4
20

√ Pisang Ambon Adalah | Jenis, Ciri-Ciri, Olahan & Manfaat

Pisang Ambon yang memiliki nama lain cavendish ini terdapat beberapa jenis seperti ambon lumut, kuning, putih dan masih banyak lainnya. Informasi yang kami ketahui bahwa merupakan hasil perkembangbiakan genetik dengan sistem kultur jaringan.

Keunikan dari jenis ini kulitnya berwarna hijau dan kuning dengan tekstur halus bahkan dagingnya yang putih rasanya manis tak berbiji pula. Ukuran yang cukup besar menjadikan setiap sisir bisa berisi belasan buah.

Jadi tak heran bila pisang ini dijadikan sebagai kudapan atau pencuci mulut sesudah makan. Untuk informasi lebih dalam akan kami kupas tuntas, simak penjelasan dibawah berikut :

Pisang Ambon Adalah?

Apa Itu Pisang Ambon?

Pisang ambon adalah salah satu jenis pisang yang bisa disebut dengan cavendish, karena cita rasa, manis tak berbiji dan besar membuat banyak menyukainya. Selain hal demikian juga aroma sangat tajam dan menyegarkan.

Bahkan belum banyak yang mengetahui bila mengkonsumsi pisang ini terdapat kandungan senyawa yaitu asam lemak rantai pendek. Ya benar fungsinya ialah menjaga lapisan sel jaringan usus kecil & membuat tubuh lebih cepat menyerap nutrisi.

Walaupun banyak jenisnya tidak membuat penikmat buah ini berangsur kurang, malah tambah di gemari masyarakat secara luas. Kelebihan lainnya juga bisa langsung dirasakan pertama kali mengkonsumsi buah ini karena banyak kandungan serat di dalamnya.

Ciri-Ciri Pisang Ambon

Ciri-Ciri Fisik Pisang Ambon

Adapun beberapa ciri khas dari setiap jenisnya, maka dari itu harus diperjelas berdasarkan jenisnya supaya tidak salah di fahami oleh sobat semua. Apa saja ciri-cirinya? Inilah jawaban versi kami. Karena masih minim yang menjelaskan jadi kami berfikir untuk membagikan informasi ini.

Ambon Lumut

  • Ambon Lumut mempunyai ciri khas kulit ketika mentah dan matang warnanya tetap hijau atau disebut dalu dalam bahasa jawa. Tatkala matangnya sempurna akan berwarna kekuningan dengan bercak coklat. Daging bercorak putih kemerahan dan buahnya kenyal.
  • Setiap sisir biasanya bisa berisi 17 buah dan satu tandan bisa ada 7-12 sisir.

Ambon Kuning

  • Pada jenis ini umumnya kulitnya berwarna ijo saat mentah dan berubah kuning putih bila matang
  • Buahnya pun berwarna putih kekuningan
  • Baunya harum dan rasa manis
  • Satu sisir bisa terdapat 18 buah
  • Dalam setiap tandan bisa mencapai 8-12 sisir
  • Bentuk melengkung dan runcing bisa dijadikan ciri-ciri utama juga dengan panjang buah kurang lebih 20 cm serta diameter 3-4 cm.

Ambon Putih/Cavendish

Terakhir ini bisa dikatakan pisang satu juta umat, ya karena keberadaannya di penjuru dunia hanya saja sebutan yang membedakan. Mari kita ketahui ciri-ciri pada buah ini, antara lain sebagai berikut :

  • Rasa kurang begitu manis karena ada asamnya sedikit
  • Buah bersifat lunak
  • Satu tandan bisa berisikan 8-13 sisir
  • Untuk satu sisir setidaknya ada 12-22 buah
  • Kulit cukup tebal daripada dua jenis lainnya diatas
  • Warna kulit hijau kekuningan dan pada masa puncak matang akan berganti ke kuning muda.

Jenis Pisang Ambon

Jenis-Jenis Pisang Ambon

Sebagai buah yang tak mengenal musim dan selalu ada di berbagai tempat emang sebuah yang bisa dinikmati langsung maupun dijadikan olahan. Aroma yang harum dan cita rasa manis menambah kesukaan banyak orang.

Namun kali ini kami akan berbagi mengenai pisang ambon yang terbagi beberapa jenis, apa saja dan bagaimana khasiatnya? Ya memang kandungan nutrisi dan vitamin bermanfaat, tapi belum sampai itu penjelasannya. Simak saja ini dulu ya sobat semua.

  • Jenis Ambon Lumut

Jenis ini merupakan berasal dari Temanggung, Jawa Tengah, warna kulit hijau dan kekuningan adalah diri utamanya. Dagingnya pun berupa putih kemerahan tatkala masak. Rasa manis dan aroma yang kuat melengkapi si lumut.

Akan tetapi kulitnya tipis, keistimewaannya adalah pohon yang cepat berbuah karena dalam masa 1 tahun sudah bisa menghasilkan buah. Ambon lumut ini sangat cocok bila disajikan diatas meja yang mana dijadikan kudapan atau penutup mulut.

  • Ambon Kuning

Pisang ambon kuning berbentuk melengkung ke atas dan dibagian ujung runcing bila dibandingkan jenis putih. Selain hal demikian juga termasuk berukuran besar daripada lainnya. Hanya saja jumlahnya lebih sedikit.

Soal mengenai warnanya si kuning sama putih ada kesamaan warna. Apabila dibedakan secara spesifik maka nampak perbedaan terkait ketebalan kulit lebih tipis sama ambon putih.

Secara warna buah ya memang kuning dengan sedikit kemerahan. Umumnya pada satu sisir kuning terdapat 14-21 buah dan dalam satu tandang berkisar 7-9 sisir saja.

  • Pisang Ambon Putih

Ada keunikan pada jenis ini karena negara Thailand menyebutnya sebagai Kluai Hom Dok Maid sedangkan warga malaysia menyebut dengan embun. Ya dengan hal ini menjadikan keunggulan tersendiri.

Ciri khas ambon putih ini adalah bentuk cenderung lebih besar dan warna kulitnya putih kekuningan. Secara umumnya pisang ini diberikan pada bayi sebagai makanan awal. Rasa yang ada sedikit asam dan aroma harum ialah karakteristik utama.

  • Pisang Cavendish

Giant Cavendish adalah jenis pisang komoditi yang berbasis ekspor terbesar di Filiphina. Pengamatan dari segi fisiknya buah ini bisa memiliki panjang 15-22 cm yang diameternya 3-4 cm.

Tekstur daging yang lembut dan rasa manis membuat pecinta cavendish semakin merajalela. Selain hal itu aroma ketika matang sangat harum. Ciri khas kulitnya berwarna kuning cerah, satu tandan bisa berisi 14-20 sisir sedangkan tiap sisir kurang lebih isinya 16-20 buah. Perlu diketahui juga bahwa buah kaya vitamin bisa disimpan sampai 28 hari.

Ragam Olahan Pisang Ambon

Ragam Olahan Pisang Ambon

Sudah bukan hal yang aneh lagi bila buah dijadikan berbagai jenis olahan dengan cita rasa yang berbeda-beda seperti nugget, bolu, sale dan masih banyak lainnya. Dengan hal ini menjadi keunikan dan kegiatan yang sangat bermanfaat.

Lalu apakah bisa pisang ambon di jadikan olahan yang enak, sehat serta mengedepankan kesehatan. Iya pastinya bisa dong, masih kebingungan ya sobat. Mungkin beberapa contoh dibawah ini bisa inspirasi kalian.

Pisang Ambon Terlalu Matang

Pertama ini kami akan mengulas mengenai buah yang sudah terlalu matang, bagaimana supaya dapat menjadi olahan yang enak dan bergizi? Tenang saja sobat tak perlu membuangnya masih bisa dijadikan makanan kok.

Ya emang dari awal juga makanan bukan sampah. Nih kami sarankan aja biar tidak terbuang sia-sia karena sudah terlalu matang pisangnya. Cocok banget untuk dijadikan banana pancake deh ya. Bahan-bahannya cukup dengan :

  1. 2-3 pisang dihaluskan
  2. 1/4 sdt baking powder
  3. 2 butir telur
  4. 4-5 sdm tepung
  5. Setengah sendok teh kayu manis bubuk
  6. Potongan kacang sebagai topping
  7. Dua sendok makan chocolate chips

Cara Pembuatan :

  • Campur pisang yang sudah halus sama telur kemudian tambahkan baking powder dan tepung hingga semua merata.
  • Tahap kedua panaskan minyak goreng diatas teflon lalu tuangkan adonan tadi sekitar 1-2 sendok makan saja tiap satu pancake
  • Tunggu hingga warnanya kecoklatan jangan lupa dibalik dan siap diangkat bila sudah merata matangnya.
  • Sajikan pancake tadi dan tambahkan topping kacang atau buah supaya lebih nikmat.

Olahan Pisang Ambon Kukus

Menu selanjutnya ini mungkin sudah familiar untuk ibu-ibu di rumah, apa itu bolu kukus dari pisang ambon. Selain sederhana metode pembuatan namun sangat bermanfaat loh untuk menjadi hidangan ketika akhir pekan.

Kami yakin jika sobat belum pernah mencoba membuatnya bisa dipastikan akan bisa membuatnya sendiri. Bahan-bahan yang perlu disiapkan apa saja? Simak deskripsi dibawah ini ya sobat.

Bahan :

  • 2 Butir telur
  • 150 gram tepung terigu
  • 3 buah pisang ambon
  • 150 gram minyak goreng
  • Gula halus secukupnya
  • Setengah sendok teh soda kue
  • Vanili bubuk 1 sendok teh
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok baking powder
  • 6 sendok makan gula pasir

Cara Pembuatan :

  1. Haluskan buah dengan garpu
  2. Aduk telur dan gula sampai mengembang kemudian tambahkan buah pisang tadi lalu masukan minyak goreng juga aduk hingga semua merata.
  3. Ayak dulu tepung, baking powder, soda kue dan vanili bubuk serta garam. Masukanlah sedikit-sedikit ke dalam adonan diatas.
  4. Aduk lipat dengan spatula supaya adonan tidak menjadi bantat
  5. Siapkan loyang yang sudah diolesi minyak goreng. Bila sudah tuangkan dan ketuk ketuk loyang agar merata.
  6. Siapkan alat untuk pengukusan masukkan jika sudah benar-benar panas. Tunggu sekitar 30 menit, jangan lupa tambahkan kain penutup supaya uap air tidak menetes ke adonan.
  7. Untuk memastikan kematangan bisa menusuknya dengan lidi atau garpu. Bila sudah benar-benar matang angkat dari kukusan.
  8. Terakhir keluarkan bolu kukus dari loyangnya dan taburi gula halus dan siap disajikan dengan potongan sesuai selera.

Pisang Ambon Goreng

Memang sangat jarang yang mengolah jenis pisang ini salah satu alasannya adalah tekstur daging yang lembut. Sehingga banyak yang langsung menyantap pisang ambon daripada menggorengnya.

Jika sobat ingin berkreasi juga tidak ada salahnya. Namun kami sarankan jangan yang sudah matang, lebih baik yang matangnya belum sempurna. Sehingga ketika di goreng tidak jadi tambah lembek daging buahnya.

Nugget Pisang Ambon

Sebagai buah yang memiliki daging yang empuk serta rasa yang manis sangatlah cocok bila dijadikan menu olahan menarik lainnya. Salah satunya adalah nugget, siapa sangka nugget bisa di kreasikan dengan berbagai macam bahan tak hanya menggunakan daging saja ya.

Kenapa kami informasikan hal ini, yang pasti adalah menciptakan menu unik dan mengedepankan gizi serta vitamin dong. Dengan demikian bisa menambah nafsu makan anak yang kurang menyukai buah pisang.

Donat Pisang Ambon

Terakhir ini cukup unik bila sobat belum pernah menemukan, kalau biasanya donat hanya bertabur gula halus, kali ini merupakan varian rasa dari buah pisang. Tentunya sangat menarik meningkatkan konsumsi pisang pada masyarakat.

Walaupun terdengar aneh dan langka, jenis olahan ini juga bisa dijadikan ide usaha yang ramah di kantong untuk penjajah kuliner nusantara. Sobat tertarik untuk mencoba hidangan ini? Silakan saja, semoga berhasil dengan ide yang kembangkan lagi ya.

Manfaat Buah Pisang Ambon

Manfaat Buah Pisang Ambon

Masih asing dengan pisang ambon, jadi ini merupakan buah yang sangat enak, manis dan sangat bergizi. Tahukah sobat semua bahwa mengkonsumsi pisang ambon banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh? Apa saja itu, yuk sama-sama kita simak ulasan dibawah berikut ini :

  • Menambah perkembangan fungsi otak
  • Meningkatkan kadar dopamine alami
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Mengurangi terjadinya sembelit
  • Sebagai obat maag alami
  • Menurunkan tekanan darah
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Mencegah penyakit batu ginjal
  • Mengurangi resiko depresi
  • Bagus sebagai kesehatan tulang

Jadi tidak salah bila anak balita disuapin dengan pisang ambon, dengan contoh beberapa manfaat saja sudah banyak sekali. Untuk yang masih meragukan khasiat kasih tau ya sobat semua. Jangan lupa berikan komentar yang membangun tentang artkel ini.

Harga Pisang Ambon

Daftar Harga Pisang Ambon

Membeli pisang ambon dimana saja bisa saja seperti petani, pasar tradisional, swalayan dan marketplace. Pastinya dari yang kami sebutkan ialah terdapat perbedaan baik harga dan cara pembeliannya.

Jika ingin bisa menawar ya langsung sama petani atau di pasar tradisional, dengan hal ini banyak nilai-nilai kualitas, pelayanan yang sangat mempengaruhi harganya. Mungkin dengan beberapa daftar harga dibawah ini bisa dijadikan sumber referensi sobat semua.

NomorJenisHarga BibitHarga Satu SisirHarga Satu Tandan
1.Ambon LumutRp. 20.000-35.000Rp. 90.000-150.000
2.Ambon KuningRp. 35.000Rp. 90.000-150.000
3.Pisang CavendishRp. 30.300Rp. 90.000-150.000
4.Ambon PutihRp. 30.000Rp. 90.000-150.000
5.Bibit Pohon Pisang Ambon MiniRp. 25.000-45.000
6.Bibit Pohon Pisang Ambon KuningRp. 19.500-30.000
7.Bibit Pohon Pisang Ambon LumutRp. 8.500-40.000
8.Bibit Pohon Pisang Ambon CavendishRp. 20.000
9.Bibit Pohon Pisang Ambon Mini SuperRp. 30.000-45.000

Berhubung adanya wabah covid-19 ini harga pisang ambon menurun dan konsumsi masyarakat juga meningkat, akan tetapi para penjual lokal yang jadi sepi. Hal ini karena banyak toko-toko yang tutup. Demikian informasi yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply