√ 15+ Makanan Khas Magelang Paling Enak dan Nikmat +[Legendaris]

Magelang adalah salah satu kota dan kabupaten dari provinsi jawa tengah selain itu magelang terkenal akan makanan khas magelang yang bakal memanjakan lidah Anda.

Tidak sekedar wisata alam dan sejarahnya Magelang juga terkenal akan kulinernya seperti kupat tahu, sego godog, getuk magelang, tape ketan, bakso kerikil dan masih banyak lagi.

Meskipun Magelang merupakan kota/kabupaten yang kecil, kota ini sangat di sukai para wisatawan luar negeri dan domestik. Mungkin Anda mengira kalau Magelang cuma terkenal dengan candi Borobudur saja, nah ternyata itu salah guys karena Magelang masih banyak kekayaan alam dan kulinernya.

Kalau kalian mempunyai saudara, kawan, sahabat, atau orang tua dimagelang wajib dicoba nih makanan khas magelang, pasti akan bikin lidah Anda bergoyang. Pas banget dengan nuansa magelang yang dingin sambil menikmati makanan khas-nya. Berikut ini daftar menu kuliner magelang yang rekomended banget dari kami, simak dengan saksama ya guys :

Kupat Tahu Khas Magelang

Makanan Khas Magelang

Mungkin makanan ini sudah tidak asing lagi namun bagi masyarakat indonesia kupat tahu yang paling di gemari yakni berasal dari Singapura, Surakarta dan Magelang.

Kupat tahu Magelang mempunyai keistimewaan pada bagian bumbu sebab terdapat pelengkap yang tidak ada dua-nya. Sedangkan kupat tahu Singapura terdapat tauge yang sudah di rebus, kalau kupat tahu Magelang terdapat irisan bakwan, kubis, kol, mie dan tahu putih serta bumbu kuah yang sangat lezat.

Bumbu kupat tahu terdapat kacang yang dihaluskan dengan cara di uleg, hal ini menambah cita rasa yang sangat enak dan bisa riques pedasnya. Jadi sangat rugi kalau main ke magelang belum merasakan makanan khas ini.

Bakso Kerikil Khas Magelang

bakso kerikil badakan

Kalau akhir-akhir ini ada yang ngehits bakso jumbo, bakso hamil dan lain-lain, berbeda dengan magelang karena mempunyai makanan khas yaitu bakso kerikil.

Dari segi ukuran pasti beda ya, namanya saja bakso kerikil pastinya ya ukurannya kecil. Nah kalau di Jakarta juga sempat hits maka di Magelang sudah lama terkenal dan hits jauh-jauh hari.

Mungkin dari segi rasa dan kuah tidak jauh beda banget, hanya saja harga bakso kerikil di Magelang jauh lebih murah. Anda bisa menemukan kuliner ini di sekitar taman badakan kota Magelang.

Gethuk Bollen Khas Magelang

makanan khas Magelang

Sejatinya bolen adalah makanan khas Bandung hanya saja di Magelang Pastry telah di modifikasi dengan makanan khas Magelang ialah gethuk. Alhasil menjadi makanan ini menjadi gethuk bollen.

Inovasi makanan khas ini sudah dikenal dari tahun 2001, selain ada juga makanan khas yang sejenis gethuk bollen yakni gethuk cotot putih dan hitam. Perlu di coba nih gethuk bollen khas Magelang.

Tape Ketan Muntilan

Tape Ketan Muntilan

Makanan khas Magelang selanjutnya adalah tape ketan, makanan ini merupakan jajanan tradisional biasanya kita sangat mudah menemukan di rumah masyarakat Magelang. Kebanyakan hari besar seperti lebaran, nikah, dan acara adat lainnya.

Tape ketan sendiri terbuat dari beras ketan yang di fragmentasikan, nah kalau warna hijau berarti telah diberi pewarna, jadi jangan takut itu tetap sehat kok. Bagi Anda yang dari luar kota makanan khas ini bisa dijadikan buah tangan kok. Anda bisa menemukan di pusat oleh-oleh sekitar Muntilan.

Gethuk Karet

makanan khas magelang

Makanan khas magelang gethuk karet meupakan berbahan dasar singkong yang sudah di olah menjadi demikian rupa dan varian rasa. Nama gethuk karet karena pembuatannya terletak di dusun karet desa bulurejo.

Nah kalau Anda minat bisa langsung datang ke dusun sehingga tahu pembuatan dan harga yang cenderung lebih murah meriah. Packingnya pun juga menarik alhasil menjadi daya tarik juga untuk membeli.

Buntil Daun Talas

makanan khas Magelang

Kuliner selanjutnya adalah buntil talas khas Magelang, makanan tradisional ini sudah sangat familiar untuk masyarakat Magelang, tapi entah kalau luar magelang.

Bahan-bahan untuk membuatnya juga mudah kok, cukup menyiapkan daun talas muda, parutan kelapa, ikan asin kecil-kecil, dan petai atau melanding. Biasanya setelah di bungkus daun talas cukup diikat dan di masak. Jika Anda penasaran coba cari referensi untuk membuatnya.

Buntil daun talas sangat lezat untuk dinikmati dengan kondisi hangat dan nasi panas, rasanya itu mak nyus banget.

Sego Godhog Khas Magelang

Makanan Khas Magelang

Makanan khas ini tidak jauh dengan mie godhok, hanya saja kalau mie godhok di dominasi dengan mie sedangkan sego godhok lebih banyak dengan nasinya. Kebanyakan para penjual akan menawarkan dahulu antara nasi godhog dan mie godhog. Kuliner yang menjual ini paling dekat dengan alun-alun magelang ialah milik pak manto.

Selain itu masih banyak juga makanan yang siap saji low seperti nasi tumpeng, nasi box, dan paket harian. Cocok banget bagi Anda yang sedang mempunyai hajatan, pernikahan, atau acara keluarga.

Senerek Khas Magelang

Makanan Khas Magelang

Udara yang sejuk dan dingin kota Magelang sangat cocok sambil menikmati sup senerek khas Magelang. Kuliner ini konon pada zaman belanda menjadi makanan favorit di kota Magelang.

Sup senerek Magelang yakni terdiri dari kacang merah, wortel, bawang merah, kuah yang di lengkapi dengan daging ayam dan sapi. Biasanya makanan seperti ini sering dibuat oleh masyarakat magelang.

Banyak juga ibu-ibu muda yang masih mempunyai balita hidangan ini dibuatkan untuk anaknya yang masih kecil. Karena di percaya dapat menghangatkan badan dan segar.

Gethuk Cotot Khas Magelang

Makanan Khas Magelang

Selain gethuk bollen, dan gethuk karet kota magelang juga mempunyai makanan khas lainnya yaitu gethuk cotot. Jajanan ini sangat populer di kalangan masyarakat Magelang.

Nama gethuk cotot tidak lepas karena dimakan akan mengeluarkan isinya yakni gula pasir. Bahan dasar dari gethuk cotot ini adalah ketela. Uniknya lagi gethuk cotot terbagi menjadi dua jenis : gethuk cotot hitam, dan putih.

Rasanya yang lezat pas pertama kali digigit akan mengeluarkan gula pasir yang telah mencair karena digoreng.

Wedang Kacang

Makanan Khas Magelang

Berikut ini kami akan berbagi tentang kuliner khas Magelang yang berupa minuman yaitu bernama wedang kacang. Nama wedang kacang tidak lepas dari bahasa jawa yang diartikan dalam bahasa indonesia adalah “Minuman Kacang”.

Kalau kita amati gambarnya wedang kacang mirip dengan jenang atau bubur. Jika kita meminum wedang kacang maka tubuh kita akan terasa hangat, hal seperti ini tidak lepas dari bumbu kuahnya yang terbuat dari rempah-rempah alami.

Mangut Lele

Makanan Khas Magelang

Tidak hanya pecel lele lamongan saja lo, kuliner Magelang juga mengolah lele menjadi mangut. Mangut lele bisa Anda jumpai tidak hanya di Magelang saja melainkan juga yogyakarta. Untuk Anda yang ingin mencoba sensasi mangut lele bisa datang ke warung makan purnama yant terletak di dusun Tangkilan, Desa Pabelan, Kecamatan Mungkid.

Makanan khas ini menyuguhkan rasa yang pedas, gurih, dan manis. Cita rasa tersebut sangat merasuk ke lele di lengkapi kuah dan santan yang menyatu menjadi warna kuning kemerahan.

Harus dicoba nih, kalau bicara saja bikin ngiler bukan hehehehe. Jangan lupa mampir ya kalau ke Magelang.

Mangut Beong

Makanan Khas Magelang

Pas waktunya berbicara tentang mangut beong, selain mangut lele magelang juga terdapat makanan khas ini low. Kuliner ini sejak dari dulu sudah laris tapi kini menjadi tambah populer karena banyaknya wisatawan dari luar daerah dan luar negeri.

Bagi kalian yang tidak tahu apa itu beong? Beong merupakan sejenis ikan yang mirip dengan ikan patin, lele hanya saja kehidupan ikan ini di sungai atau progo. Dilengkapi dengan kuah kaldu yang sangat lezat dan bumbu yang merasuk ke ikannya.

Ikan beong sangat mudah di temukan di perairan Magelang, selain itu katanya hanya ada di sungai Magelang. Hemb wajib di coba nih kuliner ini.

Slondok Khas Magelang

Makanan Khas Magelang

Apakah Anda pernah mendengar dengan makanan ini “Slondok”, mungkin cukup terbilang unik namanya. Menurut berbagai wisatawan yang berkunjung ke Magelang bahwa mereka mengatakan kalau Slondok memang terbilang aneh dan unik namanya.

Mereka mengatakan bahwa kalau berkunjung ke Magelang makanan ini wajib di coba, karena rasanya yang lezat juga dan bisa di jadikan camilan ketika berlibur di Magelang.

Slondok merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar singkong, cocok banget untuk menganjal perut yang kosong. Sekarang slondok juga tersedia dengan berbagai varian rasa seperti keju, balado, dan lain-lain. Camilan ini juga mudah di temukan di pusat oleh-oleh Magelang.

Wajik Khas Magelang

Makanan Khas Magelang

Kalau jalan-jalan di Magelang belum lengkap rasanya kalau tidak membeli buah tangan wajik khas Magelang. Wajik merupakan makanan yang sering di jumpai dalam acara pernikahan, lebaran, dan adat jawa.

Bahan dasar dari wajik ialah dari beras ketan putih terus di padukan dengan gula merah, sehingga warna merahnya alami. Jika di konsumsi sangat aman sebab tanpa menggunakan bahan-bahan kimia.

Makanan ini sangat legendaris sebab dari dulu makanan ini turun temurun. Anda juga dapat menemukan varian rasa yang hijau, tetap aman juga low sebab dari warna daun pandan.

Geblek Khas Magelang

Makanan Khas Magelang

Sekilas namanya sangat unik, mungkin juga ada yang menganggap berkonotasi yang negatif. Di balik namanya yang unik dan lucu itu makanan ini sangat di gemari oleh masyarakat Magelang.

Lebih lezat lagi kalau di buatkan kuah yang pedas manis pasti akan mirip dengan empek-empek palembang. Meskipun menciptakan rasa yang alot (kenyal) gemblek sangat di minati banyak wisatawan maupun masyarakat sekitar.

Geblek adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung singkong. Dahulu makanan ini sangat banyak peminatnya, namun kini karena banyak makanan yang lebih menarik tampilannya seakan-akan camilan ini sepi peminat. Untuk menemukan jajanan khas ini Anda cukup ke pasar. Insyaallah akan mudah untuk menemukan penjualnya.

Pothil Khas Magelang

Makanan Khas Magelang

Makanan khas Magelang selanjutnya ialah pothil yang merupakan olahan dari ketela pohon yang telah diproses dan diberi rempah-rempah pilihan. Camilan ini bentuknya unik sebab mirip dengan cincin dengan warna coklat muda.

Camilan ini cocok dimakan dengan bakso, atau soto cukup dicampur dengan kuahnya. Cukup mudah bagi Anda yang ingin membeli camilan ini sebab banyak yang menjajakan makanan ini.

Grubi Khas Magelang

makanan Khas Magelang

Sudah tahukah Anda dengan makanan khas Magelang ini, jajanan pasar ini dahulu sangat mudah di temukan di berbagai pasar di Magelang. Namun kini lambat tahun makanan yang terbuat dari ubi jalr ini semakin jarang.

Tenang saja bagi Anda yang ingin membeli untuk buah tangan, cukup menghampiri ke toko oleh-oleh. Karena kini grubi di kemas dengan lebih modern sehingga memudahkan para pembeli untuk membawanya.

Grubi sendiri adalah makanan yang terbuat dari ubi jalar yang sudah di olah dan di bentuk seperti bola-bola kecil dan dibumbui gula merah, alhasil gurbi menciptakan rasa manis dan tekstur yang renyah.

Gula Kacang Khas Magelang

Makanan Khas Magelang

Kemudian yang terakhir ini adalah gula kacang. Bahan utama dari makanan khas Magelang ini ialah kacang dan gula merah atau gula jawa. Pembuatan makanan ini terbilang mudah juga, mula-mula kacang di sangrai terlebih dahulu. Selanjutnya kacang di celupkan ke dalam gula jawa sesudah itu kacang di diamkan hingga benar-benar mengeras.

Dan gula kacang pun siap untuk di hidangkan dan cocok pula untuk di jadikan sebagai buah tangan keluarga. Cita rasa yang gurih dan manis pas, meskipun teksturnya keras akan tetapi lebih mirip dengan coklat isi kacang.

Itulah teman-teman berbagai jenis makanan khas Magelang yang wajib Anda coba ketika mampir, atau berkunjung ke Magelang. Cukup sekian dulu ya teman pembahasan tentang makanan khas Magelang.

Semoga dengan ini bisa menjawab pertanyaan Anda semua yang bingung membelikan buah tangan untuk keluarga. Sekian yang bisa kami sampaikan dan terimakasih.

Leave a Reply