendeteksi kiamat akan terjadi tanggal, bulan, dan tahunnya. Nabi muhammad juga pernah bersabda bahwa kiamat itu umat islam yang paling buruk, kenapa bisa begitu? Sebab banyak fitnah dan maksiat merajalela di kalangan kaum muslim.

Tak ada yang abadi di dunia ini. Dalam bahasa jawa telah di paparkan dengan kata mutiara jawa kalau dunia itu, Gur mampir ngombe(Di dunia hanya sekedar berhenti untuk minum saja).

Dari sahabat Hudaizfah bin usaid Al-Ghifari ia berkata : Rasulullah bersabda bahwa sesungguhnya kiamat tidak akan terjadi sampai kamu melihat 10 tanda kiamat. Rasulullah menyebut asap, Dajjal, binatang, Terbitnya matahari dari arah tenggelamnya, Turunnya nabi isa, Ya’juj & Ma’juj, Tiga longsor besar, Longsor di barat longsor di timur, longsor di semenanjung arab. Terakhir keluarnya api yang menggiring manusia ke mahsyar. (HR. Muslim).

Nabi dan para malaikat pun tidak di beri tahu oleh allah SWT kapan kiamat terjadi, apalagi kita sebagai manusia biasa yang masih banyak dosa. Akan tetapi kita sebagai orang mukmin yang mengaku sebagai umat nabi muhammad harus mengimani hari akhir salah satunya.

Munculnya Dajjal

Tanda-tanda kiamat
http://cdn2.tstatic.net

Dajjal ialah manusia yang dilahirkan dari anak cucu Nabi Adam. Dalam cerita pernah di jelaskan kalau dajjal itu waktu kecil dijaga oleh malaikat akan tetapi ia ingkar kepada allah bahwa dirinya mengaku sebagai tuhan. Dia akan muncul keluar dari timur Khurasan (iran).

Di bumi dajjal akan berjalan, bahkan tidak akan meninggalkan negeri tersebut kecuali makkah, madinah dan al-Aqsha sebab kawasan yang mulia tersebut dijaga oleh para malaikat.

Ketika itu akan terjadi banyak fitnah dajjal untuk kaum muslimin. Dia akan memperintahkan langit, bumi seakan-akan bahwa dirinya seorang tuhan. Selain itu, dia akan membawakan surga dan neraka, surga dajjal merupakan neraka alah sedangkan nerka dajjal adalah surgannya Allah Swt. Fitnah dajjal ini bis menyuruh langit mengeluarkan hujan atau panas. Dan mampu menyeru bumi untuk tumbuhan agar tumbuh atau kekeringan. Serta bisa menghidupkan orang-orang yang telah meninggal dunia.

Selama 40 hari dajjal akan menetap di bumi. Dalam situasi tersebut ibarat satu tahun, lalu dalam satu hari terasa satu bulan, kemudian satu hari seperti sepekan. Dan selanjutnya kan terasa biasa kembali. Dajjal akan di bunuh oleh nadi isa bin maryam di sisi pintu daerah Palestina.

Ciri-ciri Dajjal

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi di atas, kalau dajjal itu seperti halnya dengan manusia biasa seperti kita ini. Numun ada yang lebih detail untuk mengetahui ciri-ciri fisik dajjal yang diambil dari beberapa hadis rasulullah Saw. Antara lain sebagai berikut ini :

  • Memiliki warna kulit yang merah-kemerahan
  • Kakinya bengkok
  • Rambutnya keriting
  • Dadanya membidang
  • Di keningnya ada tulisan “ ka fa ra” atau dalam bahasa arab kafir
  • Berbadan gemuk dan pendek
  • Dajjal tak dapat memiliki keturunan atau lebih jelasnya mandul
  • Mata bagian kanan menonjol. Sebagian orang ada yang menganggap bahwa dajjal hanya memiliki satu bola mata, namun anggapan ini salah. Yang benarnya, dajjal mempunyai dua bola mata akan tetapi yang satunya buta.

Hadis-hadits sumber dari petikan ciri-ciri fisik diatas adalah berikut ini :

  1. Rasulullah bersabda :”adapun al-masih si pendusta itu adalah buta mata sebelahnya, lebar dahinya, bidang dadanya bagian atas dan berbengkok kakinya.
  2. “ Sesungguhnya al-masih dajjal merupakan seorang laki-laki pendek, berkaki bengkok, rambutnya keriting, buat sebelah matanya, matanya juga kabur tak menonjol dna cekung, jika ia memperdayai kalian maka ketahuilah Tuhan kalian tidaklah buta sebelah” (HR.Ahmad23144, Abu Dawud 4320)
  3. Hadits anas, Nabi Muhammad bersabda :” dan diantara kedua matanya termaktub tertulis KAFIR. Dalam satu riwayat lainnya disebutkan : “ Kemudian beliau mengejarnya (kaff fa’ ra’) yang bisa dibaca oleh setiap muslim.

Tempat-tempat yang bisa di Masuki Dajjal

Kesimpulan yang di riwayatkan oleh Sayyidna Abu bakar Ash-shiddiq bahwa Rasululah Saw bersabda, tentan kemunculan dalajjal dari kawsan yang bernama Khurasan.

“ Dajal Itu keluar dari bumi bagian timur yang disebut khurasan. Dajjal akan diikuti oeh kaum yang wajah mereka seperti tameng yang dilapisi oleh kulit.

Khurasan adalah tempat awal muncul dajjal disana ia tidak belum melakukan kerusakan dan fitnah-fitnah. Namun disana ia akan mengumpulkan pengikut saja.

Dalam hadits An-Nawas bin sam’an marfu’ –sampai kepada nabi muhammad Saw.

Dajjal itu keluar dari diantara syam dan irak. Dia akan merusak kanan dan kiri. Wahai para hamba allah, tetap teguhlah.

Para Pengikut Dajjal

Pengikut dajjal mayoritas adalah kaum yahudi, ‘ajam (bangsa selain arab, turki dan berbagai macam-macam manusia. Namun kebanyakan adalah bangsa arab badui dan para wanita.

Dari annas bin malik, Sesunggunnya Nabi muhammad Saw bersabda : Yang mengikuti dajjal dari Yahudi asfahan sebanyak 70.000 orang, mereka memamkai jubah hijau. (HR.Muslim)

Cara Supaya Terhindar Dari Fitnah Dajjal

Agar terhindar dari fitnah dajjal rasulullah Saw bersabda “ Barang siapa yang menghafal 10 ayat pertama dari surat al-kahfi maka dirinya akan terhindar dari gangguan dan fitnah dajjal”

Selain itu juga terdapat perintah kalau dajjal menemui kita, segeralah kamu membaca permulaan dari surat alkahfi.

Turunnya Nabi Isa bin maryam

Allah Swt akan menurunkan nabi isa bersama dua malaikat yakni di Damaskus timur tepatnya di menara putih.

Nabi Isa ketika di turunkan ke bumi akan menuntun dan membawa ajaran nabi muhammad. Selain itu nabi isa merupakan satu-satunya nabi yang di angkat oleh allah swt yang sampai saat ini hingga kiamat masih hidup.

Bahwasanya telah di jelaskan dalam alquran akan diturunkan apabila dajjal telah susah di kendalikan. Maka ia akan bersekutu dengan imam mahdi yang berjuang mati-matian buat agama ini.

Ya’juj & Ma’juj

Ya’juj & Ma’juj merupakan dua umat yang merupakan keturunan dari nabi adam. dikisahkan kalau mereka mempunyai kekuatan yang sangat kuat dan akan membuat kerusakan di dunia. Dia akan keluar pada akhir zaman dan akan berperang melawan nabi isa beserta para pasukanya. Tanda-tanda ini merupakan tanda kalau kiamat sudah dekat sesuai keyakinan kaum muslim.

Secara bahasa ya’juj & Ma’juj dari bahsa arab, kata ya’juj mempunyai turunan kata “ujaaj” yang berarti mengering lalu mengeras. Kalau kata ma’juj berasal dari kata “maaja” yang artinya adalah goncang.

Pendapat ulama’ bahwa ya’juj & ma’juj berarti mengering lalu mengeras mereka akan datang dengan tergesa-gesa dan sangat cepat, lalu akan membuat suasana goncang/tidak karuan, sehingga tidak ada orang orang sanggup kecuali nabi isa dan utusan lainnya.

Wujud dari ya’juj dan Ma’juj

Mereka memiliki ciri-ciri khusus yaitu akan membuat kerusakan di muka bumi, jumlah mereka sangat banyak jika di banidngkan sama manusia. Tidak lancar berbicara, mata sipit, hidung yang kecil dan muka yang lebar serta kulit yang warnanya merah.

Pastinya wujud dia masih dari jenis golongan manusia. Akan tetapi mereka mempunyai ciri yang khas seperti yang sudah saya sebutkan diatas tersebut.

Kemunculan Ya’juj dan ma’juj

Apabila telah tiba masannya, dinding ghaib yang di bangun oleh raja dzul Qarnain akan jebol dan di hancurkan oleh ya’juj dan ma’juj, setelah menghancurkan merkea akan turun dari gunung dengan cepat karena tak sabar untuk membuat kerusakan di muka bumi.

Setelah mereka sampai di danau tabriyah maka air danau itu akandi minum hingga habis, sebab sangat banyaknya jumlah kedua kaum tersebut.

Matahari Terbit Dari Arah Barat

Salah tanda kebesaran allah swt dan kiamat kubro adalah matahari akan terbit dari arah barat. Adapun penjelasan atau dalil mengenai terbitnya matahari dari barat ini :

Abbdullah bin umar dia berkata, saya mendengar Rasululah Saw bersabda, Sesungguhnya pertama-tama tanda hari kiamat adalah terbitnya matahari dari arah barat & keluarnya binatang kepada manusia di waktu dhuha. Adapun yang lainnya akan menyusul dalam waktu dekat, setelah keduanya lebih dahulu dari yang lain.

Keluarnya Api yang Akan Menggiring Manusia

Akhir zaman akan keluar api yang besar dan panas dari timur tengah yakni Yaman, hal ini menjadi peringatan kepada manusia kalau kiamat sudah sangat dekat. Setelah keluar api itu akan menggiring manusia ke padang mahsyar.

Dari anas bin malik, Sesungguhnya Abdullah bin salam saat masuk agama islam, ia bertanya kepada nabi muhammad tentang beberapa masalah. Di antaranya : Apakah pertama-tama tanda hari kiamat? Nabi menjawab, adapun pertama-tama tanda kiamat itu adalah adanya api yang menggiring manusia dari arah timur menuju ke barat ( HR. Bukhari).

Keluarnya Hewan Melata

Menjelang kiamat akan banyak hewan yang keluar dari berbagai macam dan bahkan mampu berbicara layak seperti manusia. Hewan itu akan memberikan tanda pada muak manusia, menjadi sebagai pembeda antar yang beriman dan tidak. Hewan apakah itu?

Dabbah betul sekali itu nama hewan yang Nabi Muhammad  SAW sebut berkali-kali merupakan sebagai tanda hari kiamat. Tidak hanya itu bahkan Allah SWT berfirman tentang hewan ini dalam Al-Qur’an surat An-naml ayat 82 :

وَإِذَا وَقَعَ الْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَابَّةً مِنَ الْأَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ النَّاسَ كَانُوا بِآيَاتِنَا لَا يُوقِنُونَ

Artinya : Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat kami (An-Naml :82)

Munculnya Kabut Asap

Dalam Al-Qur’an surat Ad-Dhukan telah di jelaskan kalau asap tersebut merupakan tanda-tanda hari kiamat.

فَارْتَقِبْ يَوْمَ تَأْتِي السَّمَاءُ بِدُخَانٍ مُبِينٍ

يَغْشَى النَّاسَ ۖ هَٰذَا عَذَابٌ أَلِيمٌ

Artinya : “Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata”. “Yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih” ( Ad-Dhukan ayat 10-11)

Hadits Akhir Zaman

Hadits akhir zaman lengkap
lh3.googleusercontent.com

berikut ini merupakan kumpulan-kumpulan hadits yang berhubungan dengan akhir zaman antara lain sebagai berikut ini :

لاَ تَقُوْمُ السَّاعَةُ إِلاَّ عَلىَ شِرَارِ النَّاسِ

Artinya : Tak akan datang hari kiamat kecuali pada sejelek-jeleknya manusia” (HR. Muslim)

لَا تَزَالُ طَائِفَةٌ مِنْ أُمَّتِي ظَاهِرِينَ عَلَى الْحَقِّ حَتَّى تَقُومَ السَّاعَةُ

Artinya :Masih akan terus ada satu kelompok pada umatku, mereka akan tetap berada di atas kebenaran sampai hari kiamat datang.(HR Bukhari dan Muslim)

يَعْرَقُ النَّاسُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يَذْهَبَ عَرَقُهُمْ فِي الْأَرْضِ سَبْعِيْنَ ذِرَاعًا وَيُلْجِمُهُمْ حَتَّى يَبْلُغَ آذَانَهُمْ

Artinya : Manusia berkeringat pada hari kiamat sampai-sampai keringat mereka bercucuran ke bumi setinggi 70 hasta dan menenggelamkan telinga-telinga mereka (HR. Albukhari & muslim)

Banyak sekali hadits yang diriwayatkan oleh sahabat rasulullah hingga sampai saat ini kita masih bisa mengetahui hadits tersebut.

Bahkan yang menerangkan hari kiamat itu juga banyak mulai dari tanda-tanda dan yang lebih spesifiknya lagi.

Ayat Al-Qur’an Tentang Tanda Hari Kiamat

Tanda-tanda kiamat
1.bp.blogspot.com

Dari ayat-ayat alquran dibawah ini merupakan tanda-tanda hari kiamat yang telah allah sebutkan tanda-tanda namun kita pasti tidak tau kapan kiamat akan terjadi. Renungkanlah saudara marilah kita tingkatkan iman dan taqwa agar menjadi hamba yang di ridhoi allah SWT segala kegiatan dari bangun tidur sampai mau tidur.

Terbelahnya Bulan

Telah disebutkan dalam Alquran tepatnya surat al-qamar. Qamar dalam bahasa arab bermakna bulan. Pada zaman dahulu surat ini telah menjelaskan tentang kehancuran yang menimpa kaum nabi Nuh, Luth dan fir’aun. Sebabnya mereka tau mau menerima/ menolak peringatan para nabi.

Adapula pesan khusus bersama mengenai peristiwa itu tentang hari kiamat.

Telah dekat (datangnya) saat itu telah terbelah bulan. ( Al-Qamar: 1)

Peperangan dan Kekacauan

Rasulullah SAW bersabda , AL HAJR (akan meningkat) Mereka bertanya, “ Apakah Al HAJR itu? Beliau menjawab, “(yaitu) pembunuhan (saling bunuh membunuh) Yaitu saling membunuh (pembunuhan).” (HR. Bukhari)

Kalau kita lihat-lihat beberapa tahun akhir ini banyak sekali peperangan baik antara muslim dangan muslim dan muslim dengan kafir, salah satu contohnya yakni negara Palestina yang sampai saat ini masih dijajah dan disiksa oleh bala tentara israel.

Menurut cerita yang pernah saya ketahui kalau Palestina tidak akan menang melawan israel jika kalau pun menang merupakan tanda kiamat sudah dekat.

Kalau kita melihat peristiwa perang dunia ke 1 dan ke 2 konflik-konflik yang terjadi sangat miris dimana bom nuklir sehingga banyak sekali orang-orang yang terkena radiasi tersebut.

Sedangkan kekacauan yang akhir-akhir ini di bikin manusia sangat banyak juga diantaranya meneror orang, membakar hutan, pembegalan, pencurian, penjambretan, terorisme, pengeboman dan masih banyak lainnya. Itu memang salah satu tanda kiamat akan tetapi sebenarnya kita bisa menalangi hal tersebut.

Hal-hal seperti dia atas pasti tak lepas karena kurangnya pendidikan moral dan mental, sehingga anak-anak penerus bangsa mudah depresi tersinggung dan marah. Sangat di sayangkan bukan kalau negara yang jumlah muslimnya paling banyak di dunia masih minim pengetahuan dasar dan mudah di racuni oleh bangsa barat.

Mungkin peperangan/penjajahan tidak akan terjadi di indonesia, akan tetapi wajib kita ketahui kalau negara kita sedang dijajah pemikirannya oleh non muslim.

Kemiskinan

Kini kemiskinan semakin tahun sangat memprihatinkan bahkan banyak di negara timur tengah setiap harinya ada bayi yang meninggal, yang lebih menakutkan lagi bayi-bayi dan balita hanya lahir dan langsung meninggal dunia kalau balita banyak yang terkena busung lapar, akhirnya tak mampu bertahan hidup karena biaya yang sangat mahal.

Kekayaan hanya beredar di antara orang-orang kaya, tanpa manfaat bagi orang-orang yang miskin.

Nilai-nilai Akhlak yang Runtuh

Akhlak kini telah dirusak oleh orang-orang non muslim seperti mode pakaian, Kumsumerisme, dan bersosialnya. Dengan ini kita akan tahu wabah penyakit yang akan di gembor-gemborkan kepada orang muslim.

Lamban tahun tingkat akhlak generasi penerus bangsa akan kehilangan keimanan dan sopan santun ini sangat berbahaya buat kita semua.

Seperti halnya pelacuran, hamil di luar nikah, nikah kontrak, miras, jadi kita akan di rusak awalnya yaitu pemikiran dan hawa nafsu karena orang non muslim tau kalau dengan militer kita jauh lebih kuat di bandingan dengan mereka.

Munculnya Nabi-nabi palsu

Setelah nabi muhammad wafat banyak sekali orang-orang yang mengaku dirinya nabi bahkan di indonesia pun juga ada yang mengaku sebagai utusan allah SWT. Padahal sudah di jelaskan kalau nabi muhammad merupakan nabi yang paling terakhir.

Mungkin hal ini karena perpecahan islam dan kesempatan teknologi internet yang semakin canggih, atau hanya ingin viral dan terkenal di semua masyarakat indonesia.

Kehancuran Kota-kota Besar

Telah di sebutkan dalam hadits yaitu : Berbagai kota-kota besar akan di hancurkan dan hal ini akan terjadi seolah-olah kota-kota itu tidak pernah ada sebelumnya.

Beberapa tahun ini banyak terjadi kekacauan terjadi di kota-kota besar seperti jakarta atau negara lainnya. Hadits di atas bermaksud sebagai pengingat kita atas kehancuran di kota besar seperti bom, rudal, senjata yang sangat canggih, pembunuhan, dan perang saudara.

Peristiwa ini memang sebagai bukti yang aktual, tahukan tentang perang dunai ke dua dimana herosima di bom atom oleh musuh sehingga hancur total, dan yang ada di sekitarnya seperti eropa terkena radiasi tersebut.

Di negara kita pun beberapa bulan yang lalu banyak terjadi bencana seperti banjir, tanah longsor, hujan es, dan badai. Kalau difikir-fikir allah memberikan cobaan ini karena kita lupa atas perintah agama, atau lebih mementingkan dunia di bandingkan akhirat.

Cukup di sini dulu ya kawan, Semoga dengan artikel yang sangat singkat ini bisa membantu kita semua untuk meningkatkan iman dan taqwa. Sekian terima kasih.

Leave a Comment