161

√ Pengertian, Tujuan & Tugas Sebagai Investor Adalah?

Invester Adalah orang atau lembaga baik berupa domestik maupun non domestik yang menanamkan/meminjamkan modal berdasarkan jenis investasi yang dipilihnya. Dalam kegiatan bisa berlangsung untuk jangka panjang dan pendek.

Selain itu investor juga disebut sebagai penanam dana yang ditempatkan pada suatu instrumen investasi untuk jangka panjang seperti properti, industri skala besar serta pasar saham suatu perusahaan.

Keuntungan sebagai investor ini sangat banyak, sebab ketika penjualan perusahaan meningkat kita sebagai pemodal bisa mendapatkan keuntungan juga. Namun sebelum itu kita harus tau konsekuensi dan kesepakatan kedua belah pihak. Sebelum ke pembahasan selanjutnya mari sobat simak seksama biar tahu secara menyeluruh.

Pengertian Investor Adalah?

Pengertian Investor adalah

Dunia keuangan investor merupakan perorangan atau lembaga yang menanamkan modal berdasarkan dengan jenis investasi yang dipilihnya. Dalam penanaman modal ini bisa ditujukan untuk jangka panjang dan singkat, sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Namun istilah Investor terkadang digunakan untuk menyebut orang yang melakukan transaksi/pembeli seperti komoditi, mata uang, saham perusahaan dan properti bahkan aset lainnya.

Hal diatas ini bertujuan mendapatkan laba dan tidak profesinya serta guna dalam jangka pendek saja.

Apa Itu investor

Investor yaitu orang perorangan atau lembaga yang menempatkan modal untuk suatu investasi (penanam modal sesuai jenis investasi yang dipilih) bisa berupa jangka panjang dan pendek.

Selain itu pemodal ini mempunyai modal untuk meminjamkan atau kerjasama supaya menghasilkan keuntungan perusahaan dan investor. Dalam pemodalan ini bisa dengan membeli surat-surat penting perusahaan atau saham. Jadi investor berhak mendapatkan keuntungan ketika perusahaan penjualannya meningkat.

Jenis-jenis Investor

jenis jenis investor

  • Investor penyandang dana atau lebih dikenal dengan Angel Investor. Yakni seseorang yang mempunyai dana yang diberikan kepada suatu industri/perusahaan sebagai modal awal suatu usaha dengan imbalan berupa saham perusahaan.
  • Kolektor benda antik, seni dan lainnya yang memiliki nilai
  • Investor perorangan yang dibuat untuk mengelola dana investasi.
  • Reksadana, hedge fund dan penanaman dana lainnya.
  • Investasi dalam bidang bisnis (usaha rumahan, peternakan, penyewaan dan lain-lain)

Tugas Investor Adalah

Apa Tugas Investor

  1. Jika kita ini sebagai investor aktif tugas yang harus dikerjakan ialah terus menerus memantau performa dari investasinya.
  2. Menjalankan rencana investasinya
  3. Meminta laporan dari manager investasi
  4. Mengevaluasi kinerja investasi secara bertahap
  5. Mencari peluang investasi sebanyak-banyaknya
  6. Menghitung resiko dan return barang investasi

Tujuan Investor

Tujuan Investor

Dari penjelasan diatas sudah disinggung bahwa investasi ialah kegiatan penanaman modal yang bertujuan sebagai berikut ini :

  • Memperbesar Usaha

Keuntungan yang bisa kita dapatkan yaitu berupa uang dan barang. Dengan adanya investasi ini sangat membantu kebutuhan sosial dan memperlebar peluang usaha.

  • Memperoleh Penghasilan Tetap

Salah satu manfaat kita menjalin investasi ini ialah mendapatkan penghasilan secara tetap. Akan tetapi disamping itu kita sebagai investor harus mengetahui perkembangan dari perusahaan yang terkait.

  • Mengurangi Persaingan bisnis

Dalam bidang investor ini persaingan bisnis menjadi berkurang, sebab kita tidak membuat suatu usaha yang sangat memungkinkan sama dengan yang lainnya.

Baca Juga : Customer Service Adalah??

  • Meningkatkan aset

Aset menjadi bertambah karena menjalin investasi dengan industri ataupun perusahaan yang kita ajak kerjasama berupa penanaman modal.

  • Mengurangi Pengangguran

Ketika pihak perusahaan yang kita investasi meningkat secara tidak langsung akan membutuhkan tenaga kerja yang lebih, oleh karena itu bisa dipastikan menambah pekerja baru lagi.

Keuntungan Investor

keuntungan investor

  • Menjadikan uang yang bekerja (menghasilkan uang yang lebih banyak tanpa kita bersusah payah)
  • Memenuhi kebutuhan untuk jangka panjang atau masa tua
  • Mencapai tujuan yang lebih baik berdasarkan waktu yang telah ditentukan
  • Menghindarkan dari hutang piutang

Demikian rangkaian investor baik dari tujuan, jenis dan keuntungannya, semoga dengan adanya ini sangat membantu sobat semuanya. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan dan kesalahan penulisan. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply