kumpulan doa untuk orang tua yang masih hidup atau sudah meninggal

Doa untuk orang tua

Sebagai seorang anak maka kita sepatutnya harus mendoakan/doa untuk orang tua,karena orang tua tidak pernah meminta balasan dari seorang anak kecuali doa.

Telah disebutkan dalam suatu riwayat muslim mengenai do’a anak soleh dan sholehah. Arti dari hadist tersebut adalah “apabila manusia meninggal,maka terputuslah amamlnay kecuali 3 perkara.

Amal sedekah jariyah,ilmu yang bermanfaat,dan anak soleh yang mendo’akan orang tuanya (hadist riwayat muslim).

Berikut dibawah memaparkan dan memberi contoh beberapa amalan do’a yang diamalkan setiap setelah solat 5 waktu,juga bisa sewaktu-waktu.

Doa anak kepada orang tua dan saudaranya

doa untuk orang tua

sumber dari https://anekadoa.com

latin: allaahummaaghhfirli,waliwaalidayya,war hamhumma,kamaa robbayaanii shagiiroo.

walijami’il muslimina, walmuslimaati,walmu’miniina,wal mu’minaati,al ahyaa’i minhum wal amwaati,wataabi’ bainanaa,wa bainahum bil khoiraati,robbighfir warham wa anta khoirur roohimiina, walaa quwwata, illa biilaahi ‘aliyyil adzim.

Bacaan doa diatas bisa diamalkan untuk mendoaakan kedua orang tua dan saudara. Semoga kita semua termasuk anak soleh dan solehah,dan tidak termasuk anak yang durhaka terhadap orang tua.

 

Doa untuk kedua orang tua

doa untuk kedua orang tua

sumber dari https://zulkarnain.files.wordpress.com

selanjutnya yaitu do’a untuk kedua orang tua dan sudah umum dikalangan orang muslim,dan sudah tidak asing didengar telinga.

Namun walaupun pendek dan sudah umum tetapi doa ini sangat mustajab. Ajarkan kepada anak sejak dini mungkin supaya agar menjadi anak yang soleh dan solehah.

Dan sebagai penolong orang tuanya entah siksa kubur dan api neraka.

Doa untuk orang tua yang sakit

doa untuk orang tua

sumber dari https://2.bp.blogspot.com

latin: allahumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syifaauka, syifaan laa yughaadiru saqamaa.

Apabila suatu keadaan,salah satu orang tua kita sakit. Sebagai mana yang telah rasulullah ajjarkan ke sahabatnya. Yaitu mendoaakan seperti doa di atas tersebut.

Tujuan dari orang tua merawat kita yaitu tidak lain supaya ketika orang tua sakit atau meninggal ada yang selalu merawat dan mendo’akannya.

nah,sebagai anak yang berbakti kepada orang tua sepatutnya untuk mendoakannya. supaya segara diangkat semua penyakit dan rasa sakit tersebut.

 

 

Doa untuk orang tua yang sakit parah

 

doa untuk orang tua

sumber dari https://4.bp.blogspot.com

latin : allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khoirolli, watawaf-fannii adza kaanat wafaatu khoirolli.

sebagai anak hati kita akan terasa tidak enak dan sedih jika orang yang telah melahirkan dan mendidik sampai besar sakit parah. tetapi kita juga tidak tega melihat yang di derita orang tua.

maka dengan itu marilah kita untuk berusaha ikhlas. apabila memang kondisi tersebut tidak memungkinkan sembuh seperti semula,berdoalah seperti lafal di atas tersebut.

dan berharap semoga allah swt memberikan yang terbaik buat orang tua kita.

Doa untuk orang tua yang sudah meninggal

 

doa untuk orang tua

sumber dari https://4.bp.blogspot.com

latin: allahummaghfirlahu,warhamhu,wa’afihii,wa’fu anhu,wa akrim nuzulahu,wa wassi’madkholahu,waghsilhu bilmaai, watstsalji,walbarodi,wanaqqihi,minal khothooyaa kama yunaqqots tsaubal abyadhu minaddanasi

wa abdilhu daaron khoiron min daarihi wa ahlan khoiron min ahlihi wazaujan khoiron min zaujihi wa adkhilhuljannata wa ‘aidzhu min ‘adzaabilqobri  wafitnathi wamin ‘adzaabinnari.

artinya: wahai allah ampunilah dan rahmatilah,bebaskanlah,lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya,luaskanlah jalan masuknya,cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk,dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan seperti batu baju putih yang bersih dari kotoran,dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya,dan keluarga yang lebih baik,dari yang ditinggalkannya pula. masukkanlah  dia ke surga,dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya,dan siksa api neraka.

Doa diatas tersebut dibacakan untuk ayah yang telah meninggal. sedangkan untuk ibu yang telah meninggal lafal kata terakhir “hu” di ganti menjadi “ha” contoh allahummaghfirlaha dan seterusnya.

Doa ini bisa dibacakan setelah melihat jenazah atau telah di semayamkan,juga saat ziarah ke makamnya.

Setelah solat fardlu juga bisa diamalkan insyaallah amalan baik yang kita kerjakan akan selalu mengalir untuk kedua orang tua kita. walaupun mereka telah meninggal.

Dampak negatif anak durhaka

Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang soleh atau solehah namun semua tersebut juga tergantung kita mendidiknya. mempunyai anak soleh dan solehah itu merupakan kebahagiaan semua orang tua.

jadi semua itu bagaimana cara kita mendidik supaya menjadi anak yang soleh. namun walaupun sudah mendidik sesuai agama masih ada juga yang tetap durhaka kepada orang tua.

berikut ini dampak negatif dari anak durhaka ke orang tua :

  • yang pertama anak tersebut dimurkai oleh allah swt. Hal ini sudah sangat jelas sebagaimana suatu hadis yang artinya ridho tergantung ridho kedua orang tua.
  • celaka dunia dan akhirat,jika ada anak yang durhaka kepada orang tua pasti hidupnya akan banyak cobaan untuknya. Selain itu di akhirat akan mendapatkan azab yang pedih.
  • amal kebaikannya tidak akan diterima oleh allah swt. Dalam hadis qudsi allah swt berfirman yang intinya jika ada anak durhaka kepada kedua orang tua. maka tidak akan menerimanya.
  • solatnya tidak akan diterima allah swt. Apabila ada anak yang memandang kedua orang tuanya dengan benci maka solatnya tidak diterima.
  • tidak melihat rasulullah saw ketika hari kiamat. Bahwa rasulullah saw bersabda “semua muslimin akan melihatku di hari kiamat kecuali orang yang durhaka kepada orang tuanya.

Dampak positif anak soleh 

semua orang tua akan merasakan dampaknya jika mempunyai anak yang soleh,baik didunia,alam kubur,dan akhirat. selain itu juga sebagai amal jariyah orang tua.

Berikut dibawah ini manfaat atau dampak dari anak soleh.

  • doa anak soleh akan dikabulkan. Seperti hadis rasulullah bahwa ketika manusia mati akan terputus amalannya kecuali tiga perkara salah satunya doa anak soleh kepada orang tua.
  • dipanjangkan umurnya, sebagaimana sabda rasul. Sesungguhnya allah tidak akan menangguhkan umur seseorang bila sampai ajalnya. Allah hanya menganugerahkan kepada keturunan yang soleh kepada seorang hamba. orang tua yang di doakan akan sampai ke alam kuburnya (hadis riwayat. hakim dari abu darda’)
  • derajatnya akan diangkat oleh allah swt. Nabi muhammad menerangkan bahwa setelah meninggal dunia,derajat seseorang masih bisa diangkat. Mayat tersebut akan terkejut atas derajatnya yang ditinggikan. lalu berkata “ya allah ,apa ini? maka akan dijawab. itu semua karena anakmu yang selalu memintakan ampunan untukmu (HR.bhukori dalam adab mufrad,dari abu huarairah).
  • selain itu karena anak soleh nama baik akan selalu terjaga dan akan terhindar dari fitnah.

Leave a Reply