√7+ Nama Alat Musik Bali Tradisional Lengkap & Cara Memainkannya

Alat musik bali- Berbicara tentang pulau Bali tidak ada habis-habisnya baik dibahas mengenai wisata, tradisi dan budayanya. Disisi lain, Bali menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Musik tradisionalnya menjadi elemen penting yang selalu menyuguhkan bagi turis maupun wisatawan lokal.

Akan tetapi tahukah anda, ada apa saja jenis-jenis alat musik tradisional asli Bali? Nah kebetulan kali ini kami akan menyajikan beberapa jenis alat musik tradisional yang wajib kalian ketahui, antara lain yaitu:

Macam-macam Alat Musik Tradisional Bali

alat musik tradisional bali

Pada dasarnya alat musik mempunyai beberapa kesamaan dengan alat musik lainnya yang tersebar di Indonesia. Misalnya gendang/gamelan, dibeberapa daerah lain juga mempunyai alat musik ini seperti jawa tengah, sunda, dan jawa timur. Namun ada yang menjadi ciri khas yang berbeda, berikut inilah serba-serbi alat musik tradisional bali :

Alat Musik Bali Rindik

Rindik ialah salah satu alat musik yang terbuat dari bahan bambu dengan mengeluarkan nada selendro, cara memainkannya pun unik yakni dipikul. Atau bisa dikatakan angklungnya masyarakat Bali.

Selain itu alat ini dapat dimainkan oleh 2-5 orang dan setiap orang mempunyai peran yang berbeda-beda. Beberapa orang menabuh rindik sedangkan sebagiannya menggunakan di gong palu atau seruling.

Sebetulnya alat musik ini dimanfaatkan untuk menghibur para petani yang di sawah. Tetapi, dengan seiringnya waktu rindik dimanfaatkan sebagai musik hiburan rakyat seperti joged bumbung. Akhirnya sampai saat ini alat musik ini bisa digunakan pelengkap acara resepsi pernikahan ataupun guna menyambut tamu.

Alat Musik Gerantang

Gerantang adalah alat musik tradisional yang terbuat dari bahan dasar dari bambu, disusun dengan berderet-deret. Memang gerantang mirip dengan rindik akan tetapi ada perbedaan yang terletak dibagian atas.

Biasanya alat musik tradisional ini digunakan untuk mengiringi kesenian tradisonal Bali seperti Cupak Gerantang . Cupak sendiri merupakan kesenian Bali yang menceritakan dua orang kakak beradik. Dimana tokoh gerantang mencerminkan sifat yang baik sedangkan cupak mencerminkan sifat yang buruk.

Baca Juga : Rumah Adat Bali Terlengkap

Alat Musik Bali Pereret

Alat musik yang satu ini cukup unik hal ini karena masih sejenis dengan terompet yang mana bahan-bahan dasarnya dari kayu, kemudian dibentuklah sedemikian rupa seperti terompet. Awal mulanya masyarakat mengenal alat musik ini dengan sebutan pengasih asih, hal ini tak lepas karena kerap digunakan para perjaka untuk memikat hati wanita.

Kesenian Sewo Gati merupakan salah satu kesenian yang masih dilestarikan, biasanya alat musik pereret yang mengiringinya. Sampai saat ini pun banyak alat musik pereret yang dibuat di kawasan jembrana, Bali.

Selain itu cukup  mudah untuk memainkan pereret, yakni cukup dengan ditiup. Maka akan menghasilkan suara yang nyaman didengarkan.

Alat Musik Ceng-ceng

Secara umumnya alat musik ini menjadi salah satu unsur elemen penting dalam gamelan Bali. Ceng-ceng sendiri terbuat dari bahan dasar logam.

Kebanyakan terdiri dari 6 buah logam bundar diposisi bawah  sedangkan duanya diatas untuk menjadi pelengkap tatkala hendak dimainkan. Ceng-ceng dipegang ialah di jari tangan pemainnya dilengkapi dengan tali di kala akan dimainkan.

Cara memainkan ceng-ceng ialah dengan di benturkan/dipukul ke logam antar logam  yang dibawah maupun diatas (dipegang pemain). Dengan cara begitulah menghasilkan bunyi dan jadilah irama yang lengkap saat dipukul satu persatu. Semakin keras pukul makan akan menciptakan suara yang semakin keras.

Alat Musik Bali Genggong

alat musik tradisional bali

Genggong ialah sebuah alat musik tradisional yang asalnya dari pulau Bali. Instrumen yang dihasilkan pada genggong yakni getar menjadikannya sangat unik, hal ini dikarenakan suara yang dimunculkan sangat mirip dengan suara katak yang saling sahut-sahutan.

Baca Juga : Rumah Adat Jawa Tengah

Lebih uniknya lagi pada alat musik ini memanfaatkan rongga mulut orang untuk mengeluarkan bunyi sebagai resonator.

Fungsi dari genggong sendiri biasanya dimainkan dalam acara hiburan, resepsi pernikahan ataupun pertunjukan seni tari.

Alat Musik Gamelan

Gamelan merupakan salah satu dari sekian banyak alat musik tradisional Bali yang berasal dari Denpasar, Bali. Meskipun banyak alat musik yang bernama gamelan, gamelan bali memiliki perbedaan. Kalau biasanya gamelan sebagai pengiring suatu seni di Bali serta beberapa acara yang bersifat sangat sakral.

Meski zaman semakin modern, akan tetapi Gamelan Bali tak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat Bali. Hal ini dikarenakan fungsinya gamelan yakni guna mengiringi beberapa hiburan dan upacara keagamaan.

Alat Musik Bali Seruling

alat musik tradisional bali seruling

Pada pembahasan yang ke tujuh ini ialah alat musik tradisional seruling. Bahan-bahan dasar dari alat musik ini berupa bambu dengan 6 lubang yang fungsinya untuk mengatur nada yang dihasilkan. Seruling sendiri banyak tersebar di nusantara jadi tidak banyak perbedaan dari seruling Bali ini.

Cara memainkan alat musik tradisional bali ini yakni dengan ditiup, pada tatkala meniup bisa dilakukan dengan bernafas menggunakan hidung dan secara bersamaan mengeluarkan melalui mulut serta udara yang dipipi.

Alat Musik Gong

alat musik tradisional gong bali

Gong merupakan alat musik yang sudah digunakan sejak abad ke 13-24. Dimana dalam kuil-kuil kerajaan hindu alat musik ini digambarkan. Jadilah keterkaitan antara sejarah dengan munculnya alat musik gong.

Bahan-bahan untuk membuat gong yaitu berupa logam dan cara memainkannya dipukul tepat ditengahnya. Selain itu ada beberapa variasi baik secara bentuk dan suaranya.

Keunikan Alat Musik Tradisional Bali

aneka ragam keunikan alat musik bali

Model bentuk musik tradisional yang berkembang di kawasan denpasar telah diperkirakan ada pada masa Bali kuno yakni kisaran abad ke 8-14 Masehi. Sedangkan musik yang termasuk golongan pertengahan/madya muncul pada masa abad ke 15-19 Masehi.

Untuk alat musik yang golongan muda/baru yaitu diperkirakan mulai muncul pada abad ke-20 Masehi sampai sekarang. Uniknya model bentuk dari alat musik bali telah tersebar ke 4 wilayah yakni kecamatan Denpasar Barat, Denpasar Selatan, Denpasar Utara dan Timur.

Selain ada beberapa alat musik tertua di Denpasar seperti Angklung, Gong Bhari, Gender Wayang dan Gambang.

Demikianlah rentetan alat musik tradisional Bali yang kami sampaikan kepada teman-teman semua. Terimakasih telah menyempatkan waktu berkunjung disini, sekian dari kami terimakasih.

Leave a Reply