Pengertian Hubungan Internasional Tujuan Beserta Manfaatnya

Pengertian hubungan internasional ialah suatu hubungan antar negara atau antar individu dari negara yang saling beda dalam bidang tertentu,dan untuk mencapai kepentingan kedua belah pihak.

Hal seperti ini karena setiap negara memiliki kekurangan dan kelebihan. Jadi dengan adanya hubungan internasional ini akan melengkapi apa yang menjadi kekurangan setiap negara.

hubungan internasional tidak hanya bertujuan untuk kerjasama,namun persengketaan,persahabatan,permusuhan,dan peperangan termasuk hubungan internasional.

Pengertian hubungan internasional

pengertian hubungan internasional

www.youthmanual.com

Secara umum hubungan internasional merupakan kerjasama antar negara. Entah dari segi ekonomi,politik yang di artikan secara global untuk menyelesaikan berbagai permasalahan.

Menurut undang-undang no. 37 tahun 1999, bahwa hubungan internasional adalah kegiatan yang menyangkut aspek regional dan internasional.  dan semua itu dilakukan oleh pemerintah di tingkat pusat sedangkan internasional dilakukan pemerintah pusat dan daerah,badan usaha,organisasi politik,dan organisasi masyarakat.

Pengertian hubungan internasional menurut para ahli

  • J.c.johari, berpendapat bahwa hubungan internasional adalah sebuah study tentang mengenai interaksi yang berlangsung diantara negara-negara berdaulat. Selain itu juga study tentang pelaku-pelaku non pelosok yang perilakunya mempunyai dampak bersama tugas negara.
  • Drs. R Soeprapto, hubungan internasional merupakan studi yang berorientasi bersifat efektif (orientasi pasca perilaku) yang hampir sering memadukan unsur-unsur pendekatan ilmiah. dengan tujuan untuk mengendalikan peperangan dengan metode perdamaian untuk menyelesaikan pertikaian. perlindungan ham,perlindungan lingkungan masyarakat,pemberantasan penyakit,dan kemelaratan manusia.
  • Mochtar mas’oed, hubungan internasional yakni hubungan yang sangat komplek karena di dalamnya itu terdapat keterlibatan bangsa-bangsa. Bangsa yang berdaulat sehingga memerlukan mekanisme lebih rumit untuk pada hubungan antar kelompok.
  • Anonymous, hubungan internasional merupakan studi hubungan tentang mengenai unit-unit sebagai bentuk interrelasi bagian pada umumnya mengacu sistem innere negara-negara. Dalam hal seperti ini diakui adanya peran aktor non states seperti PBB,MNC,jadi kelompok teroris tidaklah sepenting negara.
  • John lierz, hubungan internasional ialah salah satu pemikiran yang memasukkan pertimbangan-pertimbangan implikasi kehidupan dalam politik terutama pada perubahan unit-unit politik. faktor keamanan juga menjadi faktor kekuasaan yang inheren pada kehidupan sosial manusia.

Arti penting hubungan internasional

pengertian hubungan internasional

http://2.bp.blogspot.com

Hubungan internasional memiliki 2 faktor antara lain :

  • faktor internal hubungan internasional ialah adanya kekhawatiran/takutnya akan adanya kudeta dan intervensi dari negara lain.
  • faktor eksternal arti penting hubungan internasional adalah karena kodrat hukum alam. Yakni setiap suatu negara tidak dapat berdiri tanpa adanya bantuan negara lain.

Tujuan dari arti penting hubungan internasional adalah sebagai berikut :

  • menciptakan hidup berdampingan yang rukun dan damai
  • berpartisipasi untuk melaksanakan ketertiban dunia
  • sikap solidaritas dan saling menghargai,menghormati antar bangsa negara
  • menyelesaikan pertikaian,permusuhan,perang,dan permasalahan secara damai dan dengan kepala dingin
  • menjalin hubungan kelangsungan hidup bangsa dan negara di tengah bangsa-bangsa lainnya.

pola hubungan internasional

pengertian hubungan nternasional

4.bp.blogspot.com

Hubungan internasional memiliki 3 macam pola hubungan antara negara yaitu :

pola penjajahan

Penjajahan pada hakikatnya adalah pengurasan/pengisapan oleh suatu bangsa lain yang timbulkan oleh perkembangan paham kapitalis. Karena penjajah membutuhkan bahan-mentah untuk kepentingan industrinya dan pasar yang sebagai hasil industrinya.

Pada intinya pola penjajahan adalah penguasaan suatu wilayah bangsa lain.

pola ketergantungan

Pola seperti ini pasti selalu ada negara yang ketergantungan terhadap negara lainnya. Yang umumnya terjadi pada negara-negara bertumbuh yang minim modal dan teknologi untuk membangun negaranya.

Dengan demikian harus mengandalkan bantuan negara-negara yang telah maju yang mengakibatkan bergantung kepada negara-negara maju tersebut. Pola hubungan ketergantungan ini dikenal dengan noe-kolonialisme dalam bahasa indonesia sebagai penjajahan dalam bentuk baru.

pola hubungan sama derajat

Metode pola hubungan internasional yang terakhir ini sangat sulit untuk diwujudkan. Namun pola seperti ini amat ideal karena berusaha mewujudkan kesejahteraan bersama,sesuai dengan sila kedua pancasila.

Untuk menuntut penghormatan terhadap kodrat manusia yang sama-sama memiliki derajat yang sama tanpa memandang ideologi,dalam bentuk negara atau sistem pemerintahannya.

Sarana hubungan internasional

pengertian hubungan internasional

2.bp.blogspot.com

Berikut dibawah ini merupakan berbagai sarana hubungan internasional yang dapat digunakan oleh negara yang menjalin hubungan internasional menurut J.fradhel :

Diplomasi

Yang pertama ialah diplomasi,diplomasi merupakan segala bentuk kegiatan yang digunakan untuk menentukan tujuan. dengan menggunakan kemampuannya untuk mencapai target tujuan itu.

Seperti menyesuaikan kepentingan nasional dengan negara lainnya,membuat tujuan nasional yang berjalan hanya untuk kepentingan bangsa dan negara. serta menggunakan sarana prasarana dan kesempatan dengan sebaik-baiknya.

Propaganda

Propaganda dalam hubungan internasional merupakan usaha yang sudah diatur secara sistematis dan digunakan untuk mempengaruhi pikiran,emosi,dan tindakan suatu kelompok untuk kepentingan masyarakat umum/bersama.

Dan bukan untuk kepentingan pemerintahannya. informasi-informasi dalam bentuk apapun bisa dijadikan sebagai propaganda tanpa adanya batasan media.

Ekonomi,sosial,dan budaya

Dengan memanfaatkan sarana ekonomi,sosial,dan budaya bisa membantu menambah pemasukan negara dan merupakan sarana  yang sangat efektif.

Sarana hubungan internasional budaya dan tradisi akan dikenal oleh negara-negara sehingga tidak akan ada negara yang mengadopsi budaya itu.

Kekuatan militer

Sarana hubungan internasional kekuatan militer sangat penting untuk setiap negara. Selain itu dengan sarana ini bisa meningkatkan kepercayaan suatu negara dalam menghadapi berbagai ancaman dari negara lainnya.

Jadi setiap negara harus membentuk tim militer yang selalu siap siaga untuk menghadapi suatu kemungkinan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Kekuatan militer juga bermanfaat untuk menjaga wilayah perbatasan negara baik hutan,laut,dan udara. Dengan seperti ini akan meminimalisir adanya pencurian dan warga negara asing masuk wilayah negara kita.

Asas hubungan internasional

pengertian hubungan internasional

image.slidesharecdn.com

Dalam hubungan internasional,hubungan antar negara untuk mewujudkan derajat yang sama antar negara yang terlibat dalam hubungan internasional dan demi kemajuan. Maka dikenal beberapa asas yang didasarkan atas daerah dan ruang lingkup yang memberlakukan ketentuan hukum bagi daerah dan warganya.

Jadi asas hubungan internasional ada 3 asas yang saling berpengaruh,yaitu:

Asas teritorial

Asas yang pertama ialah asas teritorial yang berdasarkan pada kekuasaan negara atas daerahnya. Dalam asas teritorial semua orang dan semua barang yang ada di wilayah tersebut diatur oleh hukum negara. Jika ada sesuatu di luar daerahnya maka akan berlaku hukum internasional.

Asas kebangsaan

Asas seperti ini didasarkan pada wewenang negara untuk melindungi warga negaranya. Dalam asas yang ini hukum dari negaranya berlaku terhadap setiap warga negara berada dimanapun.

Jadi asas kebangsaan akan tetap berlaku walaupun warga negara tersebut sedang berada di wilayah asing (bukan wilayah sendiri)

Asas kepentingan umum

Asas yang terakhir ini didasarkan pada wewenang negaranya untuk melindungi dan menganut dalam kehidupan bersosial masyarakat.

Hubungan internasional kepentingan umum ini dapat menyesuaikan diri dengan semua keadaan dan peristiwa yang saling bersangkutan dengan kepentingan umum.

Karena tanpa adanya kekacauan internasional ,dengan sebab itu hubungan suatu negara dan negara lainnya harus mempunyai aturan dalam hukum internasional.

Pentingnya hubungan internasional

pengertian hubungan internasional

image.slidesharecdn.com

Setiap negara pasti memiliki keunggulan masing-masing dan kekurangan,mulai dari memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah dan kelebihan segi finansial. Dengan sumber daya alam yang melimpah seperti negara kita ini akan sangat berpotensi untuk menjalin hubungan internasional.

Secara kenyataan tidak ada satupun negara yang mampu hidup sendiri tanpa adanya hubungan internasional. Bahkan negara-negara yang sudah maju saja tetap masih membutuhkan hubungan internasional dari negara kecil.

Dengan seiring berkembang dan majunya teknologi yang modern seperti ini,pastinya semua negara sudah menjalin hubungan internasional dengan negara lainnya. Tetapi dengan kemajuan seperti ini yang terjadi masing-masing tidak seimbang.

Tujuan hubungan internasional

pengertian hubunganinternasional

image.slidesharecdn.com

Hubungan internasional sangat memiliki banyak tujuan berikut beberapa tujuan dari hubungan internasional :

  • untuk memajukan dan memperlancar sebuah hubungan ekonomi antar negara.
  • sebagai membuka peluang dalam pemasaran berbagai produk dalam negeri atau luar negeri.
  • untuk sarana menjalin kerjasama baik bidak ekonomi,politik,sosial,dan budaya
  • sebagai memacu dalam pertumbuhan ekonomi setiap negara
  • untuk menciptakan rasa yang saling pengertian antar bangsa dan negara dalam membina untuk perdamaian setiap negara
  • menjalin hubungan internasional antar negara yang saling bersangkutan
  • untuk mencukupi kebutuhan masyarakat setiap masing-masing negara.

Manfaat hubungan internasional

pengertian hubungan internasional

http://static.republika.co.id

Manfaat yang diperoleh oleh negara indonesia adalah dengan menjalin hubungan internasional antara lain adalah sebagai berikut ini :

  • menjalin hubungan persahabatan antarnegara,dengan adanya hubungan internasional sehingga setiap negara menjalin hubungan persahabatan. terutama bangsa indonesia bisa melaksanakan pembangunan nasional dan ekonomi.
  • kebutuhan bangsa indonesia tercukupi,tidak ada negara yang bisa mencukupi kebutuhan negaranya sendiri tanpa bantuan negara lain. dengan ikut serta hubungan internasional negara indonesia bisa mencukupi dengan bantuan negara lain.
  • mempercepat proses pertumbuhan negara dan perkembangan ekonomi,negara indonesia merupakan negara yang berkembang. maka negara indonesia berusaha membangun dan mengembangkan perekonomian. dengan bantuan organisasi-organisasi internasional indonesia bisa mempercepat perkembangan dan pertumbuhan ekonomi.
  • memperoleh pengalaman dari negara-negara lain,pengembangan sistem informasi pemasaran dan fleksibilitas atau keluwesan berusaha menghadapi pasar global.
  • memantau bagaimana perkembangan perekonomian dunia
  • tidak terisolasi dalam pergaulan bangsa-bangsa
  • mengetahui dan memperkuat posisi negara indonesia di gelanggang kancah internasional. setelah negara indonesia menjadi anggota-anggota organisasi internasional. posisi indonesia di gelanggang internasional semakin kuat. selain itu juga mengetahui posisi perekonomian indonesia di tengah-tengah bangsa lainnya.

penutup

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua,mohon maaf jika masih banyak salah dalam bahasa dan pengucapan yang kurang berkenan.

Cukup sekian yang dapat saya sampaikan sekian dan terimakasih

Leave a Reply