√ 10+ Hewan Peliharaan Jinak Yang Mudah Dipelihara Di Rumah

Selamat datang kembali sobat kesempatan kali ini kami akan menyajikan kumpulan hewan peliharaan yang jinak, murah, imut dan mudah dipelihara di rumah.

Setiap orang yang bekerja akan merasakan sebuah kebosanan dengan banyak tugas ataupun lainnya. Baik dari aktivitas bekerja yang monoton sehingga banyak yang mencari hiburan di selang setelah bekerja atau weekend.

Nah solusi untuk mengurangi penat dan tugas pekerjaan yakni memelihara hewan peliharaan di rumah. Pastinya ketika memelihara pun tak sembarangan atau biasa saja.

Berikut di bawah ini ada beberapa hewan peliharaan yang cocok banget dipelihara di rumah Anda.

Iguana

Hewan Peliharaan

Pertama ialah iguana yang masih dalam satu spesies kadal. Hewan ini banyak sekali di temukan kawasan Benua Amerika.

Keseharian iguana tergolong tipe hewan kesayangan, banyak yang mencari untuk di pelihara. Walaupun termasuk binatang yang tak mudah dalam perawatannya. Jadi kalau berminat memelihara jangan lupa pastikan kondisi iguana sehat.

Salah satu keunikan dari Iguana yang menjadikan sebagai hewan peliharaan, disisi lain juga sang pemilik merupakan pecinta reptil.

Jenis iguana yang banyak peminatnya ialah iguana hijau lantaran termasuk binatang yang jinak. Selain itu karena terkesan dengan kulit yang begitu eksotis.

Hewan Peliharaan Kucing

Hewan Peliharaan Kucing
http://jateng.tribunnews.com

Beberapa kali akhir-akhir ini banyak yang mengunggah media sosial tentang tingkah laku kucing yang manja atau menggemaskan. Kucing juga sangat aman dan termasuk pilihan terbaik buat anak-anak Anda.

Sebaiknya kucing di pelihara dengan khusus dan perawatan yang baik sehingga akan tetap terjaga bulu-bulu indahnya dan kesehatan kucing tersebut. Kucing juga termasuk hewan yang di sukai oleh Nabi Muhammad Loh, dari hal ini mengindikasikan kucing hewan yang cocok di pelihara dan kasih sayang.

Landak Mini

hewan peliharaan
travel.detik.com

Ada yang tahu ada berapa spesies landak mini di dunia? Ternyata setidaknya ada 16 spesies loh. Di bandingkan dengan saudara yang besar landak mini tidak akan melukai kita kalau di pegang.

Walaupun masih sama-sama memiliki duri landak mini duri-nya tidak beracun dan tajam. Landak mini adalah hewan noktunal, ketika siang hari biasanya akan bersembunyi ke dalam tempat yang gelap.

Landak mini nampak sangat imut dan menggemaskan sehingga banyak orang yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan dirumahnya. Mamalia ini berasal dari keluarga Eriaceinae, juga banyak di temukan di wilayah Eropa, Asia, Afrika dan selandia baru.

Bagi yang ingin memelihara jangan khawatir takut stres atau kesepian, karena landak mini suka dengan menyendiri.

Hewan Peliharaan Musang

Hewan Peliharaan Musang
dictio.id

Pas banget nih bagi pecinta musang rekomendasi dijadikan alternatif kesayangan di rumah. Namun Anda tetap waspada dan berhati-hati sebab mempunyai kecenderungan menggigit atau menyerang. Selain itu karena musang juga hewan yang aktif, dan sangat suka menjelajah hal-hal baru. Jadi pas banget yang suka hunting nih.

Salah satu yang menjadi hewan alternatif kesayangan yakni dari makanan yang mudah antara lain pisang dan nasi. Disisi lain juga tidak berisik dan kotoran yang tak berbau layaknya hewan peliharaan lainnya.

Apabila hendak membeli kami sarankan supaya membeli dari masih bayi sebab hewan ini termasuk liar, kalau dari bayi akan memudahkan merawat dan menjinakkan.

Terdapat juga beberapa musang yang sangat mudah bersahabat yaitu Musang Bulan, Musang Rase, Musang Pandan dan musang Akar.

Ayam Cemani

hewan peliharaan

Kalau Anda pecinta ayam hias cocok nih ayam cemani di jadikan sebagai hewan peliharaan di rumah. Perawatan ayam cemani juga terbilang sangat mudah, akan tetapi lebih bagus lagi kalau dari segi pakan dan perawatan sehingga menjaga keindahan bulu-bulunya.

Kawasan yang banyak memelihara atau gudangnya ayam cemani ya Temanggung, karena hewan ini merupakan asli dari Indonesia. Kini permintaan ayam cemani juga banyak loh.

Kecantikan ayam cemani terdapat dari seluruh tubuhnya yang semuanya berwarna hitam. Bagi Anda yang berminat memelihara baiknya membeli yang masih kecil supaya lebih jinak dengan sang pemilik.

Selain itu juga bisa menjadi ladang bisnis Anda kalau ingin menjual ayam cemani. Yang menjadikan bisnis karena harga yang cukup fantastis setiap ekornya. Berminat memelihara ayam cemani?

Hewan Peliharaan Burung

hewan peliharaan

Memelihara burung sekarang banyak peminatnya, terlebih para pekerja kantor untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah dan bisnis sampingan. Selain itu juga bisa sebagai teman bermain anak-anak. Namun harus di ingatkan supaya lebih hati-hati karena gigitan burung bisa melukai anak Anda.

Meskipun berbahaya sebaiknya kalau dijadikan teman bermain anak di kasih kandangnya saja, sehingga burung tidak bisa melakukan hal-hal yang tidak Anda inginkan.

Burung Hantu

Burung Hantu

Owl adalah nama dari bahasa inggris, namun di Indonesia disebut sebagai burung hantu sebab termasuk hewan noktunal. Aktivitas burung ini ialah malam hari, dan perawakan wajah burung yang lumayan seram alhasil di sebut burung hantu.

Nah untuk pemeliharaan burung hantu tidak dapat disamakan dengan burung kicauan.

Kelebihan burung hantu yakni perlu disapa sang pemilik agar lebih jinak dan paham sama sang pemilik. Burung ini juga tidak membutuhkan sangkar karena akan membuatnya menjadi stres dan cenderung mudah mati kalau di sangkarkan.

Cukup di kasih tenggeran dan jangan lupa ikat kakinya sehingga tak bisa terbang jauh. Selain itu juga jangan lupa di beri makan.

Hewan Peliharaan Sigung

Hewan Peliharaan Sigung

Sekilas mamalia satu ini mirip dengan musang dengan bulu-bulu cantiknya. Namun kemampuan sigung dalam mempertahankan dirinya yaitu mengeluarkan bau busuk.

Sebelum mengeluarkan bau busuk singung akan memberi peringatan dengan menundukkan kepala dan mengangkat ekornya. Apabila tetap masih mengganggu maka ia semburkan bau busuk tersebut ke musuhnya.

Untuk menghialngkan bau busuk hewan peliharaan satu ini ialah di operasi. tapi di negara kita peralatannya masih minim sehingga sedikit dan susah menemukannya, jika ada pasti juga perlu biaya yang lumayan.

Sementara sigung di Indonesia mempunyai moncong panjang dengan dominasi warna hitam atau cokelat tua dan garis belang putih. Sigung juga termasuk hewan yang tahan dengan kelaparan sehingga bisa menjadikan stres.

Makanan yang umumnya di berikan hewan peliharaan satu ini adalah daging ayam,sayur, sereal, kacang tanah, nasi merah, fillet, ikan, keju, dan buah-buahan yang bisa mencapai 3-5 kali dalam sehari.

Axolotl

hewan peliharaan
jempolkaki.com

Axolotl merupakan hewan amfibi sejenis dengan salamender, hewan yang unik yakni kaki-kakinya. Daerah asal hewan ini adalah negara Meksiko. Keberadaan axololt kini sangat di lindungi karena keberadaan sudah langka.

Umur kadal ini bisa mencapai 15 tahun dan panjangnya bisa 60 cm. Banyak juga masyarakat keliru kalau hewan ini ikan padahal sebenarnya adalah kadal. Keunikan kadal ini mempunyai insang yang diluar tubuhnya. Kalau dilihat-lihat seperti tanduk.

Bagi Anda yang berminat memelihara Axololt cukup mudah kok, walaupun tergolong hewan amfibi yang hampir keseharian menghabiskan waktu di air. Makanannya pun juga tidak ribet yakni udang dan cacing. Alangkah lebih baik memberi pakan yang masih hidup agar memperkecil terjadinya penyakitan.

Hewan Peliharaan Kelinci

Hewan Peliharaan Kelinci

Banyak masyarakat yang mengatakan kalau kelinci termasuk binatang yang mudah di pelihara dan bersosial. Nah ini menjadikan hewan kecil untuk teman kecil sang buah hati Anda.

Buatkan kandang peranji atau bisa di bebaskan di taman, namun ketika memberi pakan juga perlu di perhatikan sebab bisa membuatnya terserang penyakit. Contohnya rumput basah. Kalau kami menyarankan diberi wortel saja dan makanan banyak nutrisi biar lebih mudah pemberian makannya.

Air seni kelinci juga bagus banget loh di jadikan pupuk tanaman, hal ini sudah terbukti di banyak daerah. Dagingnya pun juga lembut dan enak.

Mungkin sampai sini dulu ya pembahasan tentang hewan peliharaan semoga dengan ini berguna bagi kita semua. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment