Perdagangan Internasional (pengertian,teori,bentuk,faktor,dan manfaatnya)

Perdagangan internasional- merupakan kegiatan jual beli yang dilakukan oleh suatu penduduk negara dengan penduduk negara lainnya atas dasar untuk memenuhi kebutuhan bersama. Dalam hal ini yang dimaksud penduduk ialah antar perorangan/individu dengan individu. Juga bisa antara individu dengan pemerintah dan suatu negara dengan negara lainnya.

Pengertian perdagangan internasional

perdagangan internasional

upload.wikimedia.org

Pengertian perdagangan internasional ialah hubungan kegiatan jual beli atau transaksi antara suatu negara dengan negara lainnya atas adanya kesepakatan kedua belah pihak.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwasanya perdagangan internasional ini dilakukan oleh penduduk,baik dari perorangan/individu,juga individu dengan pemerintah negara,negara dengan pemerintah negara lainnya.

Mungkin sebagian dari kita semua pernah membeli barang-barang/produk impor,seperti pakaian,alat-alat kecantikan,dan aksesoris lainnya. Selain barang banyak juga bahan makanan yang sehari-hari kita makan. Barang-barang itu bisa tersedia di indonesia yakni tidak lepas karena adanya perdagangan internasional.

Teori perdagangan internasional

perdagangan internasional

www.ekapija.com

Amir M.S menyatakan bahwa,jika dibandingkan dengan pelaksanaan perdagangan di dalam negeri sendiri. Perdagangan internasional sangat lebih rumit dan kompleks. Tingkat kerumitan tersebut tidak salah karena disebabkan adanya batas-batas politik yang bisa menghambat perdagangan. Contoh adanya bea,tarif,dan kuota/jumlah barang yang di impor.

Tidak hanya itu,kesulitan-kesulitan lainnya yang timbul yakni karena adanya perbedaan bahasa,mata uang,taksiran timbangan,budaya,dan hukum dalam perdagangan tersebut.

Berikut beberapa teori tentang perdagangan internasional antara lain  :

  • Model Ricardian,untuk memfokuskan pada kelebihan komparatif dan merupakan konsep yang paling penting dalam teori perdagangan internasional. Suatu negara akan mengkhususkan dalam memproduksi apa yang menurut mereka paling terbaik untuk diproduksi.
  • Model Heckscher- Ohlin,teori ini dibuat sebagai alternatif dari model Ricardian dan atas dasar kelebihan komparatif. Dengan mengesampingkan kompleksitas yang lebih rumit model ini tidak membuktikan dengan prediksi yang lebih akurat. Teori ini berpendapat bahwa pola dari perdagangan internasional ditentukan oleh adanya perbedaan dalam faktor pendukung. Model seperti ini memperkirakan kalau negara-negara akan mengekspor produk/barang yang membuat penggunaan intensif dari adanya faktor pemenuhan kebutuhan.
  • Faktor Spesifik,model seperti ini antara mobilitas buruh dengan industri satu dan yang lain pula sangatlah mungkin ketika modal tidak bergerak antar industri pada masa pendek. Faktor spesifik ini merujuk ke pemberian yaitu dalam faktor spesifik jangka pendek dari produksi.
  • Model Gravitasi Perdagangan yaitu,menyajikan tentang sebuah analisis yang lebih empiris dari pola perdagangan dibandingkan model yang lebih teoritis seperti diatas. Cara model ini yakni meniru hukum gravitasi Newton yang juga memperhitungkan jarak dan ukuran fisik diantara kedua bendanya. Model ini sudah terbukti lebih kuat secara empiris oleh analisis ekonometri.
  • Model Adam Smith,tentang memfokuskan pada keuntungan yang mutlak. Yang menyatakan bahwa suatu negara akan mendapatkan keuntungan yang mutlak. yaitu karena negara tersebut bisa memproduksi barang dengan biaya yang lebih rendah dari negara lainnya.

Kebijakan perdagangan internasional

perdagangan internasional

gurupendidikan.co.id

Kebijakan perdagangan internasional ialah semua tindakan pemerintah/negara,baik langsung atau tidak langsung guna mempengaruhi struktur,komposisi, dan arah serta bentuk perdagangan luar negeri.

Tujuan dari kebijakan perdagangan internasional sebagai berikut :

  • untuk melindungi kepentingan ekonomi nasional
  • sebagai melindungi lapangan kerja
  • guna menjaga stabilitas nilai tukar/kurs valas
  • untuk menjaga tingkat pertumbuhan ekonomi
  • menjaga keseimbangan neraca pembayaran internasional dan stabilitasnya

Secara umum pula kebijakan perdagangan internasional bisa dijabarkan sebagai berikut ini :

politik proteksi,adalah kebijakan pemerintah guna melindungi industri dalam negeri yang sedang bertumbuh dari persaingan-persaingan produk impor :

Tujuan dari kebijakan proteksi ialah :

  • memaksimalkan dan mengoptimalkan produksi dalam negeri
  • untuk menjaga tradisi dalam negeri
  • sebagai memperluas lapangan kerja
  • menghindari risiko yang kemungkinan terjadi bila menggantungkan dengan komoditi andalan
  • untuk menjaga stabilitas nasional

dalam politik proteksi kebijakan perdagangan internasional bisa dilakukan dengan melalui lima kebijakan berikut :

  • tarif  dan bea masuk
  • subsidi
  • dumping
  • kuota /pembatasan jumlah impor
  • pelarangan impor

politik autarki,adalah kebijakan perdagangan internasional yang tujuannya untuk menghindarkan diri dari pengaruh-pengaruh negara lain. Baik dari segi pengaruh ekonomi,militer atau politik.

Politik dagang bebas,merupakan kebijakan pemerintah untuk mengadakan perdagangan bebas antar negara. Alasan dari kebijakan ini ialah perdagangan bebas bisa mendorong setiap negara melakukan spesialisasi dalam memproduksi barang. Sehingga barang yang diproduksi memiliki keunggulan yang komparatif jika dibandingkan negara lainnya.

Hambatan perdagangan internasional

perdagangan internasional

informazone.com

Kegiatan perdagangan internasional pasti tidak lepas dari hambatan dan bahkan sering kali hambatan yang terjadi. Hambatan dalam perdagangan internasional ialah regulasi atau lebih dikenal dengan peraturan pemerintah yang membatasi perdagangan bebas.

Berikut ini adalah beberapa hambatan yang terjadi dalam perdagangan internasional antara lain :

  • perbedaan mata uang negara,dalam setiap negara pasti mata uang yang berlaku berbeda-beda. secara umumnya negara yang melakukan kegiatan ekspor,biasanya meminta kepada pengimpor untuk membayar dengan mata uang yang berlaku di negara pengekspor. tentunya dalam pembayarannya akan berkaitan dengan nilai uang itu sendiri. padahal setiap mata uang negara memiliki nilai yang berbeda-beda.
  • kualitas sumber daya yang rendah. Rendahnya kualitas tenaga juga bisa menghambat perdagangan internasional karena apabila sumber daya manusia yang rendah. dengan demikian maka kualitas hasil dari produk juga akan rendah pula.
  • sistem pembayaran yang sulit. ketika saat melakukan transaksi perdagangan internasional,negara dari pengimpor akan mengalami kesulitan dalam pembayaran. Jika pembayaran dengan tunai maka ditakutkan adanya risiko yang tinggi,seperti perampokan.
  • kebijakan impor dari suatu negara. Setiap negara pastinya juga akan melindungi hasil produksi sendiri. mereka tidak mau kalau hasil produksinya disaingi oleh hasil produk luar negeri. oleh karena itu setiap negara akan membuat kebijakan untuk melindungi hasil barang-barang dalam negeri.
  • organisasi-organisasi ekonomi regional. umumnya didalam suatu wilayah regional terdapat organisasi-organisasi ekonomi. tujuan mereka ialah untuk memajukan perekonomian negaranya. organisasi tersebut akan mengeluarkan peraturan baik ekspor dan impor yang khusus untuk negara anggotanya.
  • Adanya perang. Dengan terjadinya perang bisa menyebabkan hubungan antar negara akan terputus. selain dari itu kondisi perekonomian negara yang sedang berperang tersebut akan mengalami kelesuan. Hal seperti ini akan menghambat perdagangan antar negara.

Faktor pendorong perdagangan internasional

perdagangan internasional

http://kakakpintar.com

Banyak sekali faktor yang mendorong suatu negara untuk melakukan perdagangan internasional antara lain :

  • adanya ketersediaan sumber daya alam yang melimpah sedangkan negara lain belum tentu memilikinya,dan sebagai penghasil bahan tambang tetapi tidak semua negara sebagai penghasil juga.
  • sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan baik barang atau jasa dalam negeri dan luar negeri.
  • karena adanya kelebihan produk dalam negeri sehingga harus ada pasar yang baru untuk menjual produk/barang tersebut.
  • keinginan untuk membuka kerjasama,entah hubungan politik dan dukungan dari negara lainnya.
  • karena adanya era globalisasi yang mana tidak ada satu negara pun didunia ini mampu hidup sendiri,tanpa adanya bantuan dari yang lain
  • keuntungan yang diperoleh semakin banyak karena semakin banyak dan luas pangsa pasar dari barang-barang yang diproduksi
  • karena adanya perbedaan seperti sumber daya alam,tenaga kerja,iklim,budaya,dan jumlah penduduk. Dengan begitu menyebabkan hasil produksi yang berbeda dan juga ada keterbatasan pengetahuan serta modal
  • perbedaan kemampuan dan terbatasnya ilmu pengetahuan serta teknologi dalam pengolahan sumber daya alam yang dimiliki

Jenis-jenis perdagangan internasional

perdagangan internasional

intradebook.com

Selain dari teori,bentuk-bentuk dan kebijakan perdagangan internasional juga memiliki jenis-jenisnya sebagai berikut :

  • Ekspor,dalam ekspor sendiri terdapat dua macam cara yaitu :  -Ekspor biasa,yaitu pengiriman ke luar negeri dengan ketentuan yang berlaku dan ditunjukkan kepada pembeli diluar negeri. Dengan menggunakan letter of credits (L/C) sesuai ketentuan tertentu.  -Ekspor tanpa menggunakan L/C, yakni penjualan barang dengan mengirim barangnya terlebih dahulu dengan izin yang khusus dari departemen perdagangan.
  • Barter,adalah penjualan dengan cara pengiriman barang ke luar negeri untuk ditukarkan langsung dengan barang yang dibutuhkan dalam negerinya.
  • Konsinyasi (consigment), ialah penjualan dengan pengiriman barang dahulu. pada konsiyasi pembeli belum ada di luar negeri,namun menjualnya bisa dilakukan dengan melalui pasar bebas atau buras dagang yaitu dengan cara lelang.
  • Package deal,adalah kegiatan perdagangan yang dilakukan untuk memperluas pemasaran hasil produksinya suatu negara. Perdagangan seperti ini dilakukan dengan cara perjanjian dagang (trade agreement) dengan salah satu negara. isi dari perjanjian tersebut berupa ketetapan jumlah barang yang akan diekspor atau di impor.
  • Penyelundupan (smuggling). penyelundupan ialah suatu usaha yang dilakukan dengan tujuan memindahkan suatu kekayaan dari suatu negara menuju negara lainnya,tanpa memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku.
  • Border crossing,terjadinya perdagangan ini bagi negara yang saling berbatasan satu sama lainnya, sesuai dengan persetujuan tertentu. tujuan dari perdagangan ini supaya memudahkan penduduk negara yang dibagian perbatasan untuk mengalami kemudahan dan kebebasan dalam transaksi.

Contoh perdagangan internasional

perdagangan internasional

ulinulin.com

Dalam perdagangan internasional ada banyak contohnya yaitu :

  • indonesia menjual hasil bumi seperti cengkeh,lada,kopi,dan lainnya
  • sedangkan impor seperti pesawat,kereta api,dan kapal laut dari luar negeri
  • indonesia menjual hasil tambang seperti minyak bumi,batu bara,emas,dan lainnya
  • negara indonesia mengimpor buah kurma yang sangat diminati oleh masyarakat indonesia
  • indonesia mengekspor hasil kerajinan baik perorangan atau perusahaan

Manfaat perdagangan internasional

perdagangan internasional

marianaulfa11.files

  • mendapatkan barang yang tidak diproduksi di negaranya. contohnya masyarakat indonesia dapat menikmati buah kurma walaupun di indonesia tidak bisa berbuah kurma.
  • pasar yang semakin luas sehingga meningkatkan efisiensi produksi
  • untuk sebagai sumber devisa negara,dengan adanya perdagangan internasional menambah devisa jumlah negara yang menjual barang ke luar negeri. Devisa-devisa seperti ini bisa digunakan kembali untuk membeli barang dari luar negeri yang di gunakan untuk kebutuhan dalam negeri.
  • mendapat keuntungan dari spesialisasi, walaupun negara A bisa memproduksi barang D yang juga bisa diproduksi oleh negara B. Negara A bisa melakukan spesialisasi pada barang lain yang lebih efisien untuk diproduksi dan diimpor barang D dari negara B.
  • mendapat ilmu teknologi yang semakin modern. Dengan perdagangan internasional sangat kemungkinan suatu negara untuk mempelajari teknik lebih efisien dan alat-alat produksi yang semakin canggih.

Penutup

Sebagai penulis saya pribadi minta maaf jika masih banyak kekurangan dan kesalahan dalam penulisan serta bahasa yang kurang sopan. Semoga menambah pengetahuan dan wawasan kalian semuanya. Cukup sekian dan terima kasih.

 

Leave a Reply