√5+ Contoh Teks Eksposisi Terlengkap | Proses, Perbandingan, Ilustrasi, & Berita

Mungkin bagi sebagian orang masih sulit membedakan antara teks eksposisi dengan opini dan semacamnya. Keduanya memang mempunyai kesamaan dalam hal susunannya yang meliputi pernyataan pendapat, argumentasi, dan penegasan ulang pendapat. Berikut ini ada beberapa contoh teks eksposisi untuk lebih mudah memahaminya.

Teks eksposisi merupakan teks informasi yang bentuknya singkat, padat, dan jelas. Teks eksposisi ada beberapa macam yaitu ilustrasi, berita, perbandingan, proses, definisi, pertentangan, dan analisis. Selain menjelaskan beberapa contoh dari jenis eksposisi, di sini juga akan menguraikan tentang contoh teks deskripsi, contoh teks negosiasi, contoh teks prosedur kompleks, hingga contoh teks anekdot.

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi

contoh teks eksposisi

Eksposisi ilustrasi adalah paragraf yang menjelaskan mengenai suatu hal sesuai dengan ilustrasi yang sudah ada. Adapun contoh teks eksposisi untuk jenis ilustrasi adalah sebagai berikut:

Smartphone atau ponsel pintar mempunyai kelebihan yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk hal-hal yang positif. Adanya kecanggihan ponsel pintar tersebut menjadikan manusia mudah dalam melakukan berbagai hal. Meskipun demikian, ponsel pintar harus digunakan dengan bijak dan baik agar tidak mudah rusak dan kehilangan fungsi utamanya. Jika ponsel pintar sudah kehilangan fungsi utamanya, maka tidak bisa digunakan lagi oleh manusia untuk berbagai keperluan.

Ilustrasi di atas sangat tepat untuk menggambarkan bagaimana kita harus memaksimalkan tenaga kita dalam bekerja. Sebagaimana penggunaan ponsel pintar, tenaga harus kita gunakan secara optimal dan bijak pula. Jika digunakan melebihi batas kemampuan, maka kita akan mengalami kelelahan dan kemudian menjadi rentan terserang penyakit sehingga akan membuat kita tidak kuat untuk bekerja sebagaimana biasanya. Oleh sebab itu, kita harus bijak dalam menjaga kesehatan tubuh.

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

Contoh Teks Eksposisi

Eksposisi perbandingan sendiri adalah teks yang menjelaskan mengenai perbandingan antara satu hal dengan yang lainnya. Biasanya menggunakan kata hubung “sementara itu” dan semacamnya, sebagaimana contoh di bawah ini.

Sepak bola merupakan permainan olahraga yang dilakukan dengan cara menendang, menggiring, dan mengoper bola dengan tujuan memasukkan bola ke dalam gawang lawan. Selain itu juga membutuhkan kerjasama team dan taktik yang baik diantara para pemain. Seperti halnya sepakbola, futsal juga merupakan permainan yang membutuhkan kerjasama team dan taktik yang baik untuk memasukkan bola ke dalam gawang lawan.

Meskipun demikian, keduanya merupakan olahraga yang berbeda. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari jumlah pemain setiap team dan luas lapangan. Jumlah pemain futsal setiap team adalah 5 orang, sementara itu, sepak bola jumlah pemain adalah 11 orang. Lapangan futsal juga lebih sempit jika dibanding dengan lapangan sepak bola, sebab hal itu menyesuaikan dengan jumlah pemainnya. Demikian, kedua olahraga tersebut sangat terkenal dan digemari banyak orang di seluruh dunia.

Contoh Teks Eksposisi Berita

Contoh Teks Eksposisi

Teks eksposisi berita adalah paragraf yang memaparkan mengenai fakta yang sedang maupun telah terjadi. Seringkali teks ini digunakan dalam portal berita, berikut adalah contoh teks eksposisi berita.

Dua wakil Indonesia berhasil lolos ke babak semifinal French Open 2018, Jumat 25 Oktober 2018 atau Sabtu dinihari WIB. Pada babak perempat finan, Indonesia sebenarnya menempatkan lima wakilnya di setiap nomor. Ganda putra Marcus Ferdinaldi Giedon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menjadi wakil Indonesia pertama yang lolos.

Marcus/Kevin yang merupakan unggulan pertama meraih tiket semifinal sesudah mengalahkan wakil Chinees Taipe, Chen Hung Ling/Wang Chi-Lin. Nantinya pada laga semifinal, Marcus/Kevin akan berebut tiket laga puncak dengan wakil India yaitu Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Selain ganda putra, nomor ganda putri Indonesia juga turut menyumbangkan wakilnya di semifinal yaitu Greysia Polli/Apriyani Rahayu. Mereka mengakahkan wakil Denmark, Meiken Fruergaard/Sara Thygesen. Dengan demikian, tiga wakil Indonesia lainnya belum berhasil masuk babak semifinal yaitu Gregoria Mariska Tujung, Jonatan Christie, dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. (Disadur dari olahraga.kompas.com)

Contoh Teks Eksposisi Proses

Contoh Teks Eksposisi

Teks eksposisi proses merupakan paragraf yang menguraikan tentang suatu proses, seperti tata cara dan langkah membuat sesuatu atau melakukan suatu hal. Berikut adalah contoh teks eksposisi proses.

Nasi goreng merupakan makanan khas dan lazim yang ada di Indonesia. Makanan ini sering dimasak dan disajikan dimana saja seperti rumah, warung, hingga restoran; baik untuk sarapan maupun makan malam. Nasi goreng termasuk makanan yang mudah untuk dibuat sebab caranya yang sederhana serta bahannya yang mudah didapat.

Adapun bahan-bahan yang harus disiapkan diantaranya adalah:

  1. Nasi putih secukupnya
  2. Bawang merah
  3. Bawang putih
  4. Minyak goreng/mentega
  5. Kecap atau saus
  6. Bahan tambahan seperti telur, irisan daging ayam, sawi, mie, ataupun sosis.

Adapun langkah yang harus dilakukan untuk membuat nasi goreng adalah:

  1. Siapkan bahan tersebut dan beberapa peralatan seperti spatula, penggorengan, da kompor,
  2. Masukkan minyak goreng atau mentega dalam penggorengan di atas api yang sedang
  3. Masukkan beberapa bahan seperti bawang merah, bawang putih, hingga telur kedalam minyak yang sudah cukup panas baru masukkan nasi secukupnya kemudian aduk hingga rata,
  4. Angkat penggorengan dan tiriskan nasi goreng yang sudah matang di atas piring, jika ingin tampilannya lebih cantik bisa diberi topping seperti irisan telur dadar atau sosis hingga sayuran tertentu seperti tomat,
  5. Nasi goreng siap untuk dihidangkan.

Contoh Teks Eksposisi Definisi

Contoh Teks Eksposisi

Teks eksposisi merupakan suatu paragraf yang memaparkan mengenai definisi atau pengertian suatu hal ataupun topik tertentu. Berikut adalah contoh eksposisi definisi tentang puisi.

Puisi merupakan karya sastra dari hasil kontemplasi dan perasaan seorang penyair. Bahasa yang digunakan dalam puisi selalu berkaitan dengan irama, matra, rima, penyusunan lirik dan bait, sebab agar puisi yang dibuat terlihat bagus dan enak didengar. Selain menggunakan gaya tersebut, pada umumnya puisi selalu penuh makna yang tersirat dengan beragam makna. Bahasa puisi disajikan seindah mungkin untuk membuat setiap kata dan kalimat menjadi lebih bermakna.

Contoh Teks Eksposisi Analisis

Contoh Teks Eksposisi

Teks eksposisi analisis merupakan paragraf yang menjelaskan mengenai analisa suatu kejadian atau yang lainnya sesuai dengan data maupun informasi yang telah ditemukan. Di bawah ini adalah contoh eksposisi analisis.

Pendidikan merupakan suatu hal yang penting bagi setiap manusia. Melalui pendidikan manusia akan belajar banyak hal, seperti belajar untuk mandiri, bersikap dewasa, bertanggung jawab, dan sebagainya.

Hal tersebut sesuai dengan definisi pendidikan, dimana menurut KBBI maupun para ahli pendidikan. Menurut KBBI, pendidikan adalah proses mengubah sikap dan tata laku seseorang atau kelompok dalam bentuk pengajaran yang bertujuan untuk mendewasakan individu atau kelompok orang tersebut.

Sementara itu, pendidikan menurut M.J. Lavengeld adalah upaya dalam membimbing manusia yang belum dewasa ke arah kedewasaan. Selain itu, pendidikan juga merupakan usaha dalam menolong anak untuk melakukan tugas-tugas hidupnya secara mandiri serta bertanggungjawab di lingkungan sosial.

Dari definisi di atas bisa disimpulkan bahwa pendidikan sangat penting bagi pembentukan kedewasaan manusia. Melalui pendidikan manusia bisa lebih dewasa, mandiri, serta bertanggungjawab atas setiap apa yang dilakukannya, terlebih lagi di lingkungan sosial. Di samping itu, pendidikan juga bisa membentuk jati diri seseorang dan menentukan masa depannya, sebagaimana yang diucapkan oleh ahli pendidikan, Lavengeld.

3 thoughts on “√5+ Contoh Teks Eksposisi Terlengkap | Proses, Perbandingan, Ilustrasi, & Berita

Leave a Comment