√6+ Tujuan dan Fungsi Pendidikan Anak Usia Dini [PAUD]

Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD ialah tahapan pendidikan sebelum ke jenjang pendidikan dasar yang mana sebagai bentuk pembinaan yang ditujukan kepada anak dari lahir sampai 6 tahun. Pembinaan ini diberikan dengan cara rangsangan pendidikan supaya menumbuhkan dan perkembangan baik secara jasmani dan rohaninya.

Tujuan diatas guna menyiapkan untuk memasuki pendidikan selanjutnya baik yang dilakukan secara formal, non formal dan informal. Dalam fase ini anak baru bisa menirukan apa saja yang dia ketahui maka dari itu sudah kewajiban orang tua memberikan contoh yang baik seperti Agama, Sosial, Emosional, Bahasa dan seni.

Pendidikan anak dari usia dini ini akan mempengaruhi baik secara sosial dan lain-lainnya. Untuk itu ibu-ibu rumah tangga atau ayahnya sebaiknya diberikan contoh yang positif.

Apa Itu Pendidikan Anak Usia Dini?

apa itu pendidikan anak usia dini

Usaha pembinaan dan pendidikan yang ditujukan anak usia dini yang diselenggarakan melalui lembaga pendidikan formal & non formal.

Dalam metode pembelajaran ini terdapat beberapa jenis yakni Taman kanak-kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA) serta PAUD sejenisnya.

Biasanya anak akan dikelompokkan berdasarkan usia seperti TK ini menyelenggarakan dengan cara pendidikan secara formal sedangkan KB yakni program pendidikan dalam bentuk bermain sambil belajar.

Sesuai Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, berdasarkan pasal 28 menyebutkan bahwasanya:

  1. Pendidikan dasar yang diaplikasikan sebelum memasuki jenjang Sekolah Dasar (SD/MI)
  2. Sistem belajar dilakukan melalui jalur pendidikan formal, non formal dan informal
  3. Jalur pendidikan formal dengan bentuk taman kanak-kanak (TK), Raudatul Atfal (RA) atau lainnya.
  4. Pendidikan anak usai dini dengan jalur non formal bisa berbentuk Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA) atau bentuk yang lain sederajatnya.

Pengertian Pendidikan Anak Usia Dini

Pengertian Pendidikan Anak Usia Dini

Secara umum PAUD ialah usaha pembinaan yang bertujuan memberikan rangsangan pendidikan kepada anak sejak lahir sampai dengan 6 tahun. Selain itu juga membantu pertumbuhan dan perkembangan baik rohani dan jasmaninya supaya siap untuk memasuki jenjang berikutnya.

Cara pemberian rangsangan ini dengan beragam cara agar anak usia dini bisa belajar dengan baik dan nyaman. Contohnya ada yang formal, non formal dan informal.

Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Para Ahli

Glen Dolman

Berdasarkan ahli perkembangan kemampuan anak ini menyatakan bahwasanya perkembangan anak paling pesat yakni rentan usia 0-7 tahun. Selain itu juga perkembangan otak pada usia dini ini dapat di maksimalkan bila di kasih rangsangan yang tepat.

 Howard Gardner

Seorang profesor psikologi dari Harvard University mengatakan bahwa orang yang berbeda juga mempunyai kecerdasan yang berbeda pula. Dalam bukunya The Theory Of Multiple Intelegence mengusulkan setidaknya 8 ragam komponen kecerdasan.

Pada dasarnya kecerdasan anak meliputi 8 jenis kecerdasan berdasarkan Howard Gardner. antara lain: Kecerdasan Bahasa, Kecerdasan Spasial, Kecerdasan Matematis, Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Kinestetik, Musikal, Intrapersonal dan Naturalis.

Smilansky

Beliau mengungkapkan bahwasanya anak usia dini itu belajar dengan panca indranya disertai hubungan fisik dengan lingkungan sekitarnya. Setidaknya terdapat beberapa tipe bermain dalam pembelajaran yang di perinci Smilansky. Diantaranya yakni Functional Play, Dramatic Play, Constuctive Play dan Game With Rules.

Maslow

Maslow menyatakan bahwa dalam perkembangan anak ini memiliki beragam kebutuhan yang harus dipenuhi yakni, kebutuhan primer mencakup sandang, pangan, papan dan kasih sayang, penghargaan dan rasa aman.

Ia juga menggunakan contoh piramida sebagai alat peraga guna memvisualisasi gagasannya mengenai teori herarki kebutuhannya. Anak usia dini akan termotivasi untuk memenuhi kebutuhannya kehidupannya hal ini berdasarkan Maslow.

Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini

Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini

Hal utama dari PAUD ialah membentuk generasi anak yang berkualitas. Anak yang bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat pertumbuhannya sehingga mempunyai kesiapan yang maksimal untuk memasuki tahap yang selanjutnya serta mengarungi kehidupan masa dewasa.

Selain itu tujuan pendukungnya yakni membantu menyiapkan seluruh anak dapat mencapai kesiapan belajar akademik di sekolah atau madrasah.

Program Pendidikan Anak Usia Dini

Program dari PAUD tidak hanya memberikan pengalaman belajar saja kepada anak, juga mengoptimalkan perkembangan otaknya. Sejatinya pendidikan anak itu bisa berlangsung dimana saja dan kapan saja, seperti manusia yang interaksi dengan keluarganya, teman sebaya, dan hubungan kemasyarakatan yang sesuai dengan kondisi.

Baca Juga : Pentingnya Pendidikan Karakter

Pendidikan yang dibekali dengan pemahaman, pengembangan, kesempatan seluas-luasnya akan mendorong ke arah yang baik bagi anak usia dini. Jadi dengan demikian tersebut anak menjadi lebih terdidik, cerdas dan yang bersikap positif serta pemikiran yang terbuka.

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan adalah salah satu sarana untuk kemajuan bangsa, oleh hal tersebut maka warna negara wajib mengikuti jenjang pendidikan, baik dari usia dini hingga jenjang tertinggi. Seorang anak dari lahir memerlukan sebuah pelayanan yang tepat guna kebutuhan pendidikan disertai pemahaman karakteristik anak yang sesuai pertumbuhan dan perkembangannya.

PAUD sangat mempengaruhi tahapan berikutnya, sebab daya tangkap otak dan rangsangan terhadap sesuatu yang ada di sekitarnya akan diajarkan di PAUD. Dengan demikian pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap anak yang baru lahir hingga dewasa.

Manfaat Adanya PAUD

Manfaat Adanya PAUD

Dengan adanya pendidikan anak usia dini sangat membantu diri kita sendiri dan semua warga negara Indonesia. Karena zaman semakin modern dan teknologi yang terus berkembang hal ini menjadi faktor yang akan mempengaruhi nasib generasi nusantara.

Berikut ini ada beberapa contoh atau dampak positif dari PAUD :

  • Meningkatkan keterampilan berbicara dan berbahasa
  • Meningkatkan keterampilan motorik
  • Mengembangkan kreativitas
  • Meningkatkan keterampilan sosial dan emosial
  • Menumbuhkan rasa percaya diri
  • Meningkatkan aktivitas fisik
  • Meningkatkan daya imajinasi
  • Memahami nilai-nilai penting dalam kehidupan
  • Memepersiapkan mental anak

Demikian tujuan dan manfaat adanya Pendidikan Anak Usia Dini yang bisa kami sampaikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangan baik secara penulisan dan bahasa. Semoga dengan adanya ini sangat membantu dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply