√ 5+ Cara Mengecek Nomor Resi JNE Paling Akurat

Nomor resi ialah nomor bukti dari pengiriman yang berasal dari jasa ekspedisi/logistik. Secara umumnya tertera dengan bentuk lembaran kertas dengan rupa nomor resi tertentu.

Biasanya pada nomor resi tercantum beberapa informasi tentang pengiriman diantaranya nama pengirim, penerima, alamat tujuan, tanggal, isi paket, nilai barang, ongkos kirim dan lain-lain.

Berikut ini ada beberapa contoh mengenai cara mengecek nomor resi ekspedisi dari JNE antara lain sebagai berikut :

Cara Mengecek Resi JNE Via Hp

cek resi JNE via android

 

Bila sobat menggunakan smartphone/Hp cara mudah yakni cukup dengan menginstal aplikasi MyJNE di google play. Namun bila cek resinya tidak sering atau jarang, cukup saja dengan browser di HP saja agar tidak menghabiskan storage di handphone sobat.

Ponsel apa saja bisa yang terpenting sudah tersedia browser dan koneksi internet, alhasil bisa memakai ponsel Iphone, Android, Blackberry ataupun nokia.

Dalam hal ini terdapati 3 yang menentukan kecepatan ketika mengecek resi yakni, kualitas internet, server dari JNE dan server pihak ketiga. Bila dalam keadaan normal maka cek resi JNE menggunakan Hp sangat cepat prosesnya. Hanya dalam sekain detik saja.

Apakah bisa mengecek resi dengan via SMS, sementara saat ini layanan dengan ini belum ada. Tapi jika sobat menerima ekspedisi JNE YES biasanya akan menerima pemberitahuan dengan SMS bahwasanya paket sedang dikirim oleh kurir.

Jika sudah menerima notifikasi dengan pesan singkat seperti itu berarti tinggal menunggu kurir mengantarkan sampai rumah sobat.

cek resi via sms

Cek Resi Dengan Nama

bisakah cek resi dengan nama?

Ternyata cara cek resi dengan nama tidak bisa. Sebab nama bukanlah hal yang unik dikarenakan banyak orang yang memiliki nama yang sama.

Guna memudahkan pelacakan barang yang dibeli, pihak JNE memberikan nomor Air Way Bill / Resi yang berupa kode unik berisi nomor yang tidak berurutan bahkan gabungan angka dan huruf juga. Kode ini terletak pada barcode yang bisa dipindai (scan).

Pihak pengirim dan pembeli hanya dapat mengetahui bila sobat sudah memasukkan nomor resi tersebut. Disisi lain nama, nomor resi juga mengandung informasi lain seperti lokasi terakhir dan status pengiriman paket.

Cara Mengecek Resi JNE Express

cek nomor resi JNE Ekspress

  1. Cari nomor resi (Airway Bill Number / No e-connote / No Barcode) pada kertas bukti pengiriman paket
  2. Masukkan nomor Barcode tersebut pada kotak tracking pengiriman
  3. Selanjutnya klik button yang tersedia di sebelah kanan
  4. Maka paket barang/kiriman yang di kirim statusnya akan muncul di bawah kotak pencarian
  5. Mengenai tracking paket yang lainnya silahkan ulangi seperti langkah-langkah diatas

Fungsi Nomor Resi

fungsi nomor resi

Nomor resi berfungsi sebagai bukti pengiriman, bahwa bukti paket pesanan dari customer sudah benar-benar di kirim oleh pihak penjual.

Ketika sobat mendapat nomor resi dari penjual jangan langsung percaya. Nomor resi juga dapat dipalsukan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab guna mengelabui customer. Oleh hal itu setiap sobat membeli atau belanja online jangan sampai lupa untuk menanyakan nomor resi pengiriman paket dan segeralah mengeceknya.

Leave a Reply