8 Kandidat Suporter Terbanyak di Indonesia Yang Pastinya Bikin Kamu Merinding

Sepakbola merupakan cabang olahraga yang sangat digemari dan terkenal memiliki penggemar yang sangat banyak dibandingkan cabang olahraga lainnya. Suporter terbanyak di indonesia itu ada 8 kandidat dan bahkan dikenal mata dunia.

Pss Sleman

suporter terbanyak di indonesia

http://cdn2.tstatic.net

perserikatan sepakbola Sleman kemudian di singkat menjadi pps Sleman agar mudah dikenal masyarakat daerah Sleman khususnya. tim sepakbola yang berbasis daerah yogyakarta ini didirikan pada tanggal 20 mei 1976.

Pss Sleman ini memiliki julukan dengan super elja (super elang jawa) selain itu juga dikenal dengan laskar sembada.

suporter Pss Sleman terpecah menjadi dua yakni brigata curva sud (BCS) dan Slemania,dengan perjuangan masyarakat sekitar yang antusias sehingga sampai kini terkenal sampai asia yang jumlah suporternya terbanyak dan kompak.

Persebaya Surabaya

suporter terbanyak di indonesia

www.ngopibareng.id

Bonek dan Bonita merupakan pendukung setia klub sepakbola yang asli asal Surabaya yaitu bernama persebaya. nama bonek merupakan dambil dari isatilah akronim bahasa jawa “Bondo Nekat” yang berarti dengan ” Modal Nekat”.

Nama istilah bonek pertama kali muncul oleh harian pos jawa 1989 dengan menggambarkan fenomena suporter persebaya,yang datang ke jakarta dengan jumlah yang banyak dan berbondong-bondong.

Namun dengan nama istilah bonek mereka sering berkelahi dan menjarah warga,bahkan sampai sekarang banyak masyarkat yang masih trauma dengan perilaku suporter persebaya ini. Walaupun bonek yang sekarang telah berubah secara 360 derajat dan sudah tidak anarkis kembali.

Persija Jakarta

suporter terbanyak di indonesia

assets-a1.bolasport.com

The Jakmania merupakan suporter setia klub sepakbola asli ibu kota jakarta,yakni Persija jakarta. selain itu klub ini memiliki julukan ” Macan Kemayoran” yang berbasis di Daerah Keistimewaan Jakarta.

Sistem pengurus suporter persija sangat terkoordinasi secara baik,sehingga sangat mudah diatur oleh pemimpin the jakmania.

Suporter persija menggunakan atribut orange,jadi mereka yang akan membakar semangat para pemain persija.

Persib Bandung

suporter terbanyak di indonesia

http://cdn.bidhuan.id

Viking merupakan sebutan pendukung setia persib Bandung. Nama sebutan ini terinspirasi oleh suku bangsa viking negara Skandinavia yang terkenal suka menjelajah wilayah.

Awalnya hanya beberapa bobotoh (sebutan semua anggota viking) yang selalu setia menyaksikan pertandingan persib Bandung. karena dengan kreatifitas dan kekompakan pendukung ini semakin tahun bertambah banyak.

Sampai saat ini hingga penjuru dunia pun mengagumi kekompakan dan jumlah suporter yang sangat fanatik,laga di luar daerah pun mereka datangi. bahkan sampai hampir seluruh indonesia ada distrik viking.

Arema Malang

suporter terbanyak di indonesia

http://aremafc.com

Selain persebaya nih ada juga klub dan suporternya terbanyak di indonesia yakni arema malang. Nama pendukung (suporter) ini adalah aremania dan aremanita,serta terkenal dengan suporter paling loyal.

Bahkan ketika bertanding diluar negeri pasti selalu ada aremania yang away. dengan demikian memang fakta kalau arema juga termasuk kategori suporter terbanyak. Julukan klub asal malang ini singo edan.

Psis Semarang

suporter terbanyak di indonesia

http://static.republika.co.id

Sebagai ibukota provinsi jawa tengah semarang juga termasuk suporter yang jumlahnya banyak di indonesia. Suporter psis semarang terpecah menjadi dua yakni panser biru dan snex.

Kelompok suporter snex ini berdiri sejak 2005 dan semakin tahun bertambah terus begitu pula dengan panser biru. Walaupun saat mendukung kesebelasan mereka berbeda tribun namun kedua kelompok tersebut sangat kompak dan tidak anarkis.

Psim Jogja

suporter terbanyak di indonesia

i.ytimg.com

Brajamusti dan the maident merupakan pendukung setia psim (persatuan sepakbola indonesia Mataram). Klub sepakbola ini merupakan asli asal Mataram yogyakarta yang didirikan pada 5 september 1929.

Nama awal PSIM yaitu PSM (Persatuan Sepakraga Mataram) nama Mataram digunakan karena sebagai pusat pemerintahan kerajaan di Mataram yogyakarta,dan akhirnya pada 27 juli 1930 nama psm diubah menjadi psim.

Kelompok suporter ini sangat banyak dan kompak,sampai-sampai mereka rela berangkat dari yogya ke surabaya hanya menyaksikan pertandingan psim berlaga.

Persis Solo

suporter terbanyak di indonesia

http://bobotoh.id

Klub yang didirikan 8 november 1923 ini sangat memiliki pendukung sang sangat fanatik dan kreatif. Julukan klub ini yakni alap-alap sambernyawa,dan tempat bermarkas di stadion manahan solo.

Suporter setia dan fanatik persis solo adalah pasoepati yang merupakan singkatan dari (pasukan suporter solo sejati)

 

Leave a Reply