√ 5+ Bacaan Doa Sholat Tarawih, Witir Lengkap Latin & Terjemah

Doa solat tarawih- Bulan suci ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan. Amalan sunnah yang dianjurkan pada bulan tamadhan yakni sholat tarawih yang dilakukan secara berjamaah setelah solat isya’.

Adapun pengerjaan solat tarawih layaknya solat pada umumnya yang di dahului dengan niat. Sedangkan untuk jumlah rakaatnya paling minimal 8 rakaat dan maksimal 20 rakaat disertai witir yang ganjil bisa 1-3 rakaat. Bila mengerjakan 3 rakaat yakni dua rakaat lalu ditambah lagi 1 rakaat. Jadi 3 rakaat tersebut tidak langsung sekali.

Mari disimak ulasan dibawah berikut agar tahu dengan jelas tanpa bimbang dalam mengerjakan sholat tawarih antara lain sebagai berikut :

Niat Sholat Tarawih

Dikarenakan sholat tarawih lebih diutamakan berjamaah, maka kami akan menyiapkan lafalnya agar mudah dimengerti teman-teman :

niat solat tarawih

Latinnya : Ushalli Sunnatat Tarawhi Rak’ataini Mustaqbilal Qiblati Ada’an Imaman Lillahi Ta’ala

Adapun contoh lafal niat bagi makmum dibaca hendak solat tarawih.

Sholat Tarawih

Latin : Ushalli Sunnatat Tarawhi Rak’atayni Mustaqbilal Qiblati Ada’an Ma’muman Lillahi Ta’ala

Artinya : Aku menyengaja sembahyang sunnah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT.

Lafadz keduanya diatas ini dikutip dari sumber www.nu.or.id yang mana berlandas dari beberapa sumber seperti kitab Irsyadul Anam karya dari Sayyid Ustman bin Yahya.

Bacaan Doa Sholat Tarawih Arab

Bahwasanya para ulama sepakat kalau sholat tarawih merupakan ibadah yang sangat dianjurkan di bulan ramadhan. Kalau siang hari melaksanakan puasa (shaum), maka di malam hari ialah kesempatan waktu bagi umat muslim menghidupkan ramadhan dengan cara shalat tarawih.

Karena bulan ramadhan merupakan yang istimewa, momentum yang sayang bila ditinggalkan adalah berdoa/bermunajat pada malam hari. Apalagi dalam bulan puasa terdapati malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan yakni Lailatul Qadar.

Berikut ini merupakan doa kamilin yang lazim dibaca para sesepuh kita (ulama) :

Doa sesudah Sholat Tarawih

Doa Sholat Tarawih Latin

Allahummaj’alnaa bil imani kamiliin. Wa lil faraidli muaddin. Wa lishti hafidhin. Wa liz-zakati fa’iliin. Wa limaa indaka thalibin. Wa li’afwa rajin. Wa bil-lhuda mutamassikin. Wa’anil lagwi mu’ridlin. Wa fid-dunya zahidin. wa fil akhirati raghibin. Wa bil-qadla’i radlin. Wa lin na’ma’i syakirin. Wa ‘alal bala’i shabirin. Wa tahta lawa’i muhammdain shallallahu ‘alaihi wasallam yaumal qiyamati sa’irina wa ilal haudli waridin. wa ilal jannati dakhilin. wa min sundusin wa istabraqin wadibajin mutalabbisin. wa min tha’amil jannati akilin. wa min labanin wa ‘asalin mushaffan syaribin. Bi akwabin wa abariqa wa ka’sin min ma’in. Ma’al ladzina an’amta ‘alaihim minan nabiyyina wash shiddiina wasy shuhada’i wash shalihina wa hasuna ula’ika rafiqan. Dalikal fadl-lu minallahi wa kafa billahi ‘aliman. Allahummaj’alna fi hadzihil lailatisy syahrisy syarifatil mubarakati minas su’adail maqbulin. Wa la taj’alna minal asyqiya’i mardudin. wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa alihi wa shahbihi ajmain. Birahmatika ya arhamar-rahimin wal hamdulillahi rabbil ‘alamin.

Arti Doa Sholat Tarawih

“Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban, yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zakat. yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu yang berpegang petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia. yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan qadla-Mu, yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah. yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang menjunjungi telaga (Nabi Muhammad). yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk diatas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari. yang mengenakan berbagai sutra, yang makan makanan surga, yang minum susu & madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik, itulah keutamaan anugerah dari Allah & cukuplah bahwa Allah maha mengetahui.

Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan sahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai yang paling penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam” (Sayyid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-Aidrus, Jakarta)

Baca Juga : Contoh Do’a Untuk Orang Sakit & Orang Tua

Niat Sholat Witir

Sebelum melakukan solat alangkah baiknya kita mengetahui batasan dan minimum dalam solat sunah tersebut, antara lain sebagai berikut ini:

Solat witir minimal jumlah rakaat dalam solatnya yakni 1 rakaat dan sedangkan maksimum 11 rakaat. Bagi anda yang ingin mengerjakan lebih banyak bisa mempraktikannya dengan satu salam dua rakaat serta ditutup satu rakaat satu salam. Lebih mudahnya dengan jumlah rakaat yang ganjil.

Adapun berikut ini contoh niatnya :

niat solat witir

Latin : Ushallii Sunnatal Witri Rak’atan Lillahi Ta’aalaa

Artinya : Aku menyengaja sembahyang sunnah bagian dari solat witir satu rakaat tunai kepada Allah SWT


Latinnya : Usholli Sunnatal witri Rok’ataini lillahi Ta’aala

Artinya : Aku menyengaja sembahyang sunnah bagian dari shalat witir dua rakaat tunai sebagai makmum karena Allah SWT

Bacaan Doa Sholat Witir Arab

Latin bacaan doa setelah solat witir

“Allahumma Inni A’udzu Bi Ridhooka Min Sakhotik Wa Bi Mu’aafaatika Min ‘Uqubatik , Wa A’udzu Bika Minka Laa Uh-shi Tsanaa-an ‘Alaik, Anta Kamaa Atsanaita ‘Ala Nafsik”

Terjemahnya :

Ya allah, aku berlindung dengan keridhaanMu dari kemarahanMu, dan dengan keselamatanMu dari hukumanMu & aku berlindung kepadaMu dari siksaMu. Aku tidak mampu menghitung pujian dan sanjungan kepadaMu, Engkau adalah sebagaimana yang Engkau sanjungkan diriMu sendiri.

Demikianlah rangkaian doa yang bisa kami berikan, apabila masih banyak kekurangan dan kesalahan mohon maaf sebesar-besarnya, Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply