Mengenal Pasar Modal dari Pengertian, Ciri-ciri, Instrumen, Contoh dan Manfaatnya Dengan Lengkap

Pasar Modal adalah – Suatu Aktivitas yang berhubungan sama perdagangan efek dan penawaran umum. Selain itu didalam pasar modal terdapat pula alternatif seperti investor, asuransi, membeli tanah, emas atau bangunan.

Pasar modal merupakan penghubung antara perusahaan dengan investor yang melalui perantara perdagangan instrumen jangka panjang misalnya saham, obligasi.

Sejarah Pasar Modal

Pasar Modal

yukinvestasisaham.com

Menurut sejarah dari buku “Effectengids” bahwasanya kalau pada tahun 1880 sudah dimulai berlangsung transaksi efek, akan tetapi hal ini tanpa organisasi resmi jadi catatan tersebut tidak lengkap.

Salah satu perusahaan perkebunan “Cultur Maatschappij Goalpara” di tahun 1892 mengeluarkan penjualan 400 saham yang mana per saham harganya 500 gulden. Pada tahun 1896 “harian centrum dari Djoejakrta mengeluarkan juga penjualan saham yang di bandrol 105 ribu gulden, akan tetapi pada harga perdana 100 gulden setiap sahamnya.

Pemerintah kolonial belanda sekitar abad ke- 19 sudah mulai membangun kebun secara besar-besaran di indonesia. Nah salah satu sumber yang didapat adalah dari para penabung yang sudah di pasrahkan dengan sebaik-baiknya. Dan orang penabung tersebut adalah orang belanda dan eropa yang penghasilan tersebut jauh sangat lebih tinggi jika dibandingkan sama orang pribumi.

Bah asal mula itulah orang kolonial belanda mendirikan pasar modal di indonesia. Mereka juga sebelumnya telah mengadakan persiapan jauh-jauh hari. Akhirnya Amsterdamse Effecttenbueurs bisa mendirikan cabang di batavia (jakarta) sekitar tanggal 14 Desember 1912. Serta menjadi penyelenggara Vereniging voor de Effectenhandel sekaligus melangsungkan perdagangan di kancah asia.

Itulah Sejarah singkat mengenai awal mula pasar modal di indonesia.

Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal

  • Pasar Uang adalah pertemuan antara pemilik modal sama customer atau pembeli baik secara bertatap muka atau bertemu langsung serta melalui perantara atau yang sering di sebut broker.
  • Salah satu alat keuangan yang mana memperjual belikan surat berharga semisal saham dan obligasi dengan jangka panjang yang diterbitkan oleh pemerintah ialah Pasar modal.

Struktur Pasar Modal

Pasar Modal

memebali.blogspot.co.id

Dalam pasar modal juga terdapat strukturnya jadi semua kegiatan pasar modal sudah bagus dan rapi mulai otoritas jasa keuangan dan kebawah-nya seperti bursa efek, lembaga kliring dan penjaminan, lembaga penyimpanan dan penyelesaian.

Pasar Modal Syariah

Tahukah Anda bahwa pasar modal syariah merupakan pasar modal yang benar dengan syariah islam. atau instrumen yang dipakai telah berdasarkan prinsip & mekanisme yang tidak bertentangan dengan agama islam.

Bahwasanya efek syariah yang bisa digunakan sesuai fatwa MUI pada tahun 2003 yang berbunyi sebagai berikut ini :

  • Saham Syariah harus mencakup sama efek syariah, reksa dana syariah, Obligasi syariah, atau investasi kolektif efek beragam Aset serta serta lainnya berdasarkan prinsip syariah.
  • Surat Berharga Komersial Syariah memiliki surat pengakuan atas pembiayaan berdasarkan waktu yang ditentukan dan prinsip-prinsip syariah.

Pelaku Pasar Modal

Pasar Modal

www.varchev.com

Siapakah pelaku dalam pasar modal? Pelaku utama dalam pasar modal ialah perusahaan atau instansi yang bakal melakukan penjualan saham dan pemodal atau pembeli yang hendak membeli instrumen yang telah ditawarkan oleh sang penjual.

Emiten

Badan usaha yang menerbitkan saham buat menambah modal, atau juga mengeluarkan obligasi agar mendapatkan utang dari pihak investor dari bursa efek nah itulah yang namanya emiten.

Bursa Efek

Kegiatan perdagangan efek pasar modal yang dibuat oleh badan usaha tempat penyelenggaaran tersebut yang dinamakan bursa. Pada zaman dahulu di indonesia terdapat dua bursa efek yakni bursa efek Surabaya (BES) dan Bursa efek Jakarta. Namun sekarang kedua bursa efek tersebut telah digabung berubah namanya menjadi Bursa Efek Indonesia (BEI)

Investor

Pihak yang membeli atau menjual efek itu merupakan investor. Selain itu pihak ini merupakan yang menanamkan modal ke bentuk bursa efek.

Perantara Perdagangan Efek

Ialah perantara atau lebih dikenal dengan makelar/ broker pihak ini merupakan yang membantu pihak lain agar mudah melakukan transaksi penjualan dan pembelian. Namun juga memberikan imbalan jika menggunakan jasa broker.

Badan pelaksana pasar modal

Ialah lembaga atau badan yang mengatur dan mengawasi jalanya pasar modal. Salah satu contohnya yakni mengeluarkan emiten dari lantai bursa serta memberikan sanksi kepada pihak yang melanggar tata tertib pasar modal. lembaga pemerintah yang dibawah kementerian keuangan adalah BAPEPAM.

Lembaga Penunjang Pasar Modal

Pasar Modal

www.tugassekolah.com

Pasar modal juga memiliki lembaga yang fungsinya mendukung kegiatan atau kerjanya pasar modal. Bahwasanya juga sudah jelaskan sesuai UU nomor 8 1995 bab 6 ada 3 lembaga yang menunjang pasar modal antara lain :

  • Kustodian

Salah satu dari fungsi kustodian adalah berhak mengadakan kegiatan usaha. Contohnya perusahaan efek, penyimpanan dan penyelesaian, atau bank umum yang sudah mendapatkan persetujuan dari BAPEPAM. Berdasarkan UU nomor 8 1995 bab 6 pasal 43 ayat pertama.

  • Biro Administrasi Efek

Lembaga yang memiliki peran sebagai penunjang yang melakukan administrasi berkenaan kepentingan emiten dan investor. Dalam kegiatan pasar modal jasa administrasi efek sangat penting dan tahun dami tahun mengalami perkembangan yang luas dan pesat. Tidak hanya itu saja, ada beberapa juga kegiatan dari biro administrasi efek seperti dibawah ini.

  1. membuat laporan jika diminta oleh perusahaan yang memiliki kewenangan, Contoh BAPEPAM
  2. Merangkai atau membuat susunan daftar pemegang saham dan perubahan buat pembukuan pemegang sahamnya berdasarkan emiten
  3. Melaksanakan pengalihan hak dan kegiatan penyimpanan atas saham investor
  4. Membantu underwriter dan emiten pada rangka emisi efek
  • Wali Amanat (Trustee)

Lembaga yang diperlukan hanya ketika perusahaan menerbitkan suatu efek dalam bentuk obligasi yang sebagai penunjangnya pasar modal adalah wali amanat. Wali amanat merupakan yang bertindak memberikan amanat kepada si pemberi. Investor adalah pemberi amanat pada penerbitan obligasi. Wali amanat memiliki tugas dalam penerbitan obligasi diantaranya adalah :

  • menilai kekayaan yang dimiliki emiten yang nantinya yang nantinya sebagai jaminan
  • Mengawasi kekayaan yang dimiliki emiten
  • memantau perkembangan perusahaan emiten dan jika perlu memberikan nasihat kepada emiten
  • salah satu agen utama dalam pembayaran
  • mengawasi dan memantau kepada pembayaran bunga dan pinjaman bunga pokok obligasi

Baca Juga : Pengertian, ciri-ciri dan contoh perdagangan internasional [terbaru]

Instrumen Pasar Modal

Pasar Modal

ekonomipasarmodal.blogspot.co.id

dalam Instrumen pasar modal tidak hanya satu jenis saja melainkan juga terdiri dari saham, obligasi dan derivatis. Nah buat Anda yang masih awam mengenai jenis-jenis tersebut mari kita ulas bersama sebagai berikut ini :

Saham

Salah satu jenis instrumen pasar modal ini biasanya dijual bursa efek ialah saham. Tanda penyertaan modal kepada suatu perseroan atau PT adalah saham.

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika memiliki saham seperti dibawah ini :

  • Capital Gain, Laba yang didapat dari selisih harga jual beli saham
  • Deviden, Merupakan bagian keuntungan yang dibagikan ke pemilik saham
  • Manfaat non finansial, memiliki hak suara dalam kegiatan perusahaan

Emiten menerbitkan saham terbagi menjadi 2 yaitu : Common Stock atau saham biasa dan Preffered Stock juga bisa disebut saham yang istimewa.

Saham juga memiliki 3 macam nilai diantaranya :

    • Nilai efektif, ialah nilai yang tertera pada kurs resmi apabila saham itu diperjualbelikan di bursa
    • Salah satu nilai yang tercantum dalam saham ia adalah Nilai Nominal
    • Nilai saham yang ketika diperjualbelikan disebut Nilai Instrinsik

Obligasi

Instrumen pasar modal selanjutnya adalah, obligasi merupakan surat pengakuan hutang perusahaan yang mana akan dibayar sesuai waktunya yang tertera dan sesuai nominal. Dalam obligasi penghasilan ialah yang didapat dari tingkat bunga yang hendak dibayarkan perusahaan penerbit obligasi sesuai jatuh tempo-nya.

  • Obligasi atas nama atau (registered bonds). Merupakan yang memiliki kewenangan jumlah nilai uang obligasi tersebut sesuai nama yang tercantum di obligasi itu.
  • Obligasi atas unjuk (bearer bonds). Yakni pemegang obligasi merupakan yang dianggap sebagai pemilik atas hak obligasi yang dipegang.

Derivatif

Selain dua jenis instrumen pasar modal yang telah dijelaskan diatas terdapat pula jenis instrumen yang bisa digunakan sebagai media diantaranya warrant, option, dan right.

Baca Juga : 15+ Contoh Kata Pengantar makalah, Laporan, Skripsi, dan Proposal Secara Lengkap

Contoh Pasar Modal

Pasar Modal

cermati.com

Jenis pasar modal yang ada di indonesia yakni Bursa Efek Indonesia (BEI) yang mana merupakan gabungan dua jenis bursa efek yang ada di indonesia. yaitu bursa efek Jakarta dan bursa efek Surabaya. Contoh pasar modal yang ada didunia adalah :

  • Jamaica Stock Exchange
  • New York Stock Exchange
  • London Stock Exchange
  • Nasdad
  • Japan Stock Exchange Group
  • Deutsche Borse
  • Toronto Stock Exchange
  • Hongkong Stock Exchange

Contoh Perusahaan Pasar Modal

Indonesia juga memiliki perusahaan publik yang beberapa tahun silam mendapatkan  predikat “Top Perfoming Listed Compaines 2012” diantaranya adalah sebagai berikut ini :

PT Astra Internasional Tbk, PT Lippo Cikarang Tbk, PT United Tractor Tbk, PT Intraco Penta Tbk, PT ALam Sutera Reality Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia, dan PT BNI Securities.

Peran Pasar Modal

Pasar Modal memiliki peran utama yaitu ada dua :

  1. Berperan salah satu sarana pendanaan usaha untuk perusahaan. Supaya perusahaan tersebut bisa menjual sahamnya dan memperoleh dana dari masyarakat pemodal atau inestor
  2. Dan menjadi salah satu sarana investasi investor atau pemodal. Dengan tujuan dapat menginvestasikan dana yang dimiliki kepada perusahaan berdasarkan tingkat laba den resiko yang diterima.

Fungsi Pasar Modal

Pasar Modal

ahlipengertian.com

  • Salah satu sarana penambah modal buat usaha perusahaan bisa mendapatkan dana dengan cara menjual sahamnya ke pasar modal. Nantinya saham-saham tersebut akan dibeli oleh masyarakat umum, lembaga, perusahaan atau pemerintah
  • Menciptakan lapangan kerja baru. Dengan adanya pasar modal ini bisa mendorong dan berkembangnya industri-industri lain dan berdampak banyaknya lapangan kerja yang bisa dimanfaatkan.
  • Sarana peningkatan pendapatan negara. Karena Setiap deviden yang dibagikan ke pemilik saham akan dikenai pajak, yang mana nantinya pajak tersebut sebagai pendapatan negara
  • Pemerataan pendapatan,sesuai jangka waktu yang tertentu, saham-saham yang sudah dibeli oleh investor akan mendapatkan deviden yakni bagian keuntungan bagi pemilik perusahaan dan pemilik saham. Sehingga bisa disebut sebagai pemerataan pendapatan.
  • Salah satu indikator perekonomian negara. Dengan aktivitas dan volume penjualan/pembelian saham yang semakin meningkat. Dengan ini  berarti menandakan bahwa ada kegiatan bisnis dari berbagai perusahaan yang berjalan baik.

Manfaat Pasar modal

Pasar Modal

cermati.com

Sangat banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari pasar modal diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Jaringan bisnis di indonesia semakin luas
  • Sebagai sarana tempat Jual beli instrumen modal
  • berpengaruh terhadap harga jual beli barang konsumsi masyrakat
  • memudahkan masyarakat untuk bisa memperoleh barang konsumsi
  • Masyarakat jadi bisa menikmati barang/produk dari suatu perusahaan
  • Pasar modal bisa mempengaruhi kebijakan ekonomi penerintah
  • Waktu menggunakan dana masyarakat jadi semakin luas
  • dengan adanya pasar modal ikut serta dalam kegiatan pembangunan ekonomi
  • investor juga lebih tau dan mudah untuk berpindah dari perusahaan ke perusahaan lainnya yang nilai deviden lebih tinggi
  • selain itu investor juga mengikuti kegiatan perusahaan dengan melalui rapat pemilik saham perusahaan/ pemegang saham.

Itulah kawan-kawan mengenai pasar modal mungkin sudah jelas ya tentang pasar modal. Sementara kita cukup kan tentang artikel pasar modal semoga dengan adanya artikel singkat ini bermanfaat untuk kita semua. Admin mohon maaf jika masih banyak kekurangan dan kesalahan cukup sekian dan terimakasih.

Leave a Reply