Ayam Hias dan Kesayangan

 

Ayam jago biasanya di sabung tetapi saya menyarankan yang lain bagi anda semua yaitu sebagai ayam hias dan kesayangan.

Macam-macam ayam jago :

Ayam Serama

Ayam ini merupakan ayam terkecil di dunia yang berasal dari kelantan malaysia. Nama asli ayam serama ini berasal dari Sri Rama yang di pelihara daerah istana.

Ayam ini sangat cocok di pelihara karena sangat lucu dan unik dan bisa meneggakan dadanya hingga 90 derajat.

Cara merawatnya pun tidak terlalu sullit cukup dengan selalu menjaga kebersihan kandang dan pemberian pakan bagus. Lebih bagus lagi kalau setiap pagi dimandikan lalu di jemur.

Tidak hanya sebagai ayam hias pada akhir-akhir ini  sering dijadikan ayam kontes. Karena seperti mengajak bertarung selalu meneggakan dadanya.

Ayam Kate

Merupakan ayam yang postur tubuhnya agak lebih besar dari ayam serama .

Ayam kate /katai dalam bahasa inggris di kenal dengan ayam bantam karena pertama kali di temukan oleh pedagang eropa , pada tahun 1700an di pelabuhan pulau jawa atau tepatnya banten.

Karena bentuknya lucu dan unik ayam ini banyak di pelihara sebagai ayam hias bukan sebagai petelur dan pedaging.

Ayam kate/katai ini terakhir di silangkan dengan ayam serama oleh pebudidaya malaysia .

Cara perawatanya pun tidak jauh berbeda dengan ayam serama, cara beternak ayam kate yang baik dan benar yaitu dengan  :

  1. Memilih bibit yang bagus
  2. Membuat kandang yang bagus dan memadahi
  3. Memberikan pakan bernutrisi
  4. Memberikan minum pada ayam
  5. Dan jangan lupa memberikan vitamin pada ayam

Ayam Ketawa

Sering di sebut ayam jantan dari timur , ayam asli dari indonesia yang bersal dari kabupaten Sindrap , Sulawesi selatan.

Ayam ketawa secara fisik sangat mirip dengan ayam kampug perbedannya hanya penghujung kokoknya yang seperti ketawa suara manusia .

Pada era ini ayam ketawa  banyak dipelihara karena hobi ,hiburan atau hiasan di rumahnya akhir-akhir ini ayam hias sering dijadikan kontes.

Berikut tips cara merawat ayam ketawa:

  1. Selau rutin membersihkan kandang agar ayam tidak mudah terserang penyakit.
  2. Pemberian pakan yang bernutrisi .
  3. Dan memandikannya 3kali sehari agar kesehatannya terjaga dan bulunya terlihat bersih.
  4. Kalau bisa model kandang bertengger,karena memiliki alamiah suka naik.
  5. Nah untuk melatih berkoknya sebaiknya pilihlah suara ayam sudah jawara,atau pake audio dan pancing hingga ayam ikut berkokok.

Ayam Pelung

Ayam lokal yang bersal dari cianjur,Jawa Barat. Berbeda dengan ayam lainya pelung memiliki bulu yang berkilau dan memiliki kokok yang sangat panjang.

Ayam ini pertama kali di perkembang biakan oleh petani dan tokoh agama di daerah cianjur ,dia pertama kali dangan mengambil ayam muda yang berkoknya sangat panjang di bandingkan lainya lalu mengawingkan dengan ayam betina biasa .

Ukuran ayam ini relatif besar dengan bulu yang berkilau , berat ayam ini bisa mencapai 5-6 kg dengan tinggi 40 -50 cm .

Cara pemeliharaanya pun dibilang tidak sulit,model kandang umbaran dan kandang tertutupmetode seperti ini agar menjaga kebugaran ayam dan menjauhkan dari binatang buas .

Pembelian biibit sebaiknya memebeli langsung pada peternaknya agar tidak tertipu oleh penjualnya .

Melatih  pastinya bertahap awalnya dengan memandinkan dan menjemur pagi dan lalu dimakukkan ke kandang lalu di letakkan yang cukup tingggi agar supaya ayam tertarik untuk berkokok,di samping itu kita memeancing dengan mp3 suara ayam yang udah bagus.

Ayam Hutan

Ayam liar yang biasanya hidup dihutan ini dalam bahasa jawa sering disebut ayam alas sedangkan dalam bahasa inggris junglefowl.

Ayam kampung juga merupakan keturunan dari ayam hutan merah.

Hewan ini sering dipelihara karena memiliki warna bulu yang indah dan berkokok unik. Ayam hutan adalah pemakan segalanya walaupun cenderung memakan biji-bijian,terkadang daun-daun muda juga dimakan bahkan serangga kecil.

Tidak hanya menjadi hewan hias tak jarang akhir-akhir ini ada perlombaan,bahkan bisa menjadi mesin pencari uang sendiri yaitu dengan di ternak.

Model kandang ayam hutan ini hampir mirip dengan kandang burung perbedaannya hanya lebih kuat saja. Cara perawatan pun tidak sulit sama dengan seperti di atas,tapi cara memandikan ayam ini lebih baik pakai sampo agar bulu tambah mengkilap dan wangi.

Ayam Cemani

Ayam ini sering di sebut mistis karena memiliki bulu,darah,dan daging yang berwarna hitam.

Ayam cemani merupakan asli dari indonesia dan berasal dari jawa nama cemani sendiri berasal dari bahasa jawa kuno yang artinya hitam legam.

Misteri ayam cemani,warna hitam legam menyelimuti seluruh tubuh ayam ini,mulai dari paruh,jengger,pial,bola mata,lidah,mulut,rongga mulut,bulu,dubur,dan cakarnya.

Cara merawatnya seperti halnya ayam di atas,hewan ini dijadikan hias karena memiliki bulu yang berwarna hitam legam dan berkokok sangat lantang.

Ayam Bangkok

Asal mula ayam ini di temukan di China pada tahun 1400  seiring berjalannya waktu ayam ini dIsilangkan berbagai ayam bangkok lainya,hingga meluas sampai seluruh dunia .

Cara merawatnya pun tidak susah cukup dengan memandikan setiap pagi lalu dijemur sekitar satu jam setelah itu lalu masukkan lagi ke kandang tertutup.

Ayam batik

Walaupun memiliki warna batik ayam ini tidak berasal indonesia nama asli ayam ini adalah sebright habitat asli mereka adalah benua eropa banyak orang mengira bahwa ayam ini berasal dari italia teryata itu juga salah , sebenarnya mereka berasal dari Inggris .

Warna bulunya berukir-ukir seperti batik dengan motif sisik ikan yang rapih. Memiki warna dasar coklat kemerahan atau kekuningan dan disebut batik kanada,serta berwarna dasar putih keperakan disebut batik Itali. Bukan hanya di Indonesia, ayam ini telah memikat orang banyak dunia, sehingga penyebaran ayam ini  meluas ke seluruh dunia.

Pemeliharaan ayam ini biasanya dengan model umbaran di taman karena memiliki corak yang sangat unik.

Perawatannya seperti ayam-ayam biasa .

Ayam Kalkun

Ayam kalkun ini memiliki postur yang sangat besar dari spesies unggas  ordo gaallifrmes geneus meleagris. Ayam jantan kalkun memiliki ukuran tubuh yang lebih dan bulunya berwarna warni dari ayam kalkun betina.

Terdapat dua spesies ayam kalkun,yaitu ayam kalkun M. Gallopavo yang berasal dari Amerika Utara,sedangkan ayam kalkun M. Ocellata berasal dari Amerika Tengah. Ayam kalkun adalah jenis hewan aseksual,karena unggas ini memiliki kemampuan  yang unik dalam reproduksi .

Ayam kalkun betina dapat bertelur tanpa di buahi pejantan tetapi keturunannya sangat rentan terkena penyakit.

Ayam Bekisar

Ayam bekisar adalah persilangan antara ayam hutan hijau dengan ayam kampung,mereka memiliki tubuh yang lebih kecil dari ayam kampung jantan,tetapi lebih besar dari induk jantanya. warna bulunya kehijauan dan mengkilap,memiliki suara yang halus dan khas,tersusun dari dua nada.

perwatanya juga seperti ayam hutan .

Dan masih banyak lagi unggas yang unik dan lucu untuk dipelihara. Mungkin cukup sekian dulu yang saya bisa sampaikan,kurang lebihnya mohon maaf sebesar-besarnya,salam satu hobi unggas indonesia. Karya anak negri.

Leave a Comment