√ 9+ Rekomendasi Merk RAM Laptop Terbaik & Cara Memilihnya

Merk ram laptop terbaik- RAM atau Random Acces Memory merupakan alat yang digunakan untuk menyimpan data sementara di dalam perangkat pintar seperti laptop.

Seiring berkembangnya jaman, saat ini sudah banyak beredar merk RAM laptop dengan keunggulannya masing-masing. Namun tidak semua orang mengetahui merk RAM untuk laptop yang baik.

Pada dasarnya RAM akan bekerja dengan membaca instruksi program dan selanjutnya akan dieksekusi oleh prosesor di dalam perangkat tersebut. Terdapat banyak sekali merk RAM laptop yang beredar di pasaran.

Akan tetapi tidak semua merk RAM tersebut memiliki kualitas yang baik, bahkan beberapa merk terkenal merupakan merk KW atau imitasi.

Merk RAM Laptop Terbaik dan Berkualitas

Merk RAM Laptop Terbaik

Ketika sudah memiliki merk laptop terbaik, sudah saatnya menentukan merk RAM yang baik pula. Dalam kegiatan sehari-hari penggunaan laptop akan lebih maksimal dengan didukung adanya RAM yang baik. Berikut ini beberapa rekomendasi merk RAM laptop terbaik yang layak untuk dilirik.

1. Corsair

merk ram Corsair

Salah satu merk RAM laptop terbaik yang sudah berdiri sejak tahun 1994 adalah Corsair. Merk RAM ini memiliki beberapa tipe, seperti DIMM dan SODIMM. Corsair menjadi merk laptop yang sangat awet dan mudah untuk ditemukan di sekitar kita.

Salah satu seri terbaik dari merk Corsair ini adalah Vengeance. Di mana tipe ini sangat cocok digunakan. Untuk harga dari RAM ini cukup tinggi, meski demikian kualitas yang ditawarkan sangat sesuai.

2. Kingston

merk ram Kingston

Merk yang sangat popular di Indonesia ini menawarkan RAM dengan spesifikasi yang sangat memuaskan. Bahkan dalam urusan komponen memori, Kingston menjadi merk RAM laptop terbaik yang mengeluarkan banyak tipe.

Harga yang ditawarkan untuk merk ini cukup terjangkau dengan kualitas yang sangat mumpuni tentunya.

3. G Skill

G Skill

Taiwan mengeluarkan merk RAM laptop terbaik yang memiliki kualitas tinggi. Merk G Skill memiliki spesifikasi yang tinggi, sehingga tidak heran jika banyak sekali yang menggunakan merk ini.

Harga dari RAM merk ini juga terbilang tinggi mengingat spesifikasi yang ditawarkan juga tidak dapat diragukan lagi.

4. Mushkin

merk ram laptop Mushkin

Produsen RAM yang berasal dari Texas Amerika sangat populer, karena kualitas RAMnya yang sangat handal. Mushkin sendiri merupakan salah satu perusahaan yang menajdi pemasok langsung untuk perusahaan Nasa dan Apple. Tidak heran jika Mushkin selalu dipercaya oleh masyarakat luas.

5. Transcend

Merk RAM Laptop Transcend

Sama halnya dengan G Skill, merk Transcend juga merupakan merk RAM terbaik asal Taiwan. Merk ini sudah memproduksi berbagai macam computer yang sangat baik. Dengan kualitas yang mumpuni, merk RAM ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

5. Hynix

Merk RAM Laptop Hynix

Produsen RAM asala Korea Selatan ini didirikan pada tahun 1983 dan mengeluarkan merk RAM terbaik. Banyak yang mengenal RAM merk ini karena memiiliki kualitas yang baik. Bahkan Hynix menjadi pemasok RAM di seluruh dunia.

6. Team Elite

Team Elite

Salah satu merk RAM yang selalu menjadi pilihan masyarakat yang ingin meningkatkan performa RAM pada laptop mereka. Team Elite biasanya dipilih oleh para gamers karena memiliki kualitas yang baik.

7. Samsung

Merk RAM Laptop Samsung

Siapa yang tidak mengenal industry yang satu ini? Samsung menjadi salah satu perusahan besar dan populer karena mengeluarkan produk-produk yang berkualitas. Salah satunya adalah RAM. Merk RAM terbaik ini menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi siapapun yang membutuhkan kualitas RAM handal.

8. Crucial

Merk RAM Laptop Crucial

Crucial menjadi salah satu merk RAM terbaik keluaran Micron Technology Amerika. Salah satu produk RAM yang ditawarkan adalah Crucial Ballistix. RAM ini sangat menarik dan sering dilirik oleh para gaming.

9. Venom RX

Merk RAM Laptop Venom RX

Salah satu perusahaan tekonologi yang memproduksi berbagai macam komponen computer adalah Venom RX. RAM yang dikeluarkan oleh Venom RX menjadi salah satu merk RAM yang patut untuk dicoba.

Terdapat berbagai jenis tipe RAM yang dikeluarkan, di mana semua tipe tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas laptop kita.

Tips Memilih RAM Terbaik untuk Laptop dengan Mudah

merk ram laptop terbaik

Memiliki merk laptop terbaik belum lengkap rasanya jika tidak diimbangi dengan merk RAM terbaik pula. Karena selain prosesor dan storage, RAM adalah salah satu hal yang menentukan kecepatan dari computer itu sendiri.

Oleh karena itu untuk memilihnya tidak boleh sembarangan. Berikut ini beberapa tips untuk memilih merk RAM laptop terbaik.

1. Mempertimbangkan Berdasarkan Motherboard

Hal pertama yang harus dipastikan sebelum memilih merk RAM laptop terbaik adala mempertimbangkan RAM berdasarkan motherboardnya. Pastikan untuk memilih RAM yang sesuai dengan spesifikasi dari laptop.

2. Pilih Merk RAM yang Memiliki Reputasi Baik

Tips selanjutnya dalam memilih RAM adalah dengan memilih merk RAM laptop yang memiliki reputasi baik. Baik dalam hal pelayanan maupun kualitas yang ditawarkan. Hal ini bisa ditentukan dari jumlah service counter yang tersedia di daerah kita hingga garangsi yang ditawarkan.

3. Pilih 2 Memori

Dalam memilih RAM yang benar, akan lebih baik jika memilih 2 memori yang masing-masing berkapasitas 2GB. Hal ini disinyalir lebih awet daripada harus memilih 1 memori RAM dengan kapasitas 4GB.

4. Cache Latency

Cache latency merupakan waktu yang dibutuhkan dari RAM dalam mengakses informasi yang dibutuhkan. Semakin kecil waktunya maka semakin baik.

5. Jangan Memilih Memori RAM dengan Chip yang Aneh dan tidak Jelas

Salah satu tips untuk mendapatkan merk RAM laptop terbaik adalah dengan tidak tergiur pada memori RAM yang aneh. Pastikan untuk memilih memori RAM yang sudah terpercaya.

Pemilihan chip aneh hanya dapat digunakan oleh laptop dengan motherboard yang memang menyarankan chip tertentu.

Selain itu alangkah lebih baik jika memilih RAM yang masih dalam kemasan. Beberapa orang menjual memori ini sudah tanpa kemasan meskipun masih berlabel, namun hal ini sangat tidak direkomendasikan. Karena akan beresiko pada data corrupt yang terbilang tinggi karena chip rusak.

6. Memilih RAM yang Memiliki Heat Spreader

Jika penggunaan laptop memiliki waktu yang terbilang tinggi, akan lebih baik jika memilih RAM yang memiliki Heat Spreader. RAM jenis ini memiliki performa serta kestabilan yang sangat baik. Oleh karena itu dapat menjaga laptop untuk tetap baik.

Harga Merk RAM Laptop yang Terbaik

Harga Merk RAM Laptop yang Terbaik

Semakin banyaknya merk RAM laptop di sekitar, tentu membuat banyak orang bingung untuk menentukan mana merk RAM laptop terbaik. Salah satu yang menjadi tolok ukur adalah harga dari RAM itu sendiri.

Harga RAM sangat bervariasi. Tergantung dari spesifikasi yang ditawarkan. Semakin baik sepesifikasinya tentu harga akan semakin tinggi. Hal ini juga sangat berlaku untuk RAM yang digunakan sebagai gaming.

RAM menjadi salah satu komponen yang sensitif di dalam laptop. Di mana RAM sangat berperan penting dalam mengoperasikan laptop dengan maksimal. Oleh karena itu, merk RAM laptop terbaik sangat menentukan setiap kegiatan kita. Pastikan untuk selalu merawat RAM laptop kita secara berkala.

Itulah beberapa merk RAM laptop terbaik beserta tips untuk memilihnya. Sebelum memilih RAM, pastikan untuk bertanya apakan RAM tersebut memiliki garansi. Hal ini bertujuan agar jika terjadi hal yang tidak diinginkan, pengguna dapat mengurusnya dengan mudah.

Leave a Reply