√3+ Contoh Teks Deskripsi | Spatial, Subjektif & Objektif

Artikel ini akan menguraikan mengenai contoh teks deskripsi dari beberapa jenis. Di samping itu juga dalam artikel lain juga akan menguraikan mengenai contoh teks eksposisi, contoh teks negoisasi, contoh teks prosedur kompleks, dan contoh teks anekdot. Sebab, beberapa teks tersebut sering kali digunakan dalam berbagai hal.

Pengertian Teks Deskripsi

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah suatu paragraf atau teks yang menggambarkan suatu benda, manusia, hewan, dan lain sebagainya. Hal itu bertujuan agar seseorang yang membaca bisa merasakan atau menggambarkan terhadap apa yang diceritakan dalam suatu teks.

Di samping itu, teks deskripsi juga merupakan suatu karangan tertulis yang di dalamnya terdapat gagasan utama yang dapat menggambarkan sebuah objek, kejadian, tempat, dan lain sebagainya secara jelas dan rinci.

Sementara itu, menurut para ahli teks deskripsi merupakan suatu rencana atau wacana yang disusun sedemikian rupa yang dapat digunakan untuk menyajikan berbagai hal yang di dalamnya mengandung unsur penggambaran. Hal itu bertujuan agar pembaca seolah dapat melihat dan merasakan sebuah objek yang sedang diceritakan dalam teks.

Struktur Teks Deskripsi

Struktur Teks Deskripsi

Teks deskripsi mempunyai struktur tersendiri yang membedakannya dengan teks lainnya. Adanya struktur yang tepat dan sesuai membuat teks ini menjadi lebih teratur dan rapi. Adapun strukturnya meliputi identifikasi, klarifikasi, dan deskripsi. Identifikasi merupakan struktur bagian pertama yang memaparkan identitas suatu objek yang dibahas.

Identifikasi tersebut memberi informasi umum bagi pembaca mengenai objek yang dibahas. Klarifikasi adalah struktur teks bagian kedua yang menguraikan mengenai penyusunan bahasan suatu objek yang ditetapkan berdasarkan system dalam sebuah kelompok  sesuai dengan kaidah yang ditetapkan. Sementara itu, deskripsi merupakan bagian yang menguraikan tentang gambaran dan memberi penjelasan tentang suatu objek yang akan dibahas.

Contoh Teks Deskripsi Spatial

contoh Contoh Teks Deskripsi Spatial

Teks deskripsi spatial merrupakan paragraf yang didasarkan pada ruang dan waktu. Penulis biasanya menggambarkan suatu ruangan dari kiri ke kanan, timur ke barat, dari atas ke bawah, dari depan ke belakang, dan sebagainya. Jadi, teks ini menguraikan suatu objek dengan menonjolkan pada suatu tempatnya atau susunan ruang, sehingga seringkali yang menjadi objek adalah suatu tempat. Berikut adalah contoh teks deskripsi jenis spatial.

Bangunan gedung olahraga baru itu dibangun di atas tanah seluas satu hektar. Bangunan tersebut mempunyai bentuk lingkaran dengan luas 1000 m2. Jika dilihat dari luar maupun dari atas, bangunan ini tampak seperti setengah bola atau agak oval.

Di sana terdapat sebuah patung orang yang sedang memanah berdiri tegak di depan gedung yang berwarna biru putih. Patung tersebut tampak terlihat sangat besar, terlebih lagi dilihat dari jarak yang sangat dekat. Fungsinya adalah sebagai tanda atau semacam monument bahwa gedung tersebut merupakan sentra olahraga.

Di sekitar gedung juga terdapat jalur lari yang mengelilingi bangunan utama gedung. Sementara iru, di dalamnya terdapat lapangan-lapangan yang bisa digunakan sebagai olahraga futsal, bulu tangkis, basket, dan lain sebagainya.

Gedung ini juga dilengkapi dengan pencahayaan yang sangat baik dengan 100 lampu tembak yang besar diletakkan di atas setiap tempat olahraga atau ruangan. Gedung ini juga mempunyai kursi duduk yang berjumlah 10000 kursi bagi penonton. Selain itu juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti kamar ganti, toilet, ruang medis , hingga ruang official.

Contoh Teks Deskripsi Subjektif

Contoh Teks Deskripsi Subjektif

Teks deskripsi subjektif merupakan paragraf yang menggambarkan suatu objek sesuai dengan apa yang dirasakan dan dilihat oleh penulisnya. Artinya penulis teks seringkali menggambarkan suatu objek berdasarkan pendapat atas perspektif pribadi. Jadi, teks deskripsi subjektif ini tidak sama dengan teks yang berpola spatial.

Hal pertama yang dilakukan oleh penulis teks adalah mengambil posisi atau sudut pandang tertentu. Kemudian secara berurutan menggambarkan benda tertentu yang ada dalam suatu tempat, biasanya dimulai dari yang paling dekat kepada yang paling jauh. Di bawah ini merupakan contoh teks deskripsi subjektif.

Candi Borobudur adalah candi yang sangat indah yang dimiliki oleh Indonesia. Beberapa tahun yang lalu candi ini menjadi salah satu tujuh keajaiban dunia. Candi ini sangat besar dan berbentuk bujur sangkar yang dihiasi dengan stupa-stupa yang menakjubkan. Bagian tengah stupa-stupa yang melingkar indah terdapat stupa utama yang lebih besar dibanding yang lainnya.

Situs ini mempunyai 2.672 panel relief dan 504 arca Budha, sebab candi ini merupakan peninggalan kerajaan Budha yang terlengkap di dunia, dimana dibangun pada masa Dinasti Syailendra. Sampai saat ini candi tersebut terawat dan tertata baik dan selalu menjadi andalan destinasi wisata di Indonesia. Di sana kita bisa banyak belajar tentang sejarah masa kerajaan Budha di Indonesia.

Contoh Teks Deskripsi Objektif

Contoh Teks Deskripsi Objektif

Teks deskripsi objektif merupakan paragraf yang menggambarkan suatu objek dengan jelas dan apa adanya sesuai dengan fakta dan kondisi umum, tanpa adanya kesan pribadi dari penulis. Artinya, teks ini ditulis tidak berdasarkan perspekif penulis sendiri, sehingga sifatnya lebih objektif atau tidak berat sepihak.

Untuk menggambarkan suatu objek secara jelas, rinciannya dilakukan dengan gambaran bentuk fisik sesuai dengan apa yang dilihat oleh penulis. Seperti halnya wajah, warna kulit, rambut, bentuk, sikap dan sifat, dan lain sebagainya. Jadi, apa yang melekat pada suatu objek tersebut harus digambarkan dengan rinci sesuai fakta.

Berikut ini merupakan contoh teks deskripsi objektif, dimana ini diambil dari teks subjektif tersebut di atas yang kemudian dibentuk menjadi teks objektif.

Candi Borobudur merupakan situs peninggalan sejarah di Indonesia, khususnya pada masa kerajaan Budha. Situs ini terletak di Borobudur, kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi yang berbentuk stupa ini dibangun pada masa Dinasti Syailendra yang menganut Budha Mahayana sekitar tahun 800 Masehi.

Candi ini terdiri atas enam teras yang berbentuk bujur sangkar juga terdapat tiga pelataran melingkar di atasnya. Bagian dinding pada candi ini dihiasi dengan panel relief yang jumlahnya 2.672 dan arca Budha sebanyak 504. Stupa utama candi ini terletak di tengah-tengah bangunan serta dikelilingi oleh tiga barisan stupa yang melingkar dan berjumlah 72 stupa.

Selain contoh teks seperti di atas, juga ada contoh lain, sebagaimana di bawah ini:

Surabaya merupakan salah satu kota tua di Indonesia. Selain itu juga termasuk kota metropolitan yang menjadi pusat perdagangan, industri, hingga pendidikan. Kota ini terletak di bagian Timur Provisi Jawa Timur dan berbatasan dengan Madura. Eksistensi kota ini sudah terlihat sejak masa Mataram Islam, dimana Surabaya menjadi salah satu wilayah kekuasaannya dengan sebutan wilayah mancanegara.

Setelah kekuasaan Mataram Islam runtuh dan kolonialisme Barat mulai mendominasi, kota ini tetap menjadi objek beberapa kegiatan. Terlebih lagi di kota ini mempunyai lokasi yang strategis, sehingga mudah bagi colonial Eropa untuk menjangkaunya. Letaknya dekat dengan laut, dimana terdapat pelabuhan Perak dan juga Kalimas yang sering digunakan sebagai jalur dan sarana dalam berbagai hal, khususnya perdagangan.

1 thought on “√3+ Contoh Teks Deskripsi | Spatial, Subjektif & Objektif

Leave a Comment