Cara Mendidik Anak Yang Baik Dan Benar Menurut Agama

Cara mendidik anak yang benar

cara mendidik anak yang baik dan benar  dengan memberikan contoh dan melatih agar mandiri,dan bermanfaat kelak ketika sudah tumbuh besar di sekitarnya.

Sebelum mendidik anak dengan benar sebaiknya orang tua harus tau diri. Bagaimana kepribadiannya? Apa yang harus di rubah dalam dirinya? Kapan harus memperbaiki dirinya? Itu merupakan dasar untuk menjadi orang tua yang baik juga dalam mendidik.

Karena anak akan meniru tingkah laku orang tuanya dalam bahasa inggris yaitu play stage tahap meniru.

Dan sebaiknya jika orang tua memiliki masa lalu atau kebiasaan yang buruk jangan di ceritakan kepada anaknya.

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi lebih baik darinya dan bermanfaat untuk orang banyak.

Setiap anak pasti memiliki perbedaan walaupun satu ibu dan bapak hal yang wajib di ketahui orang tua adalah mengetahui kepribadian setiap anak dan hal yang di sukai,di benci dengan begitu biasanya anak akan mudah bergaul juga sifat tanggap.

Cara mendidik anak usia dini

cara mendidik anak

sumber dari https://www.parentingclub.co.id

Usia dini dapat di katakan dari 0-1 tahun, karena makan saja masih khusus sebaiknya sebagai orang tua pintar-pintar mendidiknya.

Ada beberapa hal yang dapat di lakukan oleh orang tua untuk mendidiknya sebagai berikut ini:

  • Membuat anak senang

Membuat anak senang merupakan hal pertama,dengan ini anak akan muncul sifat dari pribadinya.

  • Melatih mental dan jiwa

Tahap kedua yaitu melatih mental dan jiwa anak dengan berbagai hal contoh,memberikan perintah untuk anak dan menjauhkan dari sifat mudah marah. Pada usia dini anak biasanya masih mudah marah dan sulit di perintahkan.

  • Melatih mandiri

Dengan cara kita meletakkan sesuatu kemudian anak di ajarkan membersihkan atau memindahkan dan membuangnya. Jika hal tersebut terbiasa kedepannya anak akan tanggap dalam berbagai hal.

  • Bicara dan membaca

Anak akan menirukan apa yang orang tua katakan hal yang bagus untuk usia dini yaitu bicara dan membaca. Usia dini merupakan tahap awal mengenal berbagai hal,apabila anak sudah terbiasa akan berdampak positif dalam proses pertumbuhannya.

Dari 4 hal tersebut semoga bermanfaat untuk pola dasar mendidik anak usia dini.

Cara mendidik anak usia 2 tahun

cara mendidik anak

sumber dari http://closetchat.kidscloset.biz

Ketika memasuki usia 2 tahun anak akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

Pada umumnya setiap anak tidak sama satu sama lainnya. Dengan begitu orang dapat mengetahui seberapa perkembangan anaknya.

Saya akan memberikan 3 hal untuk mengetahui perkembangan setiap anak yang lambat atau cepat sebagai di bawah ini :

  • Secara fisik

Secara umumnya anak usia 2 tahun telah mengalami pertumbuhan fisik,yaitu tubuh anak menjadi sekitar 38 cm sejak lahir pada usia tersebut sudah ada 16 gigi yang tumbuh. Walaupun itu tidak selalu sama setiap anak

  • Mengenali beberapa konsep dasar

Anak akan mengenali beberapa simbol dan mulai bisa bicara dengan yang lain bahkan ada yang sudah tahu mana yang boleh di lakukan dan tidak

  • Emosi dan sosial

Orang tua biasanya akan melatih anaknya untuk mengendalikan emosinya dan bersosial dengan lainnya,contohnya dalam bersosial yaitu berjabat tangan dengan tetangganya dan berbagi makanan yang di miliki anak.

Anak juga akan menyayangi satu sama lain.

Untuk orang jangan pernah sekali-kali melakukan yang dapat menjadi pedoman anak,contoh bicara kotor dengan begitu ketika anak tumbuh dewasa dan bicara kotor pasti anak kemudian orang tua memarahi anak akan bisa membalikkan fakta.

Cara mendidik anak usia 3 tahun

cara mendidik anak

sumber dari http://www.parenting.co.id

Mendidik anak usia 3 tahun tidak jauh berbeda dengan usia sebelumnya hanya saja ada beberapa yang harus di terapkan kepada anak anda.

Mengajarkan mandiri

Melatih anak agar mandiri merupakan hal yang wajib dimiliki setiap anak sejak dini mungkin. Demikian dengan harapan kelak bermanfaat untuk diri sendiri dan sekitarnya. Cara melatih mandiri dengan yang sederhana dahulu seperti memakai baju,celana dan memakai sandal dan sepatu. Awal-awal biasanya belum seperti yang anda harapkan itu hal yang wajar untuk proses pelatihan.

Berikan tanggung jawab sederhana

Tanggung jawab merupakan hal yang amat berat tetapi jika tidak di kasih itu akan berdampak buruk ketika dewasa. Usia 3 tahun sebaiknya anda memberikan tanggung jawab yang sederhana dahulu,contoh meletakkan piring ke tempat mencuci peralatan dapur,dan membuang sampah yang berserakan ke tempat sampah.

Tingkatkan bahasa anak

Melatih bahasa anak dan bicara pada umumnya anak usia 3 tahun masih susah mengucapkan kata dengan jelas seperti huruf R dan D. Maka sebaiknya orang tua melatihnya supaya mental dan jiwa tidak menurun ketika bersosial dengan temannya. Juga memperhatikan perkembangan anaknya semakin meningkat atau menurun.

Membuat jadwal aktivitas

Dari bangun tidur sampai tidur lagi di latih menggunakan waktunya dengan baik. Dengan memberikan batas untuk bermain,belajar dan lain-lainnya. Anak akan tumbuh dengan baik untuk menggunakan waktu semaksimal mungkin.

Memberikan pemahaman tentang akhlak yang baik

Lebih tepatnya memberikan contoh dan praktik langsung agar anak tanggap apa yang anda maksud.

Sopan santun dengan yang lebih tua dan yang muda,demikian anak akan meniru contoh yang kita lakukan.

Membatasi apa yang di lihat anak seperti televisi yang banyak menayangkan untuk anak dewasa tetapi yang melihat anak-anak.

Jika anda seorang muslim sebaiknya dengan melatih ayat-ayat alquran karena anak kecil mudah ingat dan tingkat lupa juga susah.

Mengajak berlibur

Berlibur di lakukan untuk kedekatan orang tua dengan anak juga melatih anak tanggap dan belajar. Tujuan rekreasi atau berlibur bukan berhura-hura melainkan tahap belajar dan menyayangi hewan dan alam sekitar.

Supaya ketika dewasa tidak menjadi orang yang merusak ekosistem sekitarnya.

Cara mendidik anak usia 4 tahun

cara mendidik anak

sumber dari http://4.bp.blogspot.com

Mendidik anak ketika sudah 4 tahun lebih agak berbeda yaitu memberikan kebebasan dalam mandiri dan bersosialisasi bukan berarti bebas disini dalam hal negatif ya.

Pendidikan agama

Agama merupakan hal yang terkait tujuan hidup setiap manusia. Walaupun di indonesia berbeda-beda agama tidak masalah bagi sesama masyarakat.

Setiap agama pasti memiliki akhlak,cara bergaul dengan baik juga.

Melatih tolong menolong

Dengan melatih ini kepada anak usia 4 tahun,karena setiap manusia pasti saling membutuhkan satu sama lainnya. Tujuannya untuk anak yaitu agar memiliki rasa empati dan simpati terhadap orang lain.

Melatih membaca dan menulis yang baik

Membaca dan menulis pasti di butuhkan setiap orang karena zaman semakin modern maka anak juga mengikuti perkembangan zaman bukan maksud dalam hal ini yang negatif. Selain itu agar mudah berinteraksi sama anak yang sebayanya

Cara mendidik anak nakal

cara mendidik anak

sumber dari http://terapipsikologi.com

Mempunyai seorang anak atau keturunan merupakan sangat menyenangkan dan di harapkan oleh setiap pasangan suami istri. Namun jika mempunyai anak yang nakal dan bandel juga merepotkan orang tua.

Berikut di bawah ini ada beberapa cara untuk mendidik anak yang nakal.

Membuktikan sifat lembut kepada anak

Apabila anak melakukan kesalahan dan itu di lakukan di tempat umum,pastinya setiap orang tua malu dengan perbuatan anaknya dan ingin segera memarahinya.

Namun jika itu dilakukan salah karena dengan begitu ketika anak tumbuh dewasa dan berkeluarga akan melakukan hal ini ke anaknya juga. Cara yang baik yaitu dengan memaafkanya dan bilang jangan pernah diulangi lagi.

Tidak terlalu memanjakan anak

Banyak anak yang di manjakan yaitu anak tunggal dan anak terakhir. Karena terlalu di manjakan anak akan memiilki sifat ketergantungan orang lain.

Maksudnya yaitu ketika anak berkeinginan kemudian tidak terpenuhi biasanya akan muncul membangkang dengan ini

Mendidik sesuai agama

Mendidik dasar anak yaitu ilmu agama yang menjadi pondasi anak dan cara mendidiknya di mulai sejak dini mungkin.

Karena dalam kehidupan setiap orang akan di pandang dari segi akhlak,sopan santun dan berbicara maka dari itu betapa sangat pentingnya ilmu agama.

Cara mendidik anak laki-laki

cara mendidik anak

sumber dari https://bidanku.com

Cara mendidik anak sebagai orang tua anda harus bisa melakukan hal ini agar tidak ada salah faham sesama anak.

Mendidik anak laki dengan perempuan pastinya beda. Banyak pendapat bahwa anak laki laki susah di atur di bandingkan dengan anak perempuan.

Agar tau mendidiknya berikut di bawah ini :

Bermain bersama

Cara yang tepat mendidik anak laki-laki yaitu dengan bermain bersama dengan tujuan agar anak bisa mempelajari berbagai hal.

Selain itu anda akan menemukan hal yang di sukai dan di benci. Karena dengan bermain bersama anak akan lebih dekat dan nyaman juga ada keterbukaan antara anak dan orang tua

Menjadi ayah yang baik

Sosok ayah yang baik itu selalu tidak menampakkan kekurangannya,dan selalu memperlihatkan dan mencontohkan hal yang baik kepada anaknya.

Memberi contoh tanggung jawab laik-laki

Tanggung jawab merupakan hal amat berat tetapi sebagai orang  laki-laki harus bertanggung jawab atas yang dia lakukan.

Contoh untuk tanggung jawab anak yaitu mencuci piring dan beberapa hal sederhana dahulu dengan kebiasaan ini anak akan lebih baik ketika bermasyarakat dan interaksi

Penyemangat

Hal ini sangat penting sekali yaitu memberikan semangat,apresiasi,dan memaafkan tiga kata ini harus di miliki oleh setiap anak.

Dalam hal menjadikan penyemangat yaitu ketika benar dan ketika ada kesalahan yaitu memberikan arahan ke yang baik

Menghormati yang lain

Berikan contoh langsung tentang bagaimana menghormati orang lain yang di sekitar anda saja,seperti kepada orang yang lebih tua dan muda.

Sebagai orang laki laki harus mengetahui ini sejak dini mungkin supaya tau bahwasanya menjauhkan dirinya dari hal yang bisa membuat orang sakit hati.

Menjadi ibu yang pemberani

Menjadi sosok yang pemberani bukan berarti berani sama suami dan orang tuanya ya. Yang di maksud ialah ketika memberanikan diri melakukan aktivitas yang tidak semestinya di lakukan oleh seorang ibu.

Contohnya ketika atap rumah yang bocor dengan memberanikan diri untuk memperbaikinya

Mengajarkan sifat lembut

Sifat lembut banyak yang mengatakan bahwa orang laki-laki itu keras dan terkenal dengan tanpa memperdulikan dampaknya.

Nah,untuk sebagai orang tua yang baik anda harus melatih sifat kasih sayang atau lembut ini sejak kecil supaya anak menjadi pribadi yang baik di contoh dan berguna dalam masyarakat.

Cara mendidik anak perempuan

cara mendidik anak

sumber dahttp://parentinganak.comri

Mendidik anak perempuan berbeda dengan cara anak laki-laki yaitu lebih intensif dan sangat perlu di lakukan pengawasan agar tidak salah pergaulan dalam pertumbuhannya.

Berikut ini ada beberapa tips untuk mendidik anak perempuan seperti rasulullah cotohkan seperti di bawah ini :

  • Mengajarkan tentang agama islam (dinnul islam)
  • Mengajarkan cara menutup aurat yang benar
  • Memberikan ilmu tentang reproduksi
  • Mengajarkan untuk menghargai perbedaan sikap,golongan dan lainnya
  • Mengajari cara memasak dan sebagainya pekerjaan dapur
  • Mengajarkan pergaulan yang baik
  • Mengajarkan cara membaca alquran dan solat yang menjadi kewajiban semua orang islam

kesimpulan bahwa semuanya ini sangat membutuhkan peran orang tua dan tergantung bagaimana orang tua mendidik anaknya agar menjadi anak yang soleh dan solehah.

penutup

cukup sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya,dan apabila ada kesalahan juga kata yang kurang berkenan di hati anda semua saya pribadi mohon maaf sebesar-besarnya.

semoga bermanfaat untuk anda semua.

Leave a Reply