Meringankan Beban Orang Tua

Meringankan beban orang tua

Meringankan beban orang tua itu adalah kewajiban seorang anak. Tidak hanya menyusahkan dan meminta uang saja,anak yang baik yaitu membantu dan patuh atas perintah orang tua.

Akhir zaman ini banyak anak yang berani sama orang tuanya. Bahkan sampai berkelahi dan berujung pembunuhan. Sungguh kejam zaman ini,dimana akhlak seorang orang telah hilang.

dan tinggallah harapan santri yang memiliki akhlak sopan santun. Karena di setiap pesantren santri di didik menjadi akhlak yang bagus serta menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih kecil.

Cara meringankan beban orang tua pun bermacam-macam ada dengan cara belajar dengan baik,ada dengan bekerja,mencuci pakaian dan sebagainya.

 Belajar dengan baik

sumber dari http://2.bp.blogspot.com/

Mencari ilmu atau belajar itu kewajiban seorang muslim laki-laki dan perempuan,dalam hadis pun telah di jelaskan kalau mencari ilmu dari bayi sampai keliang lahat yang dimaksud dari hadis tersebut bahwa mencari ilmu itu di batasi umur.

Tidak jarang banyak orang yang berprestasi tetapi terhalang oleh biaya. Hingga banyak seorang tidak melanjutkan sekolah dan memilih bekerja untuk meringankan kebutahan orang tua mereka.

Ada juga yang kuliah sambil bekerja karena seseorang tersebut memiliki cita-cita yang tinggi dan mengangkat taraf hidup keluarga. Dari situ banyak yang sukses dan membuat orang tua bahagia.

Jadi tidak heran jika anak pandai tetapi tidak sekolah bukan mereka bodoh melainkan tidak punya biaya buat makan sehari-hari saja susah apalagi biaya sekolah. Itulah kata-kata yang sering keluar dari orang tua yang tidak mau berusaha.

Maksimal kan waktu kalian masih karena waktu muda yaitu kita masih cepat menangkap ilmu dan tidak mudah lupa.

Bersyukurlah kalian bisa menikmati sekolah sampai tinggi karena masih banyak yang perlu kita koreksi bahwa di luar sana banyak anak-anak tidak bisa sekolah.

Semoga saja kita tidak termasuk orang-orang yang merugi.

Jangan lupa untuk berbagi ilmu karena sebaik-baiknya manusi yaitu bermanfat bagi orang lain.

Sebenarnya dalam sistem belajar mengajar ilmu itu 90%  kembali kepada guru sedangkan 10% itu akan masuk ke murid. Alangkah besar sekali ilmu yang akan bertambah kepada kita jika kita berbagi ilmu.

 Bekerja

sumber dari https://i2.wp.com/s

Selain belajar kita bisa meringankan beban orang tua dengan bekerja tetapi banyak yang belum lulus sekolah menengah atas sudah bekerja karena kondisi keluarga yang tidak memungkinkan untuk belajar kembali.

Bekerja yang baik yaitu dengan syariat agama islam, seperti mencari yang halal dan barokah karena jika halal saja belum tentu manfaatnya banyak.

Dan sering menjumpai orang bekerja tanpa peduli halal apa tidak yang mereka berfikir yang penting jadi uang.

Kebanyakan mereka bekerja di luar kota karena pendapatan lebih banyak di bandingkan kota sendiri. Dan ketika sukses akan kembali ke desa dan mengangkat derajat orang tua di mata orang lain. Harapan orang tua dia ingin anaknya menjadi sukses tidak di dunia saja tetapi juga akhiratnnya.

mereka bekerja karena tidak ingin merasakan kesusahan di dalam keluarganya. Walaupun dia harus bekerja keras dan semua itu tidak berfikir yang terpenting bagi dia supaya keluarganya tidak susah.

Meringankan pekerjaan orang tua

sumber dari http://d28j15pnfa5oxx.cloudfront.net/

Meringankan pekerjaan orang tua yaitu bermacam-macam tergantung apa yang akan kita lakukan.

Karena orang tua saya punya pekerjaan sampingan yaitu membuat batako dan paving contohnya saya sendiri. Setiap ada pesanan batako atau paving saya membantu membuat.

Dari pada uang tersebut di berikan orang lain atas jasa mereka membuat batako lebih baik saya membantu tapi tanpa upah. Uang yang buat orang lain kan bisa di manfaatkan yang lain.

Alhamdulillah orang tua saya pun senang jika membantu pekerjaan tersebut,sejak kecil saya di didik untuk mandiri dan disiplin.

Sekarang pun saya merasakan semua itu bahwa mandiri dan disiplin itu di tanamkan sejak dini mungkin. Menurut saya itu adalah hal yang wajib di miliki semua manusia.

Coba saja jika semua orang disiplin pasti tidak ada sampah yang berserakan.

Dapat kita ambil manfaatnya kedisiplinan itu sangat berpengaruh atas kepribadian seseorang.

Meringankan pekerjaan rumah

sumber dari http://static.wixstatic.com

Meringankan pekerjaan rumah juga termasuk meringankan beban orang tua. Banyak yang bisa kita lakukan untuk pekerjaan ini  seperti memasak,mencuci,menyapu,mengepel lantai.

Sebaiknya kita harus pintar membagi waktu agar waktu yang kita gunakan tidak sia-sia.

Namun berbeda dengan saya karena 3 bersaudara laki-laki semua,sehingga pekerjaan tersebut saya lakukan karena cuma ibu saya yang perempuan di rumah kami.

Seperti dari memasak nasi dan mencuci perabotan saya kerjakan karena orang tua sudah capek menjemput rezeki dari pagi sampai menjelang malam.

Mungkin dengan cara ini pekerjaan orang tua kita di  rumah akan berkurang. Sudah dari kecil saya di didik untuk membantu meringankan pekerjaan rumah.

Zaman sekarang sudah berbeda dengan dahulu yang di takuti anaknya bukan orang tuanya. Jadi anak menjadi dan suka menyuruh tidak melakukan sendiri.

Adab mereka kepada orang tua sudah hilang hingga sering memperlakukan seperti pembantu rumah tangga. Apakah saudara begitu maka mulai sekarang minta maaflah kepada orang tua kalian dan berjanji tidak akan melakukan hal tersebut lagi.

Belajar di pesantren

sumber dari http://3.bp.blogspot.com

Belajar di pesantren ialah progam di mana seorang siswa santri tidak boleh pulang dan tinggal di asrama. Metode ini sangat  baik pada usia pertumbuhan karena akan menciptakan kepribadian  dan akhlak yang baik.

Di asrama setiap santri akan menunjukan kepribadian masing-masing. Di didik agar bergaul dengan teman baik menjauhi larangan yang telah di tetapkan pesantren jika santri melanggar akan di takzir atau mendapat hukuman.

Semua santri akan belajar adab sopan santun kepada yang lebih tua dan menyayangi lebih muda.

Akan mengaji kitab kuning karena itu sangat penting untuk mengetahui bacaan dan arti dari kalimat tersebut.

Orang tua pun menginginkan anaknya untuk belajar di pesantren agar bisa mendalami ilmu agama dan memberikan kepada masyarakat sekitar yang masih kurang pemahamanya.

Dan dengan ini orang tua akan berkurang bebannya karena kewajiban mendidik ilmu agama sudah di lakukan. Setiap orang tua pasti berharap bahwa suatu saat anaknya tidak akan seperti dirinya dan lebih unggul darinya.

Setelah lulus dari pesantren otomatis ilmu yang di pelajari di pesantren akan di bermunculan di masyarakat. Ketika hidup di masyarakat akan terlihat apa yang dia dapat selama belajar di pesantren.

Kesimpulan dari di atas bahwa sanya ilmu agama itu sangat penting karena menjadi landasan pokok iman kita.

Mari kita ambil hikmahnya karena dalam hidup ini kita tidak jauh dari lupa dan berdosa inilah zaman akhir dimana yang beruang yang berkuasa sedangkan orang yang jujur akan tertindas.

Semoga saja dari beberapa pengalaman pribadi saya bisa bermanfaat bagi kalian semua dan menjadikan lebih baik ke depannya.

Cukup sekian dulu dari cerita saya kurang lebihnya minta maaf sebesar-besarnya.

Leave a Reply