Mengulas Macam-macam Gamelan dan Sejarahnya Secara Lengkap

Macam-macam gamelan -Sebagai negara yang banyak ragam budaya dan tradisi indonesia juga memiliki berbagai jenis alat musik daerah,salah satu itu saya akan mengulas macam macam gamelan jawa.

Alat musik gamelan jawa tidak hanya cuma satu jenis tetapi lebih dari 10 orang. Maka untuk mengiringi lagu gending jawa minimalnya 15 orang.

Sejarah usul gamelan jawa

macm macam gamelan
sumber dari https://upload.wikimedia.org

Menurut sejarah awal-awalnya gamelan nampak di sekitar rilief dinding candi Borobudur.

Sedangkan candi Borobudur dibangun sekitar pada abad 8-9.

Pada rilief dinding candi tersebut menampilkan beberapa jumlah alat musik,seperti kendang,bambu,suling,dan lonceng. Masyarakat jawa meyakini bahwa gamelan diciptakan oleh dewa yang menguasai dataran jawa.

Nama dewa tersebut sang hyang guru yang mendiami gunung mahendra atau waktu saat ini lebih dikenal dengan gunung lawu.

Dan alat musik gamelan yang pertama diciptakan adalah gong,yang sebagai alat komunikasi untuk memanggil para dewa.

Gamelan juga termasuk alat musik ansamble yang harus dimainkan secara bersama-sama. Karena dengan bersama-sama akan menciptakan suara musik yang merdu dan bagus.

Perkembangan gamelan jawa yang sangat pesat pada zaman Majapahit. Sehingga banyak yang menyebar ke berbagai daerah seperti sunda dan bali. Akan tetapi gamelan jawa tengah juga berbeda dengan gamelan sunda dan bali.

Gamelan jawa lebih terkenal dengan lembut,sedangkan gamelan sunda mendominasi dengan seruling.

Kalau gamelan bali cenderung nada yang rancak. Perkembangan gamelan jawa umumnya dipakai untuk pertunjukan wayang dan tari.

Namun pada zaman modern ini gamelan jawa sering mengiringi budaya lokal dan mengiringi acara pernikahan.

Asal usul nama gamelan

macam macam gamelan
sumber dari http://2.bp.blogspot.com

Secara bahasa gamelan sendiri sebenarnya dari bahasa jawa yang terdiri dari dua kata “gamel” dan “an”. Gamel berarti memukul atau menabuh sedangkan an merupakan akhiran yang menunjukan kata sebuah benda.

Jadi gamelan merupakan alat musik tradisional yang dipukul atau di tabuh. Sedangkan orang yang lagi menabuh/memukul biasanya di sebut sedang ngegamel.

Alat musik tradisional gamelan pertama kali dikenal oleh masyarakat jawa tepatnya jawa tengah dan jawa timur.

Jenis jenis gamelan jawa

Selain sejarah dan asal mula gamelan saya akan menjelaskan apa saja jenis-jenis gamelan jawa. Menurut orang jawa dahulu gamelan merupakan alat musik yang diciptakan oleh para dewa.

Karena sebagai alat komunikasi dan pesan kepada para dewa. Cara memainkan alat musik gamelan jawa juga tidak asal melainkan ada instrumen agar tercipta alunan musik yang merdu.

Beberapa jenis gamelan jawa sebagai berikut ini :

Gamelan Kendang atau kendhang

macam macam gamelan
sumber dari https://upload.wikimedia.org

Merupakan instrumen dalam gamelan jawa tengah dan jawa barat. Dan memiliki fungsi penting yaitu sebagai mengatur irama gamelan lainnya.

Cara memainkan alat musik ini biasanya dengan tangan langsung sehingga akan memiliki alunan yang khas setiap daerahnya.

Jenis-jenis kendang:

  • Kendang yang kecil disebut ketipung
  • Sedangkan gendang yang ukurannya sedang/menengah disebut kendang ciblon/kebar
  • Gendang yang besar disebut gendang gede juga bisa disebut gendang kaleh

Kendang setiap daerah sering digunakan berbagai tradisi dan budaya sehingga seluruh tanah jawa akan tercipta alunan yang khas darahnya.

Dengan zaman semakin modern kendang sering dipadukan dengan alat musik modern juga. Seperti mengiringi lagu dangdut dan lainnya.

Gamelan Gambang

macam macam gamelan
sumber dari http://1.bp.blogspot.com

alat musik gamelan yang menciptakan alunan yang khas dan cara memainkan alat musik ini dengan di talu dengan kayu. Gamelan gambang memiliki 18-20 buah bilah kayu dan setiap bilah akan mengeluarkan alunan musik yang berbeda-beda.

Bentuk setiap bilah juga berbeda cara memainkan alat musik ini dengan cara dua tangan tangan kiri untuk memegang dan yang kanan untuk memukul. Dengan cara ini suara yang dihasilkan khas dan unik untuk dilihat mata.

Gamelan Demung

macam macam gamelan
sumber dari http://www.buffalogamelan.com

alat musik gamelan ini termasuk instrumen yang paling dasar,orang memainkan demung ini juga harus memiliki insting yang bagus. Setiap satu set gamelan biasanya terdapat 2 demung yang berbeda.

Dari kedua demung tersebut mempunyai variasi demung pelok dan demung slendro. Demung sendiri akan menghasilkan oktaf yang paling terendah dalam anggota balungan.

Tetapi ukuran fisik dari demung besar. Dibandingkan dengan wilahan pada saron demung memiliki lapisan yang lebih tipis dan lebar.

Cara memainkan gamelan ini secara umumnya disesuaikan dengan nada dan harus ada insting yang bagus agar menghasilkan nada khas.

Gamelan Saron

macam macam gamelan
sumber dari https://s0.bukalapak.com

Selanjutnya yaitu alat musik gamelan saron,dalam 1 set gamelan biasanya terdapat 4 saron dan juga termasuk dalam kategori balungan.

Gamelan ini akan menghasilkan nada oktaf yang lebih tinggi dari pada demung. Saron sendiri juga mempunyai 2 versi nada yang berbeda yaitu pelog dan slendro.

Cara untuk memainkan gamelan saron ini dibutuhkan alat penabuh yang terbuat dasar dari kayu,supaya tidak mudah rusak wilahan saron. Saron dimainkan dipukul menyesuaikan nada yang ada.

Juga secara bergantian dari saron satu dan lainnya agar suara yang dihasilkan khas dan unik untuk didengarkan.

Gamelan Peking

macam macam gamelan
sumber dari https://c1.staticflickr.com

Gamelan peking merupakan salah satu perangkat gamelan jawa dan cara memainkan alat musik ini dengan car ditabuh/dipukul.

Alat musik gamelan ini termasuk juga dalam keluarga saron kedua sebagai penyeimbang dengan saron lainnya. Bentuk ukuran dari peking ini lebih kecil dari pada demung dan saron.

Alat penabuh gamelan peking ini sama saja dengan pelog dan slendro yang terbuat dari kayu ataupun bisa juga dari tanduk kerbau.

Alangkah baiknya jangan menggunakan dari besi dan logam-logam lainnya supaya tidak cepat rusak bilahan alat gamelan.

Contoh video musik gamelan


Musik di atas merupakan contoh gamelan yang di pukul,sangat indah bukan. sebagai warga negara indonesia kita wajib melestarikan kebudayaan ini. kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikannya.

Gamelan Kenong

macam macam gamelan
sumber dari https://samplingkeyboard.files.wordpress.com

alat musik gamelan yang semacam gong dan bonang namun ukurannya lebih kecil. Kenong ini dapat dimainkan dengan cara dipukul menggunakan pemukul yang telah dikhususkan.

jadi peran gamelan kenong adalah pengisi harmoni untuk menghsilkan suatu irama dan sebagai batas gatra.

Satu set kenong biasanya terdapat 10 buah,alat untuk pemukul biasanya terbuat dari kayu yang telah dililiti karet atau kain dibagian ujungnya.

Gamelan Slenthem

macam macam gamelan
sumber dari https://goblokku.files.wordpress.com

Jenis gamelan yang terbuat dari bahan logam yang berbentuk pipih tipis dan diikat menggunakan tali ini dan direntangkan diatas sebuah tabung agar mendapatkan sebuah nada rendah.

Nada rendah tersebut untuk mengikuti nada yang dihasilkan dari gamelan saron. Alat musik ini termasuk keluarga balungan juga.

Seperti halnya demung,saron dan lainnya perangkat gamelan ini juga memiliki versi pelog dan slendro dan hasil cukupan nada mulai dari nada b sampai c.

Gamelan Kempul

macam macam gamelan
sumber dari https://donshewey.files.wordpress.com

Alat musik gamelan kempul ialah salah salah satu gamelan yang terbuat dari perunggu. Kempul sering juga disebut gong kecil.

Satu set kempul terdapat yang jumlahnya antara 8 sampai 14 buah. Dan ukuran kempul juga bermacam-macam dari yang kecil sampai besar,tetapi kempul yang kecil memiliki nada lebih tinggi dari pada yang besar.

Gamelan kempul dimainkan dengan cara dipukul menggunakan pemukul lebih besar dari pemukul untuk kenong dan lebih kecil dibandingkan pemukul gong.

Seluruh alat pemukul dibuat dari kayu dan ujungnya yang telah dilapisi kain sampai tebal. Alat ini digantung seperti gong. Fungsi dari kempul ini ialah pemandu irama dan menegaskan irama melodi dalam gamelan.

Gamelan Gong

macam macam gamelan
sumber dari http://collections.nmmusd.org

Alat musik gamelan yang sudah sangat familiar dikalangan masyarakat jawa ini bernama gong. Dan fungsi dari alat musik ini ialah sebagai penanda akhir dari lagu/lirik yang panjang.

Gamelan ini sudah tidak asing masyarakat jawa khususnya. Karena hampir semua musik tradisional dan seni budaya menggunakan alat ini.

Cara memainkan alat musik ini dengan cara dipukul dengan kayu yang ujungnya yang sudah dilapisi dengan kain yang tebal atau bisa juga dengan karet ban.

Alat musik ini digantung supaya ketika dipukul menghasilkan nada yang khas dan asyik di dengarkan telinga.

Angklung

amcam macam gamelan
sumber dari http://dl36mmdz94630.cloudfront.net

Gamelan yang terbuat dari bambu ini semakin berkembang dan dipadukan dengan gamelan jawa lainnya. Namun terkadang angklung dipadukan dengan alat musik dari drum yang terbuat dari ban mobil.

Hasil nada dari angklung sangat bagus dan perlu dikembangkan agar tidak hanya masyarakat sekitar saja yang mengetahui alat musik ini.

Banyak anak muda zaman sekarang yang bisa memainkan alat musik ini karena bisa dibilang dapat menghasilkan nada seperti lagu/lirik aslinya.

Alat musik ini di kembangkan dari barang bekas menjadi alat musik tradisional yang tidak kalah unik dan modern.

Fungsi gamelan jawa

Dari sekian banyak gamelan jawa dapat disimpulkan bahwa gamelan ini memiliki manfaat dari zaman dahulu hingga sekarang.

Juga termasuk alat musik daerah yang harus dilestarikan dan diwariskan para generasi anak bangsa. Biasanya gamelan dimainkan untuk mengiringi dan menyajikan gending-gending jawa ataupun tarian dan seni budaya lokal.

Baik dari seni budaya,ketoprak,dan wayang baik wayang golek ataupun wayang yang diperankan oleh manusia.

Jika kita mempelajari lebih dalam lagi gamelan jawa tidak hanya untuk acara-acara daerah. Pada zaman modern seperti gamelan semakin dikenal masyarakat luar negeri karena alat musik daerah dikenalkan sebagai warisan budaya lokal.

Banyak event-event yang acara intinya hanya memperkenalkan alat musik daerah. Sangat bersyukur bukan alat musik daerah kita sudah dikenal banyak orang.

Gamelan jawa juga dapat difungsikan sebagai sarana pengiring upacara adat dan pernikahan.

cukup sekian semoga menambah wawasan anda semuanya kurang lebihnya mohon maaf apabila ada kata yang kurang berkenan atau kesalahan dalam penulisan.

Leave a Comment